5 Jajanan Garut Yang Bikin Nagih

jajanan-garut
[Wisata Indonesia] Setiap pulang kampung ke Garut tuh, wajib banget buat kulineran. Banyak sekali jajanan Garut yang dari dulu selalu enak dinikmati dan tak lekang oleh waktu. Sebut saja mie lidi, cilok, es goyobod, cimol hingga kerupuk kulit. 

Sesampai di Garut bulan Ramadan kemarin, saya langsung ngabuburit buat mencari jajanan Garut di daerah Pengkolan. Jadi, di Garut tuh ada yang namanya Pasar Ceplak, disini banyak banget jajanan Garut yang bisa dinikmati. 

Jajanan Garut banyak yang ngehits dan selalu disukai. Pernah bawa teman dari Jakarta, mereka sampai kalap beli jajanan Garut. Dari mulai jajan di sekitar Alun-alun Garut, hingga ke daerah Sukaregang buat jajan produk kulit.

Kuliner Garut itu beragam, rasanya enak, bikin nagih dan harganya juga terjangkau banget. Jajanan Garut itu banyak, tapi kini saya akan bahas 5 jajanan Garut yang bikin nagih dan selalu favorit sejak lama.

5 jajanan Garut 

Sebenarnya jajanan Garut itu banyak banget yang bisa dicobain. Tapi kali ini mau bahas 5 jajanan Garut yang bikin nagih, dan ini selalu jadi favorit sejak kecil. Jadi, setiap kali pulang kampung, pasti jajannya pasti itu lagi, dan sekarang malah anak ke 2 saya juga suka banget.

1. Kupat Tahu

jajanan-garut
Jajanan Garut yang saya suka adalah kupat tahu. Kupat tahu ini isinya ada kupat, tahu goreng, tauge dan dicampur dengan kuah kacang. Tidak lupa pakai kecap, sambel dan kerupuk, emmm nikmat banget.

Pas pulang kemarin, langganan kupat tahu ternyata tutup, karena memang lagi puasa. Setelah lebaran baru deh bisa menikmati kupat tahu di pagi hari bersama keluarga. 

Ini tuh memang suka jadi menu sarapan juga di pagi hari kalau pas pulang ke Garut. Dulu, alm Bapak yang suka banget, terus saya juga suka, dan sekarang anak ke 2 saya paling suka makan kupat tahu.

2. Mie Bakso
jajanan-garut
Jajanan Garut selanjutnya yang saya suka pasti adalah Mie Baso. Duuh, kalau jajanan Garut ini memang nagih banget. Di Garut tuh banyak pilihan kedai baso, tapi yang saya suka selalu di Mie Bakso Mulang Sari, Mie Bakso M.Imu dan Mie Baso Sipeu'eut Garut.

Dulu sewaktu kecil, setiap orangtua gajian, pasti diajak buat ke Garut kota untuk belanja. Dan Mie Baso Mulang Sari ini sudah ada loh, malah sekarang di Garut sudah ada beberapa cabang. Begitupun dengan Mie Bakso M.Imu ada beberapa cabang juga, jadi bisa pilih mau di tempat yang mana buat makan bakso dengan enak dan nyaman.

3. Es Campur Garut
jajanan-garut
Jajanan Garut selanjutnya yang wajib dicobain dan bikin nagih adalah es campur Garut. Di Garut itu banyak pilihan juga es campur yang bisa dinikmati. Tapi, aku lebih suka Es Campur Sinar Garut, Es Campur Mang Oyen dan langganan di dekat Pasar Banyuresmi. 

Rajinan es campurnya selalu legit dan bikin nagih. Sehingga jajanan Garut yang satu ini harus selalu dicobain saat pulang kampung. Karena kalau sudah pulang, akan susah carinya lagi.

4. Surabi
jajanan-garut
Surabi PKPN Ciledug Garut adalah salah satu Surabi favorit saya sejak lama. Maklumlah, saya ini dari dulu sakit-sakitan, dan suka berobat ke PKPN Garut. Setiap sore pasti ada yang jual surabi ini, pasti selalu beli. Rasanya enak banget dengan berbagai toping, dari mulai abon, hingga oncom.

5. Lotek dan rujak
jajanan-garut
Kalau ke Garut tuh, jangan lupa jajan lotek dan rujak juga. Banyak banget penjual lotek di Garut. Lotek ini mirip gado-gado. bedanya ini hanya sayuran matang (lotek asak) atau bisa juga sayuran mentah (lotek atag).

Sebenarnya bikin sendiri juga bisa, tapi entah kenap selalu terasa beda kalau beli. Jadi, setiap kali pulang pasti jajan lotek, karena yang jualannya deket rumah juga.

Rujak buah dengan bumbu kentalnya, terasa nikmat banget. Kalau rujak yang selalu saya beli yang suka lewat ke depan rumah. Bahkan mamang yang jualannya itu sudah sejak lama banget.

5 jajanan Garut ini memang bikin nagih banget, dan favot sejak kecil. Jajanan Garut yang tak lekang okeh waktu selalu digemari. Apakagi di setiap jajanan itu ada banyak kenangan yang akan sulit terlupakan bersama orang-orang tersayang.

Jajanan Garut itu banyak dan beragam, rasanya unik dan enak, sehingga selalu bikin nagih untuk mencobanya lagi. Yang suka kulineran ke Garut, sudah coba juga belum 5 jajanan Garut yang bikin nagih?

1 komentar

  1. Hemm jajanan garut, pagi-pagi langsung ngiiler liat ini apalagi surabinya, di sini jajanan seperti ini udah mulai hilang apalagi es campur makin jarang yang jual kalah sama minuman dingin lainnya. Kalau yang lain di sini ada juga mungkin beda rasanya sama yang khas Garut. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.