7 Aktivitas Anak Saat Liburan Sekolah Di Jakarta

[Dunia Anak] Libur telah tiba..libur telah tiba, horeeee.

Siapa yang tidak senang kalau sudah masuk libur sekolah? Semua anak pasti senang. Dulu saja ketika saya masih sekolah, senang sekali kalau masuk liburan sekolah. Karena bisa bobo dan main sepuasnya. Biarpun mainnya cuma cari ikan ke sawah atau bahkan main layangan. Itu tuh cara sederhana mengisi liburan sekolah. Saat libur sekolah, itu berarti saya bisa bermain sepuasnya dengan orangtua yang memang setiap hari mengajar di sekolah. Kan senang bisa ditemani ibu dan bapak bermain, apalagi saya anak pertama yang telat banget punya adik.

Libur Sekolah

Semenjak memiliki anak, saya dan suami masih bisa menikmat hari demi hari bersama. Tapi, semenjak anak-anak masuk usia sekolah, mereka berada di kampung halaman untuk sekolah dan belajar agama. Akhirnya kami terpisah jauh, tapi kami tetap bisa komunikasi. Setiap 2 minggu sekali kami pulang untuk menengok kondisi anak dan bermain sepuasnya dengan mereka. Berat memang jauh dari anak, tapi saya ingin anak fokus belajar agama seperti dulu saya kecil. Biarpun bukan satu atau dua orang yang bilang saya dan suami sangat tega. Kami hanya ingin di usianya yang masih kecil, agamanya kuat. Ya, itung-itung berlatih sebelum anak mondok di pesantren nantinya.

Setelah masuk libur sekolah, biasanya saya dan suami akan membawa mereka pulang ke Jakarta untuk bisa menghabiskan waktu bersama setiap hari. Kalau anak lain pulang ke kampung bertemu neneknya, anak-anak saya pulang ke kota ketemu orangtuanya hehe. Biarpun kami tidak bisa membawa mereka liburan ke tempat jauh atau bahkan luar negeri, bagi mereka bisa bermain bersama kedua orangtuanya sudah membuat senang.

Pernah bertanya kepada mereka "marah ga sama mama dan papa, teteh dan nde jauh dari rumah ini?" mereka pasti jawab "enggak kok mah, teteh sama nde kan belajar". Kalau ditanya "mau liburan kemana?" pasti jawabnya "mau main sama mama papa saja". Dan tentu saja itu membuat kami senang. Kalau jauhan saat di telpon mereka cuek, kadang ngobrol sambil main. Kalau udah deket, pasti nemplok seperti mereka masih bayi. Senang sekali.

Pas lebaran kemarin, saya dan suami langsung membawa anak-anak ke Jakarta untuk liburan. Karena belajar agama dan sekolahnya libur panjang. Biarpun ada pembagian rapot, kami izin diambil oleh neneknya saja hehe.

Selama libur sekolah di Jakarta, kami memang menghabiskan banyak waktu dengan bermain, bercerita, memasak bersama, hingga puas-puasin tidur dipeluk mama dan papanya. Saat liburan memang tidak banyak tempat yang dikunjungi di Jakarta, selain mama papanya kerja, cuaca Jakarta lagi panas banget. Dan anak perempuan saya masih alergi cuaca hingga saat ini. Kena panas saja, langsung badannya merah.

Selama liburan di Jakarta, teteh udah 2 kali ke dokter kulit :(. Ini yang jadi alasan pertama kami, anak pertama saya tinggal di kampung yang cuacanya dingin. Karena alerginya bisa kambuh terus di cuaca panas. Dan tinggal di kampung, teteh selalu bebas bermain dan tidak menangis lagi karena kulitnya merah.

