Menikmati Bakso President Malang Di Pinggir Rel Kereta Api

bakso-president-malang
Menikmati bakso President Malang di pinggir rel Kereta Api sensasinya memang berbeda. Saat Kereta Api melintas, lumayan bikin kaget dengan suara dan getarannya. Tapi ini seru banget.

Ketika berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur, harus coba untuk mencicipi bakso khas Malang. Sebenarnya banyak sekali kedai bakso, tapi yang bikin saya penasaran adalah Bakso President.

Bakso President lokasinya berada di Jl. Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Malang. Bakso President Malang ini persis di pinggir rel Kereta Api yang masih aktif tujuan Surabaya - Malang.

Menu dan Harga Bakso President Malang

bakso-president-malang
Bakso President Malang menjadi pilihan saya dan teman-teman saat ke Malang di tahun 2019, karena lokasinya juga mudah dijangkau dan dekat dengan Amaris Hotel tempat saya menginap.

Menuju lokasi juga cukup mudah dengan jalan kaki dari Amaris ke Bakso President Malang cukup 12 menit atau kurang lebih 950 meter. Kalau pakai transportasi dari hotel itu hanya 3 menitan saja, jadi saya dan teman-teman lebih memilih jalan kaki. Sudah kenyang makan bakso, badan juga segar habis jalan kaki.

Waktu datang ke Bakso President Malang pas banget menjelang ramadan. Jadi puas-puasin dulu deh untuk jajan bakso, sebelum besok puasa. 

Sampai di lokasi bakso saya dan teman-teman langsung pesan bakso President Malang. Ada beberapa menu dan harga Bakso President Malang yang bisa jadi pilihan, mulai dari:

bakso-president-malang
  • Bakso Bakar harganya 12.000/tusuk
  • Bakso Urat Bakar harganya 12.000/tusuk
  • Bakso Saja (Bakso kecil 5 biji) harganya 15.000
  • Bakso Urat (Bakso urat/tulang muda 5 biji) harganya 15.000
  • Campur Biasa (Bakso Kecil dan Urat, Siomay Basah, Siomay Kering, Tahu, Goreng Udang) harganya 16.000
  • Campur Hemat (Bakso kecil, bakso urat, siomay basah, siomay kering) harganya 11.000
  • Campur Jerohan (Campur biasa dan jerohan) harganya 20.000 
  • Campur Super (Campur biasa dan bakso super) harganya 22.000
  • Campur Komplit (Campur jerohan dan ati ampela) harganya 25.000
  • Campur Special (Campur Komplit dan bakso super) harganya 31.000
Untuk harga di atas tahun 2019. Jadi, bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi harga daging naik terus. Semoga saja harga tetap sama atau berubah juga tidak jauh dari harga di atas.

Di Bakso President Malang, juga menyediakan minuman segar, ada teh, juice, es teler, kelapa muda, hingga milo cincau. 

Saat datang ke Bakso President Malang itukan sudah malam, jadi menu yang saya pesan hanya bakso bakar dan menu bakso saja yang isinya ada 5 bakso kecil dan pangsit. Karena menu yang lainnya sudah habis, padahal pengen banget nyobain campur spesial, pasti bakal puas banget itu porsinya.
bakso-president-malang
Untuk bakso bakarnya saya pesan beberapa tusuk, karena 1 tusuk saja tidak cukup 😂😂. Sebagai pengemar bakso, puas banget makan di Bakso President Malang, dengan sensasi makan pinggir rel Kereta Api. 

Jadi, pas ada Kereta Api lewat, itu sudah berasa banget getaran meja dan mangkuknya. Begitupun dengan suaranya yang aduhai. Tapi ini seru banget. Tempat makan baksonya juga enak. Bisa di dalam atau di luar juga sambil menunggu Kereta Api lewat. Waktu ke Bakso President, saya pilih duduk di dalam saja, karena di luar sudah penuh.
bakso-president-malang
Untuk bakso bakar, bumbunya pas, ada pedas-pedasnya juga. Tapi, kalau kurang pedas, bisa cocol sambal aja lagi, akan lebih nikmat.

Biarpun belum mencicipi bakso campur spesial, yang saya lihat di Bakso President ini menunya lebih beragam. Dengan harga mulai 11.000 itu termasuk terjangkau sekali. Rasanya juga enak, kuah baksonya juga pas banget.

Sejarah Bakso President Malang

Kedai Bakso President Malang yang lokasinya pinggir rel Kereta Api Aktif ini, sudah berdiri sejak tahun 1977. Lumayan lama juga loh. Pantesan saja Bakso President terkenal banget di Malang dan selalu jadi pilihan para wisatawan untuk menikmati bakso khas Malang.

bakso-president-malang
Bakso President Malang ini didirikan oleh H. Abdul Gani Sugito atau biasa dipanggil Abah Sugito. Bersumber dari artikel yang saya baca di unileverfoodsolutions.com, Abah Sugito ini awalnya jualan bakso orang. Setelah 5 tahun berjualan di sekitar Kota Malang, mengumpulkan modal dan mencoba jualan sendiri.

Masih dari sumber yang sama, sampai akhirnya Abah Sugito membuka warung tenda di tahun 1982 di belakang Bioskop President, Malang. Dan dari nama bioskop inilah, nama Bakso President muncul. Bahkan dari dulu sampai sekarang, jualannya tetap pinggir rel Kereta Api. 

Dengan begini, Bakso President Malang punya ciri khas tersendiri, dan lokasinya juga banyak dikenal orang. 

Datang berkunjung ke Malang, jangan sampai terlewatkan untuk menikmati Bakso President di pinggir rel Kereta Api. Menunya beragam, rasanya enak dan bakso bakarnya favorit banget. Saya sampai bekal buat makan lagi di hotel.

Ada yang sudah menikmati ikon kuliner Malang yang satu ini?





Sumber tentang sejarah Abah Sugito Bakso Presiden:
  • https://www.unileverfoodsolutions.co.id/id/inspirasi-chef/bango-9-dari-10/resep-sukses/bakso-president.html

1 komentar

  1. Ramah di kantong kan baksonya apalagi rasanya nagih, memang rekomen bakso satu ini. Jadi pengin makan bakso, tapi ingat karbohidratnya tinggi, undur diri dulu deh. Buat yang liburan ke Malang wajib nyobain bakso ini, nih, terima kasih reviewnya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.