Lokasi Wisata Karacak Valley Garut

karacak-valley
Terasa hening dan menenangkan. Hanya ada angin, tarian kupu-kupu dan suara air mengalir yang menjadi senandung cinta di Lokasi wisata Karacak Valley Garut.

Tak ada resah, tak ada kebisingan, dan tak ada polusi yang membuat napas terasa sesak. Cukup merasakan kebebasan menghirup udara yang bersih, sejuk, sambil mendengarkan nyanyian alam di wisata hutan pinus Karacak Valley. 

Lokasi wisata Karacak Valley Garut berada di Margawati, Sukanegla, Garut Kota. Bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 40 menit dari tempat tinggal saya di Banyuresmi. Sedangkan dari pusat Kota Garut bisa ditempuh selama 30 menit. 

Lokasi Karacak Valley Garut

karacak-valley

Beginilah ekspresiku saat sudah sampai di gerbang masuk wisata hutan pinus Karacak Valley Garut. Namanya juga jalan ke hutan ya, perjalanannya tentu sangat memanjakan mata, fisik juga harus kuat. Sebenarnya disini saya menyesal, karena pakai outfit santai, mana pakai flat shoes dan kulot juga.πŸ˜‚ 

Lokasi Wisata Hutan Pinus Karacak Valley tepat berada di lembah gunung Karacak. Selain itu, tempat ini merupakan perbatasan Garut-Tasik juga. Tujuan awal datang ke wisata hutan pinus Karacak Valley untuk hunting foto keperluan konten. Saya pikir tempatnya ga banyak tanjakan dan deket gitu. Ternyata jauh kakak, apalagi kalau masuk lagi ke curug. Tahu begitu saya pakai outfit trekking.

Perjalanan dari rumah memang cukup jauh, biarpun sama-sama di Garut. Namanya juga pedesaan pasti butuh waktu untuk ke kota dan berlanjut ke Karacak Valley. Tapi, biarpun begitu rasa lelah dalam perjalanan jauh sudah terobati saat sampai di lokasi wisata hutan pinus. Asyik banget loh tempatnya, cocok buat prewedding tema alam.
karacak-valley-garut

Saran saja buat wisatawan yang ingin datang ke lokasi Karacak Valley. Lebih baik bawa kendaraan sendiri, karena tidak ada angkot untuk naik ke atas atau angkot yang sampai lokasi, kecuali ojek. Eh tapi sekarang sudah ada ojek dan taxi online juga di Garut, lebih mudah.

Kalau hendak menggunakan transportasi umum seperti bus, entah itu dari Jakarta atau Bandung, turun saja di Terminal Guntur. Sesampainya di Terminal Guntur, cari angkot trayek 01 (warna hijau) tujuan Terminal Guntur-Sukaregang, nanti minta turun di Margawati. 

Sedangkan yang pakai Kereta Api, nanti turun saja di Stasiun Garut. Bisa jalan kaki atau naik becak ke arah Toserba Yogya. Nanti ada angkot trayek 02 (warna cokelat) jurusan Terminal Guntur-Sukadana. Lalu turun di Margawati. 

karacak-valley
Di sepanjang jalan bisa lihat pemandangan dan ada jalan berbatu begini (terakhir kesini 2018)

Lokasi Karacak Valley ini ada di atas ketinggian, jadi sepanjang perjalanan bisa melihat dan menikmati pemandangan Kota Garut yang indah dan sejuk. Sepanjang perjalanan menuju lokasi banyak sekali tanjakan yang menikung tajam.

Beberapa kilo sebelum menuju lokasi jalannya mulai terlihat sempit. Kalau pas ada mobil dari arah berbeda, ya lumayan sulit juga. Jadi harus tetap fokus dan hati-hati saat menuju lokasi Karacak Valley. Terakhir datang ke lokasi Karacak Valley diperjalanan melihat ada jalan berlubang dan berbatu, semoga saja sekarang semakin bagus. 

Ada kejadian lucu, kan terakhir datang ke Karacak Valley itu pakai motor matic yang cc nya kecil, jadi pas ada jalan berbatu dan tanjakan tidak kuat nanjak πŸ˜‚πŸ˜‚. Akhirnya motor didorong sama adik dan saya jalan kaki, mana menuju lokasi masih jauh. Karena sudah lama tidak trekking, hasilnya ya begitu ngos-ngosan.

Bahkan bekal minum yang sudah saya beli di minimarket, akhirnya tetap habis sebelum sampai lokasi wisata hutan pinus Karacak Valley Garut. Karena benar-benar haus banget.

Tiket masuk dan fasilitas Karacak Valley
karacak-valley

Objek wisata perbukitan Karacak Valley bisa menjadi tujuan untuk menikmati keindahan alam Garut. Lokasi inistrategis dan mudah ditemukan, karena sepanjang jalan banyak penunjuk arah. Jadi jangan takut tersesat. Ya kalau masih bingung, bisa tanya Google Maps atau masyarakat sekitar😍.

Lokasi wisata Karacak Valley Garut ini dibuka sekitar bulan Agustus 2016. Kalau kata adikku, pengelolanya ada LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), dibawah naungan perhutani. Selain di kelilingi hutan pinus, bisa melihat perkebunan kopi. Jadi tahu juga jenis-jenis kopi di tempat ini.

Menuju lokasi ini, saya berangkat dari rumah jam 7 pagi, sempat berhenti cari sarapan dan cemilan di minimarket. Jadi, sampai lokasi sekitar jam 8 lebih. Untuk tiket masuk ke lokasi Karacak Valley ini cukup terjangkau banget.
  • Untuk tiket desawa dikenakan harga 10.000/orang 
  • Untuk tiket anak dikenakan harga 5.000/anak
  • Untuk yang berkemah dikenakan biaya 15.000 tanpa ada batasan waktu
Oh iya, harga tiket di atas waktu saya datang kesini sekitar tahun 2018. Kalau tidak salah ingat harga tiket tersebut  sudah termasuk asuransi juga. Untuk jam buka lokasi wisata Karacak Valley, itu buka jam 07:00 sampai 17:00. 

