Sukasantai Farmstay Sukabumi Tempat Outing Yang Menyenangkan Bersama DaDi Indonesia

sukasantai-farmstay-sukabumi
Outing selalu seru dan menyenangkan, apalagi bisa berada di alam terbuka bersama teman-teman kantor. Tentu banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama outing, dari mulai bersantai, melakukan banyak permainan seru, hingga berkebun. 

Itu juga yang saya rasakan ketika akhir Februari 2023 ikut serta kegiatan outing di Sukabumi bersama Daun Digital Indonesia. Selama 3 hari berada di Sukasantai Farmstay Sukabumi tempat outing yang menyenangkan bersama DaDi Indonesia banyak hal seru bisa dilakukan.

Aplagi saat ini Farmstay sedang populer dengan konsep liburan alternatif bagi keluarga. Begitupun bagi perusahaan untuk melakukan outing. Salah satunya adalah Sukasantai Farmstay di Sukabumi, bisa untuk kegiatan perusahaan, dan keluarga juga.

Kegiatan selama outing di Sukasantai Farmstay Sukabumi

sukasantai-farmstay-sukabumi
Sumber foto: Mba Dewi @dewikr
Berada di Sukasantai Farmstay ini seperti pulang ke kampung halaman. Dan menginap disini beneran bikin rileks. Bisa main ke kebun sayur, dan peternakan. Sama seperti pulang ke Kampung, senangnya main ke kebun, sawah dan lihat kandang sapi.

Maka dari itu, ketika diinfokan akan outing ke Sukabumi, tentu senang sekali. Bersumber dari Jurnal.id, Outing adalah kegiatan yang diadakan oleh perusahaan yang bersifat menyenangkan seperti rekreasi di alam terbuka. Outing dilaksanakan dengan acara bebas atau hanya permainan ringan yang tidak berat secara fisik, pikiran dan emosional.

Mengingat outing ini acaranya bebas dan ringan, tentunya selama 3 hari 2 malam di Sukasantai Farmstay Sukabumi, saya dan teman-teman melakukan kegiatan yang sangat santai, tapi tetap menyenangkan. Bahkan ini liburan yang sebenar-benarnya. 

1. Makan
sukasantai-farmstay-sukabumi
Dokumen pribadi
Selama 3 hari 2 malam, kegiatan kami lebih banyak makan dan ngemil. Jangan ditanya deh berat badan saya naik berapa kilo 😂😂, karena makanannya enak-enak semua.

Dari pertama datang, sampai hari ke 3, semua makanan yang disajikan enak. Suasananya juga sangat mendukung, dan cuacanya dingin, sehingga enak buat makan.

Makanan-makanan yang disajikan sangat beragam, dari mulai sayur lodeh, soto Bandung, nasi goreng hingga barbeque. Semua makanan yang disajikan itu semuanya enak-enak. Karena saya bawa Hanan, jadi dia juga semakin suka makannya.

2. Bersantai

sukasantai-farmstay-sukabumi
Inframe Rani, Salma, Hanan (dokumen pribadi)
3 hari 2 malam banyak banget bersantainya, jalan-jalan di area kebun, habis itu duduk manis lagi, sambil menikmati cemilan dan minuman hangat. 

Sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan yang adem banget di balkon kamar saja sudah bikin pikiran jadi lebih rileks. Apalagi di pagi hari buka balkon kamar masih berkabut, suasana Sukasantai Farmstay terasa hening, hanya ada suara ayam dan burung berkicau, membuat hati terasa lebih tenang.

Tidak banyak aktivitas yang dilakukan, kami benar-benar menikmati waktu bersantai dan berlibur. Kalau ingin berkegiatan, biasanya sambil foto-foto, dan main uno rame-rame.

Sebenarnya ada beberapa kegiatan, seperti memetik sayur, memancing, hingga menikmati suasana kebun, tapi kami lebih banyak bersantai di area Sukasantai. Jadi waktu terasa lebih lama, karena benar-benar menikmati masa liburan.

