Siapkan Dana Nikah dengan Cepat dan Mudah Dengan Nabung Online di M-Syariah

nabung-online-di-m-syariah
Pernikahan itu ibadah. Menabung untuk ibadah juga berkah dan banyak manfaatnya. Pastikan mencari keberkahan dengan menabung online di M-Syariah. 

Setiap pasangan punya keinginan yang berbeda untuk mewujudkan pesta pernikahan impiannya. Ada yang lebih memilih syukuran sederhana di rumah dan dihadiri beberapa orang saja, ada juga yang ingin melaksanakan pesta pernikahan dengan mengundang banyak orang.

Belakangan ini banyak pasangan yang memilih untuk melaksanakan akad nikah di KUA saja, karena dana yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Sehingga dana yang dimiliki, bisa digunakan untuk membeli rumah atau bahkan buka usaha. 

3 dari 8 orang yang saya temui untuk konsultasi pesta pernikahan, pada akhirnya memilih untuk melaksanakan akad nikah dan syukuran sederhana di rumah, serta mengalihkan uang yang dimilikinya untuk membeli tanah dan DP rumah. Sedangkan 5 orang lainnya tetap melanjutkan pesta pernikahan sesuai rencana awal. Apalagi sudah permintaan orangtua masing-masing.

Menabung menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan dana nikah. Apalagi sekarang siapkan dana nikah dengan cepat dan mudah bisa dengan nabung online di M-Syariah, banyak keuntungannya dan gak banyak aksi yang penting solusi untuk para nasabahnya.

Cara siapin dana nikah dengan cepat dan mudah

Sebenarnya siapin dana nikah itu penting tidak?
nabung-online-di-m-syariah
Penting banget, supaya mengadakan resepsi pernikahan tidak perlu merepotkan orangtua atau sampai berhutang. Menikah sesuai dengan budget yang dimiliki dan sudah disiapkan jauh-jauh hari akan lebih menyenangkan. 

Kalaupun kedepannya lebih memilih untuk mengadakan pesta pernikahan secara sederhana, sedangkan dana nikah yang dimiliki masih tersisa banyak, tentu tidak jadi masalah. Karena uang tersebut bisa digunakan untuk beli tanah, beli rumah, hingga buka usaha. 

Untuk mewujudkan pesta pernikahan, tentu saja dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Karena banyak sekali kebutuhan resepsi pernikahan, mulai dari:
  • Biaya sewa gedung
  • Biaya dekorasi
  • Biaya MUA dan busana pengantin
  • Biaya catering
  • Biaya entertainment (MC dan musik)
  • Biaya undangan dan souvenir
  • Biaya foto dan video
  • Biaya seserahan dan mahar pernikahan
  • Biaya wedding organizer
  • Biaya lainnya
Bisa dibayangkan, berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk menyiapkan hal tersebut. Kalau dihitung-hitung untuk resepsi pernikahan dengan undangan 200 orang diperlukan dana minimal 90 juta, itu baru termasuk gedung atau venue, dekorasi, Foto, MUA dan catering. Jadi, diperlukan dana lainnya untuk siapin mahar nikah, seserahan, undangan, hingga WO.

Untuk harga di atas tentu saja setiap daerah berbeda ya, apalagi di kota besar seperti di Jakarta. Resepsi nikah perlu dana minimal di atas 100 juta. Supaya tidak kaget dengan biaya-biaya yang dikeluarkan saat pernikahan, maka sangat penting mempersiapkan dana nikah jauh-jauh hari, supaya lebih tenang dan aman. 

Berikut cara siapin dana nikah dengan cepat dan mudah. Tapi, sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah tahu berapa tahun target untuk melaksanakan pernikahan, misal 2 tahun.
nabung-online-di-m-syariah
1. Buat tabungan khusus untuk dana nikah

Pertama yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah membuat tabungan khusus untuk mengumpulkan dana nikah. Tabungan ini bisa diisi secara rutin setiap bulan secara bersama-sama. Untuk nominalnya bisa disesuaikan kesepakatan bersama, semakin besar, tentu saja target yang diinginkan cepat terkumpul juga.

Dengan membuat tabungan khusus ini bisa membantu pasangan dalam mengubah gaya hidup, dari yang biasanya boros menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangan.

2. Pos keuangan dana nikah

Karena tabungan khusus harus diisi secara rutin, pastikan dimasukkan ke dalam pos keuangan pribadi. Jadi setiap bulan setelah menerima gaji atau penghasilan lainnya, tinggal alokasikan ke pos-pos keuangan yang sudah dibuat. Selain punya pos keuangan untuk kebutuhan hidup, dana darurat, hingga tabungan dan investasi, kamu jadi punya pos keuangan khusus dana nikah.

