Bahagia di Masa Depan Dengan Perlindungan Amanah dari Allisya Protection Plus


[Keuangan] Assalamualaikum sahabat pena Liswanti. Alhamdulillah, bagaimana kabar keluarga? Semoga sehat selalu ya.

Memiliki 2 buah hati memang menyenangkan. Apalagi melihat mereka sudah tumbuh besar, aktif dan semakin pintar. Setiap orangtua pasti selalu ingin mendampingi mereka saat dewasa dan melihat kesuksesannya. Tapi, sebagai manusia tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi beberapa detik ke depan. Semuanya ada di tangan Allah SWT. Sebagai manusia tinggal kita menjaga diri, menjaga kesehatan supaya bisa mendampingi anak-anak, hingga pentingnya memiliki perlindungan amanah untuk masa depan bersama Allisya Protection Plus dari Allianz.

Perencanaan keuangan untuk hidup bahagia bersama keluarga di masa depan

Perlu ga sih perencanaan keuangan?

Perlu banget, penting malah. Saya sadar betul akan pentingnya perencanaan keuangan untuk mempersiapkan masa depan. Apalagi sekarang sudah memiliki anak yang usianya sudah menginjak 6 tahun dan 8 tahun. Bagi saya dan suami, anak-anak adalah prioritas utama, kami ingin kebutuhan mereka tercukupi. Baik itu kebutuhan sehari-hari, hingga biaya pendidikannya di masa depan. Apalagi tahun demi tahun, biaya hidup dan biaya pendidikan semakin naik. Maka dari itu perlu sekali perencanaan keuangan untuk hidup bahagia bersama keluarga di masa depan.

Perencanaan keuangan menurut Financial Planning Standard Board (FPSB) adalah suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terintegrasi terencana. Maka dari itu, kita harus tahu dulu tujuan keuangan untuk apa saja. Karena ini sangat penting sekali, supaya semakin termotivasi dan semakin bijak dalam menggunakan uang. Dengan bijak menggunakan uang, menjadikan kondisi keuangan semakin sehat, itu artinya membantu kita dalam mengelola keuangan keluarga supaya menjadi aman dan akhirnya bahagia di masa depan. Ini yang dari awal saya lakukan, terutama saat anak-anak sudah lahir.

Ilustrasi: Perencanaan keuangan
Usia masih aktif bekerja, membuat saya dan suami semakin semangat mengumpulkan uang untuk masa depan anak-anak. Apalagi saya dan suami juga memiliki tujuan keuangan, yakni:
  • Berinvestasi baik itu dalam bentuk emas, deposito dan reksadana.
  • Mempersiapkan dana pensiun.
  • Membangun rumah impian.
  • Memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan pulang ke kampung halaman.
  • Mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan.
  • Perlindungan jiwa
Tujuan keuangan di atas yang menjadi prioritas saya. Apalagi berinvestasi juga untuk kebutuhan anak-anak di masa depan dan persiapan di hari tua. Saya dan suami ingin sekali, saat tua nanti bisa menikmati masa pensiun dengan bahagia, sambil buka toko dan bersantai menunggu kepulangan anak cucu di rumah. Saya dan suami ingin pendidikan anak terjamin dan mereka bisa mewujudkan cita-citanya. Memiliki tujuan keuangan ini, membuat saya selalu semangat mengatur uang dengan sebaik mungkin. Maka, setelah tujuan keuangan, tinggal buat deh perencanaannya apa saja yang akan dilakukan, supaya semua itu terwujud, mulai dari:
  • Membuat tabungan khusus yang nantinya digunakan untuk kebutuhan yang akan dilakukan. Saya menggunakan 3 tabungan. Satu tabungan untuk kebutuhan bulanan dan dana darurat, tabungan untuk hari tua dan tabungan anak.
  • Mencatat dan mengelola arus kas dengan sebaik mungkin.
  • Membuat pos keuangan supaya pengeluaran tidak boros.
  • Memiliki investasi jangka panjang untuk masa depan.
  • Untuk bisa melindungi aset, maka penting sekali kita memiliki asuransi, baik itu kesehatan maupun asuransi jiwa.
Buat perencanaan keuangan untuk selalu bahagia
Yang paling penting dari membuat perencanaan keuangan ini adalah adanya komunikasi dengan pasangan untuk saling terbuka, supaya bisa sama-sama mengatur uang dengan sebaik mungkin. Saya dan suami tidak pernah menutupi berapapun penghasilan yang kami dapatkan. Kami punya tujuan keuangan, dengan begitu apapun harus direncanakan. Mau beli barang atau kebutuhan apapun selalu kami komunikasikan terlebih dahulu. Sehingga kedepannya rencana-rencana indah yang ingin dilakukan bisa terwujud. Saya dan suami ingin bahagia di masa depan, Maka dari itu, setiap menerima gaji, bonus dan penghasilan lainnya, selalu dimasukkan ke dalam beberapa pos. Mulai dari:
  • Pos zakat dan sedekah saya keluarkan 5% dari penghasilan.
  • Pos dana darurat sebesar 10% dari penghasilan.
  • Pos biaya hidup sebesar 40%, ini sudah termasuk jajan anak dan bayar asuransi, listrik dan pulsa.
  • Pos tabungan sebesar 25%, kan menabung itu jangan dari sisa.
  • Pos gaya hidup cukuplah ya 5%.
  • Pos investasi 15%, kan tabungan saja ga cukup untuk mempersiapkan masa depan anak, harus punya investasi juga.
Dengan dibuatkan pos keuangan seperti ini membuat saya semakin bijak menggunakan uang, tidak boros lagi dan semakin semangat berhemat untuk mempersiapkan masa depan keluarga yang lebih baik. Sehingga tujuan keuangan bisa tercapai. Ingin bahagia di masa depan, membuat saya selalu semangat dalam membuat perencanaan keuangan. Supaya perencanaan keuangan yang sudah kita buat terlindungi dan berjalan dengan baik, perlu sekali memiliki perlindungan diri. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi beberapa detik kemudian. Produk asuransi menjadi pilihan tepat untuk melindungi diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlindungan maksimal dengan asuransi syariah

