Garibaldi Thohir Dan Adaro Grup Berbagi Kebahagiaan Bersama 1000 Anak Yatim

Liswanti Pertiwi | Kamis, Juni 25, 2015 | | | | | | |
Dokumen Pribadi

Di bulan ramadhan seperti saat ini, sebaiknya kita sebagai umat muslim untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Bukan saja menahan lapar dan haus, kita pun harus meningkatkan ibadah. Dan tidak lupa untuk selalu berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang membutuhkan.

Seperti pada Senin, 22 Juni 2015 kemarin, Adaro grup mengadakan buka puasa bersama dengan 1000 anak yatim di GOR Soemantri Brodjonegoro Jakarta. Selain 1000 anak yatim dari berbagai yayasan, acara ini pun di hadiri oleh para pimpinan beserta manajemen Adaro Grup. Serta diisi oleh penceramah kondang yaitu Ustad Cepot.

Kalau bicara tentang Adaro Grup, kita pasti akan langsung tahu dengan tokoh penting yang ada di dalamnya. Yaitu Garibaldi Thohir atau biasa dipanggil Boy Thohir merupakan Presiden Direktur Adaro Energy. Lahir di Jakarta pada 1 Mei 1965, merupakan anak dari Teddy Thohir salah satu pemilik (co-owner) grup Astra International. Lulusan dari Northrop University California ini, juga menjadi salah satu pendiri perusahaan pembiayaan publik, yaitu PT. WOM Finance Tbk, yang baru-baru ini terpilih menjadi Komisaris BEI.


Dokumen Pribadi (Garibaldi Thohir Dan Adaro Grup Berbagi kebahagiaan bersama 1000 anak yatim)

Saat saya pertama bertemu dengan Boy Thohir, memiliki kesan tersendiri dengan sosoknya yang ramah dan bersahaja. Bahkan tidak canggung untuk duduk bersama kami (blogger) beralaskan karpet pada acara buka bersama 1000 anak yatim Senin kemarin. Boy Thohir yang pada waktu itu juga memberikan kata sambutan, memohon doa kepada seluruh tamu yang datang, beserta anak-anak yatim untuk mendoakan Ayahnya yang sedang sakit.

Setelah selesai acara, barulah kami berkesempatan untuk mengobrol bersama dengan seorang pengusaha sukses yaitu Boy Thohir. Boy tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya selepas acara itu. Kenapa?, karena kesan yang didapatnya selama acara. Apalagi Boy Thohir terlibat langsung memilih menu makanan untuk anak-anak.

“Hidup itu harus seimbang terutama untuk hati”, ujar Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro energy. 

Maka dari itulah dirinya selalu ingin memberikan kebahagiaan kepada sesama, terutama kepada anak-anak yatim seperti sekarang ini. Bahkan Boy Thohir pun ingin memberikan sesuatu yang berbeda kepada anak-anak, yang memang jarang atau belum tentu mereka dapat setiap hari. Dengan menu pilihan Boy Thohir itu, dirinya dibuat terharu sekaligus bahagia. Mengapa?. Karena saat itu beliau bertanya pada seorang anak yang memilih membawa sebagian makanannya untuk pulang, dan ternyata bukan untuk sahur, melainkan untuk diberikan kepada Ibunya.

Garibaldi Thohir (Dok. Pribadi)
Tentu saja beliau terharu sekaligus bahagia. Terharu, karena diusianya yang masih kecil, anak itu ingat kepada Ibu dan bisa berbagi kebahagiaan dengan membawa makanan yang didapatnya. Merasa bahagia, karena Boy Thohir bisa memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim. Disitulah dirinya selalu yakin bahwa hidup itu harus seimbang terutama untuk hati.

