Bersih-bersih 1001 Masjid Sebagai Langkah Awal Menyambut Ramadhan

by - Kamis, Mei 04, 2017


[Lifestyle] Tidak terasa bulan ramadhan segera datang. Hanya dalam waktu beberapa minggu lagi, seluruh umat muslim di dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah dan ampunan. Selama ramadhan, kegiatan di Mesjid akan banyak sekali, mulai dari shalat tarawih, tadarus, hingga pesantren kilat untuk anak-anak. Dan Mesjid sebagai tempat ibadah, juga harus selalu bersih, karena ini tempat yang suci. Sebagai langkah awal menyambut ramadhan, penting sekali untuk bersih-bersih masjid. Seperti halnya PT. Unilever Indonesia Tbk yang memfasilitasi kegiatan bersih-bersih 1001 Masjid.

Bersih-bersih 1001 Masjid Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Pada siang tadi (3/05) diadakan opening "Bersih-bersih 1001 Masjid" di Masjid Agung Sunda Kelapa yang dihadiri   langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia. PT. Unilever Indonesia Tbk, melalui brand kategori home care seperti Vixal, Rinso, Superpell, dan Molto memfasilitasi kegiatan menjaga kebersihan dan kenyamanan masjid melalui kegiatan bersih-bersih 1001 masjid.

Membersihkan masjid memang sudah menjadi budaya masyarakat sekitar sejak dulu. Bahkan saya sendiri semenjak kecil yang berdekatan degan masjid paling suka bergotong royong dengan masyarakat. Memang benar seperti yang dikatakan Dude Herlino, bahwa selain jadi pusat pendidikan agama, Masjid juga menjadi pusat silaturahmi. Karena di masjid kita bisa berkumpul dengan wwarga sekitar, menjadikan masjid selalu bersih dan nyaman. 

Bersih-bersih 1001 masjid ini memang sangat inspirasi dan bisa memotivasi siapa saja, terutama anak-anak muda. Apalagi seperti sekarang ini dalam menyambut bulan ramadhan. Membersihkan masjid bisa menjadi langkah awal, sebelum pada akhirnya masjid akan digunakan berbagai kegiatan selama ramadhan. Mulai dari shalat wajib dan sunah, shalat tarawih, pesantren kilat , pengajian rutin, hingga sahur dan buka bersama.


Kegiatan yang difasilitasi PT. UNilever Indonesia Tbk bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia melaksanakan kegiatan ini di 33 kota/Kabupaten, dan 11 provinsi di seluruh Indonesia, yang berlangsung dari 21 April hingga 23 Mei 2017. Karena dengan masjid yang bersih dan nyaman, umat muslim bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk, nyaman, dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadhan yang tinggal hitungan minggu.

Dalam opening bersih-bersih 1001 masjid ini, selain Wakil Presiden Yusuf Kalla, hadir juga Willy Saelan selaku Human Resources Director PT. Unilever Indonesia Tbk, Dude Herlino, dan Drs. H. Andi Mappaganty selaku Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia.


Membersihkan masjid sangat penting sekali, mengingat ini adalah tempat ibadah yang harus selalu suci dan bersih. Supaya beribadah pun menjadi nyaman. Karena kebersihan itu sebagian dari iman. Apalagi salah satu pilar paling penting bagi umat muslim yaitu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lahiriah (jasmani) ataupun batiniah (rohani). Bahkan menurut Dude, membersihkan diri melalui perbuatan amal ibadah bagi linhgkungan sekitar dapat menjadi persiapan yang baik sebelum memasuki bulan yang suci. Bahkan neh Dude juga inginistri dan anak-anaknya dapat selalu menjaga dan menyebarkan kebiasaan baik, dari mulai saat ini hingga dewasa.

Kegiatan bersih-bersih 1001 masjid ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk bisa bersama-sama melakukan kebaikan dan kontribusi positif menjelang ramadhan, serta menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan kepada masjid di sekitar tempat tinggal. Bahkan Unilever Indonesia berkontribusi kepada masyarakat dengan mempersiapkan perlengkapan dan produk-produk kebersihan seperti Vixal, Superpell, dan Molto yang sudah menerima sertifikasi halal dari LPPOM MUI.


Dengan kontribusi ini diharapkan mampu menjadikan perlengkapan ibadah seperti mukena dan sajadah terjaga kebersihan dan keharumannya, serta menciptakan kondisi masjid yang bersih berkilau dan bebas dari kuman. Untuk jadwal bersih-bersih 1001 masjid ini bisa langsung di cek di www.1001inspirasiramadhan.com. Willy Saelan juga mengungkapkan, bahwa " kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk terus menerapkan budaya membersihkan masjid yang dilakukan setidaknya setiap menjelang ramadhan dan juga dapat menginspirasi lebih banyak lagi umat muslim untuk melakukan hal yang sama bagi masjid di sekitar lingkungan mereka."

Semoga saja kegiatan ini bisa diikuti banyak pihak, bahkan hingga ke pelosok. Karena dengan kegiatan membersihkan mesjid bersama-sama, bisa mendorong masyarakat yang saling bantu dan gotong royong untuk hal positif. Dengan masjid yang bersih, ibadah akan selalu nyaman. Yuuk bersama-sama membersihkan masjid, sebagai langkah awal menyambut ramadhan yang penuh berkah.

You May Also Like

10 komentar

  1. aku setuju nih dengan gerakan bersih-bersih 1001 masjid, nyman seklai kalau masjid kita bersih dan harum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, dengan mesjid yang bersih, ibadah pun nyaman

      Hapus
  2. sayangnya acara hanya memfasilitasi, coba kalau berkelanjutan, minimal untuk mukena dan sarung saja, rasanya akan lebih asyik program ini.

    terima kasih atas tulisan mbak e

    BalasHapus
  3. Kegiatan yang bagus dan bermanfaat. Perlu diramein nih yang seperti ini....
    Duuuh jadi inget sebentar lagi puasa. Senengnyaaaa :D

    BalasHapus
  4. Semoga menyambut Ramadhan semakin semangat bila tempat beribadahnya bersih :)

    BalasHapus
  5. keren ya acaranya. oh ya , bisa ajdi kegiatan rutin bukan hanay saat mau ramadhan saja. juga mesjid atau mushola tuk diedukasi untuk merawat dan emmelihaar mesjid. Banayk mesjid ayng mukenanya kotor dan bau krn ajrang dicuci,sptnya perlu diedukasi deh. Soalnya aku paling malas bawa mukena, jadi mengandalkan yg ada di mesjid, kalau bau itu dan kotor itu jadi gmn makenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja semuanya bisa berkelanjutan ya mba

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.