Menemukan Passion di Balik Resign Dengan Menjadi Content Creator untuk Hidup yang Lebih Seru

berkonten-ria-bersama-indihome

Pernah nggak sih merasa kaya hidup itu cuma rutinitas doang? Dari bangun pagi, berangkat kerja, pulang kerja dan tidur lagi. Rutinitas itulah yang pernah saya alami beberapa tahun lalu, sampai akhirnya memutuskan resign untuk mencari tantangan baru.

Menjadi freelancer dan content creator menjadi pilihan saya setelah memutuskan resign dari kantor. Saya lebih banyak waktu membuat konten dan bekerja dari rumah. Dengan menggunakan internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi solusi berkonten ria di rumah untuk aktivitas tanpa batas.

Memutuskan kembali membuat konten di blog

Saya termasuk orang yang suka dengan tantangan dan pelajaran baru, jadi kalau bertahun-tahun melakukan kegiatan yang sama hanya dari rumah dan kantor, pasti tidak merasa puas. Apalagi badan cepat sekali lelah dan stres dengan jalanan yang selalu macet saat berangkat dan pulang kerja.

Setelah resign saya mulai mencari hal baru yang bisa bikin hidup menjadi lebih berarti dan lebih seru. Sangat bersyukur, karena setelah berhenti bekerja, justru makin banyak tawarkan menjadi seorang freelancer. Saya mulai mengurus usaha teman-teman, hingga membuat usaha wedding organizer.

Biarpun saat itu mulai memiliki beberapa pekerjaan, tapi bukan berarti saya cepat puas. Karena dari dulu saya suka sekali beraktivitas dengan berbagai kegiatan yang menantang. Apalagi namanya seorang freelancer tidak mengharuskan untuk pergi ke kantor setiap hari, karena bisa bekerja dimana saja. Jadi saya memiliki banyak waktu di rumah.

berkonten-ria-bersama-indihome
Dari sinilah saya mulai menjadi konten kreator untuk hidup yang lebih seru. Saya memulainya dengan menulis blog, karena sejak lama sudah hobi menulis. Barulah setelah itu saya belajar hal lainnya, dari Instagram, Twitter hingga Youtube. Apalagi saat itu saya sedang hamil, jadi ingin lebih kreatif dan aktif.

Biarpun  menulis di blog juga bukan hal baru buat saya. Karena saat kuliah pernah punya blog, tapi pada akhirnya saya tutup karena fokus dengan skripsi. 

Sejak resign dan hamil, saya kembali memulai membuat konten di blog. Mulai mengikuti berbagai komunitas blog, hingga mengikuti berbagai lomba blog untuk bisa mengasah kemampuan menulis.

Saya tidak pernah berpikir, bahwa dari blog bisa memberikan peluang besar dan mendapatkan uang. Karena bagi saya saat itu adalah terus aktif menulis, sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk para pembaca. Dapat uang itu adalah bonus dan keberkahan, supaya makin semangat membuat konten.

Menemukan passion di balik resign ketika menjadi seorang konten kreator

berkonten-ria-bersama-indihome
Kegiatan saat membuat konten di Malang (dokumen pribadi)
Perjalanan menjadi seorang blogger di tahun 2012, saya mulai dari hanya berbagi pengalaman, cerita keluarga, hingga resep masakan. Sampai akhirnya, kini sudah ada 927 postingan di blog ini, yang semakin berkembang, dari keuangan, wedding, traveling, hingga review berbagai produk.

Bukan itu saja, dari blog inilah saya bisa berinvestasi, melakukan banyak perjalanan seru, hingga mendapatkan lomba blog. Buat saya sendiri ini sebuah pencapaian yang luar biasa, memberikan keberkahan dan kebahagiaan berkonten yang menjadikan hidup lebih seru. Kenapa? Karena saya bisa menemukan passion di balik resign dengan menjadi seorang konten kreator.

Apa saja yang didapatkan setelah berkonten ria selama lebih dari 10 tahun?