Garibaldi Thohir mengungkapkan bahwa acara ini memang di buat setiap tahun dengan konsep yang berbeda. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Adaro Grup mendatangkan Cherrybale dan Coboy Junior untuk menghibur anak-anak, yang sampai membuat mereka kegirangan dan ikut bernyanyi. Tapi kali ini dibuat berbeda dengan ditampilkannya drama musikal beserta karakter Super Hero, seperti Captain Amerika, Batman dan lainnya. Tapi dari setiap hiburan itu, Garibaldi Thohir mengharapkan bahwa idola yang tampil sebagai refresing saja buat anak-anak. Karena menurutnya idola yang paling utama adalah Nabi Muhammad SAW.

Banyak yang diceritakan Boy Thohir, sekaligus memberikan pelajaran buat kita semua. Bahwa kita masih tergolong beruntung bisa makan enak setiap hari, tapi mereka (anak-anak yatim) belum tentu. Bahkan di usianya yang masih kecil, diantara mereka ada yang tidak punya ayah atau ibu, bahkan keduanya. “tidak ada yang mau seperti itu, karena itu takdir dari Allah SWT” ujar Boy Thohir.

Yang diungkapkan Boy Thohir memang benar, saya dan adik mungkin bisa dikatakan masih beruntung dari mereka, biarpun kami sama seorang anak yatim. Setidaknya kami masih bisa punya tempat tinggal yang layak, pakaian bagus dan makanan enak. Tapi mereka belum tentu, sampai mengharuskannya tinggal di yayasan atau panti asuhan. Dan seperti yang di katakana ustad Cepot “cintai anak yatim, karena mereka adalah titipan Allah SWT”.

Selain berbicara tentang kesan yang di dapat selama acara buka bersama anak yatim. Baribaldi Thohir juga bercerita banyak hal, termasuk kunci suksesnya dalam berbisnis yang bisa menginspirasi kita semua.

“Uang bukan segala-galanya, tetapi nama baik dan reputasi yang paling utama”, ujar Garibaldi Thohir Presiden Direktur Adaro Energy.

Kalau berbicara uang pasti semua pada melek, tapi kenapa bagi seorang pengusaha sukses seperti Garibaldi Thohir bukan segalanya, padahal apapun butuh yang namanya uang.

Garibaldi Thohir sudah banyak belajar dari orang-orang sukses, jadi sudah tentu tahu bahwa untuk mencapai kesuksesan, semua itu dimulai dari nol, tidak punya apa-apa. Tapi dengan memiliki nama baik, bisa dipercaya semua orang, berlaku jujur, maka kesuksesan jawabannya. Maka dengan kunci suksesnya itu, beliau memiliki banyak partner, baik itu pengusaha Indonesia, Jepang, Korea, sampai Australia. Karena partnernya melihat beliau selalu bisa menjaga reputasi dan nama baik itulah, sehingga mereka percaya.

Memang benar, segala sesuatu yang dimulai dengan kejujuran, membawa nama baik, tentu akan berjalan sukses. Berbeda dengan yang memilih uang diatas segala-galanya, tapi untuk mendapatkannya berperilaku tidak jujur, sehingga mencoreng nama baiknya, jadilah semuanya hancur. Dan kunci sukses ini neh penting bagi kita, apalagi yang ingin mulai berbisnis. Awali semua itu dengan bismillah, dan kejujuran.

Percumakan kalau punya banyak uang, tapi tidak dipercaya orang, uang pun akan cepat habis, begitu yang diungkapkan seorang Boy Thohir. Beliau menambahkan, jangan sampai karena ingin cepat mendapat keuntungan, kita menjadi orang yang ikut-ikutan, misalkan lagi booming usaha batu bara semua ikut, jadinya jatuhnya pun cepat. Berbeda dengan orang yang mulai berbisnis dari nol dan mau bersusah-susah dahulu.

Seperti halnya dalam berumah tangga, semua diawali dengan pelan-pelan, biarpun selanjutnya ada problem, tapi masih bisa diatasi dengan baik. Itupun yang selalu diajarkan Garibaldi Thohir kepada anak-anaknya. Bahkan beliau pun tidak membatasi anak-anaknya, baik laki-laki ataupun perempuan untuk sekolah setinggi-tingginya. Yang paling penting baginya adalah sebagai orang tua dalam mendidik anak, bukan saja kepandaian yang dibentuk tapi juga kepribadiannya.

