Pentingnya Sentuhan Ibu Bagi Seorang Bayi Di Masa Tumbuh Kembangnya

by - Senin, Juli 24, 2017


[Dunia Anak] Bayi baru lahir sangat membutuhkan perhatian ekstra. Saya jadi ingat dengan kelahiran Dimas 4.5 tahun yang lalu. Dimanakondisinya sangat memprihatinkan. Usia kandungan saya memang sudah matang, tapi saat lahir Dimas lahir dengan kondisi sakit. Saat lahir saya tidak bisa menyentuh dan mendekapnya dengan lama, karena dia harus segera diberikan pertolongan. Saya lupa nama medisnya apa, yang pasti jantung dan paru-paru Dimas belum matang.

Waktu itu, harusnya Dimas masuk NICU, tapi beberapa rumah sakit terdekat sedang penuh. Akhirnya Dimas dirawat di rumah sakit seperti biasa, yakni masuk inkubator, di infus dan oksigen, yang pastinya dalam pengawasan dokter anak. Ada rasa sakit melihat kondisinya, apalagi dengan alat infus dan oksigen di tubuhnya. Selama 4 hari saya belum bisa menyentuhnya sama sekali, ASI harus diberikan menggunakan dot bayi. Otomatis saya harus terus semangat memerah ASI.


Usia Dimas 2 minggu

Di hari ke 5, akhirnya saya bisa memeluk dan menyentuh Dimas, karena kondisinya berangsur pulih. Memeluk dan menyentuhnya sempat membuat saya meneteskan air mata, karena akhirnya hari itu datang juga. Menyentuhnya membuat saya bahagia. Di hari ke 7 akhirnya saya bisa membawa Dimas pulang ke rumah. Tapi, bukan berarti semuanya sudah tenang. Karena kondisinya masih terus di pantau oleh dokter.

Saya sadar betul dengan kondisi Dimas saat itu, butuh sekali perawatan ekstra. Ada beberapa hal yang saya lakukan dalam merawatnya, seperti:
  • Memeluknya. Memberikan pelukan ibu dan ayah, apalagi sambil mendekapnya di dada kita, membuat bayi merasa nyaman, tenang dan merasakan kehangatan. Saya dan suami tentu saja bergantian memeluknya. Karena saat itu anak pertama juga masih perlu perhatian diusianya yang masih balita.
  • Pentingnya sentuhan. Melalui sentuhan akan membuat anak merasa lebih nyaman. Sentuhan bisa diberikan dengan lembut, baik saat memijat dan memandikan bayi.
  • Merawat kulit bayi yang efektif dan tepat, karena ini sangat penting sekali, terutama di fase neonatal.
  • Ibu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, sehingga bisa memberikan ASI yang berkualitas.

Pentingya Sentuhan dan Perawatan Kulit

Ilustrasi Kulit bayi (Photo By Canva)
Saat merawat Dimas, sentuhan dan perawatan kulit memang sangat penting sekali. Sebelum memandikannya, saya biasanya memijat tubuh dimas dengan lembut. Begitu pun setelah mandi, saya selalu merawat kulitnya. Karena hal sederhana dan biasa dilakukan ini sangat penting sekali. Mengingat fase neonatal (28 hari pertama setelah bayi lahir) merupakan masa yang paling krusial dalam kehidupan seorang bayi. Karenadi masa inilah bayi masih mengalami perkembangan sistem dengan perubahan yang signifikan, sehigga tubuhnya masih sangat rentan.

Merawat kulit sangat penting sekali terutama di 28 hari pertama, ada beberapaa fakta penting tentang hal ini. Mengingat di fase ini tingginya angka kematian bayi. Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya  sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktornya adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Bahkan di Indonesia sendiri terdapat ribuan kasus kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.