Saya berangkat pagi-pagi, karena kata adikku takut pulang dari curug kesorean, dan biasanya kabut sudah turun juga. Jadi memang enak jalan pagi dan pulang siang dari curug.

Sesampainya di lokasi, ternyata ada banyak fasilitas juga di lokasi ini, mulai dari:
  • Warung yang menyediakan jajanan, mulai dri kopi, gorengan, snack, minuman segar, hingga baso
  • Ada toilet umum di beberapa titik
  • Ada musholla
  • Area parkir yang luas
  • Ada beberapa spot-spot untuk istirahat
  • Penyewaan alat-alat camping

Kegiatan seru di Karacak Valley Garut

karacak-valley

Selama menikmati keindahan alam di lokasi wisata Karacak Valley, saya dan adik menikmati kegiatan seru dan menyenangkan. Buat yang ingin healing dan relaksasi diri, tempat ini cocok banget loh. Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di Karacak valley Garut, seperti:

Menikmati keindahan Curug Ngebul

Penampakan Curug Ngebul seperti foto di atas ya. Terlihat indah dan airnya dingin sekali. Saya pikir dari pintu masuk ke lokasi Curug Ngebul itu deket loh, ternyata jauh. Saya sempat dikerjain adik, bilangnya sebentar lagi, eh udah setengah jam jalan tidak sampai juga.

Perjalanan yang ditempuh tidak mudah, banyak tanjakan juga, mana pakai outfit yang ga nyaman banget. Setidaknya butuh waktu satu jam lebih untuk sampai Curug Ngebul dari pintu masuk. Karena saya kebanyakan berhenti untuk foto-foto, ngemil dan minum, serta istirahat. Pegel juga kaki.

Tapi, yang saya rasakan saat jalan kaki dan menikmati keindahan alam dengan hutan pinusnya, ada rasa tenang, damai, dan bikin pikiran lebih fresh juga. Tidak apa deh cape-cape jalan kaki sekalian olahraga, tapi hasilnya bikin hati bahagia. 
karacak-valley

Saat berjalan kaki menuju lokasi Curug Ngebul, seru banget melihat kupu-kupu sedang menari. Ada berbagai jenis kupu-kupu yang cantik sekali. Beberapa meter sebelum sampai Curug Ngebul, sudah terdengar suara air mengalir, membuat hati semakin tenang.

Sepanjang jalan, ada banyak pondok kecil untuk istirahat, ada warung juga tapi sayang hari itu masih tutup, dan musholla. Untuk jalan yang saya lalui seperti foto di atas, ada banyak anak tangga, jalanan naik turun dan berliku bagaikan kehidupan, eaaah. 

Sampai di curug tuh rasanya lega banget, langsung buka sepatu dan masu ke air. Duuh adem banget. Hari itu kami berpapasan dengan sepasang kekasih yang baru dari Curug, jadi pas saya kesana sudah tidak ada orang dan bisa bebas foto-foto keindahan alam.

Hunting foto di hutan pinus

karacak-valley

Berjam-jam ada di Karacak Valley puas banget bisa foto-foto, apalagi di hutan pinus. Sekalian cari inspirasi buat konten juga. Sebenarnya datang kesini, selain hunting foto, melihat lokasinya untuk kasih rekomendasi ke calon pengantin untuk melakukan prewedding. Karena pasangan pengantin itu ingin outdoor dan temanya keindahan alam.

Sepulang dari Curug Ngebul, adik saya sempat mengajak untuk melakukan perjalanan ke atas bukit melihat pemandangan dari Puncak Dogar. Katanya foto dari atas bukit lebih keren. Sayangnya saya sudah tidak sanggup nanjak lagi πŸ˜‚. Apalagi pakai outfit yang tidak maksimal, bikin kondisi tidak nyaman. Semoga saja deh next bisa ke Puncak Dogar.

Saat foto-foto saya melihat tanaman kopi, sudah ada tulisan kopi apa saja yang ditanam. Disini ada kopi robusta dan lainnya.

Berkemah

karacak-valley
Sumber: Instagram @karacak_valley
Sebenarnya saya tidak melakukan kegiatan berkemah, ya kali ga bwa peralatan. Ini hanya mau rekomendasiin saja ke pembaca setia blog saya. Bahwa di lokasi wisata Karacak Valley juga bisa melakukan kegiatan berkemah. Bahkan di malam hari pemandangannya jauh lebih keren. Kapan lagi coba melihat pemandangan Kota Garut dari atas bukitkan.

Suasana saat berkemah seperti foto di atas. Seru bangetkan bisa berkemah di hutan pinus sambil menikmati pemandangan Kota Garut di malam hari. Jadi, disini memang disediakan lokasi camping ground. Bahkan saat saya sampai ke tempat ini terdekat suara anak-anak remaja, ternyata sedang camping dari hari sebelumnya.

Begitulah cerita perjalanan saya ke lokasi Wisata Karacak Valley Garut. Semoga next saat pulang lagi ke Garut, ingin datang kesini lagi, dan melihat perubahannya sekarang ini.

1 komentar

  1. Duh pemandangan alamnya menyegarkan banget ini, jadi pengin ke wisata alam kayak gini. Tenang banget pastinya, akhir bulan begini setelah banyak pikiran pas buat referensi refreshing ini mah. Kalau ini jauh sih walaupun paket komplit pohon dan air terjun, mantep. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.