Lengkapi Gizi Seimbang Dengan Protein Berkualitas Dari SO GOOD


[Lifestyle] Pemberian gizi seimbang penting sekali untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Karena dengan gizi seimbang anak akan selalu tumbuh dengan sehat, bugar dan cerdas, serta terhindar dari berbagai penyakit tidak menular di masa depan. Bahkan gizi seimbang harus diperhatikan di 1000 HPK. Dalam gizi seimbang ada protein, dan ini bisa dilengkapi dengan protein berkualitas dari SO GOOD.

Memilih pangan Protein berkualitas

Pada 27 Februari 2018 kemarin saya berkesempatan untuk hadir di acara SO GOOD Lebih Baik, Lebih Baik SO GOOD, solusi pangan berkualitas untuk keluarga Indonesia yang bertempat di The Hook Jakarta. Acara ini dihadiri oleh beberapa narasumber, seperti Soegiono selau Head of Marketing & New Business Development PT. So Good Food, Andi Prasetyo selaku Head of Japfa Foundation, Maria Harfanti selaku Duta Gizi Japfa Foundation, dan Prof. Dr. Hardinsyah MS PhD selaku Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia. 

Konsumsi protein hewani memang sangat penting sekali untuk keluarga, terutama anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Protein hewani sangat baik dan penting untuk tubuh, karena memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya adalah membuat pertumbuhan sel-sel oragan tubuh dengan baik/memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, pembentuk antibodi, pembentuk enzim yang penting yang penting, Serta pembentuk gen dan kromosom. membantu pertumbuhan, juga membentuk otak manusia dan sel darah merah. Selain itu manfaatnya juga sebagai pembentuk kulit dan rambut, pengatur proses pembentukan zat dalam tubuh, pengatur kesimbangan asam-basa sel, mencegah masalah kurang gizi, stunting dan anemia, serta secara tidak langsung meningkatkan fungsi otak, sehingga meningkatkan prestasi dan produktivitasnya. 

Baca juga: 1000 HPK


Menurut penyampaian Prof. Hardinsyah, pangan hewani (lauk) ini memiliki keunikan, seperti enak dan gurih, bisa dibuat beragam olahan makanan, mudah dicerna tubuh, kaya protein, vitamin dan mineral, serta melengkapi asupan gizi seimbang. Dalam tumpeng gizi seimbang protein hewani mencakup daging ayam, daging sapi, ikan dan telur. Pada dasarnya daging ayam, sapi dan ikan memiliki keunggulan gizi yang berbeda, seperti:
  • Daging Sapi, keunggulan gizinya meliputi Protein, lemak, Vit B3, B6, B9, B12, Zat Besi, Zink, selenium, Hati sapi kaya gizi.
  • Daging Ayam, keunggulan gizinya meliputi Protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vit A, B5, B12, A, D, E, dan K, low kolestrol, Hati ayam kaya gizi.
  • Ikan memiliki keunggulan gizi seperti Protein, Lemak Esensial, Vit A, D, E, B6, B12, zat besi, seng, Zink, Selenium, iodium, low kolestrol, hati dan telur ikan kaya gizi.
Kita juga penting sekali untuk memperhatikan asupan protein per hari yang ideal untuk keluarga Indonesia, dimana oleh pemerintah Indonesia telah disosialisasikan. Estimasi kecukupan gizi yang dimaksud adalah:

  • Kebutuhan protein 1.0-1.5 g/kg BB atau 35-72 g/anak sekolah dan remaja/hari.
  • Kebutuhan protein hewani 7-15 g/hari atau 1-2 porsi (6--120 g)/hari.
  • Protein untuk anak 1-18 tahun dianjurkan lebih tinggi dari yang dikonsumsi oleh orang dewasa. 
Kalau sudah mengetahui estimasi kecukupan gizi, saatnya kita sebagai ibu yang menyiapkan makanan untuk keluarga, harus tahu tentang memilih pangan protein yang berkualitas. Pangan hewani itu sangat mudah rusak dan berisiko tidak aman dan kehilangan zat gizi bila tidak ditangani dengan baik. Maka dari itu tips memilih pangan protein yang berkualitas, seperti:
  • Daging sapi: Tampak segar, warna merah tidak kebiruan, lunak dan berserat halus, aroma natural sesuai jenis dagingnya (tidak berubah bau).
  • Daging ayam: Tampa segar warna cerah putih kemerahan, lembut kenyal, tidak banya mengandung air, aromanatural daging ayam (tidak berubah bau).
  • Ikan: Tampak segar, kenyak dan bila ditekan dengan ujung jari tidak membentuk cekungan, insang merah segar, aroma natural sesuai jenis ikan (tidak berubah bau).
  • Pangan hewani kemasan komersial: Kemasan baik dan utuh, disimpan pada suhu sesuai petunjuk/informasi pada label, ada nomor MD atau ML atau PIRT dari lembaga berwenang (bisa juga ada jaminan halal dari MUI) tidak kadaluarsa.
Karena pentingnya protein untuk tubuh, terutama anak-anak di masa tumbuh kembangnya, maka usahakan untuk anak mengenal protein hewani sejak dini. Dalam piring makanku, selain buah dan sayur yang penting, protein hewani juga harus ada. Supaya anak suka protein, usahakan ibu untuk selalu membuat aneka kreasi makanan dan olahan. Kalau perlu seh banyakin di rebus, dikukus. Supaya anak semakin suka dengan protein, bisa lengkapi dengan berbagai produk pilihan dari SO GOOD.