Kematian bayi di masa neonatal dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi. Baik saat bayi mandi hingga memijat. Saat mandi dan memijat bayi, kita bisa sambil berkomunikasi, supaya bayi tetap nyaman dan tenang. Apalagi komunikasi melalui sentuhan antara ibu dan bayi sangat penting sekali untuk perkembangan tumbuh kembangnya. Seperti:

  • Semakin sering mengeluarkan suara saat bersama bayi, akan membuatnya mengoceh dan tertawa. Membuat bayi semakin tumbuh secara emosional. Dan sentuhan ibu saat bersenda gurau membantu memancing suara kecil si bayi.
  • Seringnya melakukan kontak mata, membuat ikatan antara ibu dan bayi tumbuh. Nantinya ibu bisa memperhatikan bahwa bayi akan menatap ibu lebih sering, yang merupakan pertanda kepercayaan dan kepercayaan diri yang tumbuh.
  • Bayi tumbuh dengan kasih sayang, terutama saat mendapat sentuhan, salah satunya seperti sering menyentuh bayi da menggosok punggung bayi untuk ketentraman  hatinya.
  • Kegiatan dengan pengulangan dan rutinitas, seperti mandi, bermain, makan bersama ibu membantu bayi memproses informasi dan memberi mereka perasaan aman.
Saat saya memandikan anak-anak, komunikasi melalui sentuhan ini selalu saya lakukan. Memang terbukti membuat anak merasa nyaman, dan tenang. Apalagi saat melakukan pijatan lembut. Mengingat ada berbagai manfaat stimulasi pijat bayi, salah satunya membantu mengatasi gangguan tidur, membantu bayi untuk berlatih relaksasi  yang membuatnya riang, membuat ikatan/bounding dengan orangtua, hingga membuat tidur lebih lelap dan lama.

Sedangkan manfaat untuk orangtua, seperti memberikan perhatian spesial, membantu orangtua mengetahui bahasa non verbal bayi, hingga membuat rasa percaya diri dalam mengasuh bayi. Dalam melakukan pemijatan juga tidak boleh sembarangan, dan bisa dilakukan 2 kali sehari. Hindari juga beberapa hal, misalnya neh jangan memijat bayi setelah minum atau makan, jangan bagunkan bayi hanya untuk dipijat, jangan dipijat saat bayi sakit, hingga jangan gunakan perhiasan saat memijat bayi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memijat bayi:

  • Sediakan alas yang lembut dan rata.
  • Cuci tangan yang bersih.
  • Pilih ruangan yang hangat dan tidak berangin, serta sediakan waktu yang cukup.
  • Lakukan pijat bayi dengan posisi yang nyaman dan kontak mata dengan bayi selama pemijatan.
  • Mulai sentuhan ringan dan perlahan.
  • Nyanyikan lagu dan putarkan musik lembut yang rileks.
  • Perhatikan isyarat yang ditunjukkan oleh bayi.
  • Gunakan baby lotion atau baby oil saat pemijatan, supaya memudahkan.
  • Mandikan atau seka dengan air hangat setelah pemijatan.
Dengan pemijatan seperti ini akan membuat bayi selalu merasa nyaman dan tenang. Tidurnya pun akan selalu nyenyak. Nah pemilihan produk lotion atau baby oil juga harus tepat, supaya bisa mengoptimalkan stimulasi. Selain mempermudah proses pemijatan, juga menjaga kelembutan kulit bayi. Penggunaan baby oil/baby lotion dapat memperbaiki Skin Barrier, sirkulasi dan Termoregulasi.

Salah satu produk bayi yang menjadi pilihan saat pemijatan adalah Johnson’s Baby Oil dan lotion. Baby oil Johnson’s terbukti klinis lembut, ideal untuk pijat bayi.

Sentuhan Penuh HArapan Bersama PT. Johnson & Johnson Indonesia



PT. Johnson & Johnson Indonesia yang merupakan salah satu perusahan pemimpin produk bayi, melalui Johnson’s Baby berkomitmen menekan angka kematian neonatal di Indonesia dengan meluncurkan kampanye “Johnson’s Baby Sentuhan Penuh Harapan”, yang bermitra dengan Alfamart dan Save The Children. Program ini bertujuan untuk memberikan harapan yang lebih besar lagi kepada bayi-bayi Indonesia yang kurang beruntung untuk dapat terus tumbuh dan berkembang.

Kenapa di usia 28 hari pertama (masa neoatal) bayi menjadi perhatian?

Seperti dijelaskan oleh Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, selaku Dokter Spesialis Anak. Bahwa selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif. Maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Kandungan emollient yang digunakan dalam perawatan kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering/TEWL (Transepidermal Water Loss). Di samping itu, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.

