Tips Melupakan Mantan


[Lifestyle] Melupakan mantan? Dududuh, ada apa neh? Jadi ceritanya begini, beberapa hari ini ada 2 mahasiswa (adik dan sepupu temen yang udah deket dari dulu) galau mulu, dikit-dikit cerita nangis, dikit-dikit cerita marah ga jelas. Saya saja sampe geleng-geleng dibuatnya. Putus cinta, ditinggalkan pacar, atau bahkan ditinggalkan pacar nikah itu tuh memang menyakitkan *sakiiiiiiiit*.

Kalau masalah patah hati, sakit hati ditinggalkan pacar, putus cinta, sampai ditinggal nikah saya sudah merasakan semuanya. Apalagi cinta digantung, duuuh ga enak banget rasanya. Tapi, jujur neh, saya termassuk yang mudah melupakan mantan, apalagi cuman putus cinta, gamau berlebay-lebay atau nangis-nangis manjah. 

Hanya ada 1 mantan yang susah sekali saya lupakan, butuh beberapa tahun untuk melupakan, sampai akhirnya ketemu calon suami. Karena eaktu itu kami putus bukan karena dia selingkuh, atau dia meninggalkan saya begitu saja, tapi takdir berkata lain. Dia pergi ke pangkuan Sang Illahi.

Ilustrasi saat ditinggalkan kekasih (Foto dari drama Korea Goblin)
Begitu sulit kubayangkan
Begitu sakit kurasakan
Kau akan pergi tinggalkan ku sendiri

Di bawah batu nisan ini
Kau tlah sandarkan
Kasih sayang kamu begitu dalam
Sungguh ku tak sanggup
Ini terjadi karena ku sangat cinta

Lirik lagu Saat Terakhir dari ST12 di atas memang sangat mewakili perasaan saya waktu itu, pas banget gitu. Kalau denger lagu ini pasti ingat kenangan mantan terindah #eaaaah. Atau seperti cerita Kim Shin di drama Korea "Goblin" saat ditinggalkan pegantinnya yang meninggal dunia, dia sangat sedih, sampai hujan terus turun. 

Begitulah perasaan saya dahulu saat kekasih meninggal dunia. Semoga kagak keliatan lebay ye hahaha. Sulit melukiskan bagaimana sakit, sedih, dan terlukanya hati. Sulit sekali untuk melupakan mantan yang benar-benar baik sama kita selama 4 tahun lamanya.

Tapi, sedih dari luka, patah hati atau bahkan putus cinta memang tidak boleh berlama-lama, ada waktunya kita harus bisa melupakan, supaya kehidupan bisa terus berjalan dalam menggapai mimpi dan cita-cita yang ingin kita capai. 

Jangan sampai putus cinta atau patah hati membuat nilai ulangan atau ujian menjadi jeblok, duuh itu ga banget deh, ga ada dalam kamus saya. Dan ini ada Tips Melupakan Mantan, yang bisa diikuti. Ga diikuti juga ga apa-apa, saya hanya berbagi tips saja.

Ilustrasi kesendirian masih dari koleksi pribadi drama Korea
  • Solat dan Dzikir. Salah satu cara melupakan mantan adalah dengan perbanyak istighfar, solat dan dzikir. Karena yang sudah tiada harus didoakan. Dan kita yang ditinggalkan harus kuat dan tabah. Dengan beribadah saya memperoleh ketenangan batin, pikiran tenang, sehingga bisa beraktivitas seperti biasa.
  • Beraktivitas. Salah satu cara melupakan mantan adalah dengan terus beraktivitas atau menyibukkan diri. Selain fokus belajar, biasanya saya langsung latihan pramuka, latihan teater atau bahkan latihan musik. Dengan begitu, saya tidak terus memikirkan kekasih yang pergi, karena disibukkan dengan rangkaian aktivitas yang padat.
  • Olah raga. Percaya tidak kalau dengan olah raga, selain badan sehat, pikiran pun menjadi fresh. Itu yang saya lakukan setelah kepergian kekasih. Setiap selasa dan jumat, biasanya sepulang sekolah saya dan teman-teman berolah raga supaya selalu sehat jasmani dan rohani.
  • Meditasi. Memulihkan luka atau kesedihan hati itu memang sulit. Biasanya saya dan teman-teman teater melakukn meditasi sebelum latihan. Ternyata meditasi ini memang ampuh menghilangkan rasa sedih di hati.
  • Membuka hati. Hemmm, ini memang sangat sulit sekali, tapi saya berusaha membuka hati setelah 1 tahun kepergian kekasih. Satu dua kali gagal, barulah yang ketiga saya berhasil, yang akhirnya dia menjadi ayah dari anak-anak saya.
Setiap orang punya cara tersendiri melupakan rasa sakit dan sedih ditinggalkan orang yang kita citai, apalagi kalau hubungan itu sudah lama terjalin. Saya sendiri pernah pacaran 2 tahun dengan seseorang, tapi akhirnya ditinggal nikah, dan saya terima semua keputusannya. Karena saya sadar kita tidak berjodoh. Saya justru selalu meyakini, bahwa di depan sana ada lelaki terbaik yang akan mendampingi dan membimbing saya.

