5 Aspek Fundamental Untuk Jadikan Anak Generasi Maju



[Dunia Anak] Melihat tumbuh kembang anak baik, jadi percaya diri, supel hingga mandiri, tentu saja membuat semua orangtua menjadi bahagia dan bangga. Apalagi kalau mereka selalu sehat dan nutrisinya tercukupi, serta menjadi anak yang berprestasi. Anak yang memiliki prestasi dan potensi memiliki kesempatan untuk berkembang.

Saya memiliki 2 orang anak, keduanya memiliki hobi dan cita-cita yang berbeda. Saya melihat Dimas yang dulu pendiam menjadi jauh lebih aktif dan menunjukkan tumbuh kembang yang luar biasa. Kini, dia mulai bermain alat musik dan belajar banyak hal. Musik juga baik untuk pertumbuhan otaknya. Saya selalu mengarahkan dia untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan memasukkan dia ke tempat kursus.

Di luar sana banyak sekali anak yang memiliki potensi, seperti pada 28 Juli lalu saya datang ke Summarecon Bekasi untuk melihat secara langsung Grand Final Sahabat Generasi Maju. Banyak sekali anak yang sudah tampil dengan percaya diri dan berani menunjukkan potensi yang dimilikinya, seperti menari balet, bulu tangkis, menyanyi, hingga memainkan alat musik drum. Luar biasa sekali melihatnya, di usianya yang masih kecil, anak-anak itu sudah mampu menunjukkan kemampuannya dan menjadi generasi maju yang berprestasi.


Terus ciri anak generasi maju itu seperti apa?

Dalam Grand Final Sahabat Generasi Maju bersama SGM Eksplor di Summarecon Mall Bekasi beberapa waktu lalu, ada talkshow yang diisi oleh beberapa narasumber seperti Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor, Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si.,Psi selaku Psikkolog Anak dan keluarga, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK selaku Dokkter Gizi Klinis, dan Alyssa Soebandono seorang selebritis dan ibu dari 2 orang anak.

Untuk menjadikan potensi anak berkembang, salah satu langkah yang patut dilakukan adalah orangtua memahami kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang sesuai dengan usianya, serta rutin mengasah potensi yang dimlikinya.  

Sebagai orangtua, ada baiknya kita mengenal 5 Aspek Fundamental untuk jadikan anak generasi maju, dimana ke  aspek ini yang akan menjadikan anak semakin maju dan berkembang, seperti:

  • Fisik
  • Sosial
  • Emosi
  • Bahasa
  • Kognitif

Setelah 5 aspek fundamental tumbuh kembang anak ini, maka penting sekali untuk pemenuhan nutrisinya yang lengkap dan stimulasi yang tepat untuk bisa mengasah 5 potensi prestasi anak generasi maju, seperti:
  • Cerdas kretif, dimana anak bisa cepat menangkap dan mengerti erta punya banyak sekali ide
  • Percaya diri, tentunya anak memiliki keyakinan terhadap kemampuan dirinya.
  • Tumbuh tinggi dan kuat, dimana anak tumbuh kembangnya sesuai dengan tahapan usianya.
  • Supel, tentunya anak bisa berteman dan bekerja sama, berbagi, sopan dan banyak keterampilan sosial lain.
  • Mandiri, anak bisa mengandalkan diri sendiri.

Dengan 5 potensi ini anak akan mampu menjadi anak generasi maju. Kita bisa lihat ke anak-anak kita, bagaimana kecerdasannya, kepercayadiriannya, hingga apakah sudah mandiri atau belum. Untuk menjadikan Si Kecil tumbuh tinggi dan kuat tentunya stimulasinya berbeda untuk setiap usia. Misal anak 1 sampai 3 tahun bisa kenalkan makanan keluarga, berikan stimulasi motorik. Sedangkan untuk anak 3-5 tahun bisa dengan memberikan stimulasi motorik kasar dan stimulasi motorik halus.

