Wakaf Al-Qur'an untuk Negeri Persembahan Sinar Mas


[Lifestyle] Di bulan yang penuh berkah hendaknya kita berbagi dan melakukan aktivitas positif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, bisa dengan mengundang anak yatim, bersedekah hingga wakaf Al-Quran yang dilakukan oleh Sinarmas.

Al-Qur'an untuk negeri

Sebagai umat muslim di bulan ramadhan kita harus menjalankan ibadah. Sebagai umat islam tentunya kita harus semakin rajin lagi beribadah, bukan saja di bulan ramadhan, tapi juga hari biasanya. Mulai dari shalat tepat waktu tanpa banyak menunda, dzikir, salat sunnah, hingga membaca ayat suci Al-Qur'an. Saat bulan ramadhan, biasanya saya mengaji usai salat subuh dan dzuhur. Biarpun sibuk bekerja, tetap harus menjalankan ibadah, termasuk membaca ayat suci Al-Qur'an.


Tentang Al-Qur'an, Sinar Mas yang merupakan brand name yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1938 memberikan mempersembahkan Wakaf Al-Qur'an untuk negeri. Sinar Mas bergerak di berbagai sektor, mulai dari Pulp dan Kertas, Agribisnis, telekomunikasi, jasa keuangan, hingga real estate, yang sudah melibatkan sekitar 380.000 orang karyawan.

Dengan dukungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas, adanya Wakaf Al-Quran sudah berlangsung sejak tahun 2008. Bahkan mulai dari 2008 hingga kini, Sinar Mas sudah menyalurkan lebih dari 800 ribu mushaf Al-Qur'an, 50.000 buku panduan membaca Al-Qur'an dan Juz Amma, juga 300 set Al-Qur'an Braille bagi tuna netra. Baik itu melalui mitra, amupun pilar bisnis Sinar Mas yang sudah tersebar di berbagai wilayah.

Photo by Sinar Mas
Pada bulan Januari 2018, Sinar Mas menyerahkan 1000 mushaf Al-Qur'an yang diserahkan secara simbolis, sekaligus menyemarakkan hari jadi Masjid Al Markaz Al-Islami yang ke 19, disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu pada 24 Mei 2018, Pemerintah Tangerang Selatan bersama Indah Kiat Pulp & Paper, kembali mendonasikan 4.000 mushaf Al-Qur'an. Pada kesempatan ini pun diserahkan Al-Qur'an Braile yang ditujukan kepada umat muslim yang berkebutuhan khusus. 

Selain itu, di awal ramadhan yang penuh berkah, Sinar Mas kembali menyerahkan Al-Qur'an untuk Masjid Istiqlal Jakarta. Bahkan dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Sinar Mas Land bersama Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa mengadakan sebuah kegiatan Berantas Buta Qur'an atau BBQ.

Tentu saja kegiatan ini sangat insfiratif sekali. Apalagi wakaf Al-Qur'an menjadi komitmen Sinar Mas dalam mendukung upaya pemerintah memperluas ketersediaan Al-Qur'an di masyarakat. Dan program wakaf Al-Qur'an menjadi upaya Sinar Mas dalam mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahmi dengan sesama. Apalagi di bulan penuh berkah seperti sekarang ini, perbanyak berbagi dan berbuat baik.

Al-Qur'an yang dicetak dengan halal

Photo by Sinar Mas

Program CSR Sinar Mas yakni wakaf Al-Qur'an untuk negeri, ternyata dicetak dengan kualitas yang baik dan halal. Dimana seluruh Al-Qur'an yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau lebih di kenal sebagai Qur'an Paper (QPP) yang dikembangkan Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi percetakan kitab suci dan buku agama. Disebut halal, karena Quran Paper sudah memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ISO 9706, dengan penggunaan bahan baku dan proses produksinya sudah memenuhi kaidah kehalalan. Bahkan 90% produksinya di ekspor ke berbagai neara Asia dan Afrika.