Hati boleh bersedih putus dengan kekasih, tapi jangan sampai kita kehilangan akal sehat. Setiap manusia sudah diberikan jodohnya oleh Tuhan, kita hanya tinggal menunggu dan berdoa, supaya jodoh itu cepat dekat dan datang menemui kita. 

Jadi, kalau sedih putus cinta, jangan lama-lama, yuk move on untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Yakinlah, saat waktu itu tiba, semua akan indah pada waktunya.

Mantan selingkuh, mantan nikah, ah sudahlah, cari lagi. Masih banyak yang lebih baik, ngapain galau lama-lama. Kalau putus, berarti bukan jodoh kamu, bener ga?

Semangat.



29 komentar

  1. Hihihi untungnya saya ga sampai patah hati. Makasih teh tipsnya . Masa lalu biarlah masa lalu ( lagu Inul)

    BalasHapus
  2. Ada lagi teh lis, blok akun medsosnya ��

    BalasHapus
  3. Sibukkan diri alias beraktifitas emang efektif mba lis, aku jg dlu melupakan mantan dg cara itu. Eeeaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip toss ah. Waah kira-kira kenapa tuh putusya hehehe

      Hapus
  4. Buanglah mantan pada temannya :)

    BalasHapus
  5. Aku kok salah fokus gara2 Goblin hahaha, yah lupakan mantan cari lagi yg lebih berkualitas hahaha, btw alu setuju dgn tipsnya.

    BalasHapus
  6. Perlu proses dan waktu ya Mbak. Dan pastinya ialah perjuangan. Terimakasih telah berbagi. :)

    BalasHapus
  7. Yah aku mampir lagi, berarti belum bisa melupakan mantan

    BalasHapus
  8. Lima poin itu pernah aku lakukan dan hasilnya memang sempurna. aku bisa melupakan rasa sakit itu dan aku bisa melupakan sang mantan. Perbanyaklah aktivitas dan berbuatlah yang sekiranya berguna untuk orang banyak.
    Pelan-pelan waktu akan menyembukan sakit hati, nanti nanti akan tergantikan dengan hal baru, datangnya orang yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah pernah mengalami juga ya mas. Setuju banget nanti juga datang orang baik ya

      Hapus
  9. Yakinlah setelah mantan, bakal datang kekasih sejatimu yaa ladies..

    BalasHapus
  10. 5 point diatas memang tepat jika kita perlahan lakukan satu persatu dengan perlahan. Memang butuh waktu, tapi jika dilakukan ditambah dengan niat pasti bisa :)

    BalasHapus
  11. sejak nikah udah lupa sama mantan :))

    BalasHapus
  12. Aku kini juga membuat artikel cara melupakan sang mantan. Bisa sama ya ?

    BalasHapus
  13. Kalau ngomongin mantan emang g ada habisnya ya Teh, tapi balik lagi jodoh emang g akan ada yang tahu. Dan suka sedih kalau baca berita atau lihat medsos heboh sama yang ditinggal pacar lalu bunuh diri atau minum racun serangga biar tuh mantan tahu kalau dirinya suka banget sama tuh mantan duh duh ga habis pikir deh pikiran macam gitu

    BalasHapus
  14. Mantan oh mantan...ngomongin yang satu ini bisa ngga habis-habis...

    BalasHapus
  15. Pagi2 baca ini tulisan, jadi ingat dia heeem

    BalasHapus
  16. Aduh teh, patah hati itu dengkul lemes, meditasi palingan, kalo olahraga mesti ada temennya jadi semangat. Hhahhahahah

    BalasHapus
  17. Mantap tipsnya mbak.
    Semoga dengan membaca ini, yang galau jadi cepat move on. :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.