SO GOOD Lebih Baik dan fresh dengan kemasan dan logo baru


Sebagai ibu yang memang memiliki aktivitas lain yang lumayan padat, untuk memenuhi gizi seimbang keluarga, harus cerdas dalam membuat kreasi makanan, terutama olahan makanan yang mengandung protein. Maklumlah anak dan keluarga gampang sekali bosan. Terkadang kalau gamau ribet, saya memilih untuk stock produk SO GOOD. Karena produknya ini bukan saja nugget, melainkan banyak sekali pilihan. Mulai dari SO GOOD siap olah (ayam potong) yang menggunakan teknologi IQF (Individual Quick Frozen / proses pembekuan individu dalam waktu 45 menit pada suhu 35 derajat celcius) sehingga mengunci 4 kualitas yakni segar, gizi, rasa dan bersih. 

SO GOOG ayam potong ini ada 5 pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan, ada ayam utuh, paha dada, bumbu kuning hingga bumbu pedas manis. Yang terdiri dari 1 kg dan 450 gram. Kalau banyak aktivitas ga usah ribet lagi, tinggal beli yang berbumbu dan masak deh. Selain ayam potong, SO GOOD juga memiliki produk siap masak seperti nugget dan sejenisnya. Dimana produk siap masak ini sudah melewati proses pemasakan pada suhu 170 derajat celcius selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan dengan cepat untuk menjamin dan menjaga kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya. Untuk produk siap masak ini terdiri dari nugget, stick nugget, shaped nugget, bone in, whole muscle chicken, bakso instan, seafood, dan produk premium. Dan kalau di total neh produk SO GOOD ini ada 43 jenis dan pelanggan tinggal memilih produk yang mana untuk memenuhi protein berkualitas di piring makanku.


Pada 27 Februari kemarin PT. So Good Food secara resmi meluncurkan logo dan kemasan baru ke pasaran. Tampilan logo dan kemasan SO GOOD yang baru menjadi lebih fresh. Dengan logo dan kemasan baru untuk lebih memperkuat brand image, bahwa So Good adalah merek untuk produk yang berkualitas. Menurut pa Soegiono, SO GOOD selalu ingin memberika yang terbaik, khususnya dalam memberikan solusi protein berkualitas untuk membangun dan memenuhi gizi bangsa. Selama berdiri sejak tahun 1999, SO GOOD selalu didukung oleh pihak-pihak yang mempunyai visi yang sama yaitu selalui ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga Indonesia. Dan kehadiran logo dan kemasan yang lebih fresh ini dipersembahkan untuk para pelanggan setia SO GOOD yaitu keluarga Indonesia.

Logo lama SO GOOD yang berbentuk kotak dengan sentuhan biru dan hijau tidak diubah, karena sudah sekian lama diterima oleh konsumen yang bermakna kualitas sangat baik. Logo lama ini dipertajam dengan diberikan lingkaran berwarna emas. Dimana warna emas ini melambangkan trust. Jadi makna keseluruhan lingkaran emas ini adalah SO GOOD  selalu ingin menjaga kualitas dan terpercaya. Sedangkan antara lingkaran emas dan logo kotak SO GOOD terdapat background warna hijau yang memiliki arti fresh and natural. Dengan warna hijau ini, SO GOOD ingin memberikan pembaharuan yang segar dan dinamis untuk setiap inovasi yang SO GOOD ciptakan. Dalam lingkaran warna hijau juga ada simbol-simbol yang memiliki arti, diantaranya:

  • Simbol sumber protein seperti ayam, daging, ikan, udang, dan juga telur yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.
  • Simbol ahli yang menginsirasi yaitu topi chef dan alat masak, dimana simbol ini bermakna SO GOOD adalah ahlinya dalam memberikan pengalaman gizi kuliner protein hewani yang seimbang.
  • Simbol senyum dan jempol mendandakan rasa puas, senang dan bahagia dari pelanggan. Karena SO GOOD berhasil menghadirkan produk-produk berprotein berkualitas yang memiliki rasa lezat.
Bukan itu saja, karena selain logo lama yang dipercantik dan dipertajam menjadi logo baru seperti sekarang, pada setiap kemasan SO GOOD yang baru yakni adanya product story atau cerita produk yang menjelaskan manfaat produk bagi keluarga Indonesia. Selain itu, slogan SO GOOD yang biasanya kita dengar "So GOOD is Very Good" menjadi "Lebih Baik SO GOOD" yang menunjukkan kebanggan dengan bahasa Indonesia. Dengan slogan ini, kini SO GOOD memiliki kualitas lebih baik lagi melalui kebaikan dan kelezatan protein hewani yang dihadirkan dalam produk-produk untuk keluarga Indonesia.

