Cara Sederhana Ibu Muda Lakukan Penghematan Energi di Rumah



Melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil, akan memberikan dampak luar biasa untuk kehidupan supaya menjadi lebih baik. Seperti buang sampah pada tempatnya, memilah sampah rumah tangga, hingga bijak berplastik untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan. Untuk selamatkan bumi, selain menjaga lingkungan, alangkah baiknya untuk tidak boros dalam menggunakan listrik. Supaya masa depan bumi menjadi lebih baik.

Sebagai ibu muda yang mengatur keuangan rumah tangga, saya harus mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Mengelola keuangan bisa dimulai dengan membuat beberapa pos, seperti pos zakat, cicilan, tabungan, investasi, gaya hidup dan biaya hidup (termasuk bayar listrik, air dan asuransi). Senang rasanya hemat uang, karena bisa konsisten menabung.

Hemat uang sudah bisa, bagaimana dengan hemat energi di rumah?


Hemat uang saja belum cukup, kalau bayar listrik masih membengkak. Seperti 4 bulan lalu, saya bayar listrik hingga delapan ratus ribu. Dengan daya listrik 1300 Volt Ampere (VA), biasanya saya bayar empat ratus ribu hingga lima ratus ribu. Saya tidak mau boros listrik, dan bayar bulanan menjadi besar, karena itu sama saja bakal mengurangi pos tabungan dan investasi. Sebagai ibu muda saatnya ikut beraksi untuk melakukan perubahan, terutama dalam penghematan energi. Adapun cara sederhana saya hemat energi di rumah, yakni:

1. Cari tahu penyebab pemborosan listrik. Kaget lihat tagihan listrik, padahal barang di rumah biasa aja, ada televisi hingga AC (Air Conditioner). Beberapa bulan lalu cuaca panas sekali, jadi kalau ada di rumah, menyalakan AC bisa seharian. Solusi yang saya lakukan:
  • Mengatur jadwal penggunaan AC. Cukup nyalakan AC jam 23:00, dan matikan jam 04:00 WIB.
  • Lakukan service AC rutin, idealnya 3 bulan sekali. Karena AC yang jarang dibersihkan, pasti kotor. Itu akan membuat kerja mesin menjadi berat. Sehingga daya listrik cepat, maka dari itu jadi boros.
2. Mengubah gaya hidup dengan cara:

  • Matikan lampu saat tidak dibutuhkan, terutama saat tidur. Nyalakan lampu sebaiknya jam 6 sore.
  • Charge ponsel saat pagi hari.
  • Nyalakan mesin air satu hari sekali, yang penting kebutuhan air sudah mencukupi.
  • Cuci baju 2 hari sekali, supaya hemat air dan listrik. Serta cuci baju secara manual dan kurangi penggering pakaian.
  • Setrika baju satu minggu sekali. Setrika baju yang penting saja untuk kerja dan sisanya langsung dilipat.
  • Cabut barang elektronik yang sudah tidak digunakan, terutama saat meninggalkan rumah, dan usahakan memilih barang elektronik yang wattnya rendah.


3. Menggunakan lampu LED di rumah. Karena lampu LED bisa hemat energi hingga 89% dan lebih ramah lingkungan, yakni bebas UV dan tidak mengandung mercury. Apalagi produk lampu yang saya gunakan sudah berteknologi Interlaced Optics, membuat nyaman dan wattnya rendah. Lampu LED juga lebih tahan lama, dan masa pakainya bisa mencapai 20.000 jam.


Konsisten melakukan cara sederhana di atas, tagihan listrik bisa turun hingga membayar 461.256 rupiah. Sehingga sisa biaya listrik langsung saya tabung. Hemat listrik bisa menjadi gaya hidup dan memberikan kesadaran kepada kita untuk lebih peduli. Karena di pelosok masih banyak yang belum merasakan listrik. Kalau suatu daerah sudah mendapatkan penerangan, bisa berdampak pada aspek sosial dan ekonomi, misal mengembangkan usaha. Ingin semakin hemat?  Saatnya beraksi dengan beralih ke energi terbarukan yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan, seperti energi tenaga surya, tenaga angin, arus air hingga panas bumi.

Jadi ingat dengan anak muda yakni Gamma Thohir yang membuat proyek di bidang energi, dengan menghadirkan Micro Hydro untuk Kasepuhan Ciptagelar. Micro Hydro merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia. Micro Hydro menggunakan arus air di desa yang turun ke lembah dari perbukitan dan menghasilkan debit air yang dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin. Micro Hydro memiliki 3 komponen utama, mulai dari air yang menjadi sumber energi, turbin dan generator.  Sekarang ini Micro Hydro telah mampu memberikan manfaat luar biasa untuk Kasepuhan Ciptagelar.

Energi terbarukan untuk rumah tangga apa ya?

