Manado Ku Ingin Kembali


[Wisata Indonesia] Jelajah Nusantara sudah menjadi sebuah mimpi yang selalu ingin saya wujudkan. Saya ingin menjelajahi daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Biarpun baru beberapa daerah yang saya kunjungi, ada rasa bahagia dan bangga bisa menjelajahi Indonesia tercinta dan mempelajari banyak hal. Salah satu tempat yang ingin saya kunjungi kembali adalah Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Jatuh cinta dengan Alam di Manado saat pertama menginjakkan kaki

Tahun 2016 menjadi tahun yang menakjubkan buat saya, karena di tahun ini saya bisa mewujudkan mimpi menjelajahi berbagai tempat di Indonesia. Mulai dari  Balikpapan, Sukabumi, Pangkal Pinang, Yogyakarta hingga Manado. Dan Manado menjadi tempat yang ingin saya kunjungi kembali. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Manado sudah membuat saya jatuh cinta. Datang ke Manado seperti mimpi yang akhirnya bisa terwujud. Saya tak pernah menyangka bisa mendapatkan kesempatan mengunjungi beberapa tempat di Manado provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2016 lalu. 

Di Danau Tondano
Kota Manado sebagai ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara, terkenal dengan keindahan laut dan pegunungan. Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu primadona kota Manado. Tahun 2016 saya terpilih menjadi salah satu dari 10 orang blogger yang mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam Jelajah Gizi Minahasa. Pertama kali menginjakkan kaki di Bandara Sam Ratulangi, membuat saya tidak sabar untuk mengeksplor keindahan di Sulawesi Utara.

Dari Bandara Sam Ratulangi, rombongan melakukan perjalanan menuju Kabupaten Minahasa yang merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Utara. Perjalanannya cukup jauh, bahkan sepanjang jalan malah mengingatkan saya akan kampung halaman. Melakukan perjalanan selama 3 hari 2 malam, ternyata membuat saya belum puas dan ingin kembali menjejakan kaki di Manado. Saya merasa banyak yang belum saya jelajahi. Saya selalu ingin kembali ke Minahasa, Tomohon dan menikmati keindahan alamnya. Selama melakukan perjalanan ke Manado, ada beberapa tempat yang saya sukai dan ingin kemabali mengukirkan jejak di sana. Karena selain Taman Nasional Bunaken, ada beberapa tempat saat memutuskan ke Manado. Yakni:
Bukit Temboan
  • Danau Tondano. Danau ini merupakan danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara. Dan memang benar danau ini sangat luas. Danau ini terkenal sebagai penghasil ikan air tawar, seperti payangka wiko, ikan mujair, hingga nike. Jadi kangen buat mencicipi kembali perkedel ikan nike dan ikan mujairnya yang gurih dan nikmat. Saat berada di Danau Tondano, bikin betah, karena udaranya sangat sejuk sekali, dan bisa menikmati  makanann yang enak.
  • Puncak Temboan Rurukan. Masih di Kabupaten Minahasa, perjalanan berlanjut ke Puncak Temboan Rurukan yang terkenal dengan tanaman sayur-sayuran dan bunga yang beraneka warna. Biarpun sudah sore saat berada di puncak Temboan rurukan, tidak mengurangi keseruan. Karena bisa menyaksika keindahan alamnya. Sambil menikmati pemandangan alam, bisa sambil ngemil pisang goroho dan sambal bakasang yang enak dengan minum teh atau kopi. Menuju lokasi ini dari Manado kalau tidak salah ingat kurang lebihnya satu setengah jam. Dari atas puncak Temboan, saya juga bisa menyaksikan secara langsung keindahan alam Danau Tondano dan Gunung Klabat.
  • Taman Bahowo. Saat berkunjung ke Manado, coba deh mampir ke Taman Bahowo yang berada di Desa Bahowo, Tongkaina Maanado Sulawesi Utara. Tempat ini menjadi pusat pembibitan Mangrove yang memiliki keindahan alam yang menarik. Bahkan bisa sambil belajar juga tentang bakau yang bisa menjadi benteng dari racun, tsunami dan sampah. Di tempat ini kita bisa melakukan snorkeling dan bisa menyaksikan anak-anak menggunakan keahliannya menangkap ikan menggunakan tangan atau dengan tongkat yang disebut manengkel. 

