3 Keuntungan Mengikuti OPPO Selfie Tour 2017

by - Rabu, Februari 15, 2017


[Lifestyle] Mengikuti sebuah kegiatan memang selalu mendatangkan banyak ilmu baru yang sangat bermanfaat. Apalagi, kalau berhubungan dengan dunia blogging. Seperti beberapa waktu lalu (17/01), saya dan teman-teman blogger menghadiri sebuah acara bertajuk OPPO Selfie Tour 2017 yang bertempat di Historia Cafe, Jakarta.

Sebagai seorang blogger, kegiatan seperti ini memang perlu banget diikuti, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Apalagi, kalau itu berhubungan dengan foto dan video. Mengingat dalam sebuah artikel di blog yang kita buat, selain tulisan, tentu saja ada foto dan video. Supaya tulisan menjadi terasa hidup, berisi, kuat dan menarik, sehingga enak untuk di baca. Acara Selfie Tour 2017, memberikan banyak ilmu, bahwa untuk membuat sebuah foto dan video bisa dihasilkan dengan kamera smartphone.

Saat melengkapi konten di blog, saya pun menggunakan smartphone untuk membuat foto dan video. Karena saya belum memiliki kamera canggih.

Serunya Selfie Tour 2017

Kegiatan Selfie Tour 2017 diisi dengan banyak kegiatan yang bermanfaat buat para pesertanya. Termasuk saya sendiri, yang ingin banyak belajar foto dan video. Acara ini dibuka oleh Aryo Meidiantoro selaku Media Engagement OPPO Indonesia. Menurut mas Aryo, acara Selfie Tour yang diadakan OPPO Indonesia, karena ingin berbagi pengetahuan tentang optimalisasi kamera, baik untuk foto dan video. Saat ini mobile photography dapat menembus media digital, yang sudah dimulai sejak tahun 2010an.

Kehadiran OPPO di Indonesia memberikan warna baru di dunia mobile photography yang mengusung selfie expert. Bahkan OPPO menjadi produsen smartphone kedua di Indonesia. Yang sudah terbukti menerima banyak penghargaan, salah satunya best selfie kamera dari Tabloid Pulsa. Penjualan OPPO  di tahun 2016 semakin meningkat, salah satunya OPPO F1s Selfie Expert. Menariknya lagi neh, banyak sekali perangkat OPPO yag digunakan untuk photoshoot, dan hasilnya keren sekali. Seperti OPPO Find 7 yang diperkenalkan tahun 2014 digunakan untuk photoshoot dari majalah FHM dan foto pertandingan bola. Selain itu ada N1 yang dikeluarkan tahun 2013, digunakan untuk photography di China. Ada juga OPPO N3 yang digunakan untuk memotret model. 

Selfie Expert ini ternyata bukan hanya jargon, melainkan sudah dibuktikan. Kehadiran OPPO F1s juga semakin disukai, apalagi OPPO banyak menggandeng selebritis terkenal tanah air, seperti Chelsea Islan, Raisa dan Reza Rahadian. Hasil foto dan video dari F1s juga sangat bagus. Karena smartphone ini banyak disukai, penjualan pun meningkat. Penjualan terbesar produk ini dari Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.
  

Selfie Tour 2017 menghadirkan banyak sekali manfaat dan keseruan. Seharian mengikuti acara ini, saya mendapat 3 keuntungan, seperti:

1. Belajar Foto dari yangcanggih.com

Materi pertama dari Kristian Tjahjono selaku Managing Editor dari yangcanggih.com yang membahas kiat-kiat foto menggunakan kamera handphone. Dari pemaparan Kristian, bahwa untuk menghasilkan foto yang bagus dengan kamera ponsel, termasuk selfie, harus bisa menangkap momentum yang tepat. Kristian pun memberikan tipsnya saat menggunakan OPPO F1s yang hasil kameranya tidak kalah dari DSLR. Yakni gunakan mode auto atau panorama supaya hasilnya sempurna. 

Fitur panorama ini sangat menarik dan lebih gampang, buat yang suka travelling ini sangat cocok banget. Kristian juga memperlihatkan hasil jepretannya dengan OPPO F1s, ternyata hasilnya sangat bagus. Kamera belakang OPPO F1s juga bagus buat fotografi, contohnya dengan fitur experd mode, yang salah satu keuntungannya pengendalian manual untuk fokus. Dengan experd mode, editing RAW pun pun bisa dilakukan. Kalau ingin memotret makanan, tapi minim cahaya, usahakan menggunakan tripod. Kamera depan OPPO F1s juga sangat bagus hasilnya, yang paling penting seh harus bisa menangkap moment, bukan selfienya. Hasil foto dari kamera depan dan belakang OPPO F1s juga sangat bagus saat dicetak.