Dengan progam-program himbauan hidup sehat dengan gizi seimbang yang berkualitas yang disosialisasikan keseluruh keluarga Indonesia, tentu saja butuh dukungan dari berbagai pihak yang memiliki visi dan misi yang sama, salah satunya Japfa Foundation yang sudah saling mendukung satu sama lainnya dalam kegiatana sosialisasi dan edukasi, khususnya yang berhubungan dengan nutrisi keluarga Indonesia. Japfa Foundation berdiri sejak tahun 2015 bertindak sebagai Corporate Foundation PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Memiliki visi untuk memaksimalkan potensi generasi muda melalui pengembangan pendidikan, nutrisi dan olahraga. Fokusnya untuk mengangkat pentingnya nutrisi bangsa dengan menjalankan program-program peningkatan gizi dan kesehatan dasar.

Selain itu Japfa Foundation menerapkan inisiatif advokasi untuk mendukung dan mempertahankan peningkatan nutrisi dan keehatan dasar seperti melek nutrisi keluarga, membangun kesadaran melalui media sosial, dan inovasi terkait lainnya. Untuk itu ada Duta Gizi yang memiliki tugas utama untuk mensosialisasikan dan menularkan gaya hidup sehat dan gizi seimbang. Kehadiran Maria Harfanti sebagai Duta Gizi berbagi pengalaman dan sharing tentang nutrisi dan kesehatan. Maria sendiri sudah bertugas sejak tahun 2016 yang bertugas untuk mensosialisasikan gaya hidup sehat, terutama perihal gizi seimbang yang sangat penting, karena manfaat yang didapat sangat banyak, terutam dalam hal gaya hidup sehat dan berat badan ideal.


Selain bercerita tentang pentingnya hidup sehat dan gizi seimbang, Maria juga bercerita tentang kunjungannya ke pabrik SO GOOD di Cikupa Banten. Disini Maria melihat secara langsung pembuatan Chicken Nugget yang membuatnya yakin untuk konsumsi SO GOOD dan memenuhi kebutuhan gizi seimbang sehari-hari. Karena SO GOOD memiliki kandungan protein baik dan seluruh produknya dibuat dari daging pilihan, serta diolah secara higienis dengan proses pengolahan yang modern dan pengawasan mutu yang ketat.


Dengan cerita Maria ini, tidak salah dong ya kalau saya selalu stock SO GOOD di rumah, baik itu ayam siap olah ataupun siap masak. Apalagi anak-anak juga suka sekali makan SO GOOD, biasanya saya juga memilih produk baso dan ayam siap olah untuk dikreasikan lagi menjadi menu favorit keluarga. SO GOOD memberikan solusi protein hewani yang berkualitas, memberikan insirasi, dan pengalaman gizi kuliner baru dan memberikan kelezatan protein hewani melalui produk pilihan. Dengan kehadiran produk SO GOOD lengkapi gizi seimbang dengan protein berkualitas untuk keluarga tercinta di rumah.

Untuk informasi lengkap tentang produk SO GOOD, bisa langsung cek di:
  • Facebook: SoGoodID
  • Instagram: @sogoodid
  • Twitter: @so_good_id
  • Website: https://sogood.id

12 komentar

  1. Favorite anak-anakku so good nuget, tiap hari minta digorengin, haha.

    BalasHapus
  2. Produk SO GOOD apalagi yang siap saji gak ribet. Tinggal goreng sebentar udah bisa disantap. Asupan protein pun terpenuhi

    BalasHapus
  3. Mantap produknya.
    Buat yang buru-buru atau lagi malas masak, bisa pilih yang siap saji aja.

    BalasHapus
  4. Buat sarapan sangat ringkas persiapannya. jd ga perlu ribet di dapur pagi2.

    BalasHapus
  5. kemarin baru tahu klo so good aman dan bebas pengawet.. jadi makin yakin sama so good

    BalasHapus
  6. Andalanku kalau mau sarapan praktis nih...

    BalasHapus
  7. Malah ngiler liat ayam bakarnya ahaha

    BalasHapus
  8. Paling suka ama sosisnya sih kalo so good. Tebel2 dan mantep kalo dibakar. Tp aku juga suka nyetok nuggetnya buat sarapan anak2 kalo lg ga ada ide :p

    BalasHapus
  9. Iya nih makin variatif aja produknya ya. Rasa dan kualitasnya pun terjaga walaupun produk instan��

    BalasHapus
  10. alternatif sarapan nih. selama ini klo sarapan pake nasi atau sereal sih saya

    BalasHapus
  11. dulu jaman ngekost sih saya selalu sedia chicken nugget di kulkas, demi ngemil tengah malam.
    hahaha

    BalasHapus
  12. Banyak pilihan yah produk so good,sebagai alternatif untuk makan praktis dan tetap sehat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.