Cara Hemat Ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Dari Madiun

bandara-adi-soemarmo

Bagaimana ya cara hemat ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo?

Sebagai warga yang baru 3 tahun tinggal di Maospati, ternyata butuh waktu yang lumayan lama untuk samapai ke Bandara. Sebenarnya disini ada Lanud Iswahjudi. Tapi ini adalah kawasan militer. Sedangkan yang mau naik pesawat sipil, tentu harus memilih bandara terdekat.

Beberapa waktu lalu, ketika mendapat undangan untuk menghadiri Bicara Mikroprudensial bersama Bank Indonesia di Bali, saya harus memilih antara ke Solo atau Surabaya. Qadarullah, tiket dari Surabaya ke Bali habis.

Sampai akhirnya saya memutuskan ambil bandara terdekat yakni Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, tapi harus transit dulu ke Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Jadilah, Solo - Jakarta - Bali. Lumayan panjang perjalanananhari itu.

Cara hemat ke Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo dari Madiun

Waktu yang saya tempuh dari Madiun ke Bali lebih dari 10 jam. Kok bisa ya? Karena memang perjalanan jauh dan harus transit dulu. Tapi, karena saya tidak mau boros, tentu saja harus cari cara hemat untuk menuju ke bandara.

stasiun-madiun
View Stasiun Madiun di pagi hari
1. Stasiun Madiun menuju Stasiun Solo Balapan

Karena penerbangan saya sekitar jam 11:00 WIB menuju ke Jakarta, jadi saya harus berangkat lebih pagi dari rumah, supaya tidak terlambat. Daria rumah ke Stasiun membutuhkan waktu 15 menit, jadi saya berangkat pukul 05:45 WIB diantarkan suami.

Menuju ke Bandara dekat Madiun, saya memilih menggunakan kereta api Bangunkarta (123) dari Stasiun Madiun menuju Stasiun Solo Balapan. Kereta berangkat sekitar jam 06:39 WIB, dengan waktu tempuh 1 jam 23 menit. Naik kereta api ini, saya hanya mengeluarkan biaya kekurangan 50.000 saja, karena masih memiliki voucher di aplikasi Tiket.com.

Sebenarnya harga normal kelas Eksekutif (A) yang saya pilih sekitar 265.000, tapi karena saya memiliki voucher, jadi dapat potongan banyak banget. Coba deh, rajin-rajinlah ikutan kuis atau lomba, lumayan bisa jadi dana darurat kalau dadakan pergi seperti ini 😍😍.

2. KA BIAS dari Stasiun Solo Balapan
stasiun-solo-balapan
Ruang tunggu KA Bandara dan di dalam KA BIAS
Sesampainya di Stasiun Solo Balapan sekitar jam 08:02, saya melanjutkan perjalanan menggunakan KA BIAS (Bandara Adi Soemarmo). Awalnya karena takut telat saya mau pakai taksi online, untungnya pas ditanyakan ke petugas, KA BIAS akan berangkat jam 08:30, tentu saja masih banyak waktu. Alhamdulillah, Allah SWT melancarkan perjalanan saya.

Perjalanan menggunakan KA BIAS hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja, dengan harga tiket sebesar 7.000 rupiah untuk satu kali jalan. Tiketnya sendiri bisa beli secara online di KAI Access atau beli secara langsung.

3. Sampai di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo
bandar-udara-adi-soemarmo
Di dalam bandara dan pesawat yang saya naiki saat ke Jakarta
Alhamdulillah pagi itu saya bisa tenang sudah sampai di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo sekitar jam 08:50, tentunya tidak takut ketinggalan pesawat. Bahkan sebelum terbang ke Jakarta, masih punya waktu buat sarapan dan ngopi sambil meeting, serta menyelesaikan ujian pajak.

Pengalaman perjalanan dengan KA BIAS

Perjalanan dari Madiun ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo menggunakan KA BIAS adalah pengalaman pertama saya. Karena selama pindah dalam kondisi pandemi, tidak pergi kemana-mana, kecuali ke Jakarta untuk mengurus pekerjaan. Itupun menggunakan kereta api.

Bahkan terakhir naik pesawat itu, saat berangkat ke Balikpapan dan Surabaya sebelum Covid datang ke Indonesia. Berangkatnya juga dari Bandara Soekarno Hatta. Jadi, tentu saja ini pertama kali berangkat dari Bandar Udara Adi Soemarmo.

Pada akhirnya bisa menikmati perjalanan hemat dari Stasiun Solo Balapan ke bandara pakai KA BIAS yang mulai beroperasi pada 29 Desember 2019. Sehingga perjalanan ke bandara jadi lebih mudah dan lebih hemat juga. Tapi, penumpang harus tahu dulu nih jadwal penerbangannya, sehingga bisa langsung cek jadwal KA BIAS.

Saya sendiri bersyukur banget hari itu sampai Stasiun Solo Balapan jam 08:02, sehingga cuma menunggu 30 menit saja, bisa langsung berangkat dan tiba sebelum pesawat berangkat. Alhamdulillah.

Buat yang baru pertama kali ke Stasiun Solo Balapan dan mau naik KA BIAS gampang banget kok. Tinggal cari pintu keluar KA Jarak Jauh, lalu belok kiri dan jalan saja. Sampai ketemu ekskalator untuk naik ke lantai atas untuk menuju KA Bandara.
ka-bandara-solo
Di pintu masuk sudah tersedia Loket KA Bandara, kalau belum beli, tinggal on the spot saja. Tapi, kalau mau beli online juga bisa pakai KAI Access. Karena saya baru tahu ada KA Bandara, jadi belum pesan online, beli langsung murah meriah banget, hanya 7.000 rupiah saja.

Suasana ruang tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Balapan ini juga luas, bersih dan modern. Pas saya turun, sudah ada KA BIAS yang akan diberangkatkan jam 08:30 WIB. Saya hanya duduk 15 menit, sudah jalan tepat waktu. Sehingga sampai ke bandara juga tepat waktu.

Dengan hadirnya KA Bandara ini tentu saja memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan pergi ke bandara, ataupun yang dari bandara menuju Stasiun. Apalagi kalau hemat, tentu saja bisa jadi pilihan juga.

Sepertinya habis ini mau naik pesawat dari Solo saja, lebih dekat dan tentunya lebih hemat juga. Dari Madiun hanya perlu waktu 1 jam saja.