Milna Nature Delight, Sahabat Si Kecil Untuk Makan Buah Dengan Cara Mudah


[Dunia Anak] Memiliki 2 orang yang suka makan buah dan sayur membuat saya senang. Setidaknya makan jadi mudah dan tidak pilih-pilih. Tapi masih banyak di luar sana, masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Maka dari itu, penting sekali membiasakan anak-anak untuk konsumsi sayur dan buah sejak, supaya saat dewasa semakin suka. Sekarang ini ada solusi mudah makan buah yang bisa dinikmati Si Kecil, yakni Nature Delight.

Anakku Suka Buah

Saya memiliki 2 orang anak usia 7 dan 5 tahun,  keduanya sangat suka sekali buah dan sayur. Saat anak-anak bayi dan mulai MPASI, hal pertama yang saya lakukan adalah memperkenalkan buah dan sayur. Cara ini saya lakukan, supaya anak-anak terbiasa makan buah dan sayur setiap hari, kebetulan saya dan suami juga suka buah dan sayur. Memperkenalkan buah sejak dini menjadi cara mudah buat saya, supaya saat mereka besar sudah terbiasa dan tidak menolak saat makannya ada buah dan sayur. Ini dikarenakan saya selalu melihat anak-anak teman yang sangat sulit makan buat dan sayur, kadang selalu di buang dan melakukan gerakan tutup mulut saat bekalnya ada buah dan sayur.

Banyak sekali cerita dari teman-teman yang selalu kesulitan memberikan makanan buah dan sayur pada anak-anaknya. Padahal itu sangat penting sekali untuk tumbuh kembang Si Kecil. Dan akhirnya semenjak dianugerahi anak, saya mulai deh tuh  memikirkan cara mudah supaya Si Kecil bisa menikmati buah dan sayur setiap hari tanpa bosan. Semenjak kecil, MPASI selalu dicampur sayur. Cemilannya juga buah dan biskuit. Si Kecil sangat menikmati makanan dan cemilan yang saya buat. Apalagi kalau ada buah yang mereka sukai, pasti senang sekali. Anak pertama saya sangat suka sekali jeruk dan semangka, sedangnya yang kedua suka semua jenis buah. 

Anak kedua saya ini suka buah
Anak kedua saya, termasuk yang cepat sekali makan buah, kalau tidak disembunyiin, bisa-bisa habis sendiri, akhirnya tar malam saat dia lapar, dan di rumah ga ada makanan, bingung sendiri. Sering banget kejadian, saat saya beli pisang satu sisir atau lengkeng, terus di gantung tuh, saya lalu pergi dan dia sedang bersama ayahnya. Tau-tau pas pulang itu pisang sudah habis, ditanya ayahnya pasti jawabnya seperti biasa. Apalagi kalau jeruk, harus pinter nyimpen di tempat aman, bisa-bisa habis sendiri saat itu juga. Anak suka buah, membuat saya senang, sehingga makan pun tidak pilih-pilih. Teman-teman selalu banyak yang nanya, terus gimana supaya anak suka makan buah? Nah, ada beberapa hal yang saya lakukan, seperti:

Ilustrasi buah (dokumen pribadi)
  • Biasakan orangtuanya juga makan buah di rumah. Coba deh kalau ingin anak suka buah dan sayur, bisa dimulai dari orangtuanya dahulu dan usahakan makan di depan anak, jadi anak menjadi kenal.
  • Kenalkan rasa buah dan sayur sejak dini, bisa untuk MPASI dan cemilannya.
  • Mendongeng tentang kebaikan buah dan sayur. Biasanya anak-anak senang kalau orangtuanya bercerita. Karakter yang digunakan adalah buah dan sayur.
  • Membuat menu yang bervariasi setiap harinya supaya Si Kecil tidak bosan. Contoh membuat MPASI dari buah yang di mix dengan sayur, atau membuat puding buah dan sayur.
  • Semenjak dini ajak anak untuk mengenal bentuk buah dan sayur. Bisa dengan membeli mainan berbentuk buah dan sayur, supaya Si Kecil semakin suka.
Mengenalkan buah dengan cara menyenangkan, tentu akan membuat Si Kecil semakin suka. Cara-cara di atas sudah saya lakukan kepada kedua anak saya yang saat ini sudah tumbuh besar dan sehat. Apalagi putra kedua saya lahir prematur, penting sekali menjaga kesehatan dan asupan nutrisinya. Sayur dan buah harus selalu ada untuk dikonsumsinya.