Dengan kampanye Johnson’s Baby Sentuhan Penuh Harapan mari menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi, terutama selama masa neonatal. Bahkan melalui kampanye ini, selama bulan Juni dan Juli 2017, Johnson’s Baby mengajak para ibu untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni:

  • Menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi melalui media sosial.
  • Ikut berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan dengan membeli produk Johnson’s Baby jenis apapun senilai minimum Rp. 25.000 di seluruh gerai Alfamart di Indonesia. Johnson’s Baby akan mendonasikan Rp. 500,- ke Save The Children.

Dengan membeli produk Johnson’s Baby, para ibu telah berkontribusi dan membantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk tumbuh, hidup dan melihat dunia. Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, bisa langsung cek akun resmi Johnson’s Baby di Media Sosial, seperti:

Dengan ikut berkontribusi dalam kampanye Sentuhan Penuh Harapan, berarti kita sadar betul pentingnya sentuhan ibu bagi seorang bayi di masa tumbuh kembangnya.

You May Also Like

24 komentar

  1. baca artikel ini jadi flashback waktu tiga anak di rumah masih bayik ;p. Yes, setuju, sentuhan ibu pd bayi itu penting bgt makanya aku selalu berusaha mandiin anak2 sendiri meski baru melahirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, memandirikan sendiri, akan semakin mempererat kedekatan ibu dan anak ya

      Hapus
  2. Tiap pagi dipijit bisa bikin bayi jadi lebih kuat, termasuk jadi lebih kuat bondingnya. Momen pijit ini paling ngga bisa terlupakan deh pas punya bayi dulu. Ah, jadi kangen momen itu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, pagi adalah waktu yang tepat memijat bayi teh. Ayo bikin lagi #ehhh

      Hapus
  3. Sentuhan dan dekapan penuh kasih sayang memang sangat berarti bagi anak, saya sering jengkel dan marah jika membaca/melihat berita penemuan bayi di suatu tempat yang tidak diketahui siapa orang tuanya. Padahal bayi tersebut tiada punya dosa dan butuh belaian kasih orang tuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, saya suka sendih. Dulu saat masih ngantor, saya melihat sendiri warga menenemukan bayi. Nyesek banget, padahal bayi itu tidak punya dosa.

      Hapus
  4. dulu banget pas awal melahirkan masih takut buat mandiin paling bagian mijatnya karena takut kecengklak akhirnya bagi tugas sama akang suami :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku juga biasanya berbagi tugas. Kalau suami senangnya nyuci popok. Dia malah ga berani mandiin

      Hapus
  5. Jadi sebagai ibu muda tak perlu takut memandikan bayi ya teh. Saya dulu takut banget. Setelah sebulan baru berani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu takut mba, malah itu mendekatkan bayi dengan ibu. Saya dulu bayi 2 minggu langsung mandiin sendiri

      Hapus
  6. Sentuhan lembut dari seorang ibu dan ayah itu sangat berarti. Kasih sayang akan terasakan oleh anak.

    BalasHapus
  7. Bundaaa. Ini info penting banget buat aku yg belum nikah.
    Aku baru tahu, masalah kulit saja bisa berujung ke nyawa. Thanks sharenya bun.

    BalasHapus
  8. Bener banget mbak sentuhan ibu untuk bayi sangat penting, malah direkomendasikan untuk sering-sering dipeluk dan digendong pada awal-awal kelahirannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali di awal kelahiran bayi memang penting sekali bayi banyK dipeluk

      Hapus
  9. akh walaupun aku bekerja . Alhamdulillah aku ibu yang masih pegang anak and monitor terus berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Waktu itu cepat banget, karena satu hari kita yang akan minta mereka sentuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep mba Gita, sesibuk apaoun perhatian sama anak penting banget ya

      Hapus
  10. Walau saya belum nikah apalagi punya anak, baca ceritanya Dimas jadi kayak ikutan kilas balik. Kayaknya nggak cuma untuk anak, yang udah dewasa kayak kita aja perlu sentuhan dari orang yang disayang ya Mbak Lis, hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Dulu saya belum menikah masih pengen manja2an sama ibu

      Hapus
  11. Sentuhan langsung kulit ibu/ayah kepada bayi salah satu bentuk keajaiban rasa kasih sayang yang tiada duanya.

    BalasHapus
  12. selain bermanfaat bagi baby, manfaat pelukan itu juga buat ortu lgs kan ya..wahh jnj ngadain amal nih, tfs ya lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mendekatkan ibu dan anak. Sama-sama, semoga bermanfaat mba

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.