Sumber Canva
Saat mengikuti workshop “Saatnya Energi Muda Beraksi” bersama Coaction Indonesia, saya jadi mulai memahami tentang energi terbarukan. Sumber energi tenaga surya bisa menjadi pilihan untuk rumah tangga. Biarpun biaya instalasi tenaga surya pasti membutuhkan dana yang lebih besar, bisa sampai 15 juta rupiah. Tapi tentunya bisa lebih hemat kedepannya. Energi ini bisa menjadi pendamping penggunaan listrik PLN di rumah, apalagi kalau sering ada pemadaman. Beralih ke energi terbarukan, bisa menjadi pilihan, untuk jadikan hidup lebih baik dan hemat energi. Mari selamatkan bumi dengan hemat energi.

27 komentar

  1. Cas hape saat pagi hari, itu punya tujuan apa ya? kalau lampu LED, hampir semua kamarku menggunakan lampu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya cas hape bisa 3 belum termasuk power bank. Jadi lebih memilih di pagi hari, saat tidak banyak pemakaian. Karena lampu sudah dimatikan. Magic com di cabut.

      Hapus
  2. Di rumah udah pakai LED dan, iya, hemat banget.

    BalasHapus
  3. Hemat energi mulai dari diri sendiri, mantap Lis :D
    Oh ya, Magic com itu nyedot listrik gak ya Lis? Aku kalau pakai rice cooker gak pernah standby nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, semua harus dimulai dari diri sendiri. Magic Com kalau terus dicolokin nyedot listrik juga. KAlau habis masak, biasanya aku cabut. Karena keluarga juga sukanya nasi dingin.

      Hapus
  4. Rumahku udah LED semua dan gak pakek AC Mbak, jadi mayan ringan kalau urusan listrik. Tapi ya tetep aja kudu belajar lebih efisien dan mencari alternatif yang lain. Buat njagani

    BalasHapus
  5. Lampu dan charge hp yang masih belum bisa hemat.Masih suka lupa matikan untuk lampu kamar,charge hp juga masih sesukanya. Semoga setelah ini aku juga bisa lebih hemat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kebiasaan kecil seperti mematikan listrik itu justru membawa dampak luar biasa ya. Ayo semangat berhemat mba

      Hapus
  6. Aku tertarik membaca tentang listrik terbarukan, Mbak Lis. Menggunakan panel surya ini tentu sangat membantu daerah-daerah pelosok ya. Cuma saja kalau tidak ada matahari, misalnya mendung dan hujan, apakah panel surya ini tetap menghasilkan listrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sangat membantu banget, aku jadi senang membaca energi terbarukan ini, apalagi panel surya dan biogas.

      Hapus
  7. Bener juga ya, boleh dicoba ah cara menghemat listriknya....

    Sama cas hape mending pagi" biar tau juga Klo udh penuh, Klo malam suka ketiduran bikin baterai cepet drop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas, kalau misalnya malam, suka bablaskan. Nah kalau pagi selain semua lampu sudah mati, jadi ketahuan juga kalau sudah penuh

      Hapus
  8. Tagihan listrikku untuk ukuran rumah yg kecil gede banget mba Lis, bisa sampe sejuta karena itu AC kotor lama gak dibersihin, juga boros mesin cuci dan setrikaan

    Kalau di Jepang kl ga salah sudah mulai di atap rumah masyarakatnya pasang panel Surya, nah kontribusinya pasang panel Surya ini bisa dibayar pemerintahnya, kalau gak lupa sih ceritanya begitu dari dosenku dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sudah pernah dengar itu juga. Di Jepang sudah pake panel surya ya. Iya mba AC kotor itu memang harus dibersihkan. Idealnya 3 bulan sekali.

      Hapus
  9. Energi terbaru kan memang menjadi solusi terbaik saat ini dimana SDA yang tidak dapat diperbaharui mulai kurang

    BalasHapus
  10. Charge Hp dalam keadaan mati juga ngaruh nggak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarpun hape mati, kan itu ada aliran listrik untuk mengisi daya, tetap saja akan nyedot listrik.

      Hapus
  11. Langkahnya sederhana, tapi butuh tekad yang sangat kuat supaya bisa konsisten..Untuk pemakaian plastik, saya masih harus berusaha lebih keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbe, untuk plasstik memang harus konsisten ke diri sendiri juga ya

      Hapus
  12. Wah..iya ya..jadi hemat bayar listriknya. Musti aku coba juga nih tipsnya di rumah, biar lebih banyak dana yang dialihkan ke tabungan. Hemat energi ngaruh bener pada kualitas hidup yang lebih baik lagi...

    BalasHapus
  13. Setuju kalau gak dibutuhkan matikan litrik, cabut colokan.
    Ooo lampu LED ternyata lebih bisa menghemat energi ya? Noted2 TFS

    BalasHapus
  14. Saya baru aja melakukan penghematan listrik dengan cara mencabut colokan televisi. Tapi kalau tidur sering lupa untuk mematikan lampu.

    BalasHapus
  15. Hal yang paling sering saya lupakan adalah mencabut charger hp setelah selesai digunakan. Semoga saya bis alebih disiplin lagi

    BalasHapus
  16. Wah tipsnya oke nih Mba..sekarang lampu memang sudah hampir semua pke LED biar hemat ya.. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.