Cilok Khas Ceu Lis Dengan Bumbu Kacang Skippy


[Resep Masakan] Siapa coba yang tidak suka cilok. Jajanan murah yang satu ini sekarang makin digemari. Dulu di Jakarta susah banget cari tukang cilok, sekarang makin banyak. Karena cilok yang biasanya ditemukan di daerah Jawa Barat, sekarang makin ngehits dimana-mana. Dari kecil, cilok menjadi jajanan Favorit yang tak pernah lekang oleh waktu. Sampai sekarang sudah punya anak, masih suka saja dengan cilok. Cilok atau aci di colok (kata orang Sunda) terbuat dari sagu yang paling enak dinikmati dengan bumbu kacang. Cilok memang makannya menggunakan tusukan sate, di cocol atau dicampur dengan bumbu kacang yang enak dan lezat.

Cilok Ceu Lis cemilan wajib di rumah saat liburan

Sebagai penggemar cilok ternyata membuat saya ingin belajar membuat menu cemilan yang satu ini. Apalagi cilok menjadi cemilan wajib di rumah saat liburan yang juga digemari keluarga, terutama anak-anak. Sebenarnya sekeluarga suka banget cilok, kalau anak-anak paling pake kecap saja, beda dengan suami, sukanya pakai bumbu kacang yang pedas. Kalau kurang pedas dia tambah saus lagi. Membuat cilok itu sebenarnya gampang-gampang susah, apalagi saat membuat adonan. Untungnya saya punya gurunya, yakni bibi saya (adik ibu). Dulu pertama belajar, hasilnya terlalu keras, akhirnya saat cilok dingin malah kayak kelereng, belum lagi tengahnya suka masih mentah. Terus belajar, akhirnya bisa terasa kenyal dan empuk biarpun sudah dingin.

Untuk bumbu kacang, saya ikuti resep nenek saya sejak dulu, soalnya pernah diajarin membuat bumbu kacang, ya sekalian bisa buat bumbu siomay maupun bumbu sate. Jadi, kalau ada kumpul keluarga atau hari raya, pasti deh saya kebagian membuat siomay, cilok dan bumbu sate. Untungnya ga ribet dan mudah banget. Untuk cilok biasanya saya membuat 2 versi yang bumbu kacang dan kuah. Nah, kali ini saya bakalan membuat Cilok khas ceu lis dengan bumbu kacang yang berbeda dari biasanya. Karena sekarang pakai cara praktis, tak perlu goreng kacang dan menghaluskannya. Tapi dengan menggunakan Skippy Peanut Butter.


Bahan Cilok:
  • Sagu atau Tepung Tapioka 1/4 kg
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • Lada sesuai selera
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air mendidih




Bahan Bumbu Kacang Skippy: 
  • Selai kacang Skippy
  • 4 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 6 buah cabe merah
  • Lada sesuai selera
  • Penyedap rasa secukunya
  • Garam secukupnya
  • Gula
  • Minyak untuk menumis
  • Jeruk limau
  • Daun salam dan daun jeruk
  • 1 buah Santan kemasan
Cara membuat cilok:


Pertama-tama masak air sampai mendidih. Siapkan wadah, masukkan tepung sagu atau tepung tapioka dan tepung terigu. Campurkan semua bahan seperti garam, lada, dan penyedap rasa. Aduk semuanya sampai rata. 

Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit air yang mendidih pada adonan. Ingat ya sedikit demi sedikit saja, supaya adonan tidak lengket atau encer. Aduk adonan sampai rata, dan benar-benar sudah tercampur dengan baik. Setelah terasa tidak lengket, berarti adonan sudah sempurna. Barulah bulat-bulat adonan yang sudah di buat.



Tahap selanjutnya adalah didihkan air. Ingat ya, kalau ingin cilok matang dengan sempurna dan tidak lembek atau mentah di dalamnya, pastikan air mendidih dahulu sebelum cilok dimasukkan, biar hasilnya juga bagus. Kalau sudah mendidih, masukkan cilok dan kalau sudah mengambang, barulah angkat. Kalau cilok masih banyak nih, simpan aja di magic jar atau magic com biar selalu hangat.

Cara membuat bumbu kacang:


Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Panaskan minyak, dan tumis bumbu sampai wangi, masukkkan daun jeruk dan daun salam, lalu tambahka sedikit air.

Setelah itu masukkan selai Skippy dan aduk sampai rata. Tambahkan air lagi. Lalu masukkan garam, penyedap rasa, lada dan gula. Aduk sampai rata. Yang terakhir tinggal masukkan santan. Coba dulu bumbunya, apabila sudah terasa pas, biarkan matang lalu angkat. 

Tumis bumbu
Masukkan selai kacang Skippy
Masukkan bumbu dan masak

Cilok dan bumbu kacang sudah siap. Tinggal tambahkan kecap dan jeruk limau. Cilok khas Ceu lis dengan bumbu kacang Skippy siap dinikmati bersama keluarga tercinta.