Pentingnya asupan buah dan sayur


Bicara tentang buah dan sayur, pada Sabtu, 5 Mei 2018 saya ikut acara bersama Milna Nature Delight "Cara Mudah Makan Buah Untuk Si Kecil". Dalam acara ini hadir narasumber, yakni Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K). Perlu kita ketahui, bahwa masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Dalam sebuah riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menyebutkan bahwa 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Padahal, mengkonsumsi buah dan sayur sangat enting untuk gizi seimbang Si Kecil. 

Dalam materi yang dibawakan narasumber dari Dr.dr Conny, bahwa bayi memiliki preferensi bawaan untuk rasa manis dan asin dan ketidaksukaan terhadap rasa pahit. Predisposisi ini bisa dimodifikasi, selain itu paparan awal yang berulang (8-10x) terhadap sayur, efeknya bertahan hingga 6 tahun, maka perlu makanan yang bervariasi. Orangtua penting juga memperhatikan tumbuh kembang anak. Karena anak yang sehat akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Dalam rekomendasi WHO, disebutan bahwa:

Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K)
  • Pemberian IMD (Inisiasi Menyusui Dini) harus diberika kurang dari 1 jam setelah lahir.
  • Berikan ASI Eksklusif selama 6 bulan.
  • Makanan Pendamping ASI diberikan kepada Si Kecil di usia 6 bulan sambil melanjutkan pemberian ASI.
  • Berikan MPASI tepat waktu dengan kandungan nutrisi cukup dan seimbang, aman, serta diberikan dengan cara yang benar.
Selain itu, WHO secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per harinya. Dan remaja hingga dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Untuk pemenuhan gizi bayi dan anak harus bisa dipastikan makro dan mikro nutrien lengkap dan seimbang. Selain itu, makanan yang mengadug serat memiliki kandungan energi yang rendah dibandingkan dengan volume kenyang sebelum energi tercukupi. 

Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa "mengenalkan buah dan sayur pada Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta analisis telah menunjukkan bahwa manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insidens obesitas dan penyakit degenaratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker dan lain-lain. Meskipun sayur dan buah memiliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat. Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah dimasa selanjutnya."




Terus, munculah pertanyaan, apakah serat dibutuhkan oleh anak? Dalam materi yang disampaikan Dr. dr. Conny dijelaskan bahwa:
  • Serat pangan dan karbohidrat tidak larut lainnya sebagian dapat difermentasi oleh flora usus membentuk asam lemak rantai pendek, laktat dan etanol yang selanjutnya dapat dapat diabsorpsi dan dimetabolisme.
  • Peningkatan asupan serat meningkatkan volume tinja, bisa mengakibatkan kembung dan penurunan nafsu makan, sehingga mengurangi densitas energi.
  • Dapat menganggu efisiensi absorpsi beberapa nutrient penting misalnya besi, seng, dan mangan.
  • Belum ada batas adekuat untuk bayi, tetapi disarankan pemberian bertahap.
Selain itu dulu juice buah disarankan sebagai sumber vitamin dan tambahan untuk asupan air. Karena rasanya yang nikmat, mudah diterima oleh anak. Kandungan gula yang tinggi berperan meningkatkan asupan kalori dan karies gigi, karena kurangnya protein dan serat dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. AAP tidak menganjurkan pemberian juice (terutama dalam botol) untuk anak di bawah 1 tahun, yang dianjurkan adalah konsumsi buah dalam bentuk puree atau potongan kecil. Sedangkan untuk anak >1 tahun boleh dikonsumsi sekitar 120ml/hari. 