3. Mulai berinvestasi

Supaya dana nikah cepat terkumpul, kalau punya dana lebih, sebaiknya mulailah untuk beli instrumen investasi, misalnya emas atau reksadana. Kalau beli emas, ini bisa jadi salah satu cara untuk mencicil mahar pernikahan.

4. Mencicil keperluan pernikahan

Mengingat keperluan pernikahan itu banyak banget, cobalah untuk mencicil keperluan pernikahan, supaya terasa lebih ringan. Misal dalam satu bulan bisa beli keperluan seserahan bisa 1 atau 2 barang. Misal bulan ini beli tas, bulan depan beli pakaian, bulan selanjutnya beli sepatu dan seterusnya.

5. Berhemat dulu, bahagia di pelaminan

Dengan memiliki dana pernikahan, calon pasangan bisa belajar berhemat dalam kehidupan sehari-hari. Karena untuk mengumpulkan dana nikah harus konsisten, supaya target segera tercapai. Dengan begitu pernikahan impian terwujud, pasangan pengantin bahagia di pelaminan. Tapi, pastikan untuk mengadakan pesta pernikahan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Seberapa penting memiliki tabungan khusus untuk mengumpulkan dana nikah?

Sangat penting, supaya lebih fokus dan tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya. Sekarang ini, mau nabung juga semakin mudah, gak banyak aksi, yang penting solusi, nabung online di M-Syariah.

Cepat dan Mudah buka nabung online di M-Syariah tanpa harus ke kantor cabang

nabung-online-di-m-syariah
Ingin buka tabungan syariah untuk dana nikah atau buat persiapan setelah pernikahan, tapi tidak sempat datang ke kantor cabang? Tenang saja, karena ada solusi yang gak banyak aksi dengan nabung online di M-Syariah. Nikah itu ibadah, jadi pilih juga tabungan syariah yang bisa memberikan banyak manfaat, sekaligus untuk beribadah.

Kenapa harus buka tabungan syariah di M-Syariah?

Karena buat saya pribadi yang ingin mencari keberkahan dalam menabung, dan bisa merasakan banyak manfaat, bisa pakai tabungan syariah. Selain bisa mewujudkan tujuan keuangan, mengatur keuangan, hingga ibadah bisa dilakukan dalam satu aplikasi dengan M-Syariah. 

M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah yang memberikan berbagai kemudahan kepada para nasabah untuk mengelola transaksi perbankan dan non perbankan. Salah satunya adalah dengan membuka fitur rekening online tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Bank Mega Syariah sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan merupakan peserta Penjaminan LPS. 

Nabung online di M-Syariah adalah solusi, apalagi buat yang merasa terbebani dengan dengan administrasi bulanan. Karena salah satu keunggulan di M-Syariah bebas biaya administrasi bulanan. Bukan itu saja, ada beberapa keunggulan lainnya yang bisa dirasakan dengan nabung online di M-Syariah, seperti:
nabung-online-di-m-syariah
1. Aman

Keamanan akun di M-Syariah semakin terjaga dengan adanya password, PIN, dan kode OTP. Selain itu, di M-Syariah tersedia keamanan Biometrik melalui sidik jari (fingerprint) dan deteksi wajah (face ID) untuk menjadikan transaksi jadi lebih aman dan nyaman.

2. Fitur lengkap

Fitur M-Syariah lengkap untuk memenuhi kebutuhan pembelian dan pembayaran secara online. Terdapat juga fitur Berkah Islami yang memberikan informasi masjid terdekat, arah kiblat, hingga berita dan artikel islami.

3. Transaksi sambil beramal

Selain fitur perbankan, nasabah juga bisa melakukan transaksi donasi dan amal seperti zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, hingga donasi.

4. Praktis

Bisa transaksi kapanpun dan dimanapun tanpa perlu keluar rumah. 

nabung-online-di-m-syariah
Ada banyak fitur dari M-Syariah yang memberikan banyak keberkahan. Jadi, kalau tujuan keuangan menabung di M-Syariah untuk menikah, setelah itu bisa dilanjutkan dengan tujuan keuangan lainnya yang penuh keberkahan, seperti menabung untuk ibadah haji bersama pasangan mumpung masih muda, hingga memiliki rumah impian. Untuk fitur utama dari M-Syariah, seperti:
  • Pembukaan rekening tabungan secara online, tanpa perlu melakukan video call maupun datang ke kantor cabang.
  • Pembukaan rekening cukup dengan mengisi data, mengambil foto KTP, dan melakukan swafoto (selfie) di aplikasi M-Syariah.
  • Pengiriman kartu ATM akan diantar langsung ke alamat nasabah.
  • Pemindahbukuan atau transfer antar bank bisa dilakukan secara online.
  • Nasabah bisa melakukan transfer ke bank lain dengan biaya admin yang lebih murah menggunakan layanan BI Fast. 
  • Fitur pembelian dan pembayaran tagihan.
  • Top up e-wallet (GoPay, OVO, dan DANA).
  • Fitur Donasi dan Amal (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf, Donadi dan Qurban).
  • Fitur Berkah Islami (Informasi masjid terdekat, arah kiblat, hingga berita dan artikel Islami) yang mendukung ibadah.

