Investasi di KoinWorks Dengan Modal 100 Ribu Rupiah


[Keuangan] Investasi di KoinWorks dengan modal 100 ribu rupiah. Yang namanya investasi selalu banyak manfaatnya untuk masa depan. Semenjak memutuskan hidup hemat dan bijak dalam menggunakan uang, membuat saya semakin berpikir untuk masa depan. Setiap kali ada barang bagus, pasti ingin di beli, tapi ingat lagi ada prioritas utama, yakni masa depan anak-anak. Selain menabung, investasi juga penting. Bahkan dengan modal 100 ribu rupiah, sudah bisa berinvestasi.

Tujuan keuangan untuk masa depan anak

Setip orang pasti memiliki tujuan keuangan, termasuk saya sendiri. Jangan pernah menyepelekan tujuan keuangan, karena kalau tidak punya tujuan, malah akan membuat kita kesulitan mengatur uang dan membeli semua keinginan. Itu sih yang saya rasakan selama ini. Maka dari itu, biasanya saya selalu membuat tujuan keuangan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, seperti:
  • Tujuan keuangan jangka pendek: Kebutuhan puasa dan lebaran, kebutuhan ajaran baru, dan uang masuk Sekolah Dasar.
  • Tujuan keuangan jangka panjang: Dana pendidikan anak, ibadah haji, punya rumah dan membeli mobil baru.
Banyak banget ya tujuan keuangannya, tapi itulah yang bikin saya semangat. Untuk tujuan jangka pendek, tentu saja karena sebentar lagi sudah masuk ajaran baru dan masuk bulan puasa. Untungnya untuk jangka pendek ini, sudah saya tabung dari tahun lalu dari bonus yang saya dapatkan. Untuk mencapai jangka panjang bagaimana? Tentu saja mengatur keuangan dengan bijak untuk mewujudkan tujuan keuangan.

Ilustrasi mengatur uang (dokumen pribadi)
Kalau ditanya, apa yang membuat saya bahagia menjadi ibu rumah tangga? Selain bahagia mengurus anak-anak, saya sangat suka mengatur keuangan. Kalau mengatur keuangan usaha bisa, masa mengatur uang sendiri ga bisa. Kan lucu. Semenjak suka ikutan workshop Ibu Berbagi Bijak, sebagai ibu saya semangat semangat bijak dalam menggunakan uang, dan bisa mengontrol diri supaya lebih hemat. Sehingga apapun yang diinginkan bisa terwujud. Ada beberapa hal yang saya lakukan dalam mengatur keuangan, seperti:
  1. Membuat alokasi dana bulanan. Setiap kali gajian, uang pasti dialokasikan ke beberapa kebutuhan. Dengan alokasi ideal mulai dari 5% untuk zakat sedekah, dana darurat sebesar 10% yang berbentuk kas, biaya hidup 30%, cicilan pinjaman 30%, investasi sebesar 15% dan gaya hidup 10%. Karena tidak ada pinjaman, 30% cicilan pinjaman saya masukkan ke dalam tabungan anak.
  2. Membuat cash flow. Biasakan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Supaya tahu uang dibelanjakan untuk apa saja.
  3. Memiliki rekening lebih dari 2. Ini yang selalu saya lakukan sejak dulu, membiasakan tabungan lebih dari 1. Mana tabungan yang isinya kebutuhan sehari-hari dan bayaran bulanan. Dan mana buat tabungan anak dan hari tua.
  4. Bijak dalam berhutang. Pastikan untuk mengikuti penghasilan yang kita miliki, sebelum berhutang. 
  5. Punya asuransi untuk perlindungan diri supaya tujuan keuangan bisa terwujud. Dan investasi untuk bisa mewujudkan tujuan keuangan.

Investasi P2P (Peer-to-peer) Lending

Ilustrasi investasi (photo by Canva)
Untuk mewujudkan tujuan keuangan, bukan saja menabung, saya sendiri memilih berinvestasi. Maklumlah ya, dana pendidikan anak setiap tahunnya terus naik, apalagi masuk perguruan tinggi. Saya ingin anak-anak bisa mewujudkan cita-cita di sekolah favoritnya. Apalagi kalau punya keinginan untuk bangun rumah dan ibadah haji, tentu harus semangat lagi menabung dan investasi. Dalam tujuan keuangan, tentu saja harus ada prioritas juga. Sama halnya dengan saya, Punya prioritas utama yakni dana pendidikan anak di masa depan. Biarpun begitu, saya memiliki keinginan untuk bisa mewujudkan semua tujuan keuangan. 

