Aki Lengser dalam Pernikahan Adat Sunda

adat-sunda
[Wisata Indonesia] Dalam pernikahan adat sunda, banyak sekali tradisi yang dilakukan. Dari mulai meuleum harupat, nincak endog, hingga saweran. Saat menyambut calon pengantin pria (CPP) yang datang ke rumah calon pengantin wanita (CPW) kita akan mengenal "Mamang lengser atau aki lengser" dalam pernikahan adat sunda.

Selalu suka dengan budaya sunda yang unik. Semenjak kecil, saya sudah belajar tentang adat pernikahan sunda. Menjadi bagian dalam rangkaian upacara pernikahan adat sunda Mapag Panganten membuat senang, ini menjadi pengalaman yang sulit terlupakan.

Tradisi Mapag Panganten ini dilakukan saat akan melakukan akad nikah, atau saat kedatangan calon pengantin pria. Bisa juga dilakukan saat acara resepsi, dimana menyambut kedatangan pasangan pengantin. Saat dimulai mapag panganten inilah akan dibuka oleh mamang lengser atau aki lengser.

Mengenal Aki Lengser

mapag-panganten
Dalam tradisi Mapag Paganten ini ada Aki Lengser, penari, pemegang umbul-umbul dan payung. Semenjak jadi WO dan beberapa kali menghadirkan upacara adat Sunda lengkap, senang dan terharu lihatnya. Selalu ingat zaman dahulu, masih jadi penari dan pemain degung.

Dalam pernikahan adat Sunda, Aki Lengser atau mamang lengser adalah tokoh sentral yang akan menjadi perhatian masyarakat, karena tingkahnya yang lucu. Aku Lengser adalah tokoh utama yang akan menyambut calon pengantin pria dan keluarga saat melakukan upacara pernikahan adat sunda.

Jadi ingat waktu belajar tari, pernah diungkapkan bahwa Aki Lengser ini merupakan simbol tetua yang ada di masyarakat. Memiliki peran sebagai penasihat dalam sebuah pernikahan. Bahkan sejak dahulu sudah dihormati. 

Bersumber dari mediaindonesia.com, lengser dalam budaya sunda adalah pesuruh dari kerajaan. Aki lengser adalah perwujudan dan perwakilan dari Sang Prabu atau Raja yang turun menemui dan menyatu dengan rakyatnya. Kedudukan Aki Lengser sangat tinggi, berada di atas patih dan di bawah Raja. Tugas Aki Lengser sebagai penasihat atau pedamping raja merupakan tugas yang sangat penting.

Aki Lengser ini karakternya lucu, kalau sudah hadir membuka acara, pasti bikin heboh dan upcara pernikahan adat sunda semakin semarak. 

aki-lengser
Aki Lengser akan menggunakan celana pangsi, sarung, baju kampret, dan menggunakan totopong beungkeut (ikat kepala tradisional khas Sunda). Karena digambarkan seorang kakek-kakek, jadi riasannya juga seperti kakek-kakek. Termasuk riasan dari ciri khas aki lengser adalah gigi ompongnya.

Saya masih ingat di masa sekolah, teman saya paling suka memerankan aki lengser, katanya karakternya itu unik dan selalu membuat tertawa. Sehingga dia terus belajar tarian khas aki lengser dan gerakannya. 

Keberadaan Aki Lengser bukan hanya dalam acara menyambun calon pengantin pria saja, tapi juga dalam sambutan acara-acara sekolah atau bahkan menyambut tamu-tamu penting, selalu ada Aki Lengser. 

Tradisi Mapag Panganten dalam upacara pernikahan adat Sunda memang sangat menyenangkan, sekalian saya bisa mengajarkan budaya dari tanah kelahirannya. Biarpun sekarang banyak yang ingin menghadirkan acara pernikahan dengan lebih simpel, tapi masih banyak juga calon pasangan pegantin yang mengangkat tradisi pernikahan adat Sunda, dari awal hingga resepsi pernikahannya.

Ada yang pernah menyaksikan Aki Lengser atau Mamang Lengser juga?





Sumber sejarah Aki Lengser: 
https://mediaindonesia.com/weekend/197007/aki-lengser-perwakilan-raja-yang-beralih-fungsi


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.