Uji Jaringan Di 5 Kota Indosat Ooredoo Siap Sambut Ramadhan dan Lebaran


[Teknologi] Uji jaringan di 5 kota, Indosat Ooredoo siap sambut ramadhan dan lebaran 2019. Umat muslim tinggal menghitung hari untuk menyambut bulan ramadhan. Semua harus disiapkan, mulai dari kesehatan fisik, bersihkan hati dan pikiran, serta tidak lupa saling bermaafaan, supaya ibadah selama ramadhan menjadi lebih khusyuk.

Ramadhan memang selalu dirindukan, bisa menikmati buka dan sahur bersama keluarga, hingga menikmati kegiatan islami selama bulan puasa. Tradisi ngabuburit juga selalu dirindukan. Ngabuburit juga bisa diisi dengan berbagai kegiatan, seperti mengaji, ikut kajian, memasak menu buka bersama keluarga dan membaca. Ngabuburit ala saya, biasanya selesai memasak, selain menulis, membuat konten, pasti deh saya nonton pengajian dari para ustad di Youtube. Karena ga bisa setiap hari ikut pengajian, jadi mendengarkan ceramah secara online. Belanja kebutuhan puasa saja pasti online, kalau lagi males ke pasar. Sekarang serba online, apalagi ramadhan dan lebaran itu pasti terus komunikasi.

Komunikasi lancar selama ramadhan dan lebaran 2019 dengan jaringan kuat Indosat Ooredoo


Gamau dong saat streaming pengajian eh malah buffering. Lagi video callan sama keluarga di kampung malah terputus karena jaringan. Tentu saja selama ramadhan dan lebaran ingin komunikasi, download hingga streaming semakin lancar. Butuh jaringan kuat yang bisa jadikan kegiatan online dan komunikasi selama ramadhan dan lebaran semakin menyenangkan.

Apalagi ramadhan dan lebaran ini menjadi bulan penuh berkah bagi umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Pasti selalu ingin komunikasi terus menerus bersama keluarga selama bulan puasa, baik itu saat berbuka dan sahur. Begitupun saat lebaran, kebutuhan pelanggan akan telekomunikasi akan semakin meningkat. Sambut ramadhan dan lebaran, Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang memberikan akses dan konektivitas siap sambut lebaran dan lebaran 2019 dengan jaringan terbaiknya.

Selama bulan ramadhan dan lebaran, Indosat Ooredoo terus berkomitmen untuk selalu melayani pelanggan setiannya dan seluruh masyarakat Indonesia dengan jaringan kuat. Sehingga komunikasi tetap lancar untuk selalu menjaga silaturahmi dengan teman dan saudara selama ramadhan dan lebaran. Tentunya komitmen Indosat Ooredoo ini dilakukan melalui kesiapan layanan dan jaringan telekomunikasi supaya komunikasi tetap lancar. Karena ramadhan dan lebaran, biasanya komunikasi terus meningkat. Selama ramadhan saya bisa komunikasi dengan anak-anak di kampung, sehari 5 kali, menanyakan kegiatan ngaji mereka, sekolah, hingga makanan dan menu berbuka. Kalau sahur pasti videocallan. Karena sepi jugakan kalau hanya sahur berdua dan jauh dari anak-anak.


Bismillah ramadhan lancar dan sehat, begitupun anak-anak bisa menjalankan ibadah dengan lancar. Alhamdulillah tahun ini menjadi tahun ke 3 buat putra kedua saya belajar puasa. Jadi harus dikasih semangat terus. Sepertinya videocall akan semakin sering. Komunikasi yang baik dan lancar, tentunya sesuai dengan strategi Indosat Ooredoo yakni LEAD untuk bisa memberikan pengalaman terbaik kepada para pelanggan melalui pembangunan jaringan yang berkualitas. 

Jaringan yang berkualitas ini tentunya untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi di masa bulan ramadhan dan saat perayaan hari raya idul fitri. Apalagi sekarang tren digital semakin meningkat. Seperti halnya aktivitas di media sosial semakin tinggi. Anak-anak digital, ibu-ibu digital, pasti deh akan selalu update kegiatan selama ramadhan. Saya juga seperti itu kok, apalagi kerjaan ramadhan secara online akan meningkat. Terus kalau ga ada ide buat buka puasa dan sahur, pasti deh langsung meluncur ke Youtube buat cari tutorial bikin masakan. Jadi sudah pasti membutuhkan jaringan yang kuat, supaya tidak buffering saat nonton videonya.

Bagi Indosat Ooredoo, kesiapan kapasitas layanan data menjadi sangat penting, dimana perusahaan meningkatkan kapasitasnya menjadi 18.4 Terabyte/hari. Dengan kapasitas ini tentunya bisa memenuhi puncak kenaikan trafik yang diprediksi meningkat sebesar 15-20%. Indosat Ooredoo juga memprediksi kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta sms/ hari dan layanan suara hingga 37 juta Erlang/hari.