Makam ayah
Perlindungan jiwa penting, karena saya juga punya pengalaman hidup yang begitu pahit ketika ayah meninggal di usia muda. Saat ayah meninggal, ibu juga sedang mengandung anak ketiga.  Kebayang dong bagaimana bingungnya saya, apalagi saat itu saya tidak memiliki penghasilan. Selain mencari biaya kuliah, saya juga harus mencari kekurangan biaya bersalin. Semenjak itu, saya semakin paham akan pentingnya proteksi diri, dengan memiliki perlindungan jiwa, kalau terjadi sesuatu, masa depan keluarga yang ditinggalkan akan tetap aman, cita-cita anak bisa terwujud. 

Sekarang ini ada banyak pilihan asuransi, baik itu konvensional maupun syariah. Saya sendiri mulai tertarik dengan asuransi syariah. Karena asuransi syariah merupakan asuransi yang berprinsip pada "saling menanggung risiko" antar sesama peserta. Intinya disini ada saling tolong menolong. Bukankah sesama manusia harus saling tolong menolong dan itu ibadah. Asuransi syariah ideal bagi setiap kalangan yang ingin dana asuransinya dikelola dengan transparan. 

Di Indonesia sendiri banyak yang belum paham akan pentingnya memiliki asuransi, tidak seperti di luar negeri, semua harus diasuransikan. Ada ketakutan memiliki asuransi bakalan begini dan begitu. Tapi itu cerita dulu. Karena sekarang ini masyarakat Indonesia semakin melek literasi keuangan. Kalau tidak ingin memiliki asuransi konvensional, bisa memilih asuransi syariah yang semakin berkembang di Indonesia dari tahun ke tahun. Memiliki asuransi syariah juga bisa membuat tenang, aman dan berkah, serta bebas dari praktek riba, gharar dan maisyir.

Dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 21/DSN-MUI/X/2001 adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai syariah. Dalam prosesnya tentu beda dengan asuransi konvensional, dimana proses hubungan peserta dan perusahaan dalam mekanisme pertanggungan pada asuransi syariah adalah sharing of risk atau "saling menanggung risiko". Apabila terjadi musibah, maka semua peserta asuransi syariah saling menanggung. Inilah yang membuat saya semakin tertarik dengan asuransi syariah.