Melihat keindahan alam yang ada di Manado, tentu saja membuat saya ingin kembali ke tempat ini. Menyaksikan keindahan alam dan tentunya kulineran sampai puas. Jelajah Nusantara tercinta selalu membuat bangga. Apalagi di Manado banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi. Pantas saja banyak wisatawan Internasional yang cinta dengan keindahan alam di Indonesia. Yang menarik dan tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Manado adalah melihat jembatan Soekarno yang pembuatannya ternyata memakan waktu cukup lama, yakni 12 tahun.

Jelajah Manado selama 3 hari 2 malam, tentu membuat saya senang, karena banyak tempat yang bisa dikunjungi, melakukan kegiatan seru, kulineran enak dan tentunya belajar tentang kebudayaannya. Jadi tahu juga dengan tarian maengket yang memadukan menari dan menyanyi. Bukan itu saja, akhirnya kesampaian juga bisa ke Pasar Tomohon yang sangat terkenal. Pasar Beriman Tomohon terkenal sebagai pasar paling ekstrim di Indonesia, serta merupakan merupakan pasar terbesar di Minahasa. Di pasar inilah banyak menjual berbagai jenis binatang yang sangat tak lazim. Tapi tenang, di pasar ini juga ada kok penjual sayuran dan buah-buah segar.

Di Manado selain jalan-jalan menikmati pemandangan, kuliner yang wajib dicoba tentunya adalah dabu-dabu, bubur tinutuan dan nasi kuning yang sangat khas dengan daun woka, dimana isinya ada daging, ikan nike, telur dan sambal. Selama 3 hari jelajah Manado, memang kebanyakan makan dan menikmati keindahan alam. Jadi kangen juga dengan sambal roa, duuh enak banget.


Nasi kuning dan bubur tinutuan (bubur Manado)
Setelah pulang dari Manado, sebenarnya ada rasa penasaran untuk kembali. Pernah ada klien mengajak kesana untuk melakukan prewedding. Sayang tidak bisa ikut, karena terikat dengan pekerjaan lain. Sampai sekarang saya masih punya keinginan untuk melakukan perjalanan lagi ke Manado, ya sambil menabung, sambil cari teman juga. Pokoknya sudah ada bayangan, lokasi mana saja yang nantinya bisa dikunjungi.

Setidaknya saat ini, saya harus menabung dulu, buat beli tiket dan kebutuhan lainnya saat punya keinginan untuk kembali menjelajahi Manado. Ada beberapa maskapai yang melakukan penerbangan ke Manado, salah satunya Garuda Indonesia. Saat saya berangkat maupun pulang dari Manado, pesawat yang digunakan juga Garuda Indonesia. Dan sudah menjadi pilihan yang pas dan tepat untuk terbang bersama Garuda Indonesia. Senang sekali saat dinyatakan lolos untuk ikut jelajah Minahasa, apalagi saat Tiket Pesawat Garuda sudah di tangan, bikin ga sabar untuk secepatnya berangkat. Bahkan sejak subuh saya sudah berada di Terminal 3 Soekarno Hatta dengan yang lainnya.

Bersama Skyscanner Jelajahi Nusantara Tercinta


Penerbangan ke Manado selama kurang lebih 3.5 jam. Tapi tidak terasa kok, kan memang ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Manado. Apalagi terbang bersama Garuda Indonesia nyaman banget. Nanti kalau sudah punya uang, Garuda Indonesia akan tetap menjadi pilihan saat melakukan penerbangan ke Manado. Kalau sudah punya rencana, tentunya harus makin semangat buat menabung dan beli Tiket Pesawat. 

