Dampak Positif dan Negatif Game Pada Tumbuh Kembang Anak

top-up-uc-pubg

[Lifestyle] Siapa yang anaknya suka bermain game?

Anak saya juga salah satu yang suka banget main game. Dulu ayahnya juga suka main game, apalagi sampai beli PS. Sekarang makin banyak game yang bisa jadi pilihan juga, mulai dari PUBG, Mobile Legend, Free Fire hingga Rangnarok. Biarpun saya tidak tahu cara memainkannya, setidaknya harus tahu ini game baiknya buat anak berapa tahun. Apalagi usia anak masih 9 dan 11 tahun, jadi sekalinya pegang handphone harus terkontrol dengan baik.

Dampak Positif dan Negatif Game

Seiring perkembangan teknologi, makin banyak juga game online yang bisa menjadi pilihan, saat me time saja, main game bisa jadi pilihan. Apalagi sekarang ada yang namanya e-sport. Beberapa kali menyaksikan langsung, keren banget loh. 

Masih ingat, waktu kecil tuh cuma cuma bisa melakukan permainan tradisional. Adapun game yang saya mainkan sewaktu kecil adalah gimbot, ada yang main juga tidak? Semenjak punya anak, mulai melihat banyak aplikasi permainan yang juga bisa mengedukasi anak-anak menurut usianya. Dari game belajar mengenal huruf, abjad, sampai binatang. Tentu ini juga bisa membantu tumbuh kembang anak juga. 

top-up-uc-pubg
Ilustrasi anak main game (Sumber: www.canva.com)
Tapi, tahukah Ibu, saat anak main game tetap harus ada dalam pemantauan orangtua juga. Apakah konten gamenya baik atau tidak untuk anak. Jadi Ibu, harus tahu juga dampak positif dan negatif game sebelum memutuskan memberikannya. Adapun dampak negatif bermain game adalah sebagai berikut:
  • Anak menjadi kecanduan.
  • Malas bergerak dan susah makan.
  • Kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  • Malas belajar.
  • Gangguan pada mata dan berat badan.
Yang namanya berlebihan memang tidak selalu baik. Maka dari itu, perlu sekali kontrol orangtua ketika anak main game. Nyatanya main video game itu ada dampak positif juga buat tumbuh kembang anak. Bersumber dari Klik Dokter, ada 8 manfaat bermain video game yang harus orangtua tahu, yaitu:
  1. Melatih otak dan mental. Saat bermain video game, anak butuh keterampilan, kemampuan berpikir abstrak dan cara berpikir yang baik. Beberapa keterampilan yang bisa didapat mulai dari melatih problem solving dan logika, berpikir cepat, hingga memperkuat memori dan konsentrasi.
  2. Mengenalkan teknologi. Semakin besar usia anak, maka ia akan semakin tertarik untuk menggunakan teknologi. 
  3. Sarana belajar yang menyenangkan. Sudah banyak video games yang berisi materi pelajaran sesuai dengan usia dan pendidikan anak.
  4. Membentuk kreativitas. Saat anak bermain, kreativitasnya menjadi terasah karena permainan merangsang otak untuk berpikir secara tepat.
  5. Meningkatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri anak juga meningkat, karena ia diberikan tanggung jawab untuk memberikan keputusan.
  6. Membantu anak dengan disleksia. Menurut penelitian di Inggris, permainan video games dapat merangsang perhatian dan membantu anak disleksia untuk belajar.
  7. Memberikan pengetahuan baru. Pengetahuan yang didapatkan anak saat bermain video games juga dapat bertambah.
  8. Melatih pengendalian emosi anak. Saat bermain dan muncul rintangan, anak diajarkan untuk tidak cemas dan tetap tenang.
Saya jadi ingat dengan drama China berjudul Go Go Squid yang diperankan oleh Yang Zi dan Han Shang Yan. Drama ini bergenre romantis, tapi yang menarik dan saya betah nontonnya adalah kisahnya antara seorang mahasiswa komputer dan seorang gamer profesional. Nonton drama ini banyak hal bisa didapatkan, dari mulai mengatur strategi untuk memenangkan permainan, kekompakan tim, persahabatan dan bagaimana para gamers menjaga kesehatan tubuh, serta pentingnya konsumsi makanan sehat. 

Setelah melihat bagaimana dampak positif bermain game terhadap tumbuh kembang anak, apakah akan mengizinkan anak berman game?