7 Aktivitas libur sekolah di Jakarta

Selama libur sekolah di Jakarta, saya ajak anak-anak bermain di tempat yang dekat. Karena kalau kelamaan di luar, takutnya anak pertama kambuh terus. Ada 7 aktivitas libur sekolah di Jakarta yang dilakukan anak-anak yang murah dan sederhana banget, seperti:

1. Main di Taman

Kegiatan paling murah dan dekat, adalah main ke taman bermain di sekitar komplek. Bagi anak-anak saya yang penting lihat prosotan, tempat manjat, mereka sudah seneng banget. Keinginan mereka receh banget, itu udah bikin happy. Biasanya kami setiap pagi datang ke taman sambil olahraga. Apalagi cuaca juga belum panas banget. Jadi, aman banget buat anak-anak bermain sepuasnya di taman, dan lari sana sini.

2. Berenang di kolam renang Angkasa

Kalau ayahnya libur kerja, pasti membawa mereka berenang di kolam renang Angkasa yang tidak jauh dari tempat tinggal kami di Halim Perdanakusumah. Tempat ini memang kolam renang umum, dan memang anak-anak sedang giat belajar renang. Biar ga kayak emaknya kelelep terus hehe. Biasanya anak-anak juga dibawa renang, dari jam 6 pagi hingga jam 8 pagi. Supaya aman dan terhindar dari cuaca panas. Sekali lagi alasan cuaca hiks.

3. Ke Mall belanja dan jajan bersama

Di kampung saya setiap minggu atau saat pulang, punya kebiasaan stock cemilan buat anak-anak, supaya tidak sering jajan di luar. Biarpun mereka tetep cari seblak atau cilok, setidaknya makanan ringan saya beli sendiri. Nah, selama di Jakarta, memang lagi subur banget voucher belanja, daan memang sudah saya sisakan buat anak-anak sepuasnya jajan selama di Jakarta. Jadi, ga saya habiskan semua sebelum lebaran. Akhirnya bisa bikin senang, ambil semua jajanan semaunya. Setidaknya bikin mama papanya ga keluar uang deh, ga apa kalau voucher habis hehe. Yang penting anak-anak bisa senang belanja semaunya.

4. Naik KRL

Ini keinginan paling receh dari anak-anak, yakni naik kereta. Setiap ke Jakarta, pasti iseng ngajak mereka main naik kereta. Dan buat menghindari panas, tentu saja saya pake taxi online dan langsung naik KRL yang adem. Saat liburan sekolah kemarin, saya ajak anak keliling Jakarta naik KRL, apalagi pas papanya mau dinas, mereka mau mengantarkan papanya ke stasiun. Ya, biarpun pulangnya mereka nangis. Sehingga orang-orang pada lihat. Soalnya mereka video call di dalam KRL sambil nangis-nangis.

5. Naik MRT

Beberapa waktu lalu ada program #JelajahiJakarta dari MRT Jakarta, langsung saja daftar. Jadi ini program libur sekolah untu mencoba secara langsung MRT dari Stasiun MRT Bundaran HI ke Lebak Bulus. Dan ada juga dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. Nah saya memang daftar buat kedua anak saya, sayangnya anak kedua tidak ikut, karena memang gamau jauh dari papanya. Jadi saya dan anak pertama pergi mencoba MRT dari Stasiun MRT Bundaran HI ke Stasiun Lebak Bulus. Anak happy banget ikut mencoba MRT dan dia bisa belajar hal disini, lumayan banyak nanya sih sama tour guidenya. Dan teteh anak pertama saya, merasa happy karena bisa melihat Jakarta dari ketinggian.

6. Nonton di Bioskop

Pas banget anak-anak lagi di Jakarta, dan pas banget ada gala premier Koki-koki Cilik 2, jadi saya ajak mereka buat nonton bareng. Happy banget kalau mereka sudah nonton dilm, apalagi ini film anak-anak. Sampai rumah dia cerita sama nenek dan papanya melalui video caall, bahwa pas nonton ketemu artis haha. Sempat ditanya sih sama papanya "diajak foto ga artisnya?", teteh langsung jawab "ga pah, soalnyakan ga kenal sama teteh" wkwkwk gubrak. Selalu kocak dengar mereka cerita kalau habis melakukan aktivitas di luar rumah.