Ilustrasi keuangan: Asuransi
Apalagi dalam pelaksanaannya, asuransi syariah bukan saja diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tapi juga Dewan Syariah Nasional (DSN). Bahkan untuk menjaga pelaksanaan agar sesuai koridor hukum islam, asuransi syariah ini tidak berinvestasi pada usaha yang haram atau dihindari agama, seperti minuman beralkohol, perjudian dan rokok. Melainkan usaha-usaha yang aman dan sesuai dengan hukum islam. Asuransi syariah ini bisa menjadi solusi buat siapapun yang menginginkan dana asuransi dikelola secara transparan, baik itu muslim maupun non muslim. 

Dalam asuransi syariah sebagian dari premi yang dibayarkan oleh kita sebagai peserta akan dialokasikan untuk tujuan tolong menolong (ta'awun). Premi yang dibayarkan nantinya akan dibagi menjadi tiga rekening, mulai dari rekening tabarru (kebajikan) yang digunakan untuk tujuan tolong menolong, rekening tabungan peserta dan rekening perusahaan asuransi. Selain itu dengan memiliki asuransi syariah, nantinya saat kita wafat, santunan asuransi atau uang pertanggungan bukan hanya diberikan kepada ahli waris, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk hibah, seperti disuambangkan untuk dana pembangunan mesjid, gereja, sekolah dan lainnya. Tentunya sebagai pemegang polis asuransi syariah akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang berlipat ganda, mulai dari melindungi aset dan berbuat kebaikan. Sehingga berkah dunia akhirat. Alhamdulillah.

Perlindungan maksimal dengan asuransi syariah bisa menjadi pilihan tepat yang menginginkan dana dikelola dengan transparan. Salah satu produk asuransi yang bisa menjadi pilihan adalah Allisya Protection Plus dari Allianz. 

Bahagia di massa depan dengan Allisya Protection Plus 


Allianz yang berdiri sejak tahun 1890 di Jerman merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar yang berada di banyak tempat di dunia, yang bergerak di bidang layanan asuransi dan manajemen aset. Saat ini Allianz sudah beroperasi di 70 negara dan melayanai lebih dari 76 juta nasabah di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Allianz hadir sejak tahun 1981 dan tahun 1989 PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia resmi beroperasi dan memberikan pelayanan di bidang asuransi umum. Dan di tahun 1996, Allianz melengkapi pelayanan asuransi di Indonesia dengan mendiriakan PT. Allianz Life Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun.

Melihat perkembangan asuransi syariah di Indonesia yang semakin meningkat, pada tahun 2006 kedua perusahaan Allianz memulai bisnis asuransi syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk asuransi syariah dari Allianz ada Allianz Tasbih, Allisya Maxi Fund Plus dan Allisya Protection Plus yang memberikan perlindungan maksimal. Allisya Protection Plus disebut juga Tapro Allisya atau Tapro Syariah yang merupakan sebuah program asuransi jiwa yang dipadukan dengan investasi berbasis syariah. Dan menjadi produk dasar yang dapat digunakan untuk pendidikan, tabungan, dana pensiun atau kombinasi dari berbagai kebutuhan dan memberikan perlindungan jiwa yang pasti dan maksimal sampai maksimum 100 tahun. Dimana besarnya santunan asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga perlindungan maksimal dapat diberikan kepada keluarga tercinta sekaligus investasi jangkan panjang yang menarik.

Memiliki asuransi jiwa dan investasi dengan perlindungan amanah dari Allisya Protection Plus bisa menjadi pilihan. Apalagi kalau memiliki perencanaan keuangan seperti saya, yakni untuk pensiun hingga pendidikan, tentunya butuh produk asuransi syariah dari Allianz, sehingga bisa menjadi solusi untuk jangka panjang. Ada 3 manfaat yang diberikan, ketika kita sudah menentukan pilihan pada produk asuransi syariah Allisya Protection Plus, mulai dari:

