Jelajah Kampung Wisata Taman Sari Yogyakarta

wisata-taman-sari-yogyakarta
Selalu rindu untuk kembali jelajah Kampung wisata Taman Sari Yogyakarta, menikmati suasana dan pesonanya, baik bersama keluarga, maupun sahabat.

Sudah 2 kali datang ke Kampung Wisata Taman Sari Yogyakarta yang berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. 

Pertama kali datang ke Wisata Taman Sari Yogyakarta diajak teman, karena waktu itu sedang solo traveling. Ternyata tempatnya cantik, dan puas banget bisa menikmati suasana di tempat wisata hits Yogyakarta. 

Wisata Taman Sari Yogyakarta ini suasananya unik dan artistik, dan cocok banget buat melakukan sesi foto pre-wedding. Romantisnya juga dapat banget di tempat ini.

Tiket Masuk Wisata Taman Sari Yogyakarta 

wisata-taman-sari-yogyakarta
Wisata Taman Sari Yogyakarta memang banyak dijadikan lokasi untuk sesi foto pre-wedding. Di tempat wisata yang bersejarah ini banyak sekali spot yang Instagramable. 

Saat jelajahi Wisata Taman Sari Yogyakarta, sempat lihat harga untuk pre-wedding juga sekitar 250.000, kalau yang mau foto produk dikenakan biaya 500.000. 

Terus, tiket masuk berapa ya?

Tenang, terjangkau banget kok. Tiket masuk Wisata Taman Sari Yogyakarta dikenakan biaya 5.000 untuk tiket domestik, dan 15.000 untuk tiket Internasional. 

Taman Sari yang merupakan wisata bersejarah dan budaya dikenal sebagai taman air atau wisata air yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Jadi, tiap hari tuh kata teman saya, wisata Taman Sari selalu ramai oleh pengunjung dari dalam negeri dan luar negeri.

Jelajahi Taman Sari Yogyakarta

wisata-taman-sari-yogyakarta
Datang ke lokasi ini lebih baik di pagi hari, apalagi kalau pengen foto-foto di berbagai spot yang cantik. Oh iya fotonya pakai ponsel saja ya. 

Pertama kali jelajahi Wisata Taman Sari Yogyakarta diajak teman yang sudah lama tinggal di Yogyakarta. Jadinya tahu deh jam berapa amannya datang, supaya tidak terlalu padat juga.

Kami datang lebih awal, yakni jam 8 pagi. Biarpun saat itu belum buka, kami memilih menunggu sambil meningkat cemilan yang kami bawa. Wisata Taman Sari Yogyakarta buka jam 09:00 sampai dengan 15:00 WIB.

Datang pagi tuh banyak sekali keuntungannya, ingin foto di spot tertentu gak bakal antri, jadi lebih baik datang lebih awal saja. Kalau haus tinggal jajan dulu, karena di area luar atau dekat gerbang Taman Sari banyak penjual makanan ringan dan minuman juga.

Setelah jam 9 dan membeli tiket masuk, saya dan teman langsung masuk ke wisata Taman Sari Yogyakarta. Ada beberap spot menarik yang kami kunjungi:

1. Pasiraman Umbul Binangun
wisata-taman-sari-yogyakarta
Spot yang pertama saya kunjungi adalah Pasiraman Umbul Binangun. Jadi disini itu ada kolam Taman Sari yang selalu jadi spot menarik buat dikunjungi.

Dari pintu gerbang utama Kampung Taman Sari Yogyakarta memang paling dekat. Jadi spot pertama ini yang pertama saya kunjungi. Waktu pertama kali datang kesini, karena masih pagi dan pertama datang, langsung saja foto di spot favorit ini.

Siang dikit, di spot ini sudah ramai sekali. Waktu pertama saya antri beli tiket saja, sudah antri banyak loh. Dari wisatawan domestik dan Internasional. Ada yang sama pasangan, ada yang mau pre-wedding, sampai anak sekolah.
wisata-taman-sari-yogyakarta
Di Pasiraman Umbul Binangun ada 3 kolam. Kolam yang pertama itu namanya Umbul Panguras, dimana kolam ini sebagai tempat mandi sang raja. Sedangkan kolam kedua namanya Pamuncar, yang digunakan untuk mandi istri dan para selir.

Di Kolam Taman Sari sendiri ada satu kolam lagi yang memang terpisah dari 2 kolam yang pertama, namanya adalah Umbul Kawitan untuk mandi putri raja. 

Sekitar kolam Taman Sari ini, banyak sekali ornamen yang menghiasi dan pot-pot bunga yang cantik. Tempatnya sendiri sangat luas sekali.

2. Pesanggrahan

wisata-taman-sari-yogyakarta

Spot selanjutnya adalah Pesanggrahan, di tempat ini selain semedi, Sultan juga menyusun strategi perang. 

Waktu itu sempat masuk sebentar juga, karena ingin eksplor sekitar lagi. Karena banyak tempat yang belum dikunjungi. Belum lagi antri foto juga. 

