Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru


[Kesehatan] Saat pandemi ini penting menjaga kesehatan, terutama paru-paru. Karena paru-paru merupakan organ pernapasan yang mengatur sirkulasi oksigen di tubuh kita. Sebagai organ yang berhubungan langsung dengan oksigen, kesehatan paru-paru sangatlah penting untuk dijaga. Jika kesehatan paru-paru kta terganggu, maka bisa dipastikan bahwa kesehatan organ tubuh yang lain juga akan terganggu. Karena paru-paru merupakan organ yang sangat vital, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru kita.

Kiat Menjaga Kesehatan Paru-paru

Untuk dapat menjaga kesehatan paru-paru, ada beberapa hal yang wajib kita lakukan dan ada beberapa hal yang wajib kita hindari. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang perlu kita ketahui.

Pertama, jauhi rokok. Mungkin anda pernah mendengar bahwa menghabiskan satu batang rokok sama dengan mengurangi satu jam waktu hidup anda, ungkapan ini bisa saja benar mengingat rokok mengandung ribuan zat kimia berbahaya yang mengancam kesehatan organ tubuh. Salah satu organ tubuh yang paling beresiko terkena dampak dari zat-zat kimia berbahaya tersebut tentu saja organ pernapasan kita, dalam hal ini paru-paru.

Ilustrasi rokok (photo by Canva)
Kedua, olahraga teratur. Menurut para ahli, aktivitas fisik atau olahraga seperti berjalan, lari, serta aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan fungsi paru-paru kita. Sangat masuk akal jika olahraga dikatakan dapat meningkatkan fungsi paru-paru, hal itu lantaran olahraga memang dapat melatih pernapasan kita. Mungkin anda sudah tahu bahwa orang yang sering berolahraga memiliki stamina yang lebih besar dan napas yang “lebih panjang”. Hal itu dibuktikan dengan kecepatan lari dan panjangnya lintasan yang bisa dilalui oleh orang-orang yang rajin berolahraga.

Ketiga, menjaga berat badan. Coba anda perhatikan orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, biasanya orang yang memiliki berat badan berlebih terlihat cepat lelah bukan? Menurut penelitian, obesitas memang berpengaruh besar pada kesehatan paru-paru. Orang yang mengalami obesitas memerlukan lebih banyak oksigen dibanding orang-orang dengan berat badan normal. Akibatnya, paru-paru akan bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Keempat, jauhi minuman beralkohol. Minuman beralkohol mengandung zat-zat kimia yang dapat menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan. Jika saluran pada paru-paru menyempit, tentu oksigen yang kita hirup tidak akan maksimal. Akibatnya, kita akan mengalami sesak napas. Oleh karena itu, bagi anda yang suka minum alkohol, berusahalah untuk berhenti mulai dari sekarang.

Kelima, jaga kebersihan. Kebersihan lingkungan dapat berpengaruh pada kebersihan udara yang kita hirup, hal itu bisa terjadi karena banyaknya debu di lingkungan tersebut. Selain kebersihan lingkungan sekitar, kebersihan badan juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Rajin mencuci tangan misalnya, sangat penting untuk mencegah virus-virus berbahaya masuk ke dalam tubuh. Jika ada virus berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, sangat mungkin jika paru-paru kita akan terkena dampaknya.

Minum air putih (Photo by Canva)

Keenam, perbanyak konsumsi air putih. Salah satu manfaat air putih adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan organ-organ tubuh kita, termasuk paru-paru. Mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari dapat membantu menjaga “kesegaran” paru-paru, bahkan dapat membersihkan nikotin dan tar dalam paru-paru seorang perokok. Selain itu, air putih juga mengandung oksigen yang diperlukan oleh paru-paru. Oleh karena itu, mulai sekarang minumlah air putih secara teratur, minimal delapan gelas sehari.

Terakhir, hindari makanan-makan yang dapat menghasilkan lendir. Menghindari makanan-makanan yang menghasilkan lendir merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang paling ampuh. Makanan-makanan yang menghasilkan lendir, antara lain: permen, coklat, serta produk olahan susu. Jika kita mengkonsumsi makanan-makanan tersebut secara berlebihan, maka paru-paru akan lendir dalam paru-paru akan meningkat dan udara yang masuk ke paru-paru akan berkurang. Dengan kata lain, lendir dapat mengurangi “kapasitas paru-paru.”

Makanan pembersih paru - paru

Selain cara-cara di atas, cara menjaga kesehatan paru-paru lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membersihkan paru-paru. Beberapa makanan yang dapat membersihkan paru-paru antara lain:

Buah (photo by Canva)
1. Buah Anggur

Buah anggur sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, buah anggur dapat menjaga kesehatan paru-paru karena buah yang satu ini mengandung berbagai vitamin dan  mineral penting yang dapat membersihkan dan menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan vitamin dan mineral dari buah anggur sendiri, antara lain: vitamin A, B, C, D, E, K, kalsium, zat besi, potassium, sodium, zinc, fosfor, serta magnesium.

2. Buah Nanas

Buah nanas mengandung vitamin dan mineral yang juga dapat menjaga kesehatan dan kebersihan paru-paru, vitamin dan mineral tersebut antara lain: vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B, zat besi, kalsium, magnesium, dan serat.

3. Bawang Putih

Bawang putih dikenal dapat menjaga kesehatan paru-paru karena memiliki kandungan senyawa allicin. Berdasarkan hasil penelitian terkini, senyawa allicin dalam bawang putih dapat menurunkan resiko terkena kanker paru-paru, caranya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih dua kali dalam seminggu.

Cara menjaga kesehatan paru-paru di atas sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kecuali kebiasan merokok dan minum alkohol yang biasanya butuh proses cukup lama. Akan tetapi, dengan tekad yang kuat, anda pasti bisa melewati proses tersebut.

Jangan lupa jaga kesehatan selalu ya saat pandemi ini. Stay Safe, Stay Healthy.


2 komentar

  1. Kalo bawang putih dah ikut dalam tumis kangkung masih berkhasiat gak ya

    BalasHapus
  2. kiat selalu berusaha jaga kesehatan paru2 dan jleb rasanya kalau ada ayng negrokok depan kita

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.