3. Tidur
sukasantai-farmstay-sukabumi
Dokumen pribadi
Selain makan dan bersantai, kegiatan saya dan teman-teman tidur hehe. Beneran nikmat banget tidurnya. Karena suasananya adem dan udaranya sejuk. Saya yang sudah tinggal 2 tahun terakhir di Madiun dengan udara yang cukup panas, sangat menikmati sekali dengan suasana alam yang sejuk. Enak banget buat tidur, terutama anak bayi, pules banget.

4. Jalan-jalan

sukasantai-farmstay-sukabumi
Dokumen Pribadi (Yang fotoin Rani)
Sukasantai Farmstay Sukabumi ini sangat luas sekali, jalan-jalan di area sekitar saja sudah seru banget. Apalagi di Sukasantai ada farmtour juga, dari mulai trekking ke kebun bambu, memetik sayuran di kebun, melihat sapi di peternakan, hingga memancing.

Untuk trekking sendiri memang enak pagi-pagi. Kami sendiri sudah jam sekitar jam 8 pagi ke kebun bambu. Lokasinya memang dekat sekali, tapi jalanannya banyak tanjakan, jadi lumayan banget. Apalagi pas gendong Hanan, lumayan banget itu.

5. Games
sukasantai-farmstay-sukabumi
Sumber foto: Mba Dewi
Di malam terakhir di Sukasantai Farmstay Sukabumi, team DaDi Indonesia dinner bareng dengan menikmati barbeque, yang rasanya semua enak banget. Sebagai penutup kegiatan outing, dilakukan kegiatan games Mas Dadi, dari mulai menjawab pertanyaan kuis, tebak gambar, hingga tebak lagu.

Pengalaman 3 Hari 2 Malam di Sukasantai Farmstay Sukabumi

Dengan padatnya aktivitas harian di perkotaan, kemacetan yang harus dilalui setiap hari, terkadang membuat badan cepat lelah. Tentu, butuh yang namanya rileksasi dengan suasana yang berbeda, udara yang sejuk, dan tidak ada polusi. Sukasantai Farmstay ini bisa menjadi pilihan liburan yang menawarkan suasana santai, tenang dan menyenangkan di pedesaan.

Lokasi Sukasantai Farmstay

Lokasi Sukasantai Farmstay berlokasi di Jl. Sukamaju No. 11, Rw 2, Sukamaju, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
sukasantai-farmstay-sukabumi
Dokumen Pribadi
Hanya perlu waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari Depok dengan mengambil arah Puncak, lalu Cianjur dan sampailah di Sukasantai Farmstay Sukabumi.

Perjalanan menuju lokasi lewat puncak dengan suasana kabut tebal, tentu menjadi tantangan tersendiri. Sudah lama memang tidak main ke Puncak juga. Apalagi saat melewati Cianjur, sepanjang jalan menyaksikan sendiri reruntuhan rumah dan bangunan lainnya, karena Gempa Cianjur yang terjadi 21 November 2022. 

Lokasi jalanan menuju Sukasantai Farmstay seperti pada umunya di pedesaan, belum banyak yang mulus. Tapi tetap aman dan masih bisa dilalui kendaraan. Saat menuju lokasi, memang seperti pulang ke Kampung Halaman, suasananya hampir sama, begitupun dengan jalanannya.

Sesampainya dilokasi, perjalanan jauh terbayar sudah dengan pemandangan dan suasana yang tenang, Di tempat ini ada perkebunan dan peternakan juga. Mau memancing juga bisa banget.

Sukasantai berarti menikmati waktu bersantai, yang memang ditawarkan kepada tamu untuk selalu rileks di lokasi ini. Suka "Is to like, to enjoy", Santai "is to relax, to do things slowly and leisurely".

