Cara Mudah Investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures dengan Aplikasi Pluang


[Keuangan] Sudahkah berinvestasi? Tentu saja sudah. Lima tahun lalu mulai belajar investasi. Tujuannya bukan untuk diri sendiri, tapi untuk masa depan anak-anak. Menjadi ibu itu penting banget belajar literasi keuangan, termasuk berinvestasi. Sekarang ini mau investasi banyak pilihan, dari mulai saham, reksa dana, logam mulia hingga mudahnya investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures dengan Aplikasi Pluang.

Kenalan dengan Micro E-Mini S&P 500 Index Futures

Semenjak menikah dan punya anak, tujuan keuangan tentu saja untuk pendidikan anak di masa depan, membeli rumah, hingga pergi haji. Tapi, namanya membeli rumah dan pendidikan di masa sekarang itu tidak murah. Banyak dana yang harus dipersiapkan, kalau hanya menabung saja tentu tidaklah cukup. Mumpung usia anak-anak masih kecil, dan waktu mempersiapkannya masih panjang, jadi mempersiapkan dana pendidikan bisa sedini mungkin.

Investasi itu banyak pilihan, bisa disesuaikan dengan jangka waktunya. Misal jangka pendek bisa deposito atau mungkin Logam Mulia. Sedangkan jangka panjang banyak pilihannya, bisa saham, Reksa Dana hingga tabungan berjangka. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Ketika berinvestasi, saya biasanya ditabung dahulu supaya terkumpul, barulah memilih jenis investasinya. 

Biasanya untuk uang investasi, saya sudah ada pos keuangannya setiap bulan. Semenjak pandemi mau investasi mulai maju mundur, padahal ini waktu yang tepat. Hanya saja ketika mau beli jenis saham yang diinginkan, dananya belum mencukupi. Jadinya sekarang ini mulai cari informasi jenis investasi yang sesuai budget. 


Pada 29 September 2020 akhirnya berkenalan dengan Micro E-Mini S&P 500 Index Futures yang diluncurkan Pluang dan menjadi gebrakan investasi 2020. Peluncuran produk investasi yang satu ini menjadi yang pertama di Indonesia. Dalam webinar kali ini ada beberapa narasumber yang hadir, yakni:
  • Claudia Kolonas selaku Co-Founcer Pluang,
  • Mr. Paul Fry selaku Chief Operating Officer of SFLLC, dan
  • Ken Handersen selaku Founder @Getherich
Terus apa itu Pluang S&P 500?

Pluang S&P 500 ini merupakan produk berjangka yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange (CME). CME adalah bursa pasar modal yang merupakan bursa derivatif terbesar di dunia. Dimana CME menawarkan berbagai produk perdagangan dalam berbagai kelas aset, termasuk produk agrikultur, mata uang, energi, suku bunga, logam dan indeks saham.

Hadirnya Micro E-Mini S&P 500 Index Futures ini menjadi upaya Pluang dalam memperluas akses terhadap produk investasi. Seperti yang diungkapkan Claudia Kolonas bahwa "Bagi Pluang, tujuan diluncurkannya produk ini adalah membuka akses lebih luas kepada masyarakat Indonesia terhadap produk keuangan mancanegara, dengan mudah, aman dan terjangkau. Setelah. sebelumnya Pluang sukses meluncurkan produk tabungan Emas Digital".

Disini juga jadi belajar nih, kalau mengukur kinerja pasar ekuitas di Indonesia yakni dengan melihat Indeks IHSG. Sedangkan produk dari Pluang ini dengan Indeks S&P 500 yang digunakan untuk mengukur kinerja pasar saham di AS. Dimana Indeks ini juga mewakili 500 perusahaan publik terpilih di AS. Untuk kapasitas pasar dari S&P 500 ini adalah sekitar US$ 30,5T atau setara 70-80% dari total kapitalisasi pasar saham AS. 


Adapun yang termasuk ke dalam Indeks S&P 500 ini ada VISA, P&G Amazon, Appel hingga Google. Kinerja Indeks S&P 500 sendiri dalam 5 tahun terakhir mengalami peningkatan. Seperti dalam grafik di atas yang menunjukkan bahwa ada tren positif secara umum di pasar sekuritas AS secara keseluruhan. Indeks juga menunjukkan volatilites saat terjadinya bear market, seperti saat COVID di bulan April. Yang menjadi penggerak utama imbal hasil indeks S&P 500 ada di sektor teknologi.

Pasti muncul pertanyaan nih setelah melihat indeks S&P 500, mengapa harus produk ini? Itu dikarenakan beberapa hal:

  • Sesuai fakta, Amerika Serikat adalah negara ekonomi terbesar di dunia sejak 1871 dan diprediksi akan terus tumbuh.
  • Dalam 10 tahun terakhir, saham AS berkinerja kuat seperti yang ditunjukkan oleh Indeks S&P 500.
  • Hanya perusahaan terpilih saja yang bisa memenuhi syarat masuk ek dalam indeks ini.
Ya, ternyata hanya perusahaan terpilih saja yang bisa memenuhi kualifikasi, seperti punya kantor pusat di Amerika Serikat, melaporkan laba positif selama empat triwulan terakhir, hingga telah IPO atau menjadi perusahaan publik selama satu tahun.

