Bermain di Titik Nol Kilometer Jogja Bersama Bayi 1 Tahun

titik-nol-jogja
Akhirnya melakukan perjalanan berdua lagi dengan bayi 1 tahun, kali ini kami traveling ke kota terdekat, yakni Yogyakarta.

Traveling berdua dengan bayi 1 tahun ke Yogyakarta bisa mendapatkan cerita seru dan menyenangkan. Apalagi dengan bayi yang lagi aktif-aktifnya. Sehingga bisa mengukirkan banyak cerita. Termasuk dengan bermain di Titik Nol Kilometer Jogja.

Perjalanan dengan Kereta Api

Di akhir pekan bulan Januari 2023, saya dan anak bungsu mengawali awal tahun dengan melakukan perjalanan dari Madiun ke Yogyakarta untuk mengurus beberapa hal. Sekaligus bertemu teman juga. Karena akan bertemu dengan klien di sore hari, jadi pagi harinya saya bisa bertemu dengan teman.
titk-nol-jogja
Saya berangkat dari Madiun menggunakan Kereta Api Bangunkarta pada jam 7 kurang. Selama perjalanan, anak bungsu saya termasuk yang anteng, mau makan dan menikmati cemilan. Dan lebih banyak tidur, sehingga sesampainya di Yogyakarta sudah segar.
Saat sampai ke Yogyakarta sekitar jam 9 lebih. Saya sudah dijemput oleh mba Yuliana Fitri owner Aruna Creatif dan suami. Kami langsung ke rumah mba Uli (panggilan saya kepadanya). Disini kami bercerita banyak hal yang seru seperti dulu.

Setelah kangen-kangenan dengan mba Uli, saya menuju hotel dan bersiap menjemput anak saya yang memang saat itu sedang mengikuti study tour bersama sekolahnya. Dengan begitu, anak saya bisa menjaga adiknya saat sedang meeting.

Menikmati sore di Titik Nol Kilometer Jogja

titk-nol-jogja
Sambil menunggu kakaknya menyelesaikan kegiatan di Teras Malioboro bersama rombongan, saya dan putra bungsu saya menikmati suasana di Titik Nol Kilometer Jogja.

Putra bungsu saya sangat senang bermain di Nol Kilometer Jogja, mungkin karena banyak orang dan dia senang berjalan kesana kemari.

Di usia 1 tahun lebih, saya lebih suka mengajak anak untuk jalan-jalan, sehingga mengenal banyak hal. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat mengajak anak jalan-jalan:
  • Mengajarkan anak dalam bersosialisasi
  • Meningkatkan bonding antara orangtua dan anak
  • Menjadi sarana belajar untuk anak
  • Mengembangkan otak anak
  • Anak menjadi lebih happy
  • Terhindar dari rasa jenuh dan stres
Awalnya anak bungsu saya termasuk yang takut kalau melihat keramaian, karena setiap hari dia di rumah bersama saya. Tapi setelah beberapa kali, dia jadi lebih berani dan percaya diri untuk jalan sendiri tanpa berpegangan.

Biarpun sempat terjatuh, dia mampu berdiri lagi tanpa menangis. Dia begitu happy bermain dan berjalan-jalan di Malioboro. Dia selalu ingin tahu dengan menunjuk sesuatu dan bertanya "apa mah?".

Melakukan perjalanan dengan bayi 1 tahun untuk jalan-jalan memang seru. Biarpun harus main kejar-kejaran dan terasa lelah. Tentu saja saya ikut senang, karena dia juga senang. Karena anak saya bisa berani untuk jalan di depan umum.

Kenapa memilih bermain di Titik Nol Kilometer?

Karena ssudah lama tidak bermain di Titik Nol Kilometer. Kalau suasananya sore dan cerah, mau foto-foto juga seru banget disini.

Bersumber dari wikipedia.org, titik Nol Kilometer Yogyakarta merupakan sebuah kawasan persimpangan yang terletak di Gondomanan, Yogyakarta, yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan banyak lokawisata.
titk-nol-jogja
Di Titik Nol Kilometer ini ada banyak bangunan, seperti Kantor Pos Indonesia, BNI46, hingga Gedung Agung. Mau langsung jalan-jalan ke Malioboro juga bisa banget. Karena Titik Nol Kilometer Jogja berada di persimpangan yang mempertemukan empat ruas jalan:
  • Jalan KH. Ahmad Dahlan dari sisi barat
  • Jalan Panembahan Senopati dari sisi timur
  • Jalan Pangurakan dari sisi selatan
  • Jalan Margo Mulyo dari sisi utara
Tentu saja, dari lokasi Titik Nol Kilometer Jogja dekat dengan berbagai tempat wisata untuk dikunjungi, belanja batik di Jalan Malioboro, wisata edukasi di Taman Pintar Yogyakarta, hingga wisata bersejarah di Benteng Vredeburg. Maka dari itu, tempat ini selalu ramai oleh para wisatawan. Apalagi bermain di Titik Nol Kilometer Jogja bersama bayi 1 tahun selalu seru dan menyenangkan.