Banyak sekali yang saya dapatkan saat menjadi seorang konten kreator. Termasuk pelajaran-pelajaran berharga, sehingga bisa meningkatkan skill yang dimiliki, sebagai investasi di masa depan. Saya bisa belajar tentang personal branding, belajar fotografi, video, sosial media, digital marketing, editing, hingga SEO. 

Dimana semua pelajaran yang saya dapatkan itu tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Semua berawal dari membuat konten, hingga bisa mempelajari banyak hal. Kini, bisa memberikan penghasilan setiap bulan. Rasanya keputusan saat itu untuk memilih resign dari pekerjaan impian saya selama ini bukan akhir segalanya. Justru bisa menemukan passion untuk hidup yang lebih seru.

berkonten-ria-bersama-indihome

Bahkan dari konten saya dapat penghasilan tambahan, yang bikin dapur tetap ngebul. Seperti:
  • Pekerjaan sebagai team sosial media sudah lebih dari 4 tahun dengan mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan.
  • Mendapatkan job untuk review berbagai produk dari banyak brand.
  • Berkesempatan untuk jalan-jalan gratis ke berbagai kota di Indonesia, dari mulai Makassar, Yogyakarta, Manado, Malang, Surabaya, hingga Pangkal Pinang.
  • Dapat penghasilan tambahan untuk membuat foto makanan untuk daftar menu dan konten beberapa resto di Jakarta.
  • Berkesempatan mengisi kelas sosial media di perguruan tinggi di Garut.
  • Menang lomba blog dengan hadiah menarik sejak 2016, dari uang tunai, jalan-jalan, hingga barang elektronik.
  • Mendapatkan undangan untuk menghadiri launcing brand-brand besar. 
Dan masih banyak lainnya yang saya dapatkan sejak membuat konten di blog, youtube hingga sosial media. Dari sinilah saya menemukan pekerjaan yang sesuai passion. Dan menjadi content creator bikin hidup lebih seru, karena bisa sharing dan ketemu banyak orang juga.

Untuk mendapatkan itu semua, tentunya tidak instan, saya butuh bertahun-tahun, sampai akhirnya mendapatkan job review untuk pertama kalinya. 

Ketika memutuskan untuk terus belajar menjadi konten kreator, banyak yang bilang "Ah cuma nulis doang mah gampang, apalagi foto". Hemm, justru bagi saya yang seorang anak lulusan ekonomi, rasanya ini sebuah tantangan besar, biarpun dari dulu suka menulis dan aktif di Pers Mahasiswa. 

Nyatanya nih setelah dijalani menjadi seorang content creator itu tidak mudah kakak. Setidaknya kita harus memiliki modal awal sebagai content creator, mulai dari:

berkonten-ria-bersama-indihome

1. Punya kemauan untuk terus belajar

Jangan pernah merasakan puas dengan kemampuan yang kita miliki saat ini. Nyatanya seorang content creator sangat penting untuk terus meningkatkan skill supaya menjadi lebih baik dan bisa mengikuti perkembangan. Mulai dari belajar editing video yang estetik supaya terlihat lebih profesional, membuat konten tulisan di sosial media, hingga penggunaan tools untuk membuat konten.

Itu juga yang saya lakukan dari dulu, biarpun sudah bisa menulis, tetap ikut kelas menulis, kelas foto, kelas SEO, hingga kelas video, supaya konten yang dibuat semakin menarik.

2. Mengasah kreativitas

Seorang content creator harus bisa terus mengash kreativitas, dengan banyak berlatih dalam membuat konten. Ini yang sering saya lakukan juga. Terutama saat membuat foto produk atau makanan, setelah itu baru melakukan editing. Hasilnya pasti aku posting ke Instagram, dan test berapa banyak like dan komennya.

3. Tekun dan konsisten

Menjadi seorang content creator bisa diberbagai platform, bisa Instagram, Youtube, TikTok, Blog, hingga Twitter. Tapi, yang terpenting harus tekun dan konsisten saat posting. Kan kita punya followers dan subcribers, tentunya mereka yang setia harus dipertahankan. Caranya tentu saja dengan konsisten dalam membuat konten.

