Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan 3 Anak

 mengatur-keuangan


[Keuangan[ Tahukah Ibu, biaya pendidikan sekarang ini semakin tinggi. Apalagi biaya sekolah ke SMA dan perguruan tinggi. Di kota-kota besar, biaya masuk sekolah ke TK juga sama besarnya. Tentu saja butuh sekali perencanaan keuangan jangka panjang untuk sekolah dan kebutuhan anak di masa depan. Ini yang selalu menjadi perhatian saya juga. Apalagi saya sudah memiliki dua anak dan kini sedang program anak ke-3. Maka perlu mengatur keuangan keluarga dengan sebijak mungkin.

Mengatur Keuangan Keluarga

Semenjak menikah dan memiliki anak, pikiran saya semakin ke depan. Banyak sekali yang dipikirin dari mulai kebutuhan keluarga, kebutuhan anak di masa depan, hingga biaya pendidikannya. Sekarang ini biaya pendidikan semakin tinggi. Tidak seperti zaman dulu. Tahun 2002 saya masih merasakan uang SPP Rp 50 ribu. Sekarang, tentu saja berbeda. Bisa berkali-kali lipat.

Maka dari itu, sejak hamil anak pertama, segalanya mulai dipersiapkan. Terutama untuk pendidikannya di masa depan. Apalagi ketika anak ke-2 lahir dengan jarak yang cukup dekat yakni hanya 2 tahun. Bisa dibayangkan dong bagaimana menghitung biaya sekolahnya. Anak-anak juga punya keinginan yang berbeda soal pendidikan. Kalau yang perempuan di masa depan ingin menjadi bidan. Sedangkan yang laki-laki ingin menjadi pilot pesawat tempur. Langsung muter otak untuk mengatur keuangan dengan sebaik mungkin.

mengatur-keuangan

Sebagai menteri keuangan di rumah, penting bagi saya untuk mengelola keuangan sebaik mungkin. Maka dari itu saya melakukan beberapa hal nih. Yang selama ini sudah dilakukan. Berikut adalah tips mengatur keuangan keluarga dengan 3 anak.

1. Menghitung total pendapatan

Yang pertama saya lakukan dalam mengatur keuangan adalah menghitung total pendapatan. Yakni dari gaji bulanan saya dan suami.

2. Menyusun pos keuangan yang menjadi prioritas setiap bulannya

Bagi saya sendiri, penting sekali menyusun pos keuangan yang akan dikeluarkan setiap bulan dan sudah menjadi prioritas. Mulai dari pos zakat/sedekah, pos biaya hidup, pos tabungan, pos asuransi dan investasi, pos dana darurat, dan pos gaya hidup. Semenjak tidak memiliki cicilan, saya jadi lebih memprioritaskan tabungan dan investasi.

3. Mampu membedakan keinginan dan kebutuhan

Yang paling penting dalam mengatur keuangan adalah bisa membedakan keinginan dan kebutuhan. Karena dengan ini bisa mengatur keuangan dengan sebijak mungkin.

4, Menuliskan setiap pengeluaran dan pemasukan

Setiap kali pendapatan masuk, harus dicatat. Begitu pun saat mengeluarkan uang. Penting buat mencatatnya juga Ibu.

5. Siapkan dana darurat

Manfaat dana darurat itu banyak banget. Entah itu saat keadaan darurat seperti sakit, biaya berobat, hingga digunakan saat kehilangan pekerjaan.

6. Memiliki tabungan, investasi, dan asuransi

Buatku ketiga hal ini sangat penting, dan setiap bulan sudah masuk dalam pos keuangan. Apalagi sudah mulai program anak ke-3, tentu kebutuhan dan pendidikannya harus dipersiapkan sejak dini. Semua itu untuk kedua anak saya yang kini berusia 10 dan 8 tahun, dan sekarang sedang program anak ke-3. Dengan memiliki anak 3, berarti tabungan jadi makin bertambah nih:

  • 1 tabungan pendidikan anak pertama, yang setiap bulannya rutin saya menabung sebanyak 10% dari pendapatan.
  • 1 tabungan pendidikan anak kedua, yang setiap bulannya rutin saya menabung sebanyak 10% dari pendapatan.
  • Perencanaan tabungan anak ke-3. Ini saya sudah 3 bulan ini rutin menabung sebesar Rp 200.000 per bulan.

mengatur-keuangan

Karena menabung saja tidak cukup dengan 3 anak, maka pilihan saya tentu saja dengan memiliki investasi. Dari reksa dana, deposito, LM, hingga saham. Iya apa pun ini saya lakukan buat anak-anak. Dan tak kalah penting adalah memiliki asuransi untuk memproteksi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya tujuan keuangan bisa terwujud.

Mengatur keuangan dengan sebaik dan sebijak mungkin, saya lakukan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di masa depan dan juga pendidikan yang setiap tahun biayanya semakin tinggi. Semuanya harus dipersiapkan sedini mungkin, jadinya #gercepmakinmantep deh.

Solusi mudah investasi di OVO | Invest

mengatur-keuangan

Dalam berinvestasi, saya memilih untuk persiapan kuliah anak. Anak pertama masih ada waktu 7-8 tahun lagi. Sedangkan anak kedua masih ada waktu 10 tahun lagi. Sehingga jangka waktu untuk berinvestasi cukup panjang . Jadi saya memilih saham dan reksa dana.


Mau berinvestasi seperti reksa dana makin banyak pilihan. Dan sekarang ada solusi mudah beli reksa dana di OVO | Invest. Buat para pengguna OVO, apalagi sudah upgrade ke OVO Premier bisa berinvestasi dengan pasti, mudah, dan aman di OVO | Invest. Adapun keunggulan investasi di OVO | Invest, sebagai berikut:


mengatur-keuangan

  • Proses pendaftaran mudah dan 100% online dalam aplikasi OVO.
  • Pembelian produk yang mudah dengan OVO Cash, dengan investasi mulai dari 10.000 rupiah.
  • Bebas biaya pembelian.
  • Saat pencairan langsung ke OVO Cash yang cepat, tanpa menunggu lama dan tanpa biaya admin.
  • Mendapat keuntungan dari return investasi.
  • Portfolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO.

OVO | Invest ini sudah aman, karena sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OVO | Invest diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2021. Di mana OVO bersama Bareksa menghadirkan produk reksa dana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bersama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Tentu saja ini menjadi sebuah terobosan baru di Indonesia dengan mengintegrasikan e-money dan e- investment. Menarik bukan? 

Terus registrasinya ribet enggak?

Tentu saja tidak. Registrasi OVO | Invest ini mudah dan enggak bikin ribet. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dari:

ovo-invest








  • Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo "Invest".
  • Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Untuk proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja.
  • Jika sudah terverifikasi, maka sudah bisa melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Buka portfolio dan klik "beli".
  • Minimum investasi mulai dari Rp 10.000.
  • Proses pembelian ini sampai realisasi di portofolio memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur).

Mudah bukan? Tentu ini jadi solusi mudah untuk pengguna OVO yang ingin mulai berinvestasi. Baik itu untuk kebutuhan anak di masa depan, maupun untuk biaya nikah mungkin, biarpun belum ketahuan jodohnya kapan datang. Yang pentingkan investasi dulu. Kalau ke depannya ingin dicairkan juga langsung masuk OVO Cash, jadi lebih gampangkan. Buat yang pengen tahu cara pembeliannya bisa simak cara-caranya sebagai berikut:

ovo-invest

  • Buka aplikasi OVO, klik Invest dan klik “Mulai Sekarang”
  • Setelah itu akan masuk Syarat dan Ketentuan, langsung centang saja “saya telah membaca” dan Lanjutkan.
  • Isi data tentang Profil risiko, lalu klik Lanjutkan. Disini akan ketahuan kita investor seperti apa. Setelah itu Lanjutkan.
ovo-invest

  • Isilah data diri, setelah itu kirim. Nanti kita tinggal menunggu 1x24 jam untuk verifikasi. Kemarin itu hanya butuh beberapa jam saja sudah diverifikasi.
  • Setelah di verifikasi, sudah bisa investasi. Buka OVO I Invest lalu klik Beli. Lalu diarahkan ke jenis investasi Reksa Dana Pasar Uang, klik saja.
ovo-invest

  • Kita akan diarahkan ke pembelian produk Reksa Dana. Jangan lupa baca ketentuannya dan klik “Oke, Siap”. Setelah itu baru masukkan nominal investasi, bisa dimulai dari 10.000 saja kok. Setelah itu klik “lanjutkan”, dan akan diarahkan ke konfirmasi pembelian, klik saja “setuju”.
ovo-invest

  • Setelah sukses tinggal bayar dengan OVO Cash, jadi pastikan ada nominalnya ya.
  • Setelah pembayaran selesai tinggal menunggu pembelian unit diterima dalam 1-2 hari bursa. Selesai deh.

Kalau sudah berinvestasi, dan hasilnya sudah banyak nih, mau cairinnya gampang tidak?Tentu saja gampang banget, tinggal ikuti beberapa cara berikut:

ovo-invest

  • Buka portfolio investasi
  • Klik pada button "jual"
  • Input jumlah yang akan dijual, lalau lanjutkan
  • Secara langsung dana akan cair ke OVO Cash

Sangat memudahkan ya bun, dari registrasi, beli, dan mencairkan investasinya. Memiliki tujuan keuangan dengan prioritas pendidikan anak di masa depan, harus mempersiapkan segalanya sedini mungkin. Dari mulai tabungan dan investasi untuk dana pendidikan dan kebutuhannya di masa depan. Dengan mengatur keuangan, jadi #gercepbiarmantep ya. Yuk daftar OVO I Invest sekarang juga dengan Klik disini.


15 komentar

  1. Asik, asiikk, makin banyak opsi instrumen investasi ya Teh.
    Jadinya kita sebagai ortu juga kian semangat utk persiapkan dana pendidikan/ masa depan buah hati.
    Aku mau pelajari lebih lanjut, ahh
    semoga cucok!

    BalasHapus
  2. OVO invest sebenarnya udah kubaca sekilas pada aplikasinya. Tulisan Mbak Liswanti ini jadi sangat membantu deh, so nggak bingung kalo mau investasi pada OVO.

    BalasHapus
  3. dengan 10 ribu sudah bisa berinvestasi di OVO Invest. Gampang banget ya.

    Saya dulu pakai OVO karena tergiur adanya cashback kalau bayar pakai OVO. Jarang jajan, jadi lama nggak buka aplikasi OVO. Ternyata sekarang bisa juga buat investasi ya, nggak cuma bayar bayar aja

    BalasHapus
  4. Jadi Ovo sekarang ada Ovo Invest ya, mba. Makin banyak aja cara orang utk berinvestasi ya. Apalagi ini ada aplikasi yang bs multifungsi macam Ovo.

    BalasHapus
  5. Wah, makin banyak alternatif untuk invest ya mak.
    Sekarang makin banyak orang pakai OVO. Kalau dulu, ada suara "ntar jd konsumtif" kalau pakai aplikasi semacam ovo dan temen2nya. Kalau skrg, mereka juga mengembangkan layanan untuk investasi jugak. Jd makin memudahkan ya ....

    BalasHapus
  6. mupeng banget ngejajal invest di OVO ini
    ntar mau baca baca lebih dalam, ahh
    siapa tau cocok utk profil saya sbg investor konservatif :D

    BalasHapus
  7. Wah, OVO sekarang ada fitur investasi ya Lis, bisa untuk beli Reksa Dana juga..aku biasanya investasi LM, pengen lanjut lagi Reksadana tapi bingung pilih yang mana yang bagus deh...

    BalasHapus
  8. OVO udah punya investasi? Kayaknya bisa jadi solusi ini, secara gitu sekarang dideketin agen asuransi orang orang pada alergi ya

    BalasHapus
  9. Sejak menggunakan OVO, aku juga selalu senang transaksi menggunakan e-wallet ini.
    Apalagi kini ada fitur baru yaa...untuk tabungan investasi.
    Perlu banget ini.

    BalasHapus
  10. Yang sulit adalah membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Kadang keinginan lebih mendominasi kebutuhan jadinya bablas deh.
    Oh ya, OVO makin banyak yang gunakan sekarang, apalagi ada juga reksa dananya. Memudahkan kita berinvesasi.

    BalasHapus
  11. Wuih, praktis banget ya investasi di ovo invest...
    Baru tau nih sekarang ada fitur baru yang keren begini... Update dulu ah aplikasinya...

    BalasHapus
  12. Eh beneran ya bisa invest di OVO? Aku baru tahu lho. Enak dong nggak perlu instal banyak 2 aplikasi investasi, bisa langsung pakai ovo aja.

    BalasHapus
  13. Pasti bisa lah saya juga ikuti dikit-dikit metode di atas.
    Anak saya baru 2 dan perempuan semua, setidaknya ada banyak irisan kebutuhan

    BalasHapus
  14. Aku belum mba Lis, ah rajin banget kamu mba
    aku masih belum nyatet perbulan. Kadang udah nyatet mandek di tengah jalan ehehhe

    BalasHapus
  15. Aku selalu rutin untuk mencatat pengeluaran keuangan harian dan nanti akan cek pengeluaran bulanan. Apalagi persiapan untuk kehadiran buah hati tercinta hehe, pengen gitu ngasih yg terbaik 🥰

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.