Namanya ibu rumah tangga, kalau bahas keuangan harus melek nih. Iya melek literasi keuangan. Semenjak memiliki anak, semakin kencengin ikat pinggang  Untuk mewujudkan tujuan keuangan, tidak bisa hanya memilih satu jenis investasi saja, misal deposito, tapi bisa investasi lainnya, seperti saham dan emas. Ada beragam investasi yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari surat berharga (depositoo, obligasi, saham dan reksa dana), properti, logam mulia, hingga usaha/bisnis yang dikelola. Memilih investasi pun harus hati-hati, kenapa? Karena banyak kasus investasi bodong yang bisa membuat rugi besar. Apa yang harus dilakukan? Dalam workshop Ibu Berbagi Bijak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

Ingat jangan tergiur investasi imbal hasil besar dan cepat (dokumen pribadi)
  • Jangan tergiur imbal hasil besar dan pasti. Semua investasi pasti ada risiko dan hasilnya tidak dapat dijamin.
  • Periksa legalitas dan ijin perusahaan yang menawarkan Otoritas Jasa Keuangan.
  • Skema investasi harus jelas, darimana potensi keuntungan di peroleh?
  • Hati-hati dengan money game, arisan berantai, tawaran investasi kebun ABC dan lainnya.
Sudah siap berinvestasi? Tentu sudah siap ya. Dan siap mewujudkan tujuan keuangan untuk masa depan yang lebih baik. Siap tidak tergiur dengan hasil besar, karena semua hal itu butuh proses. Tidak ada yang instan, termasuk dalam berinvestasi. Sekarang ini, untuk bisa mewujudkan tujuan keuangan, sudah banyak pilihan investasi, salah satunya P2P (peer to peer) Lending. Apa itu?

P2P (Peer to Peer) Lending adalah penyelenggara layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman (investor) dengan penerima pinjaman (borrower). Peraturan soal P2P diatur dalam peraturan OJK (POJK). Nantinya nih investor bakalan menerima pengembalian pokok pinjaman dan bunganya, kan lumayan tuh buat tambahan cash flow juga.


Jadi ketika kita memutuskan untuk investasi di P2P Lending, kita bisa membantu UKM berkembang dengan dukungan modal usaha yang murah terjangkau. Karena dana yang kita investasikan akan dipinjam dan digunakan untuk kebutuhan konstruktif (bukan konsumtif) seperti pinjaman bisnis, pendidikan, hingga kesehatan. Kita sebagai masyarakat bisa menjadi investor dan membantu pengembangan usaha, yang nantinya mendapatkan hasil juga. Dan ini bisa menjadi investasi alternatif dan sumber pendapatan tambahan bagi pendana/investor. Dimana P2P Lending sudah mendapat dukungan juga dari OJK dan BI demi meningkatkan inklusi keuangan. Kenapa ya harus investasi di P2P Lending?
  • Bukan judi/investasi bodong.
  • Kendali dan pengelolaan secara penuh.
  • Bebas dari tingkat suku bunga pasar.
  • Investasi alternatif bagi semua kalangan.
  • Imbal hasil yang stabil.
Apakah ada risiko ivestasi di P2P Lending? Tentu saja ada. Setiap investasi itu ada risikonya. Seperti tidak bisa menarik dana sebelum jatuh tempo, perido pendanaan cenderung lama, risiko kredit macet/gagal bayar oleh peminjam dan tidak ada Lembaga Penjamin Simpanan. Terus gimana ya kalau ingin investasi di Ingin memulai investasi P2P Lending? Buat para investor yang memiliki modal kecil, bisa investasi di KoinWorks Pioner P2P Lending di Indonesia.

Dengan 100 ribu rupiah bisa investasi di KoinWorks

Dengan 100 ribu bisa investasi (photo dokumen pribadi)
Sekarang kalau punya modal sedikit, tapi ingin belajar investasi, bisa memilih KoinWorks yang merupakan P2P Lending yang berperan sebagai penghubung antara masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan. KoinWorks menyediakan sebuah platform, agar seluruh kegiatan pijam meminjamkan uang dapat terjadi sepenuhnya secara online dan mudah dijangkau siapapun. Untuk para investor (pemberi dana), KoinWorks ini bisa menjadi alternatif investasi yang berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang. Serta menjadi cara cerdas menabung di era modern untuk mencapai tujuan keuangan.