Investasi pada Pluang S&P 500 ini bisa jadi peluang buat siapapun yang ingin memulai investasi. Apalagi buat yang ingin terlibat dalam ekonomi internasional, suka tantangan dalam menghadapi risiko sedang-tinggi karena mengikuti risiko pasar ekuitas AS, hingga ingin mendiversifikasi portofolio investasi ke aset kelas lainnya untuk memaksimalkan imbal hasil dan menimalkan risiko.

Cara investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures di Pluang

Terus cara buat investasinya bagaimana ya? 


Tentu sangat mudah sekali hanya dengan tiga ketukan lewat aplikasi Pluang. Mengingat Pluang adalah platform digital yang membuka akses lebih luas kepada masyarakat Indonesia akan produk-produk keuangan dan investasi. Dengan inovasi teknologi finansial, Pluang hadir menemani perjalanan kita dalam meraih kebebasan financial. Aplikasi investasi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dapat memberikan akses kepada nasabah untuk berinvestasi pada indeks saham Amerika S&P 500, melalui Micro E-Mini S&P 500 Indeks Futures. Adapun yang akan diperoleh saat berinvestasi di Pluang S&P 500 adalah sebagai berikut:

  • Eksposur investasi ke 500 saham terbaik di Amerika Serikat dalam satu produk.
  • Diversifikasi saham pada berbagai sektor sekaligus.
  • Imbal hasil dari indeks S&P (Capital Gain) ketika harga penjualan melebihi harga pembelian.
Adapun cara mudah investasi Micro E-Mini S&P  500 Index Futures di Pluang hanya dalam 3 ketukan yang menjadikan investasi lebih praktis:

  • Download dulu aplikasi Pluang di playstore.
  • Buatlah akun di aplikasi, jangan lupa isi data dengan lengkap.
  • Sudah deh, kamu tinggal investasi Pluang S&P 500.

Setelah dana masuk ke untuk pembelian Pluang S&P 500 akan langsung diteruskan ke akun segregate PG Berjangka dan PT. Kliring Berjangka Indonesia (KBI), sehingga lebih aman dan terjangkau. Apalagi yang namanya investasi itu pasti ada risikonya ya, ada yang rendah hingga tinggi. Samahalnya dengan imbal hasil menarik seperti indeks S&P 500 ini, yang tentunya bisa menjadi pertimbangan, seperti:
  • Volatilitas pasar mungkin akan terjadi menjelang pemilihan presiden AS di bulan November.
  • Pergerakan indeks S&P 500 sering kali berlawanan dengan emas, jadi diversifikasi antara dua kelas aset tersebut dapat dipertimbangkan.

Mau investasi apapun pasti ada risikonya, yang penting jangan panik. Dan saat memilih investasi itu pastikan jelas dan aman juga. Berinvestasi di Pluang 100% aman dan terpercaya, karena Pluang berafiliasi dengan PT. PG Berjangka yang berlisensi BAPPEBTI untuk penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN). Perlu diketahui PALN adalah kegiatan penawaran kontrak dan menyalurkan Amanat Nasabah untuk kontrak tersebut dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh Bursa. 

Pasti ada yang bertanya-tanya, apa yang membedakan BAPPEBTI dan OJK?

Kalau OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan lembaga regulator independen yang meliputi perbankan, pasar modal, hingga sektor jasa keuangan, seperti asuransi, fintech, dan jasa keuangan lainnya. OJK itu ada di bawah naungan Menteri Keuangan.

Sedangkan BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) merupakan lembaga resmi pemerintah dengan fungsi umum regulasi perdagangan komoditi, valuta asing dan berjangka. Lembaga ini berada di bawah naungan Menteri Perdagangan.

Sudah siap investasi?


Kalau sudah ada dananya pasti siap ya, apalagi pembelian mudah dengan menggunakan aplikasi. Produk investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Future ini cocok buat invetasi jangka panjang. Jadi, kalau dana yang dimiliki lebih baik pikir-pikir dulu buat investasi di Pluang S&P 500 ini. Kalau sudah punya pengalaman investasi, produk ini cocok banget loh.

Nah kalau penasaran dengan produk investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Future, saatnya untuk download aplikasi Pluang di smartphone dan ikuti cara mudah hanya dalam 3 ketukan. Bahkan penjualan dan penarikan dana bisa dilakukan secara realtime.

Sebelum berinvestasi pastikan keuangan kamu aman ya, punya dana darurat juga. Karena namanya investasi itu bagusnya buat jangka panjang. Paling penting, cari informasi sebelum berinvestasi, pastikan juga keamanannya. Dan harus ingat juga dengan tujuan keuangan kamu ya, biar makin semangat berinvestasi. Selamat berinvestasi.

