Cintai Indonesia Dengan Menggunakan Produk Dalam Negeri

Liswanti Pertiwi | Senin, Januari 11, 2016 | | | |


Hai semua. Sudah beberapa hari ini saya tidak menyapa kalian semua, kangen deh buat bercerita. Kali ini saya ingin bercerita tentang kecintaan terhadap Indonesia. 

Semenjak kecil saya selalu diajarkan orang tua untuk mencintai dan bangga dengan tanah kelahiran dan negara tercinta, yakni Indonesia. Dari orang tua saya semakin mencintai kebudayaan sunda, tradisi turun temurun, hingga kuliner nikmat yang menggugah selera. Dari nenek dan Ibu, saya belajar memasak menu makanan khas dari Sunda. Dari Ayah saya belajar kebudayan, seni, dan ilmu pendidikan yang bisa menumbuhkan patriotisme.

Cintai Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri.

Yup, cintai Indonesia, harus bangga juga dong dengan produk dalam negeri. Kualitas produk dalam negeri tidak kalah kok dengan brand-brand luar yang sudah terkenal. Masa cinta Indonesia, tapi kemana-mana pake produk luar. Ayo dong jadi contoh yang baik buat generasi-generasi penerus bangsa. Dengan cinta produk buatan negera sendiri. 


Produk kita itu banyak loh, salah satunya produk kulit dari Sukaregang Garut Jawa Barat. Kota kelahiran saya ini memang terkenal dengan pengrajin kulitnya. Kualitas bahan kulitnya juga luar biasa. Maka, jangan kaget kalau di Garut akan banyak sekali toko yang menjual barang-barang berbahan kulit, seperti tas, sepatu, sandal, ikat pinggang, topi, jaket kulit, dompet, hingga sarung tangan.


Salah satu produk kulit yang saya sukai adalah sarung tangan ini, enak banget dipakainya. Bahkan semenjak saya bisa mengendari motor, kemana pun saya menggunakan sarung tangan. Yang bisa melindungi tangan dari terik matahari, *ga bakal item deh tangan, kan sudah terlindungi hehe*.

Kualitas bahannya juga nyaman, karena sudah melalui berbagai proses. Jadi, tidak salah deh produk kulit menjadi kebanggan warga Garut. Apalagi harganya juga sesuai, dan tidak terlalu mahal. Bahkan kualitasnya sangat bagus.

Kalau kita sudah bangga memiliki batik yang sudah diakui dunia. Semoga juga pengrajin kulit dengan berbagai produknya bisa juga terkenal. Apalagi neh, kalau bahan kulit super, kena api ga bakal terbakar, *saya juga sudah punya kok, jadi tahu kalau kena api, ga bakal terbakar hehe*.

Photo by Maman (MrMandiriGroup)
Punya batik, punya produk kulit, punya alam yang indah, pariwisata, dan kaya akan kebudayaan. Tentu akan semakin cinta Indonesia, apalagi kalau kita semua bisa memelihara warisan para leluhur, serta menjaga alam dengan baik. Dan tak lupa untuk mengembangkan semua potensi yang kini miliki, untuk menjadikan Indonesia yang semakin maju, baik, berjaya dan sukses.

Cintai Indonesia dengan selalu bangga menggunakan produk dalam negeri. 


Note:
Kalau sedang mencari produk kulit seperti di atas, bisa langsung email saya saja ya, di Lis.pertiwi@ymail.com.

26 komentar:

  1. Kalo utk fashion aku paling suka dompet kulit asli.. Soalnya gak lekas rusak malah sampe butut dan bosan memakainya pun tetap aja gak rusak2..

    BalasHapus
  2. Setuju, seharusnya sering menggunakan produk lokal biar produk negeri sendiri bisa bersaing dengan produk luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan bisa terkenal juga ya mas, jangan sampai produk sendiri kalah dengan barang Impor

      Hapus
  3. wah ini asgar ya mak lis hehehe alias asli garut

    BalasHapus
  4. Sayangnya banyak yang lebih milih produk luar, ya? Padahal kualitas dalam negeri juga gak kalah kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu sangat miris sekali, malah banyak dari mereka bangga kemana-mana pake brand luar.

      Hapus
  5. Saya sih dari dulu juga belinya produk dalam negri mbak Lis, selain murah juga bagus lho :)

    BalasHapus
  6. wah, bagus2 nih mbak jadi pengen beliin dompet buat hubby. insha allah aku nanti email ya buat tanya2

    BalasHapus
  7. kalau dompet, saya wajib pakai yang kulit. Suka aja :)

    Itu jaketnya bagus banget, ya :)

    BalasHapus
  8. Aku udah dua kali mampir ke Sukaregang :D

    BalasHapus
  9. Jaketnya keren tenan, Mbak Lis. Produk dari kulit asli memang bagus, ya. Cm harganya sering tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak juga kok mba, brnad luar lebih mahal malah. Produk lokal kualitasnya ga kalah, harga pun standar kok.

      Hapus
  10. Produk dalam negeri udah bisa bersaing banget lho kualitasnya dan layak go international. Terutama untuk produksi kulit, pernah ngobrol dengan teman asal Turki, mereka tuh kalo ke Indo, suka beli produk kulit dari Indo, lho! Bagus, dan berkualitas, katanya. Dan... iya sih! Keren, harus bangga donk kita dg produk dlm negeri. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga temannya mau mampir ke Sukaregang ya mba hehe

      Hapus
  11. suami saya dulu,kuliah nyambi kerja ikut bos, pengusaha penyamakan kulit di Sukaregang teh..Belum lama ini yah, nostalgia ke Garut borong Jaket sama tas..bagus-bagus..terjangkau juga harganya,..mungkin brandingnya aja yang harus di geber teruss..supaya makin di kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, kita yang harus semangat buat promosi. Membantu UKM-UKM di tanah air.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...