Dr. dr. Conny juga menyampaikan tentang tekstur, frekuensi dan jumlah makanan untuk anak yang bisa dilihat pada tabel berikut. Seperti anak usia 6 sampai 8 bulan, bisa mulai diberikan MPASI dengan bubur halus, lembut, cukup kental, dilanjutkan bertahap menjadi lebih kasar. Dengan frekuensi 2-3 kali per hari, ASI tetap sering diberikan tergantung nafsu makannya, dapat diberikan 1-2x selingan. Sedangkan untuk jumlah makanan yang dikonsumsi untuk anak usia 6-8 bulan sebanyak 2-3 sdm/x ditingkatkan bertahap sampai 1/2 mangkok (=125ml).


Melihat tabel di atas bisa menjadi acuan orangtua dalam memberikan MPASI pada Si Kecil. Jadi ingat, saat anak-anak bayi, saya membuat jadwal menu untuk pemberian MPASI pada Si Kecil. Dari makanan dan cemilan. Anak paling suka kalau makan buah di tumbuh sampai halus dan langsung dinikmati dengann lahap. Nah, sekarang ini ada cara mudah untuk menikmati buah, yang bisa menjadi sahabat Si Kecil di rumah, yakni dengan kehadiran Milna Nature Delight.

Milna Nature Delight persembahan Milna


Milna ahlinya makanan bayi, sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutritionals meluncurkan produk terbarunya, yakni Milna Naztture Delight sebagai solusi dan sahabat Si Kecil untuk makan buah dengan cara yang mudah. Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang sangat ideal dalam memperkenalkan rasa buah dengan mudah, kepada Si Kecil sejak dini. Milna mempunyai visi giving the best nutriton of weaning food become the best weaning food for best Indonesian genertion dan misi delivering nutritious and innovative weaning food to customers thus become the best weaning food for Indonesian generation. Menghadirkan 3 varian rasa dari Milna Nature Delight yang akan digemari Si Kecil, dengan ukuran dan kemasan yang mudah di genggam. 

Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna menjelaskan bahwa Milna yang sudah hadir di Indonesia selama 30 tahun menjadi ahlinya makanan bayi. Ada beragam produk yang dihadirkan, seperti bubur bayi dan biskuit, yang tentunya disukai Si Kecil. Sepertihalnya anak-anak saya ssewaktu bayi yang sangat menyukai biskuit Milna. Milna sebagai ahli makanan bayi juga hadir di Malaysia, Myanmar, Philippines, Vietnam, dan Cambodia. Dan kini hadir produk terbaru yang menjadi sahabat Si Kecil dalam menikmati makan buah dengan cara mudah bersama Milna Nature Delight yang memiliki keunggulan seperti:


  • Milna Nature Delight 100% buah asli.
  • Fruit Puree dengan kemasan yang praktis.
  • Melalui proses Advanced Pasteurization Technology.
  • Tanpa bahan pengawet.
  • Tanpa penambahan gula.
Memiliki 3 varian rasa yang sudh disesuikan dengan kebutuhan buah Si Kecil yang terdiri atas varian:


1. Varian Carrot Apple Pumpkin

Dengan berat satu kemasan 80 g, makanan selingan yang satu ini puree buah wortel, apel dan labu untuk anak usia 1-5 tahun. Dengan no BPOM RI ML660827002068. Komposisi puree pisang (46,87%), pure apel (28,13%), dan puree stroberi (20%), konsentrat anggur merah (5%) dan konsentrat lemon.


2. Varian Banana Strawberry Apple

Dengan berat satu kemasan 80 g, makanan selingan yang satu ini puree buah pisang, strawberry, dan apel untuk anak usia 1-5 tahun. Dengan no BPOM RI ML660827004068. Komposisi puree apel (62,5%), pure pisang (20%), puree wortel (10%), puree labu (5%), konsentrat apel (2,5%) dan konsentrat lemon.