Selain itu KoinWorks juga bermitra dengan online marketplace di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, BerryBenka, DOKU, hingga Sirclo. Dan KoinWorks tentu saja menjamin bahwa peminjam bisnis memiliki penjualan dan performa bisnis yang baik sehingga mampu membayar cicilan bulanannya, sehingga aman bagi pendana. Selain itu, KoinWorks juga bermitra dengan institusi pendidikan bereputasi di Indonesia, Serta bermitra dengan Klinik Mata Nusantara dan Rumah Sakit Premier Bintaro.

Investasi di KoinWorks tentu bisa dijamin, karena sebelum uang kita dipinjamkan ke borrower, ada peilaian kelayakan kredit. Dimana KoinWorks menerapkan sistem penilaian kelayakan kredit yang ketat oleh tim ahli berpengalaman sekaligus menggunakan algoritma machine learning yang inovatif. Dengan tolak ukur penilaian, mulai dari riwayat dan laporan keuangan, keuangan terkini, hingga reputasi pribadi. Nantikan borrower akan wawancara lewat telepon, pemeriksaan lewat mitra dan kunjungan lapangan Jadi, tidak sembarangan juga memindamkan dana yang merupaka uang kita.


Terus, kenapa harus KoinWorks? 

Karena di KoinWorks sudah ada 110.000+ pendana aktif yang tergabung, dengan 21,32% pertahun rata-rata pendapatan kotor tahunan tahun 2017 di luar pajak. Dan dengan minimal uang 100 ribu rupiah sudah bisa investasi di KoinWorks. Bayangin saja 100 ribu loh sudah bisa invetasi, asyik bangetkan. Ada beberapa alasan untuk investasi di KoinWorks, yakni:
  • Mulai dari 100 ribu, sapapun bisa memulai mendanai/invetasi.
  • Bunga tinggi, mulai dari 21,32% bunga efektif per tahun.
  • Aman dan terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Memiliki dana proteksi, dimana bila peminjam pailit/gagal bayar, dana yang dipinjamkan akan diganti rugi hingga 100%. 
  • Belajar fundamental investasi, diversifikasi, serta efek compounding.
  • Mudah, cepat dan sangat fleksibel.
  • Tujuan pendanaan yang bersifat sosial.
  • Fitur RoboLending dan Auto Purchase, berinvestasi secara otomatis dan mendapatkan bunga keuntungan yang tinggi.
  • Cara menabung dengan cerdas di era modern, mulai dari nominal kecil, dengan keuntungan tinggi dan berkelanjutan serta bisa investai on-the-go.
Adapun cara kerja KoinWorks, mulai dari setiap pendana berhak menentukan sendiri kepada siapa hendak mengalokasikan dananya ke produk mana pun tanpa intervensi siapapun mulai dari 100.000. Bahan pendana dapat menganaisa factsheet peminjam yang telah disediakan (seperti prospektus pada Reksa Dana) dan pendana juga bisa memilih pinjaman berdasarkan grade/tingkat keuntungan dan risiko, tenor, tujuan peminjaman dan metode pengendalian pinjaman. Dengan investasi di KoinWorks, mendanai jadi semudah berbelanja online. Di KoinWorks kita juga akan mengenal apa itu yang namanya KOIN. Dimana Koin ini merupakan dana di platform KoinWorks yang diberikan kepada pendana lewat promo atau program tertentu dan dapat digunakan untuk mendanai pinjaman.

Gimana cara memulai investasi di KoinWorks? Ada beberapa cara mudah investasi di KoinWorks, yakni mulai dari:


1. Lakukan pendaftaran sebagai investor di www.koinworks.com.
2. Isi data pribadi untuk mulai investasi. Dengan mengisi data seperti email, password, nomor ponsel, kode promo (jika ada ya), nama, tanggal lahir, pekerjaan, kewarganegaraan, alamat, kode pos, kota, dan provinsi.
3. Setelah itu scan KTP untuk memastikan data investor.
4. Sebelum klik SETUJU, pastikan untuk membaca ketentuan layanan.


5. KoinWorks akan melakukan verifikasi email dan nomor telepon, lalu masukan kode verifikasi yang dikirim via sms. 
6. Setelah selesai, nantinya akan ada notifikasi email, bahwa akun telah aktif.