4. Peralatan dan properti pendukung untuk membuat konten

berkonten-ria-bersama-indihome
dokumen pribadi
Untuk memulai menjadi seorang content creator tentu sangat perlu sekali peralatan yang mendukung. Awal saya memulai kembali membuat konten di blog, ada laptop, handphone yang mumpuni, dan alat tulis.

Tapi, semenjak banyak belajar foto dan membuat video, saya mulai membeli satu persatu peralatan dan properti pendukung dalam membuat konten. Mulai dari tripod, mikrofon mini, tripod meja, upgrade smartphone supaya bisa download aplikasi editing, hingga properti untuk foto makanan dan review produk. Untungnya untuk kamera saya dapatkan secara gratis saat menang juara pertama lomba blog.

5. Pakai internet cepat untuk aktivitas tanpa batas

Sebagai seorang content creator dan freelancer yang setiap hari kerja di rumah, penting banget punya internet yang lancar dan cepat. Karena internet itu adalah nyawanya seorang content creator. Tanpa ada internet, kita tidak bisa posting blog atau youtube. Apalagi saya banyak menggunakan aplikasi untuk edit foto. Jadi adanya internet memiliki peranan penting untuk seorang content creator seperti saya. Maka dari itu, pastikan untuk pilih internet provider yang cepat untuk aktivitas tanpa batas.

Berkonten Ria Bersama IndiHome

IndiHome
Dokumen Pribadi
Untuk pilihan Internet di rumah, IndiHome dari Telkom Indonesia bisa menjadi solusi untuk antivitas tanpa batas setiap harinya. Apalagi saya termasuk yang kerja di depan laptop lebih dari 8 jam. Dari meeting, mengerjakan pekerjaan kantor, membuat konten, hingga upload ke sosial media.

Berkonten ria bersama IndiHome setiap harinya tidak banyak drama dan aman-aman saja. Apalagi pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya tidak terlalu besar. Karena banyak pilihan paket yang terjangkau dari internet provider yang satu ini. Sehingga pos keuangan rumah tangga tetap aman terkendali.

IndiHome adalah layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket, serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuuhan. Jaringan IndiHome juga sudah tersebar di seluruh Indonesia, yang tentunya akan terus berinovasi untuk terus memenuhi kebeutuhan internet terbaik bagi masyarakat.

Mau sambil jualan online, WFH (work from home), hingga berkonten ria di rumah, layanan internet IndiHome dari Telkom Indonesia bisa menjadi solusi tepat. Hadir dengan internet cepat, sehingga bisa membantu para content creator untuk terus berkarya di rumah. 

IndiHome menyediakan layanan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggananya. Untuk kategori internet, ada Wifi.id Seamless, Speed on demand, hingga Wifi Extender. Ada kategori TV, mulai dari Netflix, Viu, WeTV, hingga Vidio.

Ada kategori lainnya juga, seperti kalau perlu karaokean di rumah bisa pilih IndiHome Karaoke. Kalau butuh solusi keamanan dan kenyamanan dalam memonitor rumah bisa pilih IndiHome Eazy. Jadi, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, IndiHome menyediakan.

Memang berapaan paket IndiHome setiap bulannya?

IndiHome
Sumber: www.indihome.co.id
Ada banyak paket IndiHome dari Telkom Indonesia yang bisa jadi pilihan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, supaya berkonten ria makin seru, dan anak-anak makin anteng saat nonton. Tentunya ini jadi pilihan untuk aktivitas tanpa batas di rumah. Ada beberapa pilihan paket:

1. Paket Promo

IndiHome menyediakan pilihan paket promo menarik untuk para pelanggannya. Ada banyak pilihan paket, mulai dari paket New IndiHome Netflix 2p HSI Streaming, promo 100 Mbps dengan harga Rp555.000/bulan, ini bisa digunakan untuk 12-18 perangkat sekaligus. Ini sudah termasuk Netflix, IndiHomeTV dan Disney+ Hotstar.