3. Varian Apple Peach

Dengan berat satu kemasan 80 g, makanan selingan yang satu ini puree buah auntuk anak usia 1-5 tahupel dan peach. Dengan no BPOM RI ML660827004068. Komposisi puree apel (74,5%), pure peach (13,5%), konsentrat apel (12%) dan konsentrat lemon.

Milna Nature Delight, puree buah untuk selingan Si Kecil yang terbuat dari buah pilihan, mengandung segala kebaikan buah dengan rasa yang nikmat dan disukai Si Kecil. Tentunya dikemas praktis, cocok untuk berbagai keperluan, dan tanpa gula tambahan yang tentunya ini bisa menjadi pilihan buat Si Kecil kapanpun dan dimanapun. Milna Nature Delight ini bisa dikonsumsi secara langsung, atau di tuang isi ke dalam sendok atau bisa juga tuang isi ke dalam mangkuk. Produk ini harus di simpan di tempat kering, sejuk dan bersih. Setelah dibuka, produk harus disimpan di dalam lemari pendingi dan harus dihabiskan sebelum 48 jam. Perlu diperhatikan juga, sebelum diberikan kepada bayi, Milna Nature Delight ini harus di cocok dahulu sebelum dikonsumsi dan ceklah temperatur makanan sebelum diberikan.



Kehadiran Milna Nature Deligt ini, karena Milna memahami akan pentinya 1ST BITE DAY atau momen makan pertama Si Kecil dengan MPASI (Makanan pendamping ASI) berupa meal dan snack seimbang dan bergizi bagi tumbuh kembang Si Kecil. Dan ini merupakan kampanye rutin yang diadakan Milna dalam mengedukasi orangtua. Untuk meal sebaiknya lauk pauk hewani atau nabati dan makanan pokok lainnya yang menghasilka energi dan mampu menjaga kekebalan tubuh, sementara snack sebagai makanan pendamping sebaiknya kaya akan vitamin dan mineral.

Pemberian MPASI kepada Si Kecil juga harus dibuat jadwalnya, misal untuk anak 10-12 bulan bisa diberikan 3x meal dan 2x snack. Dengan mengatur jadwal ini, tentunya bisa memperkenalkan sejak dini akan rasa buah dan sayur pada Si Kecil, sehingga bisa akrab dan terbiasa mengkonsumsinya. Ga bakalan ada drama anak susah makan buah dan sayur lagi. Kehadiran Milna Nature Delight sebagai solusi untuk para bunda dalam mempersiapkan snack dengan mudah dan praktis, serta solusi bagi Si Kecil menikmati snack sehat.


Saya sendiri sudah mencoba Milna Nature Delight yang rasa Apple Peach, rasanya enak dan sesuai di lidah saya. Kebetulan saya memiliki tetangga yang anaknya juga baru berusia 1 tahun, saya berikan beberapa produk, ternyata dia suka banget. Apalagi pas dikirimkan ke anak dan ponakan di kampung mereka senang sekali dengan rasanya. Tidak salah ya kalau saya bilang bahwa Milna Nature Delight, sahabat Si Kecil untuk makan buah dengan cara mudah. Karena dengan kemasan yang praktis, bunda yang memiliki buah hati usia 1-5 tahun, produk Milna Nature Delight, cara mudah makan buah untuk Si Kecil ini bisa menjadi bekal untuk mudik lebaran nanti, sehingga perjalanan semakin menyenangkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Milna Nature Delight dari Kalbe Nutritionals bisa cek:
  • Website: www.milna.com
  • Facebook: MilnaID
  • Twitter: @BundaMilna
  • Instagram: @mildaid

10 komentar

  1. dua anakku turunan suamiku gak suka buah, aku sdh nyontohin tetep saja geleng kepala, akhirnya aku jus baru mereka suka

    BalasHapus
  2. mau juga donk milna nature delight nya...
    tinggal seruput gitu ya palagi varian rasa buahnya enak-enak..

    BalasHapus
  3. Pengen nyobain juga diriku, penasaran sama yang rasa jeruk bikin seger kali ya kalo buat buka puasa hehehe...

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
  4. Rasanya enak,kemarin kubuat campuran agar-agar

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.