2. Belajar Video dari Kompas.com

Selain itu ada mba Fatimah Kartini Bohang selaku jurnalis Kompas Tekno yang membahas tentang membuat video berkualitas dengan smartphone. Saat membuat produksi video, harus mulai dipikirkan ide, dan mau cerita tentang apa yang akan disampaikan. Dalam produksi video harus diperhatikan beberapa hal seperti flow chart, story board, dan tools. Saat membuat produksi vlog jangan lupa selalu percaya diri, ga usah jaim, biar hasilnya juga menarik dan enak di tonton. Kalau sebuah hasil shoot video selesai, tinggal edit saja pake software. Paling penting dalam membuat vlog adalah konten. Dan membuat vlog dengan smartphone itu sangat mudah.

3. Belajar Review Smartphone dari Tabloid Pulsa

Materi yang terakhir adalah Ahmad Sanusi selaku Managing Editor dari Tabloid Pulsa, yang menjelaskan tentang cara mereview sebuah smartphone. Workflow penulisan rubrik test di Pulsa, dimulai dari rapat redaksi. Dalam menulis sebuah produk, Ahmad bersama timnya selalu menekankan subyektifitas, salah satunya dengan membeli sebuah perangkat secara langsung sebelum di review. Sekalipun ada pinjaman smartphone, Ahmad dan tim tetap lugas. Itulah mengapa tabloid Pulsa sejak review ponsel di tahun 2000an masih bertahan hingga kini. Dalam review sebuah ponsel, biasanya akan memperhatikan aspek performance, imaging yang terkait kamera depan dan belakang, kemampuan merekam video dan lainnya.



Melihat 3 keuntungan di atas tentu saya senang bisa belajar langsung dari pakarnya. Mulai dari foto, video dan menulis review. Apalagi saya sering sekali menulis tentang teknologi smartphone. Acara selfie tour bukan hanya diisi dengan materi saja, tapi peserta yang terdiri dari blogger, netizen dan OPPO Fans ditantang untuk membuat foto dan video dari perangkat OPPO, yang terdiri dari beberapa kelompok. 

Satu kelompok terdiri dari 5 orang dan memegang satu perangkat. Saat itu saya satu kelompok dengan Bang udin, mba Lita, Timoty, dan satu lagi saya lupa namanya ☺☺☺ *maklum emak pelupa hehe*. Saya dan kelompok mengawali dengan memotret makanan. Dan inilah hasil foto saya dengan OPPO F1s.





Untuk foto-foto di atas, bisa di lihat juga di Instagram @penaliswanti. Setelah selesai memotret, saya dan rekan yang lain menuju Kota Tua untuk mengambil beberapa gambar, dan nantinya dibuat sebuah Vlog. Biarpun tidak berhasil mengupload videonya ke Instagram, karena masalah jarigan, setidaknya saya berhasil membuat sebuah video. Dan yang paing menyenangkan neh, saya mendapat juara 2 dalam lomba foto "yeah". Untuk videonya yang tidak sempat saya upload di Instagram, bisa di lihat di Youtube saya ini.

Tidak salah dong ya, saya memiliki banyak keuntungan mengikuti kegiatan OPPO Selfie Tour 2017Dengan begini saya semakin percaya diri dalam membuat sebuah konten di blog. Mulai dari tulisan, foto dan video. supaya artikel yang di posting semakin menarik untuk dibaca.

You May Also Like

25 komentar

  1. wah seru ya mbak, mbak sih memang aktif ikut acara2 ya salut

    BalasHapus
  2. Lebih tertarik ke makanannya ketimbang oppo nya. :'D

    BalasHapus
  3. Makanannya bikin ngiler. Eh, opponya juga.

    BalasHapus
  4. Asyik ya? Bisa belajar foto2. ^_^

    BalasHapus
  5. Serunyaaaaa. Dapet ilmu dan pengalaman baru sekaligus foto-foto yang instagramable pastinya ya maaaaak <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, saya jadi ssenang belajar foto neh

      Hapus
  6. Seru mbak... Mau ikut tapi sayang hp bukan oppo... Hehehe

    Jangan lupa follback www.mangandosetiawan.con

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ga punya Oppo mas, tapi seru aja belajar dan banyak ilmunya

      Hapus
  7. emang keren nih acara dari oppo ya.. aku kemaren coba F1s bikin mupeng.

    BalasHapus
  8. Mungkin tips fotografinya bisa lebih dirinci lagi. Jadi bisa lebih bermanfaat bagi yang membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran fotografi yang saya tangkap segitu mas, maklum faktor U suka pelupa hehehe

      Hapus
  9. Hai mba Lis, kesempatan yang langka nih buat belajar membuat video :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mba, saya lagi suka belajar foto dan video

      Hapus
  10. Foto di kota Tuanya keren banget mbakk hhe

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, Kota Tua memang selalu mempesona ya

      Hapus
  11. hasil foto kamera oppo emang bagus ya

    BalasHapus
  12. Di jakarta banyak banget yaa acara2 keren buat blogger. Semoga nular ke Pontianak. Hehehe. Oppo emang keren kameranya. Cocok deh buat yang hobi selfie. Dan Alhamdulillah kita bisa rasain sensasinya buat cobain f1s. Hihihi. Selamat Mbak Liswanti, dan salam kenal dari Pontianak. Titip salam juga buat Mas Timothy. :D

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.