Insto Dry Eyes, Solusi Tepat Atasi Gejala Mata Kering


[Kesehatan] Pernah ga mengalami mata sepet, mata pegel dan mata perih? Saya sering banget mengalaminya. Suka langsung kucek-kucek mata, ternyata itu ga bagus loh. Mata sepet, mata perih dan mata pegel itu udah masuk gejala mata kering. Ga bisa dibiarin begitu saja. Untungnya ada solusi tepat, yakni Insto Dry Eyes.

Gejala Mata Kering

Sejak kecil saya termasuk anak yang suka banget membaca. Apalagi kalau ketemu komik Detective Conan, majalah bobo, majalah donal bebek dan buku puisi, pasti deh bisa seharian diem di kamar. Baca sambil tiduran, dan berakhir dengan omelan orangtua. Iya, sering banget diomelin, karena saya membaca buku sambil tiduran. Duuh, jangan ditiru ya, ini kebiasaan jelek banget. Akhirnya mata saya dari duduk di bangku SMP sampai sekarang ga bisa lepas dari kacamata. Apalagi sekarang sudah kena minus dan silinder juga. Duuh.

Pertama kali mata saya harus berkacamata, karena mata sering sekali cepat lelah, penglihatan buram, hingga terasa perih ketika sedang membaca. Benar kata orangtua, kalau membaca buku sambil tiduran itu ga baik. Akhirnya sampai sekarang deh ga bisa lepas dengan kacamata. Kalau ga pake, itu jalanan terlihat buram semua.


Kupikir ya setelah pakai kacamata akan aman aja gitu, ga sering mata perih dan sepet. Eh, sekarang malah sering banget mengalaminya. Mungkin ini efek pekerjaan saya juga kali ya, karena setiap hari saya terpapar AC di dalam ruangan, dan lebih dari 8 jam saya bekerja di depan laptop. Iya, biarpun saya seorang freelance, tetap saja saya bekerja setiap harinya di depan laptop. Apalagi kalau lagi akhir bulan, selain membuat enam laporan dari kerjaan freelance, saya juga harus membuat tiga laporan keuangan. Dan mengerjakan itu semua, ga cukup dengan waktu 3 sampai 5 jam saja. Pasti saya bisa bergadang sampai subuh selama 3 hari berturut-turut. Itulah mengapa mata saya sering sekali lelah, sepet dan pegel. Bahkan membuat saya sering sakit kepala.

Gejala apakah itu?

Memiliki kebiasaan membaca dalam jangka waktu yang lama, menonton televisi, menggunakan smartphone sambil bermain games, hingga bekerja didepan laptop hingga berjam-jam lamanya, pasti akan mengalami gejala mata kering, seperti:

  • Mata Sepet
  • Mata Pegel
  • Mata Perih
Bukan itu saja, sering mengalami yang namanya mata merah, mata lelah, penglihatan buram, hingga mata seperti berpasir dan kering juga termasuk gejala umum dari penderita mata kering. 

Bersumber dari www.alodokter.com penyakit mata kering memiliki nama lain yakni keratoconjunctivitis sicca atau sindrom mata kering. Dimana mata kering lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Perlu diwaspadai nih kalau sering mengalami mata kering, karena ternyata mata kering bervariasi, ada yang ringan dan juga berat. Akan semakin parah, apabila penderita semakin dipaksakan bekerja berjam-jam depan laptop, hingga terlalu lama di lingkungan udara yang kering, ini bisa menyebabkan peradangan pada permukaan mata. Aduh ngeri ya, berarti mata kering ini tidak bisa dianggap enteng.

Usia juga bisa mempengaruhi loh, bersumber dari detikhealth mata kering biasanya terjadi pada usia 30an, dimana usia bertambah tua, produksi air mata akan berkurang. Mata kering kalau terus dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan, karena kekeringan bisa membuat luka pada bola mata. Dan kondisi semakin parah jika aktivitas mentap layar komputer hingga menonton televisi terlalu lama. Masih dari artikel yang saya baca di detikHealth, bahwa dalam sebuah studi menunjukkan normalnya mata berkedip 22 kali dalam semenit. Tapi saat fokus menatap TV, mata hanya berkedip sebanyak 5 sampai 7 kali dalam semenit. Kurang kedipan membuat mata semakin kering.


Setiap kali membaca artikel kesehatan tentang mata kering, saya semakin sadar, bahwa gejala-gejala yang saya rasakan sudah mengarah ke mata kering. Sering banget mata berasa ada pasir, mata lelah dan ini sangat menganggu dalam beraktivitas. Apalagi kalau sudah mata sepet, mata pegel dan mata perih, duuh itu tuh ga enak banget deh. Ga pengen gejala mata kering terus saya rasakan, pasti butuh yang namanya penanganan yang tepat, sehingga bisa meringankan gejala dan mengatasi penyebab mata kering. 

Setiap kali saya mengalami gejala mata kering, biasanya yang saya lakukan adalah dengan menggunakan obat pelumas mata dalam bentuk tetes yang bisa melembabkan mata. Dan Insto Dry Eyes menjadi solusi tepat atasi gejala mata kering.

