Arenga Gula Aren Organik Sahabat Ibu Saat Membuat Makanan dan Minuman


[Resep Masakan] Banyak di rumah, ada hikmah tersendiri. Karena akhirnya bisa kembali ke dapur. Mengolah makanan dan minuman untuk dihidangkan kepada keluarga. Memasak itu menjadi caraku mencintai keluarga. Kan dari rasa turun ke hati, uhukkk. Ngomongin makanan dan minuman, aku tuh punya sahabat, yakni Palm Sugar Arenga.

Organic Liquid Palm Sugar Arenga

Semenjak menikah dan punya anak, aku tuh paling suka memasak. Masak tempe saja, anak tuh suka bilang "masakan mama enak", denger begitu tuh seneng banget. Kan jadi semangat gitu buat mengolah makanan lainnya. Apalagi kalau bikin seblak dan cilok, anak-anak seneng banget. 


Semenjak itulah jadi semangat cari resep buat bikin cemilan, daripada anak-anak banyak jajan di luar. Jadi mending aku sendiri saja yang belajar masak. Dalam mengolah makanan, minuman maupun cemilan, aku tuh suka pakai palm sugar. Kalau dulu suka bawa langsung dari kampung halaman. Tapi semenjak pandemi tidak bisa pulang, akhirnya memilih membeli Palm Sugar Arenga.

Organic Liquid Palm Sugar Arenga menjadi sahabat Ibu saat membuat makanan dan minuman. Begitupun aku sendiri. Semenjak pandemi ini memilih menggunakan Arenga gula aren organik. Sudah dari beberapa tahun yang lalu, dalam memasak saya memilih menggunakan gula aren ketimbang gula pasir. Karena gula aren itu mengandung antioksidan, yang sangat bagus dan bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu gula aren yang sering aku rasakan adalah bisa meningkatkan energi. Ketika ada tes lari waktu sekolah pasti lelah, nah supaya berenergi biasanya saya ngemil gula aren, pasti cepet banget. Begitupun ketika anak-anak diare, demam yang membuat susah makan. Cara turun temurun yang dilakukan adalah dengan memberikan air gula aren supaya tidak lemas lagi. Dari situ selalu stock gula aren.


Jujur, saat di Jakarta, susah menemukan gula aren yang sesuai dengan lidahku. Kebanyakan gula arennya yang suka aku temukan ada sedikit asinnya, dan beda aja gitu rasa dimasakannya juga. Makanya selalu bawa dari kampung halaman. Pas pandemi bingung juga, gula aren menipis di rumah, mana waktu itu sedang lockdown, jadi ga bisa pulang. Dan ingat ada Arenga yang juga dijual online di Tokopedia. Akhirnya beli tuh gula aren organik dari Arenga yang berbentuk gula semut dan cair. Ini cocok banget buat beragam masakan dan minuman. Akhirnya sekarang jadi sahabatku dalam membuat makanan dan minuman juga.

Arenga gula aren organik ini diproduksi oleh Manufactured By CV. Diva Maju Bersama Tangerang, Banten, yang sudah berlabel Halal MUI (Majelis Ulama Indonesia. Gula Aren Arenga yang biasa aku beli Gula Semut ukurang 1kg dan 225g, serta gula cair ukuran 650 ml dengan rasa original dan pandan.

Membuat makanan dan minuman dengan Arenga Gula Aren Organik 

Sejak dulu tuh memang paling suka memasak dengan menggunakan gula aren, daripada gula pasir. Mungkin karena sudah turun temurun juga. Nenek dan Ibuku lebih suka memasak menggunakan gula aren. Apalagi kalau buat wajit dan jalabria. Dalam produksi gula aren juga masih tradisional. Makanya sampai searang dalam membuat makanan, minuman dan cemilan lebih suka menggunakan gula aren.

Arenga gula aren organik yang juga menjadi sahabat memasak di rumahku. Kemarin membuat cemilan dan minuman juga buat anak-anak. Kebetulan lagi persiapan mau ujian juga, jadi harus sedia makanan. Ada 5 kreasi cemilan dan minuman nih buat keluarga yang saya buat dengan menggunakan Arenga gula aren organik:


1. Es Degan

Es Degan ini minuman favorit banget. Kalau di Garut atau Jakarta nyebutnya Es Kelapa Muda. Bikin minuman yang satu ini juga paling gampang. Tinggal beli kelapa muda utuh, siapkan es dan tambahkan gula aren organik Arenga. Kali ini saya pakai yang cair, kan memang enak banget dan pas rasanya. 