Mencari Tiket Pesawat Garuda Indonesia sekarang makin mudah dengan Skyscanner.  Bisa cek tuh harga Tiket Pesawat Garuda. Karena Skyscanner ini adalah situs pencarian perjalanan global terkemuka, tempat dimana orang terinspirasi untuk merencanakan dan memesan langsung dari juutaan opsi perjalanan dengan harga terbaik. Tentu semuanya bertanya, kenapa harus Skyscanner? Karena Skyscanner ini gratis dan jujur, hematt waktu dan uang, serta merupakan situs travel terpercaya di seluruh dunia.



Dengan mengunduh aplikasi Skyscanner, kita akan mendapatkan beragam kemudahan, untuk cek tiket pesawat, hotel dan sewa mobil terbaik. Bahkan selalu update dengan berita travel, promo, penawaran, hingga tips-tips perjalanan. Skyscanner sudah menjadi pilihan banyak orang, karena sudah didirikan sejak tahun 2003 dengan mempekerjakan lebih dari 900 staf dengan kantornya yang berada di berbagai negara, seperti Barcelona, Beijing, Budapest, Edinburgh, London, Miami hingga Singapura. Bahkan adaya apikasi Skyscanner semakin memudahkan siapapun melakukan perjalanan. Saya juga bisa merencanakan perjalanan untuk jelajah nusantara bersama Skyscanner.

Aplikasi Skyscanner saja sudah diunduh lebih dari 70 juta kali. Jadi makin tenang dan aman untuk bisa merencanakan perjalanan bersama Skyscanner untuk Jelajah Nusantara tercinta. Apalagi kalau maskapai yang digunakan adalah Garuda Indonesia. Tentu saja bisa happy dan menyenangkan bisa jelajah nusantara dengan Skyscanner dan beli tiket pesawat Garuda.


Keindahan Manado
Kalau sudah banyak kemudahan dan rasa tenang melaukan perjalanan, jadi makin semangat menabung dan bisa segera mungkin mewujudkan mimpi untuk kembali ke Manado. Untungnya sudah download aplikasi Skyscanner di handphone, kan bisa sekali berburu tiket promo. Semoga saja ada tiket Garuda Indonesia yang terjangkau saat melakukan perjalanan ke Manado, dan cek hotel untuk menginap. Skyscanner sebagai solusi perjalanan membuat semakin bersemangat untuk jelajahi keindahan alam dan kuliner enaknya. Beli Tiket Pesawat ke Manado juga tenang dengan Skyscanner yang sudah terpercaya, ga takut lagi tertipu seperti yang pernah saya alami beberapa waktu lalu. Pilihan tepat jelajah nusantara bersama Skyscanner.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner

18 komentar

  1. Aku penasaran loh mba sama jembatan Sukarno itu..
    Kaya.a view nya keren

    BalasHapus
  2. Belum pernah ke Manado nih, jadi penasaran dengan pemandangan di sana :D.

    BalasHapus
  3. Pingin ke bukit yang ada patung kayak di Brazil itu yaa. :D

    BalasHapus
  4. makanan manado itu wajib dicoba kalo kesana. hehehe menggoda nian.
    kayaknya skyscanner lagi booming ya. semua blogger update soal ini. nyari harga tiket pesawat jadi lebih gampang dan bisa nyari yg paling murah.

    BalasHapus
  5. Penasaran mana lagi foto fotonya.. :D

    BalasHapus
  6. Di laut yang ada backgroud gunungnya itu pasti keren banget kalo foto saat sunset atau sunrise ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes bener banget cakep saat sunrise dan sunset. Sayangnya ga bisa karena ga keburu

      Hapus
  7. jatuh cinta sama pemandangannya, apalagi makanannya jadi ngiler

    BalasHapus
  8. Yuk, nambuuung. Kita jelajahi Indonesia dari Sabang sampai Merauke

    BalasHapus
  9. nabuung....nabuuung.... Manado masukan list traveling couple kalau sudah couple hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.