3. Sumur Gamuling

wisata-taman-sari-yogyakarta
Yang tidak boleh terlewatkan dan selalu jadi spot favorit buat foto adalah Sumur Gamuling. Termasuk yang melakukan sesi foto pre-wedding pasti mau disini juga.

Sumur Gamuling berada di area Kompleks Masjid Taman Sari yang dikelilingi 5 tangga yang menjadi simbol Rukun Islam. 

Sumur Gamuling ini memang antik dan menarik sekali. Pertama kali datang kesini saya tidak tahu, ini tuh bangunan apa? Setelah dijelaskan teman ternyata mesjid, tentu ini sangat menarik untuk mencari tahu lebih banyak.

Selain 5 tangga, Sumur Gamuling terdiri dari 2 lantai dengan 4 jendela yang ada di bagian atas. Jadi ke 4 jendela yang melambangkan arah mata angin, dari mulai barat, timur, utara dan selatan. Dan ada lubang di bagian atas mesjid itu ternyata buat penanda waktu solat. Jadi dibiarkan terbuka, supaya tahu, sudah masuk sholat dzuhur, ashar, magrib, isya dan subuh.

4. Pulo Kenanga
wisata-taman-sari-yogyakarta
Yang terakhir saya kunjungi adalah spot paling favorit buat yang foto pre-wedding, yakni Pulo Kenanga. LOkasinya masih berada di Wisata Taman Sari juga. Pulo Kenanga ini sangat artistik, karena merupakan situs bangunan kuno. 

Lokasinya Pulo Kenanga ini dekat dengan Pasar Ngasem. Jadi, kita bisa lihat juga reruntuhan puing sisa-sisa bangunan kuno Pulo Kenanga, yang masih terlihat megah.

Membaca dari beberapa artikel, Pulo Kenanga ini dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I, di tahun 1758 sampai 1765, berbarengan dengan pembuatan Istana Air Taman Sari.

Pada masanya, Pulo Kenangan berfungsi sebagai tempat istirahat dan beberapa kegiatan kesenian. Menjelajahi area ini memang butuh waktu lama, setiap sudutnya sangat cocok untuk foto-foto.
wisata-taman-sari-yogyakarta
Itu dia 4 spot foto pilihan, sebenarnya masih banyak lagi tempat di Taman Sari Yogayakarta yang memiliki spot Instagramable. Nah mau info juga sebelum ke Sumur Gamuling dan Pulo Kenanga, saya harus melewati lorong bawah tanah.

Disini ternyata banyak juga yang melakukan sesi foto pre-wedding. Tapi di lorong ini saya sendiri ga siap lama-lama. 

Mengenal sejarah singkat Taman Sari Yogyakarta

wisata-taman-sari-yogyakarta
Bersumber dari wikipedia.org, Taman Sari Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun Istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. 

Taman Sari Yogyakarta dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 sampai dengan 1765. Taman Sari digunakan secara efektif di tahun 1765 sampai 1812. 

Komplek Taman Sari dibagi menjadi 4 bagian:
  • Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.
  • Bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan, antara lain Pasiraman Umbul Binangun.
  • Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.
  • Bagian keempat adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluar ke arah timur sampai tenggara Kompleks Magangan.
Saat baca sejarahnya, ternyata memang luas sekali, biarpun sekarang hanya tingga sisa-sisanya saja. Bahkan setiap bangunan terlihat sangat istimewa sekali.

Cara menuju Wisata Taman Sari Yogyakarta

wisata-taman-sari-yogyakarta
Cara menuju lokasi Wisata Taman Sari Yogyakarta di Patehan, Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta sangat mudah dijangkau. Dari Stasiun Tugu Yogyakarta saja hanya butuh waktu 15 menit. Sebenarnya kalau ingin menjelajahi Yogyakarta dan berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta bisa jalan kaki.

Dari Stasiun saja hanya berjarak 3,7 km, kalau jalan kaki yang sekitar 57 menit saja. Tapi, kalau tidak ingin jalan kaki, paling mudahnya cari becak, atau ojek online. 

Saat pertama datang ke Taman Sari saya dijemput teman, yang kedua kalinya baru sewa mobil, karena memang akan keliling Yogyakarta mengunjungi berbagai tempat wisata.

Jelajah Kampung Wisata Taman Sari Yogyakarta memang seru. Sangat menikmati sekali setiap stop, sambil mendengarkan sejarahnya. Semoga nanti bisa ajak anak-anak juga untuk kembali ke Taman Sari.

Bagaimana, teman-teman sudah berkunjung ke Wisata Taman Sari Yogyakarta?




Sumber sejarah:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Sari_Yogyakarta

1 komentar

  1. Berkali2 ke Jogja, tapi jujurnya selalu skip main ke Tamansari mba 😅. Soalnya tiap lewat ruameee puol hahahah. Makanya ga jadi2 mau kesana.

    Tapi memang menarik tempatnya. Trutama aku pengeen foto di sumur gamuling itu. Suka aja liat tangganya yg terlihat simetris

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.