Yang menariknya nih, Qur'an Paper ini dikembangkan mengedepankan aspek halalan toyyiban, yang artiya produk yang dihasilkan halal dan baik. Apalagi ya ini mencetak ayat suci Al-Qur'an, tentu harus halal dan berkualitas baik. Halalnya sendiri dimulai dari bahan baku yang dipakai, proses pembuatan, peralatan yang digunakan, dan halal juga proses penyimpanannya. Bahkan mesinnya sendiri harus terbebas dari najis. 

Photo by Sinar Mas
Qur'an Paper (QPP) Sinar Tech diproduksi PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill yang meruapakan kertas berwarna dengan tekstur yang halus, berikut daya serap tinta yang baik dan tingkat pencerahan warna yang maksimal. Selain itu, kitab suci Al-Qur'an ini didesain khusus dengan spesifikasi:
  • High Smoothness, tingkat kehalusan sangat tinggi.
  • High Opacity, menjadikannya tidak berbayang, biarpun dicetak bolak balik.
  • High Average, pori-pori kertas menyebar secara merata.
Tentunya dengan spesifikasi tersebut dapat menjadikan setiap titik dan huruf Al-Qur'an dapat tercetak maksimal di setiap bagiannya. Meski halus, OPP ini sanggup mendukung percetakan hingga 15.000 per jam dengan ketahanan kertas dan waranya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam pemakaian normal. Dengan kelebihan yang dimiliki QPP, disertai kehalalan, sudah pasti ini sangat terjamin.

Perlu diketahui juga sejarah QPP yang sudah muncul sejak tahunn 2002-2003. Jadi, waktu itu IKPP sedang berinovasi untuk mengembangkan dan memasarkan kertas berwarna. Saat sedang melakukan creamish paper mulai ditingkatkan kualitasnya memasuki pasar Timur Tengah. Seorang klien dari Pakistan mengeluarkan ide untuk menamai sesuai peruntukkannya, maka terciptalah Qur'an Paper (QPP). Karena untuk mempatenkan harus 3 huruf, jadilah QPP.  Dengan kualitas QPP ini, saat ini APP Sinar Mas sudah memasok 60% kebutuhan kertas Al-Qur'an di dunia sejak tahun lalu. Dengan begitu, QPP ini sudah dipercaya dan kertasnya berkualitas. Hasil cetak Ql-Qur'an tentunya akan semakin baik.

Melihat komitmen Sinar Mas ini tentunya harus didukung penuh. Semoga saja program Wakaf Al-Qur'an untuk negeri yang dipersembahan Sinar Mas, akan terus berlanjut ke daerah lainnya. Dan masyarakat pun semakin rajin untuk membaca ayat suci Al-Qur'an.

Simak video #Alquranuntuknegeri berikut ini.



Informasi lebih lanjut bisa cek:
  • Website: http://www.sinarmas.com
  • Instagram: @sinar_masid
  • Twitter: @sinar_masid



Tulisan dari berbagai sumber:
  • http://www.sinarmas.com/blog/?p=1606
  • http://www.sinarmas.com/blog/?p=1597
  • http://www.sinarmas.com/blog/?p=1589
  • https://ekbis.sindonews.com/read/1276930/34/sinar-mas-wakafkan-alquran-di-masjid-al-markaz-al-islami-1516953162

6 komentar

  1. Subhanallah, bagus banget nih programnya sinarmas bagi-bagi alquran di bulan puasa. Semoga kegiatan positif ini dapat berlanjut ke tahun-tahun berikutnya dan semoga yang dibagikan menjadi berkah untuk kesuksesaan sinarmas.

    BalasHapus
  2. ahhh ademmm bacanya... semoga berkah buat Sinar Mas dan semua...

    BalasHapus
  3. Bagus sekali, semoga pembagian Al-Qur’an nya merata ke seluruh Indonesia juga terutama desa desa terpencil AMIN. Sukses terus Sinar Mas

    BalasHapus
  4. wah sinar mas memang ok ya banyak program yang bermanfaat, anakku juga kerja di anak perusahaan sinar mas, kl jumat pasti ada kajian , mantap

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.