Menikmati cilok dengan bumbu kacang dari selai Skippy ternyata enak juga. Hampir sama rasanya dengan bumbu kacang yang biasanya saya buat. Selai Skippy bukan saja pas untuk dinikmati dengan roti saja, tapi bisa beragam makanan. Baik itu untuk makanan saat sarapan, makan siang, makan malam, camilan dan minuman segar. Saya sendiri sudah buktikan dengan membuat cilok bumbu kacang Skippy yang khas. Biasanya dalam membuat bumbu kacang untuk cilok memang lumayan lama, karena harus goreng kacang, menggiling, sampai akhirya bisa dibuat bumbu untuk cilok. Sekarang ada cara praktis dengan Skippy Peanut Butter yang bisa saya gunakan tanpa mengurangi rasa, dan tetap sama seperti biasanya saya buat. Suami saja tak menyangka itu dibuat dengan selai kacang.

Produk Skippy yang diimpor dan didistribusikan oleh PT. Sukanda Djaya Jakarta memang dibuat dengan komposisi dengan kacang tanah (85%), gula, minyak kacang, hingga garam. Jadi ya saat buat bumbu kacang untuk cilok dengan selai kacang dari Skippy ini tidak terlalu banyak tambahan gula lagi. Saya menggunakannya sedikit saja, itu sudah terasa enak dan lezat.



Sekarang di rumah Skippy bukan saja teman saat sarapan untuk dicampur dengan roti, tapi juga bisa untuk membuat makanan dan camilan lainnya yang disukai keluarga. Apalagi ada beragam rasa dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harganya juga sangat terjangkau sekali dan mudah ditemukan, termasuk mini market. Menikmati cilok kesukaan keluarga dengan bumbu kacang sekarang makin mudah dan praktis, rasanya juga tetap sama enak dan lezat bersama Skippy yang menjadi teman baru di rumah. Skippy bisa membuat hari menjadi Yippee. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang Skippy bisa langsung cek:
  • www.peanutbutter.id
  • www.peanutbutter.com
  • www.facebook.com/SKIPPYIndonesia
  • www.instagram.com/skippybrand
  • www.twitter.com/skippy
  • https://id.pinterest.com/skippybrand
Simak video pembuatan cilok khas ceu lis dengan bumbu kacang Skippy berikut ini.



33 komentar

  1. Waaaah, penasaran rasanya jadi kayak gimana cilok pakai bumbu skippy, inovatif banget nih ciloknya makin kekinian, nyummm!

    BalasHapus
  2. aku blm pernah nih rasain cilok walau banyak yg jaualan saat liburan.
    tapi liat di fotonya tergiur sih. sepertinya enak.

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran dengan rasanya. Pastinya mantap.

    BalasHapus
  4. waduuuhhh mantap bener jajanan nih buat siang-siang ngemil. anti mainstream cilok pake selai kacang dari skipy maknyooss

    BalasHapus
  5. Wah terobosan baru nih, wkwk. Saya belum pernah nyoba selai kacang buat bumbu cilok, hmm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang bisa jadi bumbu cilok mba hehe

      Hapus
  6. wahh jadi penasaran rasanya kaya apa. bumbu pakai skippy.
    aku sih suka banget cilok jajanan favorite dari kecil, tapi kenapa setiap bikin gagal mulu ya di waktu perebusan,jadi aci dalamnya itu ga mateng2 XD alhasil beli aja klo lg keengen.. wwkwkwk
    boleh juga resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh itu biasanya pas mau rebus mba langsung cemplungin. Biarin air mendidih dulu mba, baru cilok masukin. Pasti mateng sempurna

      Hapus
  7. Resepnya mudah, apalagi sambal kacangnya bisa pakai selai skippy yg mudah dibeli di minimarket dekat rumah..
    Mau bikin ah..
    Makasi yaa Mbak resepnya..

    BalasHapus
  8. Saya juga sering makan cilok. Bahkan di tempat saya banyak pejabat yang jualan cilok. Enak bange pokonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah oejabat, seriusan mas. Cilok ngehits dong

      Hapus
  9. Tampak enaaaak.. Sebagai menggemar cilok, cireng, cimol, pingin nyobain buatan Ceu Lis nih jadinya.. hehe.. :D

    BalasHapus
  10. mauu cilok....mantap dengan bumbu skippy mah

    BalasHapus
  11. aku kalau bikin cilok kenapa dalamnya masih putih...apa kurang lama ya ngrebusnya? Betewe idenya boleh juga tuh mbak... pake skippy, perpaduan yang tradisional dan modern

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau putih itu karena pas ngerebus airnya belum mendidih langsung dimasukin. Coba deh air mendidih, lalu masukin cilok, bakalan mateng sempurna.

      Hapus
  12. Mau ah langsung praktek bikin ciloknya. Yummy ;)

    BalasHapus
  13. liat foto aja udah ngiler he.. boleh ni di coba caranya makasih mba infonya nice artikel sekali...

    BalasHapus
  14. Salam kenal mbak, saya wilanti, baru belajar nulis, Keren..resepnya..mesti dicoba nihh ..

    BalasHapus
  15. Makanan kesukaanku nih. Tapi klo diaduin sama. selai blm pernah sih. Yaini kreatif mbknya. Btw, baru tau jg selai skippy.

    BalasHapus
  16. Ya Alloh malem-malem nyasar ke blog ini jadi laper. Haha. Mana saya suka banget cilok

    BalasHapus
  17. Woww... lezat sekali mba ngeliatnya saja. Makasih loh resepnya. mau coba.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.