Uji kesiapan jaringan Indosat Ooredoo di 5 kota

Kustanto selaku Group Head Network Strategy, Architecture and Solution, I Gede Maruta Sadu selaku Division Head Kalisula Field Engineer dan Turina Farouk selaku Group Head Corporate Communications (Photo by Liswanti)
Siap menyambut ramadhan dan lebaran, Indosat Ooredoo mengadakan uji kesiapan jaringan yang dilakukan di 5 kota sekaligus, pada tanggal 25 hingga 26 April 2019. Mulai dari Makassar Sulawesi Selatan, Banjarmasin Kalimantan Selatan, Padang Sumatera Barat, MAlang Jawa Timur, dan Solo Jawa Tengah.

Kenapa ke 5 kota ini yang di pilih?

Itu karena ke 5 kota ini paling padat pemudiknya. Dengan uji jaringan ini, kita jadi tahu dengan kesiapan jaringan Indosat Ooredoo, bukan saja di Jawa, tapi juga di luar Jawa. Tentu saja ini akan menjadi kesiapan jariangan secara nasional di seluruh Indonesia. 

Alhamdulillah saya bisa merasakan langsung kuatnya jaringan Indosat Ooredoo yang ada di Makassar. Pada 25 April saya ikut serta dengan rombongan Indosat Ooredoo menuju Makassar Sulawesi Selatan untuk melakukan test drive. Disini banyak sekali kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi beberapa titik di Makassar yang memang selalu rame saat ramadhan dan lebaran 2019. Adapun tujuan diadakannya test drive ini untuk melakukan uji jaringan seluler Indosat Ooredoo di jalur dan kota tujuan mudik di Makassar, yang juga serentak di kota lainnya dari Solo, Malang, Padang dan Banjarmasin. Selain itu dengan test drive ini menunjukkan kualitas sinyal dan coverage, sekaligus kecepatan akses data Indosat Ooredoo yang dapat dinikmati di jalur dan kota tujuan mudik.

Bandara, pelabuhan, rumah makan Pallubasa, Pantai Losari (Photo by Liswanti)
Uji coba yang dilakukan selama drive test mulai dari Continuous 4G Coverage, Streaming Without Buffering, Speed Test, dan Video call. Selama perjalanan menuju beberapa titik, kami merasakan langsung akses internet, video call dengan kota lain, hingga nonton youtube tanpa buffering. Rasanya asyik banget dan seru sekali melakukan perjalanan ini. Ada beberapa titik yang dikunjungi selama di Makassar:
  • Bandara Hasannudin Makassar diperoleh kecepatan download hingga 53 Mbps.
  • Pelabuhan Soekarno Hatta yang selalu rame dengan pemudik memperoleh kecepatan download hingga 55 Mbps.
  • Sambil menikmati kuliner khas Makassar yakni Pallubasa Onta diperoleh kecepatan download hingga 51,4 Mbps.
  • Menikmati keindahan Pantai Lossari. Dipusat keramaian ini kecepatan download mencapai 93 Mbps.
Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Benteng Fort Roterdam, dan Mesjid Al Markaz Al Islam Jenderal M Jusuf
(Foto by Liswanti)
Perjalanan juga berlanjut dengan mengunjungi Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat yang ternyata tempat ini juga menjadi tempat favorit saat bulan ramadhan. Di tempat ini jaringan Indosat Ooredoo juga sangat bagus. Begitupun saat di Mesjid Al Markaz Al Islam Jenderal M Jusuf sebagai tempat favorit di bulan ramadhan, karena suka ada bazzar ramadhan. Sebelum menuju kantor Indosat Ooredoo di Makassar rombongan juga mampir dengan mengunjungi Benteng Fort Roterdam yang kaya dengan sejarah. Senang sekali bisa menjelajahi tempat wisata yang selalu ramai di bulan ramadhan dan lebaran. 

Terus gimana ya kesiapan di kota lainnya?

Di kantor Indosat Ooredoo Makassar, kami melakukan teleconference dengan beberapa kota lainnya seperti Padang, Banjarmasin, Solo dan Malang. Dalam teleconference ini ke 5 kota langsung mempresentasikan kantong-kantong mudik yang tentunya memiliki potensi tinggi terjadinya kepadatan pemudik dan kenaikan traffik telekomunikasi yang cukup tinggi. Iya bener banget, kalau nonton berita pasti Solo dan Malang banyak pemudiknya, terutama dari Jakarta dan kota lainnya. Begitupun dengan Sulawesi, Suamatera dan Kalimantan. Bandara, pelabuhan akan padat dengan pemudik, bahkan tiket-tiket sudah habis dipesan sejak 3 bulan yang lalu. Bayangin deh ramadhan dan lebaran 2019 komunikasi akan selalu ramai untuk saling mengucapkan lebaran, termasuk akses internet. Tapi tenang, dengan jaringan 4G Plus Kuat dari Indosat Ooredoo semuanya bisa aman.

