Peran Bunda Menciptakan Generasi Maju


[Dunia Anak] Memilih dua orang anak yang memiliki cita-cita berbeda. Teteh ingin menjadi seorang Bidan. Sedangkan adenya ingin menjadi seorang pilot pesawat tempur. Sebagai orangtua tentu saja harus memberikan dukungan supaya cita-cita bisa diwujudkan. Salah satu yang saya lakukan, tentu saja membimbing belajar, hingga memberikan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembangnya.

Seorang bunda memang memiliki peranan penting untuk menciptakan generasi maju. Seorang ibu akan selalu memberikan yang terbaik buat buah hatinya. Doa dan kasih sayang ibu sepanjang masa. Sebagai seorang Ibu, saya sadar betu; banyak sekali kekurangan, terutama tidak bisa bersama dengan mereka setiap hari. Tapi ada banyak cara yang saya lakukan, supaya anak-anak selalu tahu bahwa Ibunya sangat sayang.

Setiap hari, saya selalu memperhatikan jadwal makan dan nutrisi apa saja yang diberikan. Biarpun itu dilakukan dengan cara telpon atau video call. Kalau pulang, biasanya saya akan membeli banyak kebutuhan untuk mereka. Dari makanan yang aman dikonsumsi, cemilan hingga susu. Setiap malam sebelum tidur, saya akan selalu mendengarkan cerita deri kegiatan harian yang mereka lakukan. Dengan cara ini, kami selalu dekat, dan mereka tidak kehilangan kasih sayang. 

Rayakan Hari Ibu bersama SGM Eksplor


Betapa pentingnya peran ibu untuk memberikan dukungan kepada buah hati, supaya bisa menjadi generasi maju. Maka dari itu, dalam rangka merayakan momen Hari Ibu Nasional 22 Desember, SGM Eksplor memberikan apresiasi dan inspirasi kepada para Bunda dalam acara bertajuk "Indonesia Maju Dimulai dari Bunda".

Pada acara ini hadir juga narasumber, yakni Firesta Farizal M.Psi, Psikolog anak dan keluarga yang membahas tentang peran bunda dalam mendukung kemajuan si Kecil. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan bunda, seperti:
  • Menjalin hubungan yang positif dengan anak.
  • Menyadari semua yang bunda lakukan adalah hal yang penting untuk perkembangan anak.
  • Hal-hal kecil yang dilakukan saat ini memiliki dampak besar untuk anak di kemudian hari.
  • Right here - right no; mindfulness.
  • Role-model; Ucapan, sikap, perilaku, kebiasaan.

Selain itu, Firesta juga mengungkapkan, bahwa seorang Bunda sebagai primary caregiver yang dapat mempengaruhi bagaimana si Kecil belajar dalam mengembangkan hubungan yang sehat dan positif di lingkungannya. Dan bunda perlu ketahui, seorang anak yang dekat dengan bundanya akan memiliki rasa percaya diri dan mudah bersosialisasi. Dengan hal-hal yang bisa dilakukan bunda bersama anak, akan memiliki dampak besar bagi si Kecil untuk bisa 5 potensi prestasi sehingga menciptakan generasi maju, seperti:
  • Berpikir kreatif.
  • Bantu tumbuh kembang.
  • Percaya diri.
  • Mandiri.
  • Supel.
Maka dari itu, penting sekali Bunda untuk selalu mendampingi si Kecil dalam beraktivitas, bereksplorasi, memberikan stimulasi, membimbing dalam belajar, serta memberikan nutrisi yang seimbang. Tentunya ini sudah selaras dengan tema peringatan hari Ibu secara nasional. Dimana, momentum ini bisa mendorong para perempuan berdaya dan memberikan kontribusi pada pembangunan. Dan seorang ibu bisa turut andil dalam memajukan Indonesia dengan menjadi perempuan yang tangguh, kreatif, mandiri dan dapat melahirkan generasi yang membanggakan.


Pada acara ini, bunda yang hadir juga diajak untuk membuat puzzle untuk buah hatinya. Karena puzzle juga bisa menstimulasi anak-anak. Hari itu saya membuat pesawat, dengan harapan ade bisa mewujudkan cita-citanya menjadi seorang penerbang. Selain itu, bunda juga diajak untuk menuliskan surat untuk Ibu yang sudah melahirkan kita.