Kamar yang nyaman

sukasantai-farmstay-sukabumi
Rosella Studio Loft Room bagian bawah (dokumen pribadi)
"Rest, Relax, Rechange"

Itulah yang dirasakan selama di Sukasantai Farmstay yakni istirahat dengan nyaman, bersantai, sehingga badan kembali segar.

Kamar di Sukasantai ini nyaman sekali. Dan yang unik, setiap kamar memiliki nama yang unik, seperti diambil dari jenis-jenis sayuran:
  • Level 1 Pond View: Ada Wortel (King Room), Lobak (Twin Room), Talas (Quad Bunk Room), dan Ubi (Quad Bunk Room).
  • Level 2: Valley View: Ada Sawi (Twin Room-Connecting), Brokoli (Twin Room), Selada (King room - Connecting), dan Mizuna (King room).
  • Level 3 Valley View: Turi (Studio Loft), Leunca (King room), Tomat (Twin Room), dan Rosella (Studio Loft).
  • Rumah santai: 3 Bedroom Private Villa.
Untuk kamar yang saya dan team Daun Digital tempati terbagi di 2 lantai. Lantai 1 itu ada Sawi Twin Bed Room, Selada King Bed Room, dan Brokoli Win Bed Room. Dan di lantai 2 ada Leunca King Bed Room, Rosella Studio Loft Room, dan Tomat Twin Bed Room. 

Kamar yang saya dan teman-teman tempati ada di Rosella Studio Loft Room, disini bisa ditempati 4 orang. Ada 1 king bed dan 2 twin bed. Jadi saya dan Rani serta Hanan berada di bagian bawah dengan king bed, sedangkan Salma dan Putri berada di lantai atas dengan twin bed. 
sukasantai-farmstay-sukabumi
Rosella Studio Loft Room bagian atas (dokumen pribadi)
Kamarnya luas, dan sangat bersih. Seprei rapi dan putih bersih. Suka sekali dengan wanginya saat masuk ke kamar. 

Yang menarik di kamar Rosella Studio Loft Room ini, karena ada jendela bulan yang besar, sehingga kita bisa melihat pemandangan yang indah, dan pepohonan yang menyejukkan mata saat bangun di pagi hari.
sukasantai-farmstay-sukabumi
Jendelanya cantik dan asyik buat foto-foto
Jendela bulan ini adanya di lantai atas dengan tangga yang melingkar dengan cantik. Kalau keluarga yang datang bisa banget pesan jenis kamar ini. Apalagi di kamar yang kami tempati juga ada balkonnya, jadi bisa bersantai saat membuka mata di pagi hari. Sambil menikmati secangkir teh hangat ditemani sejuknya pagi dengan kabut yang menyelimuti.

Jadi, untuk kamar di Sukasantai Farmstay ini bisa pilih saja yang sesuai kebutuhan. Kalau ingin bersantai, ada private villa juga. 

Fasilitas di Sukasantai Farmstay

Fasilitas yang ada di kamar juga lengkap, ada meja, sofa, dan furniture lainnya. Selain itu fasilitas di kamar mandi ada handuk, sabun, shampo dan sabun untuk cuci tangan. Sedangkan untuk sikat gigi tidak disediakan, jadi bisa bawa sendiri.

sukasantai-farmstay-sukabumi
Tangga yang melingkar dengan cantik dan fasilitasnya (dokumen pribadi)
Untuk fasilitas kamar lainnya ada safebox, teh, kopi, hingga makan. Untuk AC dan televisi tidak disediakan, tapi kalau ingin nonton bareng-bareng disediakan proyektor yang waktu itu tersedia di area makan dan bersantai. 

Bagaimana dengan jaringan?
sukasantai-farmstay-sukabumi
Sumber foto: Mba Dewi
Disini Wifi ada, tapi hanya tersedia di area umum, seperti dapur, ruang makan, dan ruang bersantai. Tapi pengalaman saya 3 hari 2 malam di area ini, jaringan Indosat dan Telkomsel yang saya gunakan masih aman. Jadi, masih bisa memantau anak-anak di Madiun juga. 