Uji jaringan Indosat Ooredoo di 5 kota, dilakukan di beberapa lokasi yang ramai dan padat dengan aktivitas masyarakat selama ramadhan dan lebaran 2019. Dari mulai alun-alun Kota Malang, De Tjolomadu Dolo, Jembatan Siti Nurbaya Padang, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin dan Pantai Losari Makassar. Yang diuji semuanya sama, dari kecepatan akses internet hingga kualitas sinyal. Selama test drive, sepanjang rute aktivitas streaming berjalan dengan baik tanpa buffering. Dengan rata-rata kecepatan download yang berkisar 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps dengan rata-rata kecepatan download 85.33 Mbps. Ini sudah pasti bisa menikmati kualitas jaringan 4G Plus Kuat dengan aman dan lancar selama bulan ramadhan dan lebaran 2019.

Terus gimana ya dengan titik keramaian di 5 kota?


Kalau di Makassar sudah saya sebutkan tadi, salah satunya Pantai Losar bisa mencapai kecepatan download hingga 93 Mbps. Untuk kawasan Bandara Adi Sumarmo kecepatan download hingga 76.5 Mbps, Kawasan Alun-alun Malang kecepatan hingga 62.7 Mbps, Kawasan Gunung Padang memperoleh kecepatan 89.7 Mbps, dan Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin memperoleh kecepatan 104,7 Mbps. Untuk pegetesan kualitas suara (voice) menggunakan pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan 4,47% area menujukkan tingkat excellent dengan maksimum scor MOS 4-5. Dengan begitu ini menunjukkan kualitas suara dari layanan Indosat Ooredoo memiliki tingkat yang terbaik.

Aman dong ya saat melakukan komunikasi, jadinya ga putus-putus. Jangan sampai putus hubungan gara-gara komunikasi yang terputus 😁😁. Selama ramadhan dan lebaran 2019 kondisi jaringan telekomunikasi akan selalu dipantau selama melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan nasional. Bukan itu saja, monitoring jaringan juga dilakukan melalui Command Center yang beroperasi sebelum dan sesudah mudik lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitorng. Dengan kesiapan jaringan 4G Plus Kuat yang makin kuat internetan, siap melayani masyarakat di seluruh Indonesia untuk bisa selalu berkomunikasi dengan lancar tanpa hambatan di bulan Ramadhan dan Lebaran 2019.

Bu Turina saat melakukan teleconference dengan kota lainnya
Selama melakukan test drive di beberapa kota, jalur yang dilewati semuanya hijau, itu berarti jaringan menunjukkan hasil yang bagus. Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus membangun jaringan yang handal dalam memberikan best customer experience. Indosat Ooredoo terus menambah cakupan 4G, itu berarti sudah banyak kota-kota di Indonesia yang bisa menikmati jaringan 4G Plus Kuat yang makin kuat internetan.

Kesiapan jaringan Indosat Ooredoo di kota-kota tujuan mudik di seluruh Indonesia dengan melakukan test drive di kota-kota terpadat. Seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Di Jawa Tengah sendiri 4G Population Coverage akan meningkat 94% di lebaran 2019. Bahkan di Sumatera Barat 4G population coverage meningkat menjadi 61% di 2019 dari 17% di Lebaran 2018, Kalimantan Selatana daria 42% di 2018 menjadi 7-% di 2018, sedangkan di Sulawesi Selatan 4G population coverage meningkat menjadi 80% dari 41% di tahun 2018. Adapun 3 upaya yang dilakukan Indosat Ooredoo untuk peningkatan performansi jaringan adalah dengan:


  • Perluasan cakupan: Dari Utilisasi spektrum 900 MHz yang memiliki jangkauan lebih luas dan penambahan site 4G di seluruh region (cakupan nasional).
  • Penambahan kapasitas: Memaksimalkan efisiensi dari spectrum eksisting dan pemanfaatan teknologi 4G yang terbaru.
  • Peningkatan kualitas: End to end quality of service, service quality monitoring, dan self optimizing network (SON).
Dengan komitmennya dan kesiapan jaringan Indosat Ooredoo selama ramadhan dan lebaran 2019, komunikasi tidak akan ada hambatan lagi. Bisa bebas menikmati beragam kegiatan secara online. Mau menggunakan sosial media setiap hari bisa banget, mau videocallan ga akan terganggu, termasuk streaming drama favorit setiap harinya tanpa buffering.

Seperti yang diungkapkan Dejan Kastelic selaku Chief Technology Officer "kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat selama ramadhan dan lebaran. Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini juga didukung dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat. Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami aktisipasi semakin baik di momen penting tersebut."