Cara buka rekening tabungan syariah online di M-Syariah

Buat para calon pengantin yang berencana menikah 2 atau 3 tahun lagi dan ingin buka tabungan khusus untuk dana nikah, bisa banget buka rekening online di M-Syariah, caranya sebagai berikut:
nabung-online-di-m-syariah
1. Download terlebih dahulu M-Syariah di Playstor atau App Store

Untuk membuka rekeningnya cukup mudah sekali, karena saya sendiri sudah buka rekening online di M-Syariah. Pertama yang harus dilakukan adalah download aplikasi M-Syariah di Playstore atau App Store.

2. Daftar untuk membuat akun

Setelah download aplikasi berhasil, pastikan untuk membuat akun terlebih dahulu, dengan mengisi data lengkap, seperti Nama, Email, Password, Pin, hingga masukkan kode referral (opsional). Pastikan juga untuk memverifikasi nomor ponsel yang digunakan untuk menabung.

3. Buka rekening online

Setelah berhasil membuat akun di M-Syariah, saatnya untuk buka rekening online. Untuk verifikasi data akan dilakukan dengan 3 tahap:
  • Foto KTP
  • Foto Selfie
  • Tanda Tangan Digital
bank-mega-syariah
Sumber foto: https://www.megasyariah.co.id/id/digital-banking/m-syariah
Untuk membuka rekening online ini tidak perlu melakukan video call juga, yang penting KTP terlihat jelas, begitu juga dengan selfie. 

Setelah itu lakukan registrasi dengan mengisi informasi pribadi seperti mengisi No NIK, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Kode Pos, Alamat Lengkap, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin, Status Perkawinan, hingga pekerjaan. 

Setelah diisi semuanya, selfie sudah dilakukan, Alhamdulillah akun sudah siap digunakan. Nasabah sudah bisa menabung, hingga menggunakan berbagai fitur yang ada di M-Syariah. Untuk kartu ATM nanti akan dikirimkan langsung ke rumah. Untuk ATMnya ada 3 jenis:
  • Magenta Card bisa tarik tunai maksimal 5.000.000, overbooking maksimal 5.000.000 dan transfer antar bank maksimal 5.000.000.
  • Gold Card, bisa tarik tunai maksimal 10.000.000, overbooking maksimal 50.000.000, dan transfer antar bank maksimal 15.000.000. Dengan kartu ini nasabah juga bisa menikmati diskon 5% hingga 50% di Wendy's, Transmart, Baskin Robbins, Metro, Transtudio dan lainnya.
  • Platinum Card bisa tarik tunai maksimal 15.000.000, Overbooking maksimal 250.000.000, transfer antar bank maksimal 50.000.000. Nasabah juga bisa menikmati diskon 5% hingga 50% di Wendy's, Transmart, Baskin Robbins, Metro, Transtudio dan lainnya.
Dengan memiliki Tabungan Berkah Digital iB ini, nasabah sudah bisa mulai menabung untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangannya, seperti mengumpulkan dana nikah, atau mungkin untuk ibadah haji.

Untuk setoran awal di Tabungan Berkah Digital iB ini setoran awalnya cukup ringan, minimal 50.000 saja. Tabungan ini juga berdasarkan prinsip syariah dengan akad Mudharabah Mutlaqah.

Mudharabah Mutlaqah artinya akad antara pemilik modal dengan pengelola dana untuk memperoleh keuntungan kemudian dibagi dengan nisbah yang telah disepakati.

Setelah nanti pemilik rekening menerima kartu ATM, bisa dilakukan pengaktifan melalui M-Syariah, termasuk pengirim PIN secara online. Gampang bukan membuka tabungan online di M-Syariah? Bisa dimanapun dan kapanpun juga. Saat ini, saya sendiri tinggal menunggu kartu ATM ke rumah.

bank-mega-syariah
Waktu yang dibutuhkan untuk membuka rekening juga relatif cepat. memang ya Nabung online di M-Syariah ini gak banyak aksi yang penting solusi. Dengan beragam penawaran menarik, fitur yang lengkap dan pastinya bisa ibadah juga. Alhamdulillah.

Bagaimana sudah siap nabung online di M-Syariah untuk dana nikah? 