Insto Dry Eyes, solusi tepat untuk atasi mata kering


Jangan pernah sepelekan gejala mata kering, daripada kondisinya semakin parah. Bersumber dari www.alodokter.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala atau mencegah sindrom mata kering, seperti:
  • Melindungi mata dari lingkungan yang menyebabkan mata kering.
  • Menghindari pemakaian riasan pada mata.
  • Berhenti merokok.
  • Mengatur lama kerja di depan layar komputer.
  • Menjaga kebersihan mata dengan menggunakan kompres hangat pada kelenjar di sekitar mata.
  • Banyak mengkonsumsi asam lemak Omega 3 yang dapat memperbaiki kondisi mata kering, bisa dengan konsumsi ikan makarel, tuna, sardine atau mungkin salmon.
Saya sadar bahwa mata kering tidak bisa dianggap sepele, beberapa hal di atas sudah saya lakukan. Apalagi kalau mata sudah terasa mata pegel, saya langsung istirahat dan tidur sambil dikompres dengan air hangat. Ini bikin mata jadi lebih nyaman. Karena kita harus tahu kondisi mata kita sendiri, maka ketika ada yang merokok, saya akan langsung menghindar. Itu karena asapnya bikin mata perih. Di rumah juga, mulai mengurangi penggunaan AC dan mulai mengatur jadwal bekerja di depan laptop, karena saya tidak ingin mata terus bermasalah. 


Karena saya ingin mata selalu sehat, yang selalu saya perhatikan adalah menjaga asupan makanan. Termasuk konsumsi buah-buah segar untuk memaksimalkan fungsi mata, seperti konsumsi buah jeruk yang mengandung vitamin C dan nerupakan kunci untuk kesehatan mata. Apalagi saya termasuk yang doyan banget sama buah naga, manggis, labu dan tidak lupa konsumsi sayuran hijau yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Paling penting nih, kalau lagi bekerja di depan laptop, atur jarak pandang ke laptop, jangan terlalu dekat, supaya mata tidak pegel dan perih juga. Saya kasih tahu ya, biarpun saya pake kacamata, yang namanya mata pegel itu sering banget saya rasakan. Dan rasanya sangat tidak enak.

Supaya ga merasakan lagi mata sepet, mata pegel dan mata perih akibat gejala mata kering. Maka saya selalu menggunakan Insto Dry Eyes yang menjadi solusi atasi kekeringan mata. Kalau habis pake Insto Dry Eyes ini, mata saya jadi terasa sejuk, dan bikin adem di mata. Kebayang ga lagi liburan, terus menunjukkan gejala mata kering, kan jadi ga enak menikmati pemandangan. Maka dari itu, saya selalu bawa kemanapun Insto Dry Eyes, termasuk saat beraktivitas.


Insto Dry Eyes dari Combiphar ini menjadi penolong sekaligus solusi tepat untuk atasi gejala mata kering saya. Dalam setiap mL larutan isotonik steril mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose 3,0 mg. Dan Benzalkonium Chloride 0,1 mg. Buat yang baru pake Insto Dry Eyes, perlu tahu niih manfaatnya apa saja:
  • Sebagai air mata buatan. Mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata.
  • Sebagai air mata buatan, memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri.
  • Indikasi. Digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid artthritis, kerato-conjunctivitis dan xerophthalmia), juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu.
  • Aturan pakai. 1-2 tetes pada setiap mata, 3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.
Insto Dry Eyes ini tersedia dalam ukuran 7,5 ml dengan harga yang sangat terjangkau. Sekarang udah ga khawatir lagi kalau mengalami gejala mata kering. Tinggal ambil Insto Dry Eyes, bye bye mata kering. 


Bekerja terlalu lama depan laptop, main games terus menerus, hingga membaca buku sambil tiduran itu memang ga bagus buat kesehatan mata. Karena mata juga harus istirahat. Saya merasa tidak nyaman saat mengalami mata kering, karena bekerja pun jadi tidak maksimal. Terus saja terganggu. Maka dari itu, saya harus selalu menjaga kesehatan mata dan selalu sedia Insto Dry Eyes yang menjadi solusi tepat atasi gejala mata kering.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Insto Dry Eyes, bisa cek sosial medianya, yakni:
  • Instagram: @insto.id
  • Facebook: Buka Mata Buka Insto
  • Youtube: Insto Indonesia





Sumber tentang mata kering:
  • https://www.alodokter.com/mata-kering
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2679697/awas-jika-dibiarkan-mata-kering-bisa-menyebabkan-kebutaan
  • https://www.insto.co.id/

3 komentar

  1. Baca sambil tiduran memang kebiasaan yang nikmat, Mbak. Apalagi di ruangan ber AC sambil temani cemilan.

    Sekarang hobi baca saya teralihkan ke buku digital mbak. Lebih praktis, tapi ya gitu bikin mata harus ekstra mendelik :D

    BalasHapus
  2. Saya pun suka kena omel karena hobi baca sambil tiduran dari kecil. Ditambah sekarang, kerjaan tanpa menatap layar baik laptop maupun smartphone itu nggak mungkin, maka jadilah mata kering. Untung ada Insto Dry Eyes.

    BalasHapus
  3. Insto nih andalanku banget di rumah. Selalu stok deh pokoknya, soalnya mata kadang suka tau-tau iritasi kena debu atau kecapean liat layar komputer. Tetes aja dulu :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.