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi
Selain itu, agar Si Kecil selalu percaya diri bisa dengan atur ruangan agar ramah anak, beri kesempatan si kecil mencoba dan beri pujian. Kemudian tumbuhkan attachmen bunda sensitif dan responsif dan beri kesempatan lebih luas. Dengan begitu anak tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri. Perlu diingat jangan sampai menakut-nakuti anak, karena anak bisa jadi tumbuh menjadi penakut. Misal kalau anak tidak mau makan, ditakut-takuti dengan bilang akan disuntik, nantinya anak bisa takut saat mau berobat atau takut dengan dokter. Ini tentunya harus menjadi catatan orangtua, supaya anak menjadi lebih percaya diri dan berani ya.

Melihat anak cerdas, tumbuh tinggi, percaya diri, pasti ingin juga anaknya mandiri. Maka dari itu menjadikan anak menjadi mandiri, orangtua bisa menebak dan meladeni kebutuhan anak dengan benar, beri juga kesempatan melayani diri sendiri (seperti makan, minum, dll), berikan kesempatan si kecil menjelajahi lingkungannya dan beri kesempatan belajar merawat diri sendiri. Dan tentunya orangtua harus bisa beri kesempatan anak untuk belajar merawat diri sendiri seperti mandi, bersihkan diri, serta pakai baju sendiri.

Selain anak menjadi anak mandiri, tentu ingin anaknya juga menjadi anak supel, orangtua bisa melakukan beberapa hal sederhana. Seperti sering saling bertatapan mata, ajak main bersama, tenangkan ketika anak takut terhadap orang lain, ajak ngobrol dan beri kesempatan bermain dengan teman sebaya.

dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK
Supaya si kecil tumbuh menjadi anak kuat dan hebat, serta menjadi generasi maju, selain potensi-potensi yang harus diperhatikan, penting juga memperhatikan nutrisinya, terutama bagi anak usia di atas 1 tahun. Pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan si kecil adalah hal penting agar bisa mengasah potensi prestasinyanya dengan optimal. Seperti yang diungkapkan dr. Nurul selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan si Kecil dalam jumlah besar atau makronutrien seperti karbohidrat, protein atau lemak, orangtua juga harus memperhatikan kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti beragam jenis vitamin, dan mineral. Selain itu, anak di atas 1 tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik.

Makanan dengan sumber karbohidrat itu penting buat anak supaya badannya segar, tidak mudah lemas, dan otaknya dapat berpikir. Kalau anak tidak suka nasi bisa ganti dengan kentang. Karena kentang juga salah satu makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat. Makanan sumber protein juga penting supaya tubuh tumbuh tinggi, kuat tidak gampang sakit. Karena sumber protein seperti susu, daging, hingga ikan berfungsi menggantikan sel tubuh yang rusak.

Untuk mendukung anak menjadi generasi maju yang cerdas kreatif, dibutuhkan Omega 3, Omega 6 serta zat besi. Selain itu, fosfor, seng, yodium, kalsium dan vitamin D dibutuhkan agar anak dapat tumbuh tinggi, kuat dan memiliki gigi yang sehat. Pencapaian imunitas optimal dapat didukung dengan asupan Vitamin A, C, dan E, Seng dan Zat Besi. Untuk mendukung pencernaan sehat, anak juga membutuhkan prebiotik dan probiotik. Jangan sampai anak terkena anemia, karena anak anemia tidak dapat tumbuh cerdas.


Pesan gizi seimbang untuk anak lebih dari 1 tahun bisa dengan makan teratur besama keluarga, perhatikan kecukupan makro dan mikronutrien, cukupi makan sayur dan buah untuk kecukupan vitamin dan mineral. Selain itu, batasi makanan selingan yang terlalu manis, asin dan berlemak. Serta jangan lupa untuk minum yang cukup.

Pentingya nutrisi dan stimulasi dapat menduung anak memiliki masa depan yang lebih baik dan membangun generasi yang lebih maju. Maka dari itu Festival Sahabat Generasi Maju yang juga diadakan kegiatan grand final sahabat generasi maju adalah betk dukungan dan komiten SGM Eksplor terhadap anak-anak Indonesia agar dapat tumbuh menjadi Anak Generasi Maju. Acara ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2018. Dalam acara ini juga diluncurkan inovasi lengkap SGM Eksplor dengan Complinutri.