Maka dari itu Boy Thohir selalu mengingatkan pada anak-anaknya setinggi apapu pendidikan, yang penting adalah “punya suami yang baik”. Biarpun perempuan itu pintar, tapi kodratnya adalah memiliki suami, dan itu tidak boleh salah. Boy pun mengharapkan sebelum anaknya memutuskan menikah, untuk mempertimbangkan matang-matang pilihannya. Karena menikah itu sekali seumur hidup, maka beresiko bagi perempuan yang salah memilih suami.

Dokumen Pribadi
Tentu saja, apapun keputusan yang akan diambil meski dipikirkan dengan matang, begitu pun memilih pasangan hidup. Terutama bagi perempuan, jangan salah memilih suami. Harus tahu dulu latar belakangnya, kalau perlu istikharah dulu sebelum memutuskan apapun. Jangan samapi melihat sesuatu dari uang. Karena uang dan kekayaan itu tidak menjamin seseorang bisa bahagia. Maka, sangat jelas dengan apa yang disampaikan Boy bahwa “uang bukan segala-galanya, tetapi nama baik dan reputasi paling utama”. Ini pun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Buktinya bisnis yang dijalankan Garibaldi Thohir pun selalu maju dan sukses, seperti halnya Adaro Energy.

Sekilas tentang Adaro Grup

Seperti yang kita sudah ketahui bahwa Adaro merupakan perusahaan kelompok energy yang ada di Indonesia, dan berfokus pada pertambangan batu bara. Adaro sendiri merupakan perusahaan yang selalu berkomitmen terhadap lingkungan dan masyarakat, maka tidak salah kalau banyak penghargaan yang sudah di raihnya, termasuk di bidang lingkungan.

Lokasi operasional Adaro yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, juga memproduksi salah satu batu bara terbersih di dunia yang dikenal dengan nama Envirocoal. Dimana jenis ini merupakan batu bara subbituminus dengan nilai kalori sedang dan kandungan sulfur, abu dan NOx yang sangat rendah.

Adaro memiliki visi “menjadi kelompok perusahaan tambang dan energy Indonesia yang terkemuka”. Dengan misi “Adaro menjalankan usaha di bidang pertambangan dan energy untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Selain itu juga mengembangkan karyawan, menjalin kemitraan dengan pemasok, hingga mendukung pembangunan masyarakat dan negara”.

Banyak sekali yang bisa saya petik disini, bukan saja bisa melihat kebahagiaan anak-anak. Tapi lebih dari itu, saya banyak belajar untuk bisa menjadi orang sukses, dan mendidik anak-anak dengan baik. Satu hal yang memang tidak akan saya lupa, bahwa memberi kebahagiaan kepada sesama, terutama anak yatim akan membawa berkah dan kebahagiaan.

“Dan berbuat baiklah kepada Ibu Bapak dan kaum kerabat serta anak-anak yatim dan orang-orang miskin”. (QS Al Baqoroh 2:83).


Sumber tulisan perusahaan:



  • Adaro Energy
  • Wikipedia

12 komentar:

  1. Kereeen acaranyaaa.. Pak Boy nya terutama, inspiring!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget nie, beliau memang keren dan hebat.

      Hapus
  2. Asyiknya bisa menimba ilmu dari orang-orang yang menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas. Alhamdulillah bisa bertemu orang hebat seperti beliau dan dapat ilmu.

      Hapus
  3. wah sangat menginspirasi sekali yaa :) enaknya bisa berbagi bersama anak yatim :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Alhamdulillah.

      Pa Boy memang menginspirasi.

      Kapan ya kita bisa seperti beliau.

      Hapus
  4. ternyata mak lis ikutan bukber di sana ya

    BalasHapus
  5. Wah ... pingin ke sana juga. :D

    Sudah follow, ya, Mak. :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...