Traveling Berdua Dengan Bayi Dari Jakarta ke Bandung

traveling-dengan-bayi-ke-bandung
Traveling berdua dengan bayi itu memang seru banget. Apalagi setelah melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung beberapa hari lalu, ingin kembali mengulang ke kota lainnya.

Kali ini memberanikan diri untuk jalan berdua bersama bayi 1 tahun. Selasa malam (20/9) naik Kereta Api Bima dan sampai di Jakarta Rabu subuh. 

Sebenarnya ini traveling sekaligus kerja juga. Ya, kalau liburan berdua pasti gak bakalan diizinin, karena ada 2 anak lainnya yang akan cemburu. Jadi perjalanan kali ini memang untuk kerjaan juga.

Ya anggap saja ini traveling berdua dengan bayi, biarpun intinya adalah bekerja. Karena ini kerja rasa liburan juga.

traveling-dengan-bayi-ke-bandung

Traveling berdua dengan bayi tidak seribet yang dibayangkan. Apalagi kalau anak selama di perjalanan anteng banget. Dia tidur dengan nyenyak dan nyaman sekali. Padahal saat mau berangkat demamnya karena gigi tumbuh baru saja turun.

Setelah melakukan berbagai pekerjaan di Jakarta, akhirnya pada Jumat pagi saya melanjutkan perjalanan lagi ke Bandung. Traveling berdua dengan bayi dari Jakarta ke Bandung kali ini juga untuk menghadiri event komunitas.

Traveling Jakarta Bandung

traveling-dengan-bayi-ke-bandung
Pagi itu saya dan anak bayi memilih menggunakan Kereta Api Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir. Perjalanan kereta kali ini membutuhkan waktu 3 jam 2 menit. 

Kalau sudah naik Kereta Api, anak bayi pasti senang sekali. Selama perjalanan dari Jakarta ke Bandung, anak bayi terlihat semakin nyaman, tidak rewel dan antusias. 

Selama kereta mulai jalan, dia selalu berdiri untuk melihat pemandangan. Karena memang di siang hari, jadi bisa melihat pemandangan yang menarik. 

Traveling berdua dengan bayi ke Bandung memang menyenangkan sekali. Ini pertama kalinya buat bayi saya pergi ke Bandung. Semoga next bisa tinggal di Bandung ya, soalnya dia terlihat happy dan betah banget. Amin.

Saya sendiri sudah lama banget tidak ke Bandung, jadi kesempatan juga buat saya menikmati kembali suasana Bandung. Biarpun tidak bisa kulineran