  • Manfaat investasi: Saldo nilai investasi yang ada pada polis akan dibayarkan dalam hal melakukan penarikan sebagian atau keseluruhan atas polis ini. Atau polis kita batal, di mana masih ada nilai invesyasi.
  • Manfaat meninggal dunia (perlindungan jiwa): Dengan manfaat ini, apabila dalam masa asuransi pihak yang diasuransikan meninggal dunia, maka kami akan membayarkan manfaat meninggal dunia, maka perusahaan asuransi akan membayarkan manfaat meninggal dunia ditambah dengan seluruh saldo nilai investasi yang ada pada polis ini yang dihitung berdasarkan harga beli unit pada saat klaim disetujui.
  • Manfaat akhir kontrak: Apabila pihak yang diasuransikan hidup sampai akhir masa asuransi, maka perusahaan asuransi akan membayar manfaat akhir kontrak berupa seluruh saldo nilai investassi pada tanggal berakhirnya masa asuransi apabila ada. 
Produk asuransi syariah Allisya Protection Plus adalah produk asuransi jangka panjang, dengan pembayaran kontribusi yang berkelanjutan akan mencegah kemungkinan tidak cukupnya nilai unit untuk membayar iuran Tabarru. Adapun cara pengelolaan dana Allisya ini meliputi:
  • Seluruh atau sebagian dana premi yang disetorkan akan dialokasikan dan dihitung ke dalam unit dengan menggunakan harga unit yang berlaku saat itu.
  • Nilai investasi diperoleh dari saldo unit dikurangi biaya-biaya.
  • Harga unit terdiri dari harga jual unit dan harga beli unit yang selisihnya 5%.
  • Harga unit dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung kinerja investasi dari fund manager dan kondisi pasar.
  • Harga unit dihitung secara harian dan diumumkan setiap hari di harian Bisnis Indonesia.
Memiliki asuransi syariah benar-benar bisa menjadi pilihan tepat untuk siapapun yang memiliki perencanaan keuangan dan membutuhkan proteksi yang maksimal dan amanah. Karena produk Allisya Protection Plus dari Allianz memiliki 8 keunggulan, yakni:
  1. Bebas memilih cara pembayaran secara bulanan, kuartalan, semester, atau tahunan.
  2. Manfaat asuransi bila terjadi musibah berupa santunan asuransi plus nilai investasi.
  3. Bebas menentukan masa pembayaran premi.
  4. Dapat menambahkan dana untuk meningkatkan investasi kapanpun bila diinginkan.
  5. Dapat melakukan penarikan dana untuk memenuhi kebutuhan financial atau dalam keadaan darurat.
  6. Dapat membuat sendiri rencana keuangan keluarga sesuai kebutuhan dan mereviewnya kapanpun diperlukan.
  7. Dapat menambahkan jenis perlindungan lainnya kapanpun dibutuhkan seperti santunan kecelakaan, peyakit kritis, cacat tetap total atau menninggal, baik itu kita atau pasangan.
  8. Dapat mengikut sertakan program ini untuk anak-anak, pasangan, saudara kandung dan keluarga lainnya.

Allisya Protection plus yang memberikan perlindungan jiwa hingga 100 tahun, juga dilengkapi dengan fasilitas Evakuasi Medis Darurat. Serta asuransi tambahan (rider) yang sangat lengkap, mulai dari proteksi kecelakaan, cacat tetap total, penyakit kritis, rawat inap cashless, santunan rawat inap reimburse dan bebas premi. Untuk cacat tetap total, dapat diambil secara terpisah dari manfaat meninggal dunia, sehingga manfaat ini tidak akan membuat polis tutup. Allisya Protection plus ini juga memberikan manfaat tambahan perlindungan 100 kondisi kritis sejak tahap awal penyakit hingga usia 100 tahun, dan klain tanpa mengurangi UP jiwa.

Dengan Allisya Protection Plus ini juga sudah ada alokasi investasinya dari premi berkala sejak tahun pertama. Pemegang polis akan tenang dengan memiliki asuransi Allisya Protection Plus, karena investasinya ditempat yang halal dan bersih. Tidak ada tuh investasi di miras maupun rokok. Nantinya nih, hasil dari investasi bisa digunakan untuk berbagai keperluaan di masa depan seperti yang selalu saya rencanakan. Mulai dari pendidikan anak, pensiun bahagia di hari tua, perjalanan ibadah baik itu umraah maupun haji, dana darurat, hingga rekreasi.