Ada juga paket yang terjangkau yakni New IndiHome Netflix 3P HSI Streaming, promo 30 Mbps dengan harga Rp430.000/bulan, ini cocok digunakan uttuk 5-7 perangkat sekaligus. Paket ini juga sudah termasuk Netflix, IndiHomeTV, dan Disney+ Hotstar. Tentunya ada banyak pilihan paket lainnya yang bisa disesuaikan kebutuhan.

2. Paket 3P (Internet + TV + Phone)

IndiHome juga menyediakan bundle internet kencang, telepon rumah, dan channel TV interaktif dalam 1 paket 3P (Internet + TV + Phone). Untuk pilihan paket ada banyak pilihan juga, mulai dari Paket JITU 1 - 3P dengan promo 30 Mbps dan harganya 475.000/bulan. Dengan benefit telepon rumah 100 menit dan 83 channel. Paket sudah termasuk IndiHomeTV, Catchplay +, Video, Disney+ Hotstar, dan WeTV.

Untuk pilihan paket yang terjangkau, ada paket JITU 1 - 3P, dengan promo 30 Mbps dan harga Rp360.000/bulan. Paket ini cocok digunakan untuk 5 - 7 perangkat sekaligus. Benefit yang didapatkan telepon rumah 100 menit, dan 83 channel. Paket ini sudah termasuk IndiHomeTV dan Disney+ Hotstar.

3. Paket 2P (Internet + TV)

IndiHome juga menyediakan bundle internet kencang dan telepon rumah dalam 1 paket 2P (Internet + TV). Untuk pilihan paket ini ada yang (Internet + TV) dengan pilihan bundle mulai harga Rp340.000/bulan, hingga Rp505.000/bulan. Benefitnya tentu saja sudah tersedia 83 channel.

Ada juga paket 2P (Internet + Phone) dengan pilihan bundle mulai harga Rp285.000/bulan hingga Rp360.000/bulan. Untuk yang paket Rp360.000/bulan bisa digunakan untuk 10 - 12 perangkat sekaligus, dengan benefit telepon rumah 100 menit dan sudah termasuk Disney+ Hotstar.

4. Paket 1P (Internet)

Kalau perlu internet saja, IndiHome juga menyediakan paket 1P untuk aktivitas yang makin lancar dengan internet cepat. Untuk pilihan paket ini mulai Rp280.000/bulan sampai dengan Rp350.000/bulan. 

Bagaimana terjangkau bukan biaya perbulannya? Banyak benefit yang didapatkan juga. Sehingga membuat konten akan lebih seru. Bahkan selesai membuat konten bisa bersantai sambil nonton juga, sekalian cari ide untuk konten-konten selanjutnya.

Untuk lebih lanjut dengan paket IndiHome, bisa langsung cek saja di:
  • Website: www.indihome.co.id
  • Instagram: @indihome
  • Facebook: www.facebook.com/IndiHome/
  • Twitter: @IndiHome
  • Youtube: @IndiHome_official
IndiHome
Internet untuk kebutuhan konten perbulannya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jadi pilihlah internet yang sesuai kebutuhan untuk aktivitas tanpa batas dalam membuat konten. Berkonten ria bersama IndiHome menjadi pilihan saya dalam membuat konten dari rumah. 

Mau habis travelling dan melakukan banyak kegiatan, pasti melakukan edit semuanya di rumah. Karena membuat konten harus dalam kondisi tenang dan didukung dengan internet cepat dari IndiHome.

Begitulah sekilas cerita perjalanan saya menemukan passion di balik resign dengan menjadi content creator untuk hidup yang lebih seru. Seseru itu bikin konten di rumah, sambil ditemani anak bayi yang sedang aktif-aktifnya.




Sumber tentang produk: https://indihome.co.id/

1 komentar

  1. Di balik resign ada hikmah yang luar biasa, memang ada berbagai alasan untuk berhenti dari pekerjaan utama. Nyatanya, ada hal lain yang harus lebih diutamakan, biasanya kalau satu rezeki tertutup akan dibukakan dari yang lain. Mantep jadi content creator, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.