7. Staycation

Karena beberapa waktu lalu papanya dinas luar, sedangkan saya harus bekerja juga. Untunglah bisa bawa anak-anak saat meeting dan bekerja. Nah, kebetulan ada klien juga saat itu yang harus ditemui, sedangkan anak-anak ga ada yang jaga. Alhasil saya mengajak mereka buat staycation saja, soalnya udah lama banget tidak megajak mereka buat staycation. Untunglah lokasi meeting dekat, jadi saya bisa tinggal mereka sebentar. Kupikir bakal nangis, eh mereka happy saja diem di dalam kamar sambil bermain. Ya, biarpun pas sampe semua makanan berantakan haha. Ga apalah yang penting mereka puas.

Selama libur sekolah ini, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak sambil menikmati beragam aktivitas sederhana. Biarpun mereka di Jakarta hanya 3 minggu saja. Tapi kami bisa melakukan banyak hal bersama. Anak-anak juga senang sekali. Tadinya mereka akan di Jakarta sampai H-2 masuk sekolah. Tapi sayangnya saya harus mengurus beberapa pekerjaan, sedangkan di rumah tidak ada yang jaga. Alhamdulillah mereka ikhlas untuk secepatnya pulang ke kampung. Apalagi alergi anak pertama saya mulai kambuh, darpada semua badannya kena, jadi paling aman juga pulang.

Banyak beragam cara kok buat mengisi liburan sekolah di Jakarta, ga perlu mahal juga. Yang penting bisa menikmati kebersamaan dan anak senang. Nah, kalau teman-teman saat liburan ke Jakarta, suka main kemana nih?

25 komentar

1. wah memang asyik kalau sudah bersama anak2

BalasHapus
  2. Sebenernya buanyaaaak ide aktivitas isi liburan sekolah ya Mak.
    Tapi, anak jaman now kadang ngga cocok sama gagasan yg disodorkan ortunya :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  3. Andalan ku pas anak liburan tapi ngga kemana2 itu main di taman & mall hahahha, karena semua ada di mall :D kalau berenang agak ribet karena kolam renang deket rumah tiap liburan penuh banget kayak cendol hihihi jadi udalah, taman & mall paling pas kl liburan di Jakarta aja :D

4. Ah jadi flashback saat masih kecil dulu kalau libur sekilah senengnya bukan main,iya bebas bermain sama temen2 sepuanya hehhe
    Keponakan aku juga gitu mbak, liburan sekolah panjang banget,betah di Jember bareng nenek, dan pengambilan rapot diambil ayahnya yg udah masuk kerja hehe
    Teteh dan Nde berarti Minggu ini udah aktif lagi masuk sekolahnya ya mbak
    TFS Mbak ^_^

BalasHapus
  5. Kalau liburan ke Jakarta, pengin ajak anak-anak naik MRT mba. Biar mereka kenal transportasi moderen yang kita punya.

6. Semoga alergi Teteh sama cuaca panas segera hilang. Biar bisa makin puas liburan jalan-jalan di Jakarta. Anak-anak sederhana banget keinginannya ya Mak. Pengen main sama orang tua sama naik kereta. Puas banget nih kangen-kangenan selama liburan. Smeoga segera libur lagi.

7. Paling mentok klo udah nggak ada ide, mondar mandir ke domar atau alfa 😆
    Jadi anak teh lis favorit liburan kemana aja asal dkt sama mama dan papa yaa.. mereka pasti seneng banget 3 minggu itu teh :)

BalasHapus
  8. Liburan sekolah, anakku gak mau kemana-mana. Mungkin karena berdekatan dengan libur lebaran kemarin kali ya. Jadi, kalo pun jalan-jalan paling ke Future Park aja hhahah

9. Libur panjang kali ini aku juga gak ke mana-mana Mbak. Habis mudik udah gak ada jatah buat liburan lagi. AKhirnya ya di rumah aja. Oh ya sempet ke Monas dan TMII untuk yang kesekian kalinya, hehe. Naik KRL juga, tujuannya ke stasiun Gondangdia karena kangen es jeruk peras sama stick kentangnya, hehe

10. Wah, jadi LDRan ya teh sama anak-anak. Luar biasa teh Liz, saya mah gak akan sanggup. Btw, anak-anak pasti senang banget ya bisa berlibur ke Jakarta apalagi bertemu dengan mama dan papanya. Lalu, apakah tiap liburan gitu mereka minta ke Jakarta Teh?