20 komentar

  1. Teknologi memang bikin "malas". Sambil rebahan aja kita udah bisa punya saham. Tinggal digenjot aja nih ngumpulin dananya. Mungkin setelah situasi normal, dana tabungannya cepet kekumpul buat gabung di S&P 500 ini.

    BalasHapus
  2. Aku udh kepikiran mau coba main di sini :). Selama ini main di platform investasi lain, tapi blm pernah coba yg berhubungan Ama saham LN . Mungkin itu jg sih yg bikin msh mikir Ampe skr:D. Tapi coba aku download dulu deh aplikasinya :)

    BalasHapus
  3. Sekarang mau investasi saham bisa pake aplikasi juga ya. Menarik banget. Makin gampang deh buat mulainya. Dan bener banget sih kalo kita mau mulai investasi pasti kan punya Dana darurat sih. Apalagi kalo kita mau mulai investasi jangka panjang. Di mana keuntungannya gak bisa cepet.

    BalasHapus
  4. Wah aku jadi pengen nyobain investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures dari Pluang nih teh, soalnya pasti aman dan caranya ternyata mudah banget yah haha. Nyobain ah hehe

    BalasHapus
  5. Ini aku tertarik kalau perekonomian udah stabil Lis. Kalau ikutan S&P 500 kita bakalan update juga nih soal perekonomian global lebih dulu. Menariknya bisa beli ketengan ya sahamnya :D

    BalasHapus
  6. Wah, jadi mudah ya sekarang bisa investasi dari rumah. Tinggal klik dan ngontrolnya bisa pakai aplikasi

    BalasHapus
  7. Jadi tertarik nih ngumpulin cuan dari investasi produk :) tapi sebelum itu, harus mengumpulkan ilmu terlebih dahulu, baru berinvestasi

    BalasHapus
  8. Investasi murah dan mudah lewat genggaman ya teh, judulnya. Pas banget buat segmen millenial. Walau baru memulai karir, gaji belum besar banget, tetep bisa belajar investasi

    BalasHapus
  9. Untungnya Pluang ini sudah terjamin ya. Investasi saat genting ini emang penting bgt, harus mencari peluang-peluang yg cocok dan aman seperti Pluang salah satunya.

    BalasHapus
  10. Mantap Pluang, kini dengan gadget saj bisa berinvestasi hingga luar negeri. Praktis ya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Sejatinya Aku juga pengen mulai investasi tapi emang harus ninba ilmu dulu biar enggak salah jalan. Kalo ada info selengkap ini kan membantu banget. Makasih ya mbaa

    BalasHapus
  12. Wahhh investasi jaman sekarang iniii.. Aman, mudah, proses cepat, modal juga tidak perlu besar tapi kita sudah punya investasi saham.

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang mesti pandai memilih investasi ya, dan kalau Dana dan pluangnya ada harus dilaksanakan, apalagi untuk jangka panjang

    BalasHapus
  14. wah keren ya Pluang S&P 500 ?

    Bisa investasi saham luar negeri

    Penasaran pingin coba ah, karena sekarang beli saham perusahaan internasional bisa semudah itu

    BalasHapus
  15. Nah, ini sangat menarik. Ada peluang investasi di perusahaan terpilih dan kita juga bisa tau historis dan risiko dari perusahaan tersebut. Terima kasih utk informasinya

    BalasHapus
  16. Biasanya saham perusahaan lokal yang didatangi investor asing... sekarang kita bisa jadi investor di negara lain dengan mudah. Cucok ini untuk investasi jangka panjang, dikit dikit lama lama jadi bukit

    BalasHapus
  17. dimasa pandemi seperti sekrg ini entah yg muda atau yang dewasa memang sudah seharusnya , memikirkan investasi jangka panjang ya teh li, sepertinya pluang&SP 500 jd sarana yang cocok untuk berinvestasi

    BalasHapus
  18. Teh Lis, menarik sekali nih bisa berinvestasi dengan Pluang. Apalagi sudah terpercaya, jadi tidak perlu was-was lagi ya. Kalau untuk proses penarikan atau penjualan saham yang dimiliki dari awal proses sampai dana masuk butuh berapa lama Teh?

    BalasHapus
  19. keren bgt mba, super jelas penjelasannya, pertanyaan2 paling basic-ku spt apa itu Pluang, apa aja produk2 investasinya, dan perbedaan Pluang dgn platform lain terjawab. Masih harus belajar lagi nih mba soal investasi. Terima kasih tulisannya mbaa sangat informatif dan insightful

    BalasHapus
  20. Makin kesini makin banyak yang bahasnya ya teh. Aku pribadi baru beberapa bulan terakhir mencobanya, pernah ngadian love IG juga tentang investasi, pengen banget mengedukasi buibuk buat melek investasi.

    Oh ya Pluang ini lagi banyak dibicarakan ya. Aku pikir reksadana ternyata basic ya dia saham dan aku baru ngeuh soal S&P500 ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.