Memahami pentingnya kualitas hidup si Kecil bagi orangtua, SGM Eksplor dengan Complinutri hadir untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi anak di setiap tahapan tumbuh kembang dan memberikan dukungan komplit agar si kecil mampu memaksimalkan 5 potensi prestasi dan bisa menjadi bagian dari generasi maju.” Ungkap Astrid selaku Marketing Manager SGM Eksplor.

Festival Sahabat Generasi Maju mengajak orangtua untuk menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh Si Kecil melalui media Facebook yang telah berlangsung mulai dari 19 April hingga 8 Juli 2018. Acara ini juga sudah berlangsung di Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Dalam acara ini ada banyak kegiatan edukasi dan stimulasi 5 potensi prestasi seperti:
  • Kelas Supel
  • Kelas tumbuh tinggi, kuat dan mandiri
  • Kelas percaya diri
  • Kelas cerdas dan kreatif

Selain itu ada juga lomba mewarnai, kegiatan olahraga, serta pemainan edukatif lainnya. Dalam grand final sahabat generasi maju, SGM Eksplor memberika beasiswa pendidikan senilai 1 Milyar bagi 25 pemenang. SGM Eksplor juga bekerjasama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi.

Salah satu finalis di Grand Final Sahabat Generasi Maju
Adapun duungan SGM Eksplor dalam edukasi nutrisi aka terus dilakukan dalam skala yang lebih besar, itu dapat dilihat melalui kegiatan mini mobi dan aktivitas digital. Di tahun 2018, aktivitas mini mobi sudah berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif.Selain itu, edukasi nutrisi juga dilakukan melalui media digital seperti Facebook Aku Anak SGM, yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak lagi orangtua di Indonesia.

Bukan itu saja, SGM Eksplor juga memperluas jangkauan edukasi dan memberikan materi bagi para orangtua untuk menjadiannya anak generasi maju dengan memperkenalkan website www.generasimaju.co.id, dimana orangtua bisa mendapatkan informasi untuk mendukung di Kecil memiliki masa depan yang lebih baik dan menjadikannya anak generasi maju.

Ada Upin dan Ipin juga loh
Pentingnya nutrisi dan mendukung potensi Si Kecil, Alysa Soebandono yang sudah memiliki 2 orang anak juga ikut sharing dalam talkshow di acra Festival Sahabat Generasi Maju. Dimana dirinya selalu memastikan anak-anaknya tumbuh kembangnya optimal, karena itu sudah menjadi prioritas utamanya sebagai seorang ibu. Bahkan Alyssa sangat senang dengan hadirnya Festival Sahabat Generasi Maju, karena dia bisa mengajak si Kecil untuk mencoba berbagai permainan edukatif untuk mengembangkan potensi dan menstimulasi tumbuh kembangnya.

Alyssa selalu memastikan anak-anaknya tumbuh sehat, maka dari itu dirinya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak melalui makanan bergizi seimbang, dilengkai minum air putih dan aktivitas fisik yang cukup agar ia dapat tumbuh menjadi anak generasi maju dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Kehadiran Festival Generasi Maju, membuat anak-anak yang hadir juga sangat senang, dan tentunya banyak sekali edukasi yang bisa didapatkan para orangtua untuk menjadikan Si Kecil menjadi anak generasi maju yang berprestasi, percaya diri, mandiri dan supel.

29 komentar

  1. Aku sangat mendukung 5 aspek potensi prestasi ini mak, anak-anak memang harus didukung penuh untuk menjadi Generasi Maju

    BalasHapus
  2. Tumbuh kembang anak memang harus diperhatikan, supaya pertumbuhannya baik dan sehat:)

    BalasHapus
  3. Asupan nutrisi anak memang harus selalu diperhatikan, agar anak tumbuh dengan sehat ...

    BalasHapus
  4. SGM dari dulu sampai sekarang selalu jari kepercayaan ibu sebagai asupan nutrisi bagi pertumbuhan anak ....

    BalasHapus
  5. wow ada beasiswa pendidikan juga ya bagi pemenang ...

