3 Transportasi Garut Jakarta

transportasi-garut-jakarta
Wisata Garut Situ Bagendit
[Wisata Indonesia] Kereta Api dan Bus menjadi transportasi pilihan sejak dulu. Transportasi Garut Jakarta tersebut selalu saya gunakan, baik dari Garut ke Jakarta atau sebaliknya.

Saya lahir dan besar di Garut, dan merantau bersama suami selama 12 tahun di Jakarta. Setiap kali ingin pulang ke Garut pasti saya memilih transportasi bus atau kereta api. Begitupun saat akan pulang ke Jakarta, pasti lebih memilih untuk pakai Kereta Api dan Bus.

Transportasi Garut Jakarta

Menikah di tahun 2008, saya memutuskan untuk ikut dengan suami yang bertugas di Jakarta. Saya tinggal di Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur selama 12 tahun dari 2008 sampai Juli 2020. 

Hampir setiap bulan saya akan pulang ke Garut untuk menjenguk orangtua dan anak-anak. Kebetulan saat anak-anak masuk Sekolah, lebih memilih untuk tinggal di Garut yang sejuk bersama neneknya. Sampai akhirnya saya melanjutkan perantauan ke Jawa Timur bersama suami.

Perjalanan Garut Jakarta ditempuh selama kurang lebih 5 jam menggunakan transportasi umum, kalau pakai kendaraan pribadi jauh lebih cepat juga. 

Setiap kali pulang ke Garut saya memilih pakai bus, karena lebih dekat, yakni di pool Primajasa Cililitan (depan halte busway BKN), Jakarta Timur. Sedangkan saat pulang ke Jakarta, pasti naik bus di Terminal Guntur Garut, Jawa Barat.

Banyak sekali pengalaman seru yang bisa jadi kenangan atau cerita nantinya ke anak cucu saat menggunakan transportasi Garut Jakarta, apalagi pas naik bus:
  • Pernah ga sadar saat perjalanan, karena kecium asap rokok dari ruang belakang. Padahal waktu itu naik yang AC, karena memang belakangnya itu ada tempat merokok.
  • Pernah mules-mules selama perjalanan, sedangkan rest area masih jauh, kesiksa banget ini.
  • Pernah ketipu mau pulang kampung di hari kejepit, katanya bus masih kosong, nyatanya pas naik udah padet, akhirnya sebelum masuk tol turun lagi dan gagal pulang. Daripada dipaksain pingsan di jalan berdiri terus.
  • Pernah merasakan berlama-lama di terminal waktu mudik dan antri naik pakai nomer.
Tentunya masih banyak cerita serunya saat menggunakan transportasi Garut Jakarta. Semenjak tahu rasa nyaman naik Kereta Api, akhirnya beralih naik Kereta, biarpun dari Stasiun ke rumah itu jauh.

Menuju ke Garut atau Jakarta, banyak transportasi yang bisa jadi pilihan supaya bisa sampai ke tujuan dengan selamat, mulai dari:

1. Kereta Api Indonesia

transportasi-garut-jakarta
Melakukan perjalanan ke Garut atau sebaliknya, salah satu transportasi yang bisa menjadi pilihan adalah Kereta Api Indonesia. Setiap pulang ke Garut saya memilih menggunakan Kereta Api Indonesia dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir, dan akan turun di Stasiun Leles atau Stasiun Cibatu.

Apalagi semenjak ada Stasiun Garut, sekarang makin mudah saat ingin pulang ke Garut dari Jakarta, atau sebaliknya.

Adapun Kereta Api Indonesia yang bisa digunakan menuju Garut dari Jakarta, seperti:
  • Kereta Api Cikuray dari Stasiun Pasar Senen (PSE) dan bisa turun di Stasiun Leles, Stasiun Cibatu, dan Stasiun Garut, dengan harga tiket 45.000.
  • Kereta Api Serayu dari Stasiun Pasar Senen (PSE) dan bisa turun di Stasiun Leles, Stasiun Cibatu, dan Stasiun Cipeundeuy, dengan harga tiket 63.000.
  • Kereta Api Pangandaran dari Stasiun Gambir (GMR) dan bisa turun di Stasiun Cibatu, dengan harga tiket 160.000 sd 250.000.
Dulu sebelum ada Stasiun Garut, saya paling sering naik Kereta Api Pangandaran dari Stasiun Gambir dan turun di Stasiun Cibatu, begitu juga sebaliknya. Transportasi Garut Jakarta yang satu ini selalu jadi favorit sampai sekarang.

2. Bus

transportasi-garut-jakarta
Sumber foto: primajasa.co.id
Transportasi Garut Jakarta selanjutnya, bisa menggunakan Bus Antar Provinsi. Karena saya tinggal di Jakarta Timur, jadi setiap kali ke Garut, saya akan naik di Pool Primajasa Cililitan. Sedangkan kalau pulang biasanya naik dari terminal Guntur Garut atau Pool Primajasa Garut.

Bus Garut Jakarta sebenarnya banyak banget, apalagi kalau naik dari Pasar Rebo atau Terimanal Kampung Rambutan makin banyak pilihan. Mulai dari Bus Karunia Bakti, hingga Primajasa. Untuk harga tiket per orang mulai dari 45.000 hingga 100.000, tergantung jenis bus yang dipilih, kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif.

3. Travel Garut Jakarta

transportasi-garut-jakarta
Sumber foto: Cipaganti Travel
Sekarang ini transportasi Garut Jakarta atau sebaliknya juga makin mudah dengan adanya travel Garut Jakarta. Travel Garut Jakarta yang bisa menjadi pilihan itu ada Travel Cipaganti, Garut Express, Intan Travel Garut, hingga KPM Trans.

Jenis kendaraan travel Garut Jakarta juga beragam, ada yang pakai L300, Isuzu Elf, hingga Grans Max. Dengan harga tiket sekali jalan mulai dari 130.000 hingga 145.000 per orang. Menggunakan travel Garut Jakarta juga nyaman banget, karena ada pelayanan door to door (antar jemput).

3 transportasi Garut Jakarta ini bisa jadi pilihan buat para traveller juga yang ingin menikmati suasana di Garut, atau mau pulang ke Jakarta. Ada banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki juga.

Sudah pernah ke Garut dan pakai transportasi umum? Seringnya pakai apa nih?

1 komentar

  1. Garut Jakarta belum pernah ke sana, walau sering tertarik dengan Garut yang familiar dengan keunikannya sedikit berbeda dengan Bandung yang klasik dan romantis. Kereta api bisa diandalkan sih buat transportasi, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.