Banyak manfaat dan keunggulan yang bisa dirasakan dengan produk asuransi syariah dari Allsya Protection Plus, membuat perlindungan semakin maksimal dan berkah. Produk asuransi syariah ini bisa membuat kita menjadi tenang dalam merencanakan keuangan untuk keluarga dan selalu bahagia di masa depan.

 
Sebagai manusia, selain pentingnya menjaga pola makan maupun gaya hidup, penting juga menjaga kesehatan dan kebugaran. Termasuk pentingnya memiliki asuransi untuk kehidupan. Salah satunya untuk melindungi kita dari segala risiko yang tidak diinginkan. Baik itu kecelakaan maupun kematian, dan musibah lainnya yang tidak akan pernah kita ketahui kapan dan dimana kejadiannya. Karena semuanya ada di tangan Allah SWT. Maka dari itu, mumpung usia masih muda, tentu ingin melihat anak-anak tumbuh dewasa dan sukses, serta berkumpul sampai akhir hayat, mulailah mengubah gaya hidup dengan selalu mejaga asupan makanan, jaga kondisi dan kesehatan, serta jangan lupa untuk memiliki asuransi.

Dan jangan lupa buatlah perencanaan keuangan yang tepat, dan tetaplah konsisten, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik. Bahkan, dengan membuat perencanaan keuangan, saya juga bisa mewujudkan mimpi untuk menjalankan ibadah ke tanah suci seperti umroh. Pastinya semua umat muslim ingin menjalankan ibadah umroh dan haji. Maka dari itu, harus semakin semangat dalam menabung.

Bicara tentang umrah dan meningkatkan kesadaran akan perlindungan yang berbasis syariah, Allianz menghadirkan program kampanye bagi orang-orang yang menginspirasi di sekitar untuk diikutsertakan umroh gratis pada program Kado Umroh Allianz. Program Kado Umrah merupakan program dimana peserta/partisipan dapat meferensikan mereka yang kurang mampu untuk mendapatkan #KadoUmrohAllianz.

Kado umroh ini merupakan paket ibadah umroh yang di dalamnya termasuk akomodasi, transportasi dan uang saku. Akan ada 25 kado umroh untuk penerima kado yang kisahnya terpilih sesuai tahapan seleksi dari Allianz dan 2 paket umroh untuk pencerita terbaik. Dan saat ini sedang diadakan voting untuk cerita-cerita yang menginspirasi. Bahkan para voters memiliki kesempatan untuk mendapatakan e-voucher dan smartphone.



Ingin bahagia di masa depan, mulailah dengan melakukan perencanaan keuangan dan lakukan setiap langkah yang sudah dibuat untuk mewujudkannya. Dan jangan lupa untuk selalu memproteksi diri dan keluarga, supaya rencana-rencana indah yang sudah dibuat bisa berjalan dengan baik. Memilih proteksi diri sangat penting, dan asuransi syariah menjadi pilihan tepat. Dengan Allisya Protection Plus dapatkan perlindungan maksimal dan amanah untuk bahagia di masa depan.

Informasi selengkapnya tentang produk asuransi syariah Allisya Protection Plus:
  • Website: www.allianz.co.id
  • Instagram: @allianzindonesia
  • Twitter: @AllianzID


Informasi tentang asuransi syariah dan Allisya Protection Plus dari beberapa sumber:
  • https://jurnal.allianz.co.id/detail-jurnal/Indahnya-Tolong-Menolong-Dalam-Asuransi-Syariah-4212
  • https://jurnal.allianz.co.id/detail-jurnal/Berasuransi-Sekaligus-Berbagi-dengan-Asuransi-Syariah-196
  • https://artikel.allianz.co.id/floriastutyrumengan/detail-article/Profil-Allianz-4130
  • https://myallisya.com/produk/allisya-protection-plus-premi-berkala/

50 komentar

  1. wah selama ini saya salah. Pos tabungan dari sisa :(

    BalasHapus
  2. Tambahan referensi lagi nih. Kebetulan asuransi saya uda ada yang mau habis. Thanks mbaa

    BalasHapus
  3. Hahaha jadi malu ternyata salah ya tabungan dari sisa pendapatan. Makssih ceu sharingnya

    BalasHapus
  4. Benar mba, di saat kita sudah berkeluarga kita perlu asuransi jiwa. Kasihan anak dan istri saat terkena musibah