    BalasHapus
  6. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  7. Menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak-anak jadi modal buat masa depannya kelak

    BalasHapus
  8. Mendidik anak cerdas tuh gampang2 susah ya, teh lis. Yang susah tuh konsistensi. Tapi ini ilmu banget. Ma kasih teh

    BalasHapus
  9. Wah ada program beasiswanya juga ya. . Perlu daftrin nk juga nih

    BalasHapus
  10. ajang seperti ini bagus ya untuk melatih mental anak teh...

    BalasHapus
  11. Ternyata ga cuma gizi aja ya yang penting untuk kita perhatikan, tapi juga aspek kecerdasan lainnya...

    BalasHapus
  12. Nutrisi dan tumbuh kembang anak memang harus diperhatikan dengan seksama agar tumbuh menjadi generasi yang sehat dan berprestasi.

    BalasHapus
  13. Memang ya anak-anak walau sekandung pasti beda karakternya

    BalasHapus
  14. Aku terpana banget deh sama anak-anak yang tampil waktu festival generasi maju ..mereka semuanya berbakat.

    BalasHapus
  15. Asupan nutrisi tentunya harus diperhatikan. Tetapi, aspek lain juga gak kalah pentingnya ya, Lis. Semoga semakin banyak orang tua yang peduli dengan hal ini

    BalasHapus
  16. Festivalnya merah meriah :D
    Skrng makin banyak sarana edukasi parenting buat ortu ya, jd dgn2 acara2 sperti ini ortu tau kalau sebaiknya gk dorong anak berprestasi di bidang akademik aja tapi jg lbh membangun aspek mentalnya gtu TFS

    BalasHapus
  17. Anakku senang banget hadir di festival ini sampai susah diajak pulang. Tahun depan sepertinya perlu ikut ajang pencari bakat SGM ini buat melatih keberaniannya.

    BalasHapus
  18. Kemarin pas di Jogja aku jg hadir fi festival generasi maju. Dan seneng banget bisa ikutan banyak kegiatan yg diadakan. Anak2 sampe susah banget diajak pulang. Selalu suka event bareng SGM

    BalasHapus
  19. PR aku masih di emosi anak nih mba, kadang karena terbiasa dengan fasilitas, jadi jika hal-hal yang ngga sesuai sama keinginan mereka, langsung deh emosian huhu..

    BalasHapus
  20. seneng ya mbak ada acara kyak begini. pingin banget bisa ikutan lomba kemarin tapi naufalnya lagi susah buat diajakin kerja sama. padahal hadiahnya waoww ya...

    BalasHapus
  21. Mendidik anak generasi maju haruslah disertai dengan nutrisi yang cukup sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu.

    BalasHapus
  22. selalu suka acara yang begini ya mba kasih edukasi buat parent mantap SGM

    BalasHapus
  23. Masalah tumbuh kembang anak menjadi fokus utama aku sbg seorang ibu. Aku ngga mau anakku tumbuh ngga seimbang. Mrk hrs tumbuh optimal

    BalasHapus
  24. SGM selalu menyelenggarakan acara2 positif yaa, seneng deh. Jadi banyak ilmu mengenai dunia Pola Asuh anak yang baik yang di dapat. Kereeen, noted banget

    BalasHapus
  25. Aku setuju banget deh mainan edukatif itu mampu membantu mengembangkan potensi si kecil, aku sih emang belum punya anak yah, cuma sedikit-dikit aku terapin ke adikku, kuanggap belajar jadi moms jaman now lah :D

    BalasHapus
  26. Memenuhi nutrisi anak memang penting banget yaa, agar anak tumbuh sesuai yang diharapkan 😊

    BalasHapus
  27. Andai semua sekolah juga menerapkan "Anak Generasi Maju" niscaya anak2 Indonesia lebih cepat majunya. Tapi yg paling penting sih ortunya paham ya Mbak

    BalasHapus
  28. aku punya keponakan yang rasa percaya dirinya terlalu tinggi. bahaya gak ya? hahaha

    BalasHapus
  29. Yap! Mudah-mudahan anak-anak kita termasuk generasi maju yang sukses Islami ya Mbak, aamiin :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.