Untuk area parkir di Sukasantai juga tersedia. Jadi, buat yang bawa kendaraan pribadi tetap aman kok. Oh iya di area Sukasantai juga dilarang merokok ya, jadi udara tetap segar dan bebas asap rokok. 

Dekat minimarket tidak?

Kebiasaan kalau staycation, dekat tempat makan ga? Dekat minimarket gak? Di Sukasantai jauh ke minimarket, jadi kalau pengen ngemil, lebih baik bawa dulu dari rumah atau beli saat di perjalanan menuju Sukabumi. 

Biarpun jauh dari minimarket, di Sukasantai Farmstay sudah tersedia, dari mulai sarapan, makan siang, makan malam, snack, coffe, teh, cokelat dan cemilan juga. Suka banget pas dihidangkan jagung rebus, nikmat banget pas dengan suasana yang dingin.

Kalau mau ke tempat wisata jauh gak?

Jauh, bahkan ke Pelabuhan Ratu saja butuh waktu lebih dari 2 jam. Selama 3 hari 2 malam di Sukasantai Farmstay untuk seperti liburan yang sebenarnya, istirahat dan bersantai. Apalagi disini banyak banget yang bisa kita eksplor, dan beragam aktivitas juga ada.
sukasantai-farmstay-sukabumi
Perkebunan Organik (Sumber foto: Mas Adhi dan Rani)
1. Melihat perkebunan organik

Perkebunan organik ternyata sudah dibangun sekitar 2013, barulah didirikan farmstay di tahun 2019 oleh seorang Ibu dan anak. Bersumber dari www.sukasantai.com, Ibu dan anak dari Jakarta ini memiliki semangat menanam sayuran oraganik untuk untuk kesehatan yang baik dan bertanggung jawab. Tentu ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Jalan-jalan di perkebunan organik ini tentu menyenangkan, apalagi di pagi dan sore hari. Sepanjang perjalanan, banyak sekali sayuran organik, dari mulai selada, wortel, kale dan masih banyak lagi.
sukasantai-farmstay-sukabumi
Peternakan (Sumber foto: Mas Adhi)
2. Peternakan

Di Sukasantai juga ada kegiatan memerah susu Sapi di jam 15:00 WIB. Sayangnya saat itu tidak bisa melihat langsung, karena hujan turun. 

Saya sempat bertanya kepada salah satu karyawan, bahwa susu sapi dari perternakan ini juga dikirimkan ke Jakarta setiap Senin dan Kamis. 

3. Bersantai di Hammock
sukasantai-farmstay-sukabumi
Sumber foto: Dokumen pribadi dan difotoin Salma
Udaranya sejuk, suasananya tenang, bebas asap rokok, cocok banget deh buat bersantai di hammock, bisa sambil baca buku juga.

4. Melihat hutan bambu
sukasantai-farmstay-sukabumi
Sumber foto: Rani dan mba Dewi
Di pagi hari saya dan teman-teman Daun Digital Indonesia melakukan perjalanan untuk melihat hutan bambu. Ternyata bambunya besar-besar banget. Jalanannya juga lumayan bikin berkeringat loh, karena jalur tangga menanjak.

5. Bersantai di taman
sukasantai-farmstay-sukabumi
Sumber foto: Rani
Bersantai di taman, melihat bunga-bunga, bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan juga. Apalagi kalau jarang banget dilakukan di rumah. Di taman ini bisa melihat ikan-ikan di kolam yang sedang berenang, atau mungkin mau sekalian memancing juga bisa.

Rate Sukasantai Farmstay

Mengajak anak dan keluarga untuk bersantai di Sukasantai Farmstay juga bisa menjadi pilihan dalam menghabiskan waktu di akhir pekan. Anak-anak pasti senang sekali.