Biarpun cuaca di Madiun sering hujan, minuman yang satu ini selalu jadi pilihan. Apalagi ditambah gula aren organik, makin berenergi dan selalu fokus saat beraktivitas. Rasanya yang manis dan segar, bikin hari-hari jadi bersemangat, biarpun di rumah saja. Seminggu ada kali 4-5 kali beli kelapa muda utuh dan dibuat aneka minuman di rumah. Nah, kali ini menikmati es degan, dengan ayam goreng dan urap juga. Makin mantepkan.


2. Es Kopi Susu Gula Aren

Semenjak aneka minuman dari kopi ngehits, sepertihalnya Dalgona Coffee. Jadi kerajinan gitu bikin sendiri minuman. Jadi kalau kangen ngopi di cafe, bikin aja sendiri, salah satunya Es Kopi Susu Gula Aren. Karena pernah bekerja di resto, jadi tahu tuh berapa takarannya. Bahannya juga cukup gampang, tinggal sediain es, kopi bubuk, susu cair dan tentunya Arengan Gula Aren Organik.

Kalau sudah siapin Es Kopi Susu Gula Aren, tinggal siapin saja deh cemilannya. Kebetulan ada bolu kukus juga, jadi pas bangetkan jadi teman bersantai di sore hari. Atau jadi sahabat saat bekerja juga. Dan ternyata anak-anak juga suka banget es kopi susu gula aren, itu makannya suka sambil celupin biskuit dan bolu kukus juga.


3. Kolak Pisang dan Labu Kuning

Kalau ini kesukaan suami. Biarpun bukan bulan ramadan, aku tuh paling suka bikin. Karena suami suka banget. Apalagi ade Dimas, dia suka banget. Kalau dikasih pizza atau burger, anak dan suami pasti lebih memilih kolak atau bahkan rebusan ubi dan pisang. 

Membuat kolak juga paling gampang dan cepat. Tinggal siapin aja pisang, ubi kuning dan kolang kaling. Rebus sampai mendidih dan tambahkan Arenga gula aren organik, serta santan. Sudah deh. Nah kalau pakai gula aren oragnik Arenga ini manisnya pas banget. Ga perlu pakai banyak juga, sudah terasa manis, seperti yang bikinnya hehe.


4. Tape goreng

Nah kalau ini namanya tape goreng. Paling gampang banget, tinggal beli tape singkong, lalu buat adonan terigu, tinggal masukin dan goreng deh. Gampang bangetkan ya. Untuk taburannya aku tuh pakai Arenga Gula Semut. Asyik buat cemilan sore, apalagi kalau dilengkapi dengan kopi juga. 


5. Siomay

Ini dia siaomay ayam ceu lis hehe. Ini juga jadi cemilan kesukaan keluarga. Sekalinya mateng langsung habis say haha. Kunci siomay bisa enak tuh ada di bumbu kacangnya kalau menurutku. Makanya keluarga suka banget. Aku pakai resep turun temurun juga untuk membuat bumbu kacangnya, yang ga bisa aku share disini. yang pasti dalam membuat bumbu kacangnya, aku pakai juga gula aren organik Arenga, lebih nikmat rasanya.

Itu dia 5 cemilan dan minuman kesukaan keluarga yang selalu jadi favorit keluarga. Senang rasanya kalau setiap memasak selalu habis dan mereka bilang enak, bikin aku tuh selalu makin semangat untuk terus berkreasi dalam membuat makanan dan minuman.

Untuk pilihan gula aren untuk menambah rasa di masakan, tentu saja pilihannya Arenga Gula Aren Organik sahabat Ibu saat membuat makanan dan minuman. Untuk harga terjangkau banget loh. Gula Aren cair Arenga ukuran 1.3 kg saja harganya 55.000, kalau untuk yang Gula Aren Semut Arenga harganya 44.000 untuk ukuran 1kg. Untuk pembelian atau informasi produk bisa langsung cek:

1 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.