Sudah siapkan menyambut bulan ramadhan? Kalau kami sudah siap. Dan siap melakukan beragam aktifitas seru selama bulan ramadhan dan lebaran 2019 dengan jaringan 4G Plus kuat yang makin kuat internetan. Ga ada hambatan lagi untuk selalu berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga dan suami tercinta yang akan melakukan dinas ke beberapa kota. Ga bakal galau lagi nih, karena sebagai pengguna Indosat Ooredoo saya dan keluarga bisa komunikasi dengan lancar. InsyaAllah ibadah puasa di bulan ramadhan juga diberikan kelancaran, sehingga bisa menyambut kemenangan di hari raya lebaran 2019 bersama keluarga tercinta. Siap mudik dengan menyenangkan.


18 komentar

  1. Wah bener banget tuh ya Mbak, ketika Ramadhan biasanya nunggu buka puasa sambil youtube an. Nggak mau dong kalau buffering

    BalasHapus
  2. Emang ya Mbak paling kezel itu kalau enak-enak streaming terus ternyata buffering

    BalasHapus
  3. Gokil ya. Coveragenya di Jawa Tengah udah 95%. Super lancar jaya ini mah. Salah satu bekalku ketika mudik ke rumah simbah itu ya Indosat ooredo ini, Mbak. Wajib banget deh mudik bawa ini kalau mau kerjaan dan eksis di media sosial aman. Di sana semua sinyal bhay kecuali Indosat 😭😭

    BalasHapus
  4. Sip, kalau Indosat Ooredoo dah siapemybut Puasa dan lebaran. Biasanya trafik nya tinggi kan. Suka sebel kalau lagi butuh nelpon atau video call eh, jaringan overload. Terima kasih indosat.

    BalasHapus
  5. Yup aku percaya sama Indosat Oredo ini karena dirumahpun modem aku skrng pakai ini lumayan kenceng

    BalasHapus
  6. Wiihh emang nih Indosat andalan banget.. akupun pake Indosat loh mba.. aman nyaman gak takut sinyal kelelep

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya kini kita bisa makin dimudahkan untuk berkomunikasi dengan jaringan Indosat Ooredoo yang coveragenya udah makin luas. Semoga nanti pas lalu lintas sinyal padat banget di kala lebaran kita bisa lancar terkoneksi sana sini dengan Indosat Ooredoo.

    BalasHapus
  8. Bener2 provider Indosat mempersiapkan betul2 soal signal utk menyambut ramadhan yah Mbak. Oh ya kan biar mudah pas kabar2 sama sanak saudara ehheee.
    Sayang kali. Kartu M3 ku belum 4G

    BalasHapus
  9. Mantap ya Indosat, makin serius saja memanjakan pelanggannya.

    BTW, Mbak Lis ke Pallubasa Onta, ya. Agak dekat tuh dari rumah saya, sekira 1 km lebih :)
    Tempat makannya kan dekat banget dari Jln Veteran, nah menuju ke rumah saya ya lewat jalan Veteran itu :)

    BalasHapus
  10. Jaringan yang oke itu dibutuhkan zaman sekarang, apalagi pas mau mudik ya, otomatis tingkat komunikasi terbilang tinggi. Salut untuk Indosat yang mau meningkatkan pelayanannya. ^^

    BalasHapus
  11. aamiin mba, semoga ibadah Ramadan kita lancar. Plus komunikasi juga lancar ya karena jaringan Indosat makin mantap kualitasnya, mau nelpon orangrua di kampung jadi gak masalah

    BalasHapus
  12. Wahhh...Indosat makin keren dengan menaikan kualitas jaringannya, nih. Test Drivenya maksimal. Provider saja sudah mulai siap-siap, ya. Kita musti lebih siap untuk Ramadhan.

    BalasHapus
  13. wah coba aku tau indosat dari dulu jadi pas zaman LDR an jadi nggak galau lagi

    BalasHapus
  14. siap-siap menyambut ramadhan dan lebaran, komunikasi emang kudu lancar ya..
    sinyal indosat di tempatku lancar jaya, mba... :)

    BalasHapus
  15. Alhamdulillaaaah bangeeet ya mba kalau jaringan lancar semua.. aku juga insya Allah mudik dan perlu koneksi aku :)

    BalasHapus
  16. Wah keren nih Ceu. Indosat siap melayani masyarakat Indonesia sampai ke pelosok dan Indonesia Timur. Salute!

    BalasHapus
  17. Wuih.... Asyik nih kalau musim mudik tetap lancar jaya. Indosat saat ini yang paling murah paketannya, dan paling Cepat di sini.

    BalasHapus
  18. haruys lancar ya agar komunikasi tetap trejaga apalagi kalau ada dalam perjalanan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.