Blogger Day 2017: Ada 6 Manfaat Yang Harus Kamu Tahu

by - Sabtu, April 01, 2017


[Lifestyle] Satu kata yang bisa yang saya ungkapkan tentang keseruan di event Blogger Day 2017 by SoMan (Bukan Obat Tapi Bekerja Lebih Baik dari Obat) beberapa waktu lalu "luaaarrrr biasa". Blogger Day menjadi event perdana terbesar yang dilaksanakan komunitas Bloggercrony. Blogger Day 2017 juga menjadi event perdana saya menginap bersama blogger-blogger, saling sharing dan bercerita banyak hal. Kan jarang-jarang tuh kumpul bareng, hingga seru-seruan bersama.

Blogger Day 2017 yang berlangsung sabtu sampai minggu tanggal 18-19 Maret 2017 diadakan di Kampoeng Wisata Rumah Joglo. Ada 100 blogger yang konfirmasi hadir, tapi yang berhasil datang ada 96 blogger. Biarpun begitu acara ini tetap sukses digelar dan seru dengan kehadiran 96 blogger. Apalagi ada 15 orang anak dari blogger yang ikut serta dalam acara ini. Acara yang berlangsung 2 hari 1 malam ini bukan saja event kumpul-kumpul biasa, melainkan ada banyak ilmu yang bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Dari rangkaian kegiatan, ada 6 Manfaat ikut serta dalam event Blogger Day 2017 yang bisa saya ungkapkan. Seperti:

1. Silaturahmi

Tidak bisa dipungkiri, acara seperti ini adalah silaturahmi yang sesungguhnya. Karena tidak setiap hari bisa seperti ini. Kita memang sering bertegur sapa di blog atau media sosial, tapi kopdar secara langsung adalah silaturahmi yang sesungguhnya. Mengikuti event atau launching sebuah produk juga jarang bercerita atau ngobrol lama, paling hanya sebentar, karena habis itu kita disibukkan dengan acara dan livetweet.


Blogger Day 2017 menjadi ajang silaturahmi perdana saya dengan beberapa blogger yang belum pernah saya temui atau kenal, dan hanya bisa menyapa di media sosial. Dengan kehadiran acara ini, bisa berkenalan, networking, dan berbagi cerita seru dan menyenangkan. Acara ini lebih didominasi oleh perempuan. Terlihat dengan pembagian kamar. Perempuan ada 2 kamar dengan jumlah satu kamarnya lebih dari 25 orang. Sisanya laki-laki ada 1 kamar. Ada banyak sekali blogger ngehits dan senior dengan berbagai karya yang sudah ditulisnya di acara Blogger Day 2017.

2. Social Media VS Real World

Seperti yang saya ungkapkan di awal, bahwa acara ii bukan ajang kumpul-kumpul saja, tapi ada banyak ilmu yang bisa diambil. Seperti materi dari Ferri Yuniardo selaku Founder & Creator Dikidi.com, yang membahas tentang Social Media VS Real World. Yang paling ngena banget dari pembahasan mas Ferri ini, bahwa media sosial media itu buka hidup kita, ini yang perlu digaris bawahi. Apalagi media sosial adalah dunia maya, yang tida nyata. Ini penting banget buat dipahami, supaya hidup tidak stres.

Sudah kita ketahui bagaimana media sosial bisa juga mennarik amarah, perseturuan, hingga saling nyirnyir, yang akhirnya bisa merusak silaturahmi. Padahal media sosial bukanlah kehidupan kita sesungguhnya, jadi anggaplah semua dengan santai dan tenang. apalagi kalau smpai stres, duuh besok bikin status apa ya? Duh besok upload foto ap ya? Kalau begitu terus, bisa-bisa waktu berharga dari kehidupan kita yang sesuangguhnya terbuang percuma. Dan ternyata neh, menurut mas Ferry banyak sekali yang belum ikhlas RT temannya di media sosial, duuuuh. 


Banyak sekali karakter orang di media sosial, termasuk berbagai postingan. Contoh neh, saat share di media sosial, fotonya dibagus-bagusin, padahal mah nyatanya tidak. Begitu pun saat memotret makanan, saat share terlihat cantik dan enak, tapi nyatanya tidak. Dan itu masih banyak sekali contoh lainnya, dari sosial media vs real world. Satu tips yang perlu diigat neh, dan ini tips dari mas Ferry, bahwa apabila kita ingin sukses di media sosial, usahakan jangan posting galau. apalagi sampai stres dan baper di media sosial. dan kalau ingin sukses, harus disiplin, memang itu melelahkan dan butuh perjuangan tinggi serta energi, tapi hasilnya bisa memuaskan.

3. Sehat Bersama SoMan

Ini yang bikin saya selalu penasaran, apa sebenarnya SoMan? soMan ini seperti jamu, yang ternyata memiliki banyak khasiat. Terbuat dari 39 bahan baku, yang dimulai dari buah, sayur dan rempah yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Fakta dari SoMan ini adalah terkuat, tertinggi, terkomplek, terpercaya, terbukti dan terbaik. SoMan ini juga bermanfaat untuk penyakit diabetes, kista dan lainnya.

Nah pembahasan tentang SoMan ini akan saya lanjutkan di postingan terpisah. Tunggu terus di www.liswantipertiwi.com, dan bagaimana SoMan membantu kesehatan saya.