BalasHapus
  11. Senengnya liburan sama Mama Papa di Jakarta. Wah, udah naik MRT aja nih...

Udara Jakarta memang panas, kalau ada yang alergi atau sensitif kulitnya jadi gampang kambuh.

Belajar di Kampung sepertinya pilihan terbaik. Anak paman dan bibi saya juga gitu. Meski usahanya di Jakarta. Tapi pendidikan anaknya di kampung.

BalasHapus
  12. Anak saya pingin banget main ke jakarta, mau ke monas katanya, hihihi... Tapi belum kesampaian aja...

13. kalau liburannya ke Jakarta ya main ke tempat-tempat wisata mbak, macam monas, kota tua atau ancol hehhe. Pas ke Jakartaa kemarin yang belum sempat main ke Ancol, semoga next time bisa.

14. Quality time banget ini Teh Lis. Memberi waktu berharga bagi anak-anak. Semoga rasa kangen dan rindu karena berjauhan dengan mereka terobati.

BalasHapus
  15. Sama mba.. liburan di Jakarta naik MRT dan KRL bahkan busway sama anak2 jd spesial hehe karena jarang

16. Aku staycation yang sering ini tongpes juga 😂😂😂

Pengen renang tapi bingung jaganya. Alhasil yg murce2 aja cem sepedaan xD

BalasHapus
  17. Libur panjang emang bikin emak kudu putar otak biar anak2 ga ribut aja, liburan kok di rumah terus sih mah, hahaha. Kemaren aku juga ngajak anak liburan di tempat murah meriah. Yg mahal bolehlaah sekali tempo. Tapi sekarang udah mau berakhir liburannya, sedih juga xixixi.

18. Duh pengen banget deh ngajak anak naik KRL dan MRT. Anak-anakku pasti exciting. 😍

19. Liburannya panjang jadi bisa melakuakn bnayak hal ya Mbak anak-anak. Semoga sehat selalu mereka.

BalasHapus
  20. Quality time banget ya mak...ikut seneng deh bisa liburan bareng anak2 meski gak kemana2 juga. Anak2 juga pasti seneng kumpul2 kayak gini. .

21. Barakallahu fiik, kak...
    Anak-anak sangat paham sekali mengapa mereka ditempatkan jauh dari orangtua, tidak seperti anak-anak pada umumnya.

Semoga ilmunya bermanfaat dan berkah untuk ummat.
    Sholih sholihanya...mashaAllah~

BalasHapus
  22. Liburan di Jakarta seru juga kalo tahu tempat mana aja untuk dikunjungi ya.
    Dahulu waktu anak-anak masih sekolah, liburan paling di rumah. Bisa baca buku, main air di kolam ikan, atau mgerusuhi saya nanam tanaman

23. Kalau yang lain libur ke desa, anak2mu liburannya ke kota hehe. Iya meski di kota jg banyak aktivitas yang bisa dilakukan ya mbak. Hepi banget pasti liburan mereka berkesan dan siap pas masuk sekolah lagi :D

BalasHapus
  24. Buat saya yang di daerah gak kebayang sih liburan di Jakarta, yang ada tiap weekend keluar kota kalau gak kumpul sama temen yang di sana.
    Salam kenal kak, kalau mau baca seputar fotografi boleh mampir ke blog ku juga ya di gariswarnafoto(dot)com

25. liburan di Jakarta kalo lebaran aja sepii,, hahhaa.. tapi yaa sepii gitu malah kurang seru, hehe

aku belum pernah loh naik KRL, hiks

BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.