Saya sadar betul, bahwa tidak akan seperti sekarang ini tanpa sosok seorang Ibu. Biarpun ayah sudah tiada, Ibu selalu memberikan dukungan penuh dan doa kepada saya supaya bisa maju. Alhamdulillah, saya bisa melewati beragam rintangan dan rasa sakit, karena selalu ada sosok Ibu. Sehingga saya pun harus bisa menjadi ibu dan contoh yang baik untuk anak-anak. Tanpa sosok seorang Ibu, mungkin saya tak bisa sekuat dan semandiri sekarang. Biarpun belum bisa mewujudkan keinginan Ibu menjadi seorang PNS, ibu pasti selalu bangga kepada anak-anaknya. Karena rezeki setiap orang sudah di atur oleh Allah SWT. 


Hadiranya acara dari SGM Eksplor ini sukses membuat menangis. Karena merayakan moment Hari Ibu, menjadi banyak kenangan. Tidak semua bunda yang hadir di rumahnya masih ada sosok Ibu. Kalau saya sudah tidak punya sosok ayah, beberapa teman sudah tidak ada sosok Ibu. Pasti banyak sekali momen tentang Ibu diingatan yang membuat rindu, akhirnya menangis. Biarpun saya masih ada sosok Ibu, jadi ikut sedih, mengingat beberapa bulan terakhir tidak pernah bisa lama-lama bersama Ibu. Libur paling sehari dua hari, saya tidak bisa menemaninya lebih lama seperti dulu.

Sosok ibu memang luar biasa perannannya. Maka dari itu, SGM Eksplor mengajak masyarakat untuk apresiasi peran Bunda dalam menciptakan generasi maju. Ada beberapa program komunikasi yang dillakukan SGM Eksplor, dari mulai bentuk iklan TV, video dan konten edukasi di saluran digital yang menghadirkan cerita inspiratif Bunda dan anak generasi maju. Serta beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah bersama di kecil. 

"Melalui berbagai insiatif ini kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi peran penting Bunda dalam menciptakan generasi maju. Lebih dai itu kami berharap para bunda menjadi terinspirasi untuk memberikan dukungan terbaik, baik kemajuan si Kecil termasuk melalui dukungan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat sejak dini" ungkap Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor 1 Plus.

SGM Eksplor sudah sudah hadir lebih dari 60 tahun untuk mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia untuk menjadi Anak Generasi Maju. SGM Eksplor dari generasi ke generasi, dari zamannya saya kecil, hingga sekarang anak-anak sudah dua. Untuk lengkapi nutrisi anak-anak, saya berikan juga susu SGM Eksplor, diminum 2 kali sehari, sebelum berangkat sekolah dan sebelum tidur.


Saya tentu ingin memberikan yang terbaik juga untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Dengan memberikan makanan bergizi dan bernutrisi. Tugas seorang Ibu tidaklah mudah, selain mengurus urusan rumah, juga harus memperhatikan kesehatan keluarga, mengatur keuangan, hingga merawat, mendidik dan memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Peran penting Ibu untuk Indonesia maju dengan menciptakan generasi maju yang membanggakan. Penuhi nutrisinya, stimulasi dan membimbing anak setiap harinya untuk menjadi sosok yang percaya diri, mandiri dan tangguh. 

Di momen hari Ibu bersama SGM Eksplor dihadiri Mombassador SGM Eksplor, Blogger, Influencer dan adanya kejutan dengan kehadiran teh Melly Goeslow penyanyi favoritnya saya sejak kecil yang menyanyikan lagu Bunda, hingga Ada Apa Dengan Cinta. 

Bagaimana Bunda, sudah siap memberikan yang terbaik untuk buah hati? Karena Indonesia maju dimulai dari Bunda. 

2 komentar

  1. Setuju banget nih Mbak, dengan memberikan nutrisi yang tepat dan mendukung si kecil itu bisa menjadikan Indonesia lebih maju ya

    BalasHapus
  2. Memang anak yang sholih kuncinya ada di bunda yang sholiha. Kalau pengen anak sholeh berati bundanya kudu belajar sholiha dulu. gitu kali ya . hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.