Waktu mengajak Hanan saja dia happy banget, dan makannya juga lahap banget. Karena disini bukan hanya sekadar staycation, tapi bisa menjadi liburan alternatif untuk bisa mengenalkan alam kepada anak-anak juga.
sukasantai-farmstay-sukabumi
Area makan Sukasantai (dokumen pribadi)
Terus, berapa ya harga per malam di Sukasantai Farmstay?

Bersumber dari www.sukasantai.com, untuk harga kamar per orangnya untuk per harinya sebagai berikut:
  • Weekdays: 780.000
  • Weekends: 960.000
  • Children 0-3Y: Free
  • Private Villa Weekdays: 980.000
  • Private Villa Weekands: 1.140.000
Untuk private villa ini untuk minimal 6 pax dan 2 malam. Dari harga per kamar ini, tentu banyak yang akan didapatkan tamu:
  • 1 kali makan siang
  • 1 kali makan malam
  • 1 kali sarapan 
  • 1 kali snack
  • Gratis teh dan kopi
  • Aktivitas seperti tur pertanian organik, memerah susu sapi, hammock, dan jalan ke hutan bambu
Seru bukan?

Seru banget, Sukasantai Farmstay ini menyenangkan sekali. Ini yang benar-benar liburan, cukup istirahat, rebahan, makan enak, udara sejuk, dan bersantai menghempaskan lelah sejenak dari aktivitas harian.

Disini juga banyak sekali spot foto yang menarik di area umum, dari lobby, dapur, ruang makan dan lainnya. Area untuk bersantai juga banyak sekali, tinggal pilih mau dimana. Bisa mengabadikan moment disini senang sekali, bisa jadi kenangan. Apalagi selama 3 hari 2 malam di Sukasantai Farmstay tidak ada tamu selain kami, jadi bisa eksplor dengan menyenangkan. Berikut foto-fotonya.

sukasantai-farmstay-sukabumi
Di area luar sehabis hujan, suka banget lihatnya makin adem (Difotoin Rani)

sukasantai-farmstay-sukabumi
Kalau haus dan butuh minuman hangan bisa langsung bikin sendiri di area dapur ini (dokumen pribadi)

sukasantai-farmstay-sukabumi
Mau bersantai sambil main congklak dan angklung juga bisa loh (dokumen pribadi)

sukasantai-farmstay-sukabumi
Area ini nyaman buat bersantai, sambil menikmati secangkir cokelat atau kopi, udaranya sejuk menenangkan, Hanan saja beberapa kali tertidur diayunan (dokumen pribadi)

sukasantai-farmstay-sukabumi
Mau berbincang hangat, main uno atau baca buku bisa di area ini (dokumen pribadi)
Masih banyak sekali tempat yang menarik untuk foto-foto, apalagi cocok buat lokasi pre wedding. Apalagi buat yang mau honeymoon juga cocok banget tempat ini. 

Tempat ini memang sangat menarik sekali, apalagi membaca dari website nya, Sukasantai dirancang oleh Zhenru Goy dari Goy Architects. Dimana desain vernakular modern ini telah menerima beberapa penghargaan arsitektur Internasional. Seperti INDE Awards Asia Pacific 2020Singapore Institute of Architects.

sukasantai-farmstay-sukabumi
Team DaDi Indonesia (Sumber foto: Mba Dewi)
3 hari berada di Sukabumi tentu menyenangkan, biasanya pergi ke Pelabuhan Ratu, tapi kali ini bisa datang ke Sukasantai Farmstay Sukabumi tempat Outing yang menyenangkan bersama DaDi Indonesia. 3 hari di tempat ini terasa lama, karena kami sangat menikmati suasananya. 

Banyak berbagi cerita dan keseruan. Bisa saling mengenal, karena biasanya hanya komunikasi melalui Whatsapp. Sehingga saat ketemu bisa bercerita banyak hal.




Sumber tulisan:
  • https://www.sukasantai.com/
  • https://travel.kompas.com/read/2021/03/21/150300627/berapa-harga-menginap-di-sukasantai-farmstay
  • Pengalaman pribadi



Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.