Top up game di mana saja

Biarpun ada dampak positif game pada tumbuh kembang anak, tetapi orangtua harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengizinkannya:
  • Komunikasi yang baik dengan anak.
  • Mengatur jadwal anak bermain game.
  • Memilih game sesuai usia.
  • Cek konten dalam game.
  • Aturan pembayaran, seperti kemudahan dalam top up game di mana saja.
Sekarang ini, orangtua juga bisa kontrol pembayaran, terutama saat anak ingin melakukan top up game, karena bisa dilakukan dengan GoPay. Ya, top up game di mana saja bisa lebih hemat dengan cash back sampai dengan 90%, bisa melakukan top up di:
  • Google Play
  • Apple
  • Codasop
Jadi semakin memudahkan melakukan top up google play, hingga top up codashop. Apalagi promonya berlaku juga untuk pengguna baru yang pertama kali transaksi dengan GoPay di Google Play, Apple, dan Codashop. 

Makin Mudah Top Up UC PUBG dengan GoPay

Masih ingat dengan video yang viral beberapa waktu lalu, ketika seorang anak pergi ke sebuah mini market untuk top up game? Tentu ini bisa membuat khawatir orangtua ya. Kalau pakai metode pembayaran GoPay tentu beda cerita. Keuntungannya, para orangtua bisa memantau dan mengontrolnya dengan sebaik mungkin. Kalau Gopay tidak ada isinya, tentu anak juga tidak bisa sembarangan Top Up. Apalagi untuk melakukan pembayarannya harus menggunakan PIN juga.

Pernah bertanya kepada adik yang suka main PUBG dan Mobile Lagends, sebenarnya top up itu buat apa? Ternyata top up uc PUBG itu untuk membeli barang-barang ingame. Kalau PUBG itu ada yang namanya mata uang virtual dinamai UC (Unknown Cash) digunakan untuk membeli create baik itu PUBG, Premium atau Superior. Dan untuk mendapatkan UC itu harus melakukan top up, yang bisa dilakukan dengan menggunakan GoPay. 

Terus, bagaimana ya cara Top Up UC PUBG dengan GoPay?

gopay

Berikut cara mudah Top Up UC PUBG?
  • Buka situs www.codashop.com.
  • Pilih Game PUBG.
  • Pilih jumlah nominal UC atau item game yang akan dibeli.
  • Pilih GoPay sebagai Metode Pembayaran.
  • Klik tombol "Bayar Sekarang", nantinya akan muncul laman baru "Lanjut ke aplikasi GoJek".
  • Setelah itu lakukan verifikasi pembayaran dan transaksi pun selesai.
gopay

Mudah bukan? Mau top up game apapun jadi mudah pakai GoPay, baik itu di Google Play atau bahkan Codasop. Apalagi sekarang ada promo game dan entertainment seperti PUBG Mobile di Codashop dengan mendapatkan Cashback 90%. Jadi ga ada alasan ya buat para penggemar PUBG buat selalu update. Apalagi Royale Pas Season sudah di depan mata. Kalau Top Up UC PUBG pakai GoPay untungnya banyak, apalagi di Codashop, bukan hanya cashback, tapi juga voucher hingga diskon. 

gopay

Sekarang ini mau ngapain saja, semua jadi bisa pakai GoPay dan lebih mudah. Mau bayar belanjaan, pesan makanan GoFood, bayar GoRide, dan GoCar, beli kebutuhan bulanan, isi ulang pulsa dan paket data, serta bayar tagihan di GoTagihan, hingga nikmatin hiburan favorit dan top up game, semua jadi makin mudah pakai GoPay.

Ada yang main PUBG juga?



Sumber Dampak positif game: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696048/dampak-positif-main-video-games-bagi-anak

20 komentar

  1. Game sendiri menjadi penghbur di waktu luang, walaupun banyak stigma negatif. Padahal itu dari kita sendiri yang menggunakan, kalau bijak pasti bisa membawa dampak positif.

    BalasHapus
  2. Satu sisi, aku masih khawatir ketika anakku terus bersentuhan dengan gawainya dan lebih excited bermain games dibanding belajar. Tapi dari games online juga sekarang peluangnya ada, untuk menjadi seorang profesional. Sebagai orangtua, masih meraba-raba bagaimana sebaiknya menyeimbangkan segalanya nih Mak. by the way, anakku kalau mau top up mesti pakai akun go payku tuh, plus dia juga lagi belajar jualan top up ke temennya. Lucu deh :))

    BalasHapus
  3. Meski beda generasi, tapi sebagai orabg tua kita juga harus update ya mbak. Apalagi perkembangan digital ini pesat sekali, termasuk game di dalamnya.
    Dan semua hal kalau tidak berlebihan pasti lah ada manfaatnya, maka dari itu pembayaran dengan metode uang digital menggunakan GoPay ini menjembatani komunikasi beda generasi ini ya mbak. Ortu jadi paham si anak topup berapa saja, si anak pun bermainnya terkontrol.

