Resep Bubur Puding Jagung

Liswanti Pertiwi | Kamis, Agustus 06, 2015 |
Bubur Puding Jagung
Ala Pena Cinta Liswanti
Kok Bubur puding?. Iya kita bisa merasakan makan bubur sekaligus mencicipi puding. Entahlah, pas waktu sakit beberapa hari kemarin, kok ngiler saja gitu makan bubur dengan puding, "aneh ya". Tapi bener deh, kepikiran juga ini bisa menjadi cemilan anak-anak. 

Kenapa jagung?. Karena anak doyan sekali dengan jagung, sampai bosen tiap hari cuman di rebus dan di gadoin, atau ditambah keju. Dan pengen saja gitu nyoba yang lain. Apalagi jagung ini banyak manfaatnya, salah satunya adalah baik untuk pencernaan, karena jagung ini kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan makanan. Apalagi jagung ini kaya akan nutrisi, dan baik untuk kulit. 

Maka dari itu, saya pun selalu membuat cemilan dari Jagung, memang tidak setiap hari. Tapi kalau cuma di rebus dan kukus saja ya tentu jadi bosen juga. Oleh karena itu, saya buat "Bubur Puding Jagung".

Bahan yang di butuhkan:

Bahan-bahannya
  • 2 buah Jagung
  • Agar-agar 1
  • Agar tanpa rasa 1 (tapi disini saya pake Nutrijel orange, karena anak-anak pengen ada campuran rasa lain di pudingnya)
  • 8 sendok teh gula pasir
  • 3 buah sachet susu kental manis
  • Garam secukupnya
  • 3 gelas Air
Cara membuat:
  • Pertama-tama jagung di cuci hingga bersih, lalu parut jagungnya (jangan di blender). Setelah mendapatkan parutan yang lembut, campurkan dengan 3 gelas air. Kemudian saringlah, dan kita akan mendapatkan hasil parutan yang lembut. Dan air jagung itu yang akan dijadikan pudingnya (menjadi 2 adonan, air dan hasil parutan jagung).
  • Hasil parutan yang lembut itu campur dengan 1/2 gelas air saja, dan kemudian beri sedikit garam dan satu sachet susu kental manis. Lalu didihkan dan masak hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Ingat ya jangan di tinggalkan karena bisa gosong, dan ini yang akan dijadikan bubur. Selama memasak aduk terus hingga matang.
  • Selanjutnya kita membuat puding dari air yang disaring tadi, campurkan agar-agar, nutrijel, sedikit garam, 2 sachet susu dan juga gula. Aduk dulu hingga rata, kemudian masaklah. Saat memasak jangan lupa untuk terus mengaduknya dalam satu putaran saja biar hasilnya bagus. Setelah mendidih, tiriskanlah. 
Bubur Puding Jagung
Nah kalau sudah jadi begini neh, saya menyimpan buburnya di bagian bawah, dan puding di atasnya. Sebenernya bisa kasih coklat dan buah untuk hiasan. Tapi, karena saya punya susu kental manis saja, ya sudah pake yang ada saja hehe, lebih hemat. Oh ya ini bisa untuk 4 porsi, atau mungkin bisa untuk MPASI bayi juga kok, soalnya buburnya lembut banget, anak saya saja suka. Pencernaan saya pun akhirnya lancar deh.

Selamat mencoba.

32 komentar:

  1. wah jadi pengen nyicip mbak hehe....

    BalasHapus
  2. Bahannya sederhana dan cara bikinnya tidak susah sepertinya. Boleh neh... bubur puding jagung. Makasih banyak ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pa

      Yuk mari dibikin enak loh, apalagi kalau dimaknnya dingin2

      Hapus
  3. kalo jagungnya diblender bisa juga ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di blender hasilnya malah jelek mba, jadi saran saya di parut saja

      Hapus
  4. anak saya juga suka jagung dgn keju. Variasi dgn dibuat puding boleh juga nih.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah jagung keju sama kesukaan anak. Saya coba variasi ini, ternyata suka juga mereka

      Hapus
  5. hmmm aku belum pernah nyoba mak, enak kayanya ya

    BalasHapus
  6. Bubur jagung... kok pake garam mak? Jadi gurih gak rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan banyak garam mak, cuman untuk sarinya saja. Sedikit saja, ga gurih kok.

      Hapus
  7. pengen nyoba ah, biar ada variasi lain mengolah jagung

    BalasHapus
  8. Saya pernah makan pudinv jagung dan suka. Kepengin bikin tapi suka malas

    *kebanyakan ngeles

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sama seperti saya, ini lagi rajin saja mba

      Hapus
  9. cucok buat disantap sehabis makan berat ini, pasti nyess bgt klo dingin hehe

    BalasHapus
  10. wah kalo emak2 ngebahas makanan hasilnya ngiler doang hahahaha. mau dong dikasih... nanti dibikin review deh wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw, review puding ya. Boleh tuh, ntar aku bisa sambil jualan hihi

      Hapus
  11. huhuhu aku suka banget puding jagung mak, kucoba ah besok hihihi :)

    BalasHapus
  12. blm pnh nyoba. pengen bikin ah

    BalasHapus
  13. Belum pernah nyoba makan puding jagung, apalagi bikin dewe, hehehe

    Kayaknya enak nih :)

    BalasHapus
  14. Udah kebayang enaknyaaa .. Manis tapi berserat tinggi lhoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya neh mak, karena kemarin itu saya butuh banget makanan berserat hihi

      Hapus
  15. Saya pikir tadi sepintas mirip pie susu, boleh juga nih di coba resepnya.

    BalasHapus
  16. Wah..resep bubur puding jagung ini, termasuk resep yang baru saya tau. Patut dicoba nih, apalagi mengandung serat dan gizi yang baik untuk anggota keluarga.Makasih resepnya mbak ..:)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...