Mudahkan ya melakukan pendaftaran. Buat investor yang baru mulai mendaftar, bisa loh gunakan kode KOINWORKS150, dan bakalan dapat KOIN sebesar 150.000. Lumayan bangetkan itu. Ada beberapa keuntungan yang akan dirasakan dengan investasi di KoinWorks, yakni:
  1. Bisa mewujudkan tujuan keuangan yang sudah dibuat.
  2. Membantu pengusaha / UKM dalam meningkatkan usahanya.
  3. Kemudahan berinvestasi dengan modal minimal 100 ribu rupiah.
Saatnya memulai investasi untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa depan. Dan mari bijak mengelola keuangan, supaya keuangan keluarga semakin sehat dan sejahtera. Menabung saja tidak cukup, mulailah berinvestasi untuk masa depan keluarga. Pilihan investasi banyak, salah satunya investasi di KoinWorks dengan modal 100 ribu rupiah.

54 komentar

  1. Investasi tuh sebenernya intinya mulai aja dulu.
    Kalau belum mulai kerasanya kaya ngawang-ngawang, tapi kalau udah mulai baru kerasa nyata dan manfaatnya.

    Aku udah daftar juga di Koin Works. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, yuuk ah kita semangat berinvestasi buat manfaatnya di masa depan

      Hapus
  2. KoinWorks, ya, saya juga baru aja coba-coba investasi di sini, Mbak. Sebelum kenal KoinWorks saya gak berani invest model Peer 2 Peer Lending, tapi karena KoinWorks punya Dana Proteksi, berani deh😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba adanya dana proteksi membuat kita nyaman buat investasi ya

      Hapus
  3. Menarik ya koinworks ini buat pemula yang belajar investasi sambil coba alternatif investasi lain

    BalasHapus
  4. Wah baru tau ada Koin Works ini, dan sudah mengikuti aturan OJK juga jadi lebih aman lah ya. Mau kupelajari juga deh buat investasi masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bisa dipelajari dan mulai ivestasi di KoinWorks

      Hapus
  5. Beberapa minggu terakhir info soal koinworks ini melintas di lini masa saya, setelah baca-baca jadi makin tertarik buat cobain investasi di sini nih. Apalagi dana yang diperlukan tidak harus besar. Nanti ngulik situsnya ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget mba, langsung klik saja mba, bisa pake kode referralku juga

      Hapus
  6. Waah makin banyak yaa investasi yg memanfaatkan fintech kayak gini
    Jd makin banyak pilihan sih
    Tp sepakat klo salah satu yg penting dilihat adalah sudah terdaftar dan dibawah pengawasan OJK belom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mba ini diawasi oleh OJK, sudah aku bahas di tulisan di atas juga.

      Hapus
  7. Aku suka nulis cashflow itu mbak. Tapi kadang ada yang suka kelewat ga dituliss, kurang konsisten gitu hheeheee. Padahal ada banyak keinginan jangka panjang yang bisa dipenuhi tapi masih perlu pembelajaran soal manajemen keuangan untuk diri sendiri.
    Soal investasi aku kira dulu tuh investasi ga bisa dengan nominal paling terendah seperti 100k. Eh ternyata ada ya investasi dg model P2P bisa invest dg uang 100k
    Boleh deh kapan2 daftar sbagai investor mbak hhee
    Terima kasih informasinya mbak πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜‡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba cashflow itu harus rajin dicatet. Di KoinWorks bisa kok investasi dengan modal 100 ribu

      Hapus
  8. Baru denger nih dan lumayan tertarik, tapi bahaya kalo terkoneksi sama ecommerce

    BalasHapus
  9. Menarik ya, ukm yg diberi pinjaman yaitu ukm yang gabung di tokopedia, bukalapak, lazada, dll ya... Jd lebih terpercaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sehingga UKM bisa mengembangkan usahanya

      Hapus
  10. Wahh jadi investasi ga perlu modal besar ya dengan 100ribu aja uda bisa. Jadi memudahkan kalo ad yang mau investasi untuk masa depan yg lebih baij

    BalasHapus
  11. Makin canggih aja yaa invenstasi zaman sekarang,btw bitcoins sama koin works ini samakah?

    BalasHapus
  12. Dari dulu maju mundur aja mau investasi. Soalnya dalam bayangan saya modalnya harus besar. Ternyata di KoinWorks 100.000 rupiah pun sudah bisa diinvestasikan yaa.. Kalau segini doang sih, kayaknya yakin yaa.. Soalnya misal rugi pun, nggak sedih-sedih amat lah.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga kok mba, investasi disini bisa dimulai dari 100 ribu

      Hapus
  13. Memang betul kita harus selektif memilih investasi ya Teh supaya gak tertipu. Udah nabung, eh uangnya dibawa lari.