Siap dong ya. Bikinnya mudah, berkah dan banyak manfaatnya. Saatnya siapkan dana nikah jauh-jauh hari, supaya target yang ingin diwujudkan cepat tercapai dan tentunya lebih banyak waktu. 

Mau kedepannya mengadakan resepsi pernikahan atau akad saja, yang penting sudah memiliki dana yang cukup. Sehingga tabungan pribadi atau tabungan lainnya tidak digunakan dana tetap aman untuk masa depan setelah pesta pernikahan. Karena kehidupan rumah tangga itu masih panjang. 

Semakin cepat menabung, semakin banyak dana nikah yang akan terkumpul. Siapkan dana nikah dengan cepat dan mudah sekarang juga dengan nabung online di M-Syariah.

Untuk informasi lebih lanjut, tentang Bank Mega Syariah, bisa cek di:
  • Instagram: @bankmegasyariah
  • Facebook: https://web.facebook.com/megasyariah/
  • Youtube: https://www.youtube.com/@bankMegaSyariahID



Sumber tentang produk M-Syariah:
  • https://www.megasyariah.co.id/id/digital-banking/m-syariah

13 komentar

  1. Wah,,, andai dulu udah mengenal tabungan online di m-syariah ini. Jadi untuk keperluan pernikahan tidak perlu menabung sendiri-sendiri sama pasangan, heheee
    Ada banyak pilihan ingin merayakan pernikahan dengan cara apa,
    Tapi waktu aku dulu, sederhana saja, dan hanya mengundang beberapa kerabat
    Alhamdulillah, udah punya tabungan, sehingga tidak terlalu berat untuk pesta sederhananya

    BalasHapus
  2. Hebat nikah tapi tidak jadi beban orang tua dengan mempersiapkan dana nikah dengan menabung di Bank Mega Syariah yang tanpa biaya admin.

    BalasHapus
  3. Ternyata kalau mau bikin rekening tabungan di M-Syariah mudah, ya. Kita gak perlu ngehabisin waktu atau tenaga untuk daftar dan datang ke banknya. Menabung online jadi lebih mudah dan praktis

    BalasHapus
  4. Pernikahan proses yang penting dalam hidup kita
    Tentu butuh persiapan yang baik
    Salah satunya dengan menabung online di Bank Mega Syariah ya mbak

    BalasHapus
  5. proses nabung untuk keperluan pernikahan jadi lebih tertata ya mba, trus fitur yang ada di online Bank Mega Syariah pun cukup membantu.

    BalasHapus
  6. Kalau udah ada persiapan dana untuk menikah, untuk langkah selanjutnya Insya Allah mudah.

    Jadi, buat adek-adek, perlu banget ya, menabung khusus untuk rencana nikah. Sekecil apapun nominalnya, kalau konsisten, oaati gede juga hasilnya.

    BalasHapus
  7. Wah bagus nih ceu program dana nikah di Mega Syariah. Membantu untuk pasangan yang akan mempersiapkan pernikahan

    BalasHapus
  8. Bener ya teh segala sesuatu iti harus dipersiapkan sedetail mungkian biaya2 buat nikahan karena memang gak murah... Nabung dengan nabung online di M-Syariah praktis lewat hp juga bisa ...

    BalasHapus
  9. Ide bagus, Mbak. Itu 2 Tahun persiapan nikah, invest emas, bisa bantu bangett. Love!

    BalasHapus
  10. Memang lebih terasa ringan biaya pernikahan ini kalau disiapkan jauh-jauh hari jadi gak sampai memberatkan banyak pihak seperti orang tua. Dan menabung jadi solusi yang tepat apalagi ada tabungan online Mega Syariah yang lebih praktis gak perlu ke kantornya

    BalasHapus
  11. Penting banget ya Mbak mempersiapkan dana khusus untuk nikah. Dan menabung online di M-Syariah bisa jadi pilihan banget... Gak mesti ke bank-nya itu lo. Memudahkan!

    BalasHapus
  12. Rencana menikah ini memang kudu dicita-citakan sejak punya rejeki pertama ya..
    Sehingga gak boros dan fokus pada tujuan keuangan.
    Dengan nabung online di M-Syariah dari Bank Mega Syariah, anak muda zaman sekarang bisa memulai impian mereka merancang masa depan yang aman dari sisi finansial.

    BalasHapus
  13. Biaya nikah ini juga perlu direncanakan jauh hari.
    Kalau perlu anak selagi bisa cari uang sendiri dididik punya tabungan khusus untuk menika bersama calon. Hihi
    Sekarang nabung ngga perlu antri, capek ke luar rumah,
    pakai hape bisa nabung di Bank Mega Syariah.
    Ada fitur tabungan haji juga kah?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.