    BalasHapus
  5. "Yang paling penting dari perencanaan keuangan ini adalah adanya komunikasi dengan pasangan, supaya sama-sama bisa mengatur uang dengan sebaik mungkin" nah ini setuju banget deh, kalau masa tua ingin hidup lebih bahagia, mulai dari sekarang keuangan harus diatur bersama dan terencana... makasih mbak pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba rumi, iya komunikasi penting loh

      Ayo semangat terus mba Anesa

      Hapus
  6. Perencanaan keuangan itu memang penting banget ya mbak, apalagi kita gak tau umurkan jadi memang harus melakukan perlindungan terhadapa diri sendiri dan keluarga. Asuransi ternyata memang sangat penting ya.

    BalasHapus
  7. Financial plan itu penting, apalagi buat yang sudah berkeluarga, karena ini menyangkut kehidupan anggota keluarga kita. Biar aman dan nyaman gitu masa depannya. dan masih traveling sering2 hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah cakep, pengen travelling harus membuat financial plan

      Hapus
  8. Sempat nih ikut asuransi, sayangnya karena perencanaan keuangannya kurang tepat jadi keteteran deh bayar preminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah harus konsisten dan diatur keuangannya dengan baik lagi

      Hapus
  9. Sekarang makin banyak ya asuransi syariah yang bisa jadi pilihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba semakin banyak, Allisya Protection plus ini juga bisa jadi pilihan

      Hapus
  10. Tentukan tujuan keuangan, lalu rencanakan dengan baik yah

    BalasHapus
  11. Aku masih punya PR bikin dana darurat di komponen yang mudah dicairkan
    Untuk asuransi syukurlah sudah ada.

    BalasHapus
  12. Ah penting banget emang merencanakan keuangan demi masa depan mendatang, aku jadi jadi ingin ikut asuransi setelah baca artikel ini karena banyak manfaatnya. Makasih ceu

    BalasHapus
  13. dari awal lihat Allisya, aku suka namanya, ternyata dari Allianz yaa :)

    BalasHapus
  14. sebagai emak zaman now memang harus melek literasi keuangan. aku sudah mulai buka rekening lain nih buat tabungan anak-anak. semoga bisa buka polis asuransi juga nantinya.

    BalasHapus
  15. Perencanaan keuangan emang kudu banget sih buat jaga-jaga masa depan anak-anak dan keluarga. Btw nama asuransinya bagus ya Allisya.

    BalasHapus
  16. asuransi syariah bikin hati tentram :)

    BalasHapus
  17. jadi pe'er nih emang mengatur keuangan.. baru menata pelan-pelan dan baru sadar pentingnya asuransi

    BalasHapus
  18. Saya yg termasuk dr org yg belum melek asuransi nih teh. Apalagi baru tau ada asuransi syariah dr allianz..jadi makin penasaran dan pengen tahu.thank ulasannya teh.

    BalasHapus
  19. Buat freelance kalo nggak mengatur keuangan secara tepat bisa penghasilan habis ditanggal 5

    BalasHapus
  20. mbak, buat kebutuhan sehari-sehari seperti Sampo dan sabun apa masuk ke lifestyle? seperti contoh di atas sampo masuknya lifestyle.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah masuknya itu mba, soalnya jarang nongkrong, atau nonton hehe. Sebenernya itu bisa masuk ke biaya hidup, tapi ga rutin aku beli bulanan.

      Hapus
  21. Foto terakhir sweet banget mba hihi :)

    BalasHapus
  22. Pengaturan keuangan yang baik akan berdampak positif saat kita memasuki usia pensiun

    BalasHapus
  23. Kudu tetapin hati nih untuk nabung dulu, baru sisanya untuk belanja yaa..hehehe Selama ini kebalikannya.

    BalasHapus
  24. Wah, ternyata Allianz juga sudah punya produk asuransi syariah ya. Tidak kalah dari perusahaan-perusahaan asuransi lain.

    Ngomong-ngomong, berapa tarif premi bulanannya Allianz Protection Plus ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang 300 ribu/bulan mba.
      Iya ini udah lama ada produk syariahnya

      Hapus
  25. Kalau aku udah mulai belajar nih unuk pos2an keuangan sesuai kebutuha. Agar jadi lebih baik lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.