    BalasHapus
  14. Aku juga baru baca-baca tentang koin work. Mennarik banget tentang investSi yang 100ribu itu

    BalasHapus
  15. Waaa baru taju soal koin works
    Bisa buat investasi ini. Seneng ya kalo ada beginian di kotamu

    BalasHapus
  16. wah mantap mbak
    inveestasi jadi lebih mudah dan bermanfaat
    akan dicoba
    terima kasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  17. Sekarang investasi gampang banget ya. Bisa lewat platform online dan modalnya nggak banyak. Aku juga mau nyoba demi masa depan.

    BalasHapus
  18. Investasi makin mudah, bahkan dg nilai yg tidak terlalu besar

    BalasHapus
  19. Aku lagi mempelajari ini ceu, menarik banget. Pengen belajar investasi.

    BalasHapus
  20. Ragam investasi zaman sekarang ini makin keren y mb
    Investasi gak harus wah, mulai dr yg mudah dulu
    Tengs infony mb

    BalasHapus
  21. Wah cakep nih investasinya, sepertinya aku mulai tertarik. Apalagi modal awalnya sangat terjangkau

    Nanti kalau aku mau tanya-tanya lebih detail, boleh ke Teh Lis yaaaaaa

    BalasHapus
  22. Fintech sekarang lagi berkembang banget ya Teh. Bahkan untuk urusan investasi pun semakin mudah. Aku jadi tergoda untuk mencari lebih banyak informasi lagi soal KoinWorks ini.

    BalasHapus
  23. Baru tahu, kalau ada investasi koinworks. Selama ini masih konvensional, menggunakan logam mulia

    BalasHapus
  24. kalau bunga untuk investor sampai 21% pertahun, jadi penasaran untuk bunga debiturnya berapa?

    BalasHapus
  25. Dalam mengelola keuangan membuat cash flow ini nih yang belum telaten saya buat. Pantes jadi suka ga tau uang teh kemana aja ya? Boro boro bisa ikut investasi simpanan buat anak aja kadang ga rutin. Bukan gak ingat kalau itu mah tapi da emang ga ada uangnya. Semua pas pasan pisan. Semoga kalau sebesar 100k mah bisa memaksakan diri nih Teh.

    BalasHapus
  26. menarik, boleh dicoba nih. investasi memang penting, terutama untuk pendidikan anak dan dana pembangunan rumah baru atau renovasi rumah berat. Kalau nyimpen di rumah biasanya gampang tergoda untuk menggunakan lebih awal.

    BalasHapus
  27. beberapa waktu lalu koinworks sempet bermasalah ya?
    Ada yang menghadapi masalah serupa?

    BalasHapus
  28. Aku mau invest juga tapi itu mengandung unsur Riba gak sih ?

    BalasHapus
  29. aku tertarik nih mba apalagi di kantor komporin mulu sama rekan kerja ayo mulai investasi :)

    BalasHapus
  30. Kalau tempat investasi yang terpercaya kek gini asik banget pastinya

    BalasHapus
  31. Seiring perkembangan teknologi segala informasi lebih mudah didapatkan termasuk soal investasi. Dan kian mudah sebab bisa langsung di proses by daring. Dan koinWorks bisa jadi pilihan bagi yg masih bingung utk berinvestasi

    BalasHapus
  32. Menarik ya, Lis. Gak butuh modal yang besar sudah bisa berinvestasi

    BalasHapus
  33. investasinya bunganya lumayan tinggi ya mbak. Tapi ngomong-ngomong, mohon maaf ada yang syariah kah mbak ...

    BalasHapus
  34. Bagus ya mbak inovasinya. Sekarang kalau mau investasi ya gak perlu punya uang yang banyak lagi.

    BalasHapus
  35. Meanrik sekali ini. Mulai dari 100ribu saja bisa xapat bunga tinggi , diawasi OJk, jika peminjam pailit maka dana yang dipinjamkan akan diganti rugi hingga 100%. 
    Investasi yang menguntungkan ini

    BalasHapus
  36. Bisa jadi alternatif investasi yaaa... Bagus niy

    BalasHapus
  37. Sudah lama dengar koin works dan ternyata baru paham apa yg dimaksud setelah mampir ke sini, pastinya aman dan tenang ya. Selain modalnya ringan, bs saling membantu dan bermanfaat utk orang lain ya. Apalagi cara pendaftaran di koin works ini juga mudah, semua serba online

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.