4. Personal Branding

Setelah selesai menikmati makan malam, Blogger Day 2017 berlanjut dengan berbagai manfaat lainnya, yakni pembahasan tentang Personal Branding yang dibawakan oleh Ririn Rosaline selaku Personal Branding, Public Speaking, and PR Skills Facilitator & Trainer dari Associate Consultan for Marketing Communication Strategies at Toska PR. Saat memulai workshopnya, mba Ririn berjabat tangan dengan beberapa blogger. Ternyata jabat tangan yang kuat itu menunjukkan kepercayadirian seseorang.

Personal branding adalah sebuah refleksi tentang siapa diri kita dan apa yang kita percayai dan diekspresikan dengan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita melakukannya. Ada 3 hal identifikasi diri, yakni status sosial, ciri fisik dan status (menikah atau lajang). Personal branding juga bukan hanya untuk tokoh penting/artis/politikus, pencitraan atau bahkan hanya untuk yang berusia muda. Karena personal branding itu harus berkelanjutan, persistensi, konsistensi, waktu dan komitmen.

Komonen personal brand itu dimulai dengan value, skill, behaviour, total look, uniqueness, auntentic, achievement, strength, dan goal. Dalam personal branding sopan santun dan optimis itu penting banget, karena bisa menunjukkan percaya diri seseorang dan kuat. Nah, di acara ini juga dibahas tentang attitude. Dimana attitude ini terdiri dari etiket, perilaku dan pendirian. Kalau meghadiri sebuah event launching atau apapun itu, kalau ingin membawa anak, usahakan untuk tanya panitianya terlebih dahulu. Kira-kira boleh bawa anak atau tidak?

Dan basic ettiquettes dimulai dengan berkenalan dengan jabat tangan yang erat, berbicara dengan suara rendah, tertawa dan bercanda seperlunya, tidak berdandan di sembarang tempat , tidak berbicara di telepon, tidak menguap, hingga bersikap rendah hati.


5. Review Elegan

Sebagai seorang blogger, tentu sering mereview sebuah produk. Nah di acara ini hadir juga mas Anwari Natari (biasa disebut Away) selaku editor, trainer & Fasilitator Bahasa dan Komunikasi. Dalam mereview sebuah produk atau ngeblog, bahasa adalah senjata utamanya, karena bahasa pentig di dalam dunia menulis. Dan mereview itu tidak selalu hardselling, karena semuanya tergantung bahasa. Dalam bahasa, penalaran/logika itu harus jelas, contoh neh XXX berbalut infus. Nah kata berbalut infus itu masuk logika tidak tuh? Pasti tidak ya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dan ini penting neh tentang bahasa dan mereview.
  • Clear semua di judul, karena semua harus jelas.
  • Kalimat panjang dan EYD harus diperhatikan.
  • Elaborasi kutipan. Usahakan neh jangan bikin pusing pembaca, apabila buat kalimat kutipan.
Di acara ini, mas Away juga mengajarkan tentang membat kalimat, berbahasa yang baik, dan tentang review versus copywriting. Review itu memberikan informasi keputusan ada pada pembaca. Sedangkan copywriting adalah memberikan informasi untuk mengarahkan keputusan pembaca.

6. Sehat itu belum tentu bugar

Di acara Blogger Day 2017, juga diadakan olah raga dan tes kebugaran. Apakah kita ini sehat dan bugar atau tidak. Karena ternyata sehat saja tidak cukup, karena sehat belum tentu bugar. Sedangkan bugar sudah pasti sehat. Di hari sabtunya, hadir drg. Kartini Rustandi, M. Kes selaku Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Ibu Kartini menerangkan tentang tujuan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)adalah mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Yang dimulai dengan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur, dan periksa kesehatan.


Nah, di minggu pagi, para blogger sudah bersiap dengan pakaian olah raga. Karena pagi itu blogger akan melakukan tes kesehatan. Dimulai dengan menimbang berat badan, cek tensi, gula darah, kolestrol, dan yang paling ditunggu adalah tes kebuugaran dengan mengelilingi lapangan 12 putaran atau setara dengan 1,6 kilo. Alhamdulillah setelah tes lari, saya dinyatakan bugar, bahkan kolestrol dan gula darah juga aman. Hanya satu, yakni berat badan yang belum normal.

Acara demi acara berjalan dengan baik dan lancar, banyak sekali hal menarik, lucu dan seru. Hingga pemateri-pemateri yang banyak berbagi ilmu. 6 Mnfaat di atas yang menjadi kesan tersendiri buat saya, yang masih belajar denga dunia blogger. Dan semoga tahun depan bisa ikut seseruan lagi di Blogger Day 2018.

You May Also Like

7 komentar

  1. Wah, serunya acara ini. Mudah2an Blogger Day 2018 bunda masih ada dan sehat stamina untuk berpartisipasi. Insya Allah. Member. D'Crony tp jarang banget mampir di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Bunda. Semoga bunda sehat selalu dan bahagia ya. Dan next bisa ikut serta.

      Hapus
  2. waaah asik enam poin yang semoga membawa manfaat.

    BalasHapus
  3. seru banget ya mba Lis.., jadi gak sabar nunggu yang taun depan #eh

    BalasHapus
  4. Pokoknya kalo liatvtulisan Review Elegan pasti keingetan BloggerCrony

    BalasHapus
  5. kapan ada acara lagi, kangen nihhh

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.