    BalasHapus
  4. anaku dulu sempet main pubg. skr udah engga lagi. iya ya ada gopay jadi gampang mau top up dan beli perintilan game. ga perlu repot beli voucher lagi ke minimarket :D

    BalasHapus
  5. Wah, baru tahu ternyata bermain game dapat membantu anak yang terkena disleksia. Selain itu manfaat lainnya juga banyak..

    BalasHapus
  6. anakku juga ada maen games online, semua itu harus ada kesepakatan sih agar semua aman, belajar dan liburan.

    BalasHapus
  7. Mau top up main game online kini mudah yaa..
    Ada banyak pilihan dan praktis sekali.

    Meski aku gak main game online, tapi kadang info top up ini penting kalau pas baca komik atau buku online.

    BalasHapus
  8. Game online itu ada manfaatnya seperti mba bilang. Nambah kecakapan juga dan mudah pelajari sesuatu yang baru serta cepat tanggap. Tapi tetap harus kita awasi ya sebagai ortu

    BalasHapus
  9. Yang main pubg anak saya. Tapi yang bayarin semua saya secara gopaynya di saya, hehehe...
    Betul sekali sekarang punya akun gopay bayar bayar dan beli beli makin mudah saja

    BalasHapus
  10. Asik ya sekarang bisa top up game online pakai GoPay. Nggak perlu repot ke minimarket lagi atau pakai kartu kredit, nih.

    BalasHapus
  11. Sekarang memang rada susah sih buat menghindar dari game. Tapi pinter-pinter kita buat perjanjian sama anak, kapan waktunya main kapan waktunya belajar
    nah sekarang top up game online pun makin mudah ya. gopay memang the best sih , apa aja bisa pake gopay

    BalasHapus
  12. Bener mak main game sebagai hiburan tapi jangan sampai anak-anak kecanduan jd lupa kewajibannya, ga mudah juga apalagi masa pandemi jam sekolah rasanya ga efektif anak banyak di rumah, kalau ortu ga tegas ga disiplin bahaya

    BalasHapus
  13. Gadget itu memang bisa negatif & positif ya buat anak. Asalkan pakainya ga berlebihan gak masalah ya apalagi anak juga perlu mengenal teknologi. Main game skr enak ya top upnya mudah bisa pakai Gopay

    BalasHapus
  14. Aku pelanggan setia gopay dari dulu mbak
    senang ya, gopay sekarang makin bisa digunakan untuk banyak transaksi, termasuk buat top up game juga

    BalasHapus
  15. Anakku mainnya mobile legend. Beberapa kali minta isiin gopaynya . Katanya buat beli top up game. Entahlah emak emak ini gak mudeng mobile legend. Yang jelas sekarang mau beli beli senjata di game mudah ya pakai gopay.

    BalasHapus
  16. Anakku sering bnget minta top up uc PUBG untuk membeli senjata gitu ingame sekarang lbih mudah biasanya pakai m-mobile tapi sekarang pakai Gopay jadi lbih praktis kadang Ada cashbacks lagi

    BalasHapus
  17. Anakku juga keranjingan game nih berusaha kuajak melakukan kegiatan lain misalnya olahraga, baca buku dan lainnya biar seimbang ya.. Suka top up via minimarket, kalau via GO-PAY lebih praktis nih top up game ya

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu ini anak main game disleksia, makasih mba infonya. Iya, ini memang ada positif dan negatifnya ya anak main game online

    BalasHapus
  19. Iya nih gopay makin mempermudah saja proses transaksi termasuk top up game. Saya juga rajin top up sih tapi untuk beli koin baca buku online.

    BalasHapus
  20. Game itu memiliki dampak positif dan negatif ya, Mba. Jadi, sebagai orang tua kita harus mengawasi anak agar tidak terlalu kecanduan. Apalagi sampai top up hingga ratusan ribu tanpa sepengetahuan. Untunglah sekarang top up game bisa pakai gopay, sehingga orang tua bisa mengontrol apakah memang perlu anak top up game.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.