Pulau Samalona Yang Eksotis di Makassar

pulau-samalona-makassar
Senang sekali bisa mengunjungi pulau Samalona yang eksotis di Makassar, Sulawesi Selatan. Healing di pulau Samalona ini bisa menjadi pilihan.

Dengan warna air laut yang biru cerah, pantai berpasir putih dan bisa melihat pemandangan batu karang dari atas kapal. Pulau ini sangat indah sekali.

Pada April 2019 saya mendapat kesempatan mengunjungi Makassar Sulawesi Selatan bersama teman-teman squad. Setelah rangkaian kegiatan yang lumayan padat sehari sebelumnya, pagi itu kami diajak menjelajahi pulau Samalona yang eksotis di Makassar.

Cara menuju Pulau Samalona

pulau-samalona-makassar
Cakep bangetkan air lautnya
Pulau Samalona adalah pulau kecil yang sangat indah di Makassar, dengan warna air lautnya yang biru cerah, dan hamparan pasir putih. Disini juga tidak berombak. Yang suka banget snorkeling bisa banget datang ke pulau ini.

Pulau Samalona secara administratif masuk pada wilayah Kelurahan Mariso, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Biarpun Pulau Samalona ini memiliki luas dua hektare, tapi memiliki beberapa fasilitas. Dari mulai penginapan, beberapa kedai yang menyajikan makanan dan minuman. Bahkan pengunjung juga bisa menyewa perlengkapan diving dan snorkeling, serta pemandunya.

Terus, bagaimana menuju pulau Samalona?
pulau-samalona-makassar
Waktu masih di Dermaga
Cara untuk menuju pulau Samalona yang berjarak 2 Kilometer dari Kota Makassar, pengunjung bisa naik perahu motor dari Dermaga Kayu Bangkoa yang lokasinya dekat dengan Benteng Rotterdam Makassar.

Dengan menggunakan perahu motor ini bisa ditempuh sekitar kurang lebih 30 menitan saja. Untuk harga sewa perahu motor ini tidak per orang, tapi per kapal. Kalau tidak salah ingat waktu tanya-tanya, sekitaran 300.000 sampai 500.000. 

Jadi, ketika ingin mengunjungi Pulau Samalona, lebih baik bareng sama rombongan, supaya harganya lebih terjangkau dan lebih seru juga.

Pengalaman berkunjung ke Pulau Samalona yang eksotis

pulau-samalona-makassar
Sejauh mata memandang melihat lautan yang biru cerah
Gimana saat berkunjung ke Pulau Samalona?

Seru banget. Apalagi lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Makassar. Bisa jadi pilihan untuk menikmati keindahan pasir putih dan birunya air laut. Tenang banget lihat pemandangannya dan sejuk udaranya.

Mengukirkan jejak di Pulau Samalona, langsung disuguhi dengan pemandangan batu karang yang bisa dilihat dari atas perahu motor yang saya tumpangi.
pulau-samalona-makassar
Ini waktu foto di atas perahu motor, pemandangan batu karang
Pemandangan pasir putih, birunya laut dan sejuknya udara laut, bikin rileks dan fresh banget. Bisa jadi pilihan untuk healing.

Pengennya sampai sini tuh diving dan snorkeling, tapi lupa bawa baju ganti juga 😂😂, jadi ya sudah menikmati suasana Pulau Samalona sambil foto-foto. 

pulau-samalona-makassar

Biarpun pulau kecil, tapi pemandangannya cakep bener. Foto di atas saya ambil sebelum mendekati pulau. Terus ya pas naik perahu motor tuh lumayan deg-degan, kenceng bener. Tapi, pas sampai lega banget dan langsung disugihi pemandangan yang keren begini loh. Lihat warna air lautnya cantik.

pulau-samalona-makassar

Ngapain saja selama di Pulau Samalona?

Kalau saya sendiri banyaknya foto-foto, bikin konten. Mengelilingi pulau dan menikmati suasana. Lihat lautan yang tenang tuh bikin hati adem banget. Apalagi sambil duduk manis di atas pasir putih, pejamkan mata dan dengarkan hembusan angin dan suara lautan. Hati langsung tenang.

Kalau teman-teman mau ke Pulau Samalona, coba saja sewa alat menyelam dan snorkeling. Kalau ga salah pas datang kesini, untuk sewa perlengkapannya antara 20.000 sampai 100.000, gatau ya kalau sekarang.

pulau-samalona-makassar

Pas foto ini tuh, langsung ngebayangin pasangan yang pre wedding, pasti cakep deh. Dan memang cocok banget suasananya buat foto pre wedding. 

Karena pas datang ke Pulau Samalona masih pagi, jadi mataharinya masih terasa hangat dan lebih sejuk gitu. Entah deh kalau pas datang siangan dikit.

Di Pulau Samalona jangan takut lapar dan haus, tenang saja ada banyak yang jual makanan, seperti seafood dan minuman segar. Bersantai sambil menikmati kelapa muda, bikin segar banget.
pulau-samalona-makassar
Tuhkan ada TV
Selama kurang lebih 3 jam, kami menikmati suasana yang ada di Pulau Samalona. Yang bikin kaget saat berkeliling ada tv bekas gitu, mungkin ini bisa jadi properti foto buat wisatawan ya. Mungkin ya.

Biarpun tidak lama menjelajahi Pulau Samalona yang eksotis di Makassar, tapi sudah puas banget bisa mengukirkan jejak di pulau kecil ini. Semoga next bisa jelajahi pulau-pulau indah lainnya di Indonesia.
pulau-samalona-makassar

Pengalaman yang seru dan menarik bisa jelajahi Pulau Samalona, kalau bukan urusan kerjaa dan event, akan sulit datang kesini, apalagi harga tiket pesawat saat ini aduhai banget. Maka dari itu, sangat senang rasanya bisa datang kesini bersama teman-teman. Moment yang tidak akan terlupakan.

Melihat Pulau Samalona yang indah, tentu ini harus tetap dijaga dan dilestarikan. Karena banyak sekali wisatawan yang datang kesini. Jangan sampai merusak tempat wisata, apalagi buang sampah sembarangan.

17 komentar

  1. Dulu pernah ke Samalona pas outing kantor sebelum pandemi. Udh lumayan lama. 2015 kalo ga salah. Dan aku sedang hamil muda pula 😂. Pas naik perahu boatnya ngeri ngeri sedap. Takut banget kamera kejebur wkwkwkwk.

    Tapi sukaaaa pulaunya. Panas sih, tapi ngeliat airnya yg warna toska dan jernih, Duuuh kayak langsung refresh pikiran ya mba

    BalasHapus
  2. Pulau-pulau di sana memang bagus-bagus, surga dunia memang. Keindahan lautnya enggak main-main, jadi pengin ke sana. Jauh banget sayangnya, di Malang juga banyak pantai tersembunyi sih, tapi kalau soal yang satu ini memang enggak ada bosennya melihat deburan ombak. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  3. Samalona cakep sih dan keitung dekat sama Makassar. Pas banget buat menyempurnakan perjalanan ke Makassar selain kulineran dan wisata sejarah di kotanya. Pantainya bersih dan menyenangkan buat dijelajahi pulaunya. Apalagi kalau snorkeling

    BalasHapus
  4. Wow saya jadi ikut terpesona dengan keindahan Pulau Samalona. Sayang mahal banget yach tiket menuju ke sana. Semoga ada yang sponsori (ha..ha. bermimpi).

    BalasHapus
  5. Samalona kirain daerah luar negeri tadi, sekitar Somalia sana, kan mirip namanya. Eh paa udah baca ppstingannya, ternyata masih Indo. Pemandangan airmya bagus

    BalasHapus
  6. Kalau ke Deket pantai gitu memang bikin adem suasana hati Teh. Siip nih rekomennya buat masuk list halan²

    BalasHapus
  7. Mainnya udah jauh banget ya. Tapi terbayar sih dengan view pantainya yang bikin betah ya teh.

    BalasHapus
  8. Kapan ya bisa maen ke Makasar, baca ini langsung pengen ke Makasar, udah lama banget pengen ke Makasar, destinasi impian

    BalasHapus
  9. Adiknya bisa berkunjung Kesana, tempatnya bagus, pasti sangat menyenangkan bisa berkunjung Kesana apa lagi bisa tau budaya setempat. Smoga aq suatu hari bisa berkunjung juga kesana

    BalasHapus
  10. Saya pernah ke pulau Samalona tapi udah lama banget sekitar tahun 2010.Tempatnya enak banget buat snorkeling ya, walopun harga makanan disana relatif mahal, saya masih ingat harga sebakul nasi sampe 60ribu rupiah hehe. Maklum ditengah pulau jauh kemana2

    BalasHapus
  11. Pecinta pantai ikut meronta-ronta setelah melihat postingan ini. Selalu jatuh cinta sama birunya air pantai dan putihnya pasir di sana. Gak pernah bosan pergi ke pantai. Apalagi dengar suara ombaknya bikin healing banget.

    BalasHapus
  12. wow! keren banget tempatnya. kalau harga sewa kapalnya dari yang mulai 300.000 sampai 500.000 bedanya apa ya kak?

    BalasHapus
  13. bagus banget pantainyaaaa, pengen kesana juga deh,
    Aku sudah lama tidak ke pantai, belakangan jarang traveling. AKu akan masukin ke wish list pantai ini.

    BalasHapus
  14. MashaAllah yg namanya pantai n pulau di Indonesia pastilah cantik cantik beruntungbl teh Lis sudah ke pulau Samalona

    BalasHapus
  15. Eksotis banget ya mba pulaunya. Airnya jernih, pasirnya juga putih bersih. Sewa alat snorkelingnya juga terjangkau.

    Jadi ngebayangin, abis snorkeling lanjut minum kopi panas, wah!

    BalasHapus
  16. Air lautny jernih bgt & warna toska.. bener2 bisa jadi tempat utk healing deh.. klo ada rezeki mau mampir ke sana deh

    BalasHapus
  17. bertahun-tahun saya tinggal di makassar tapi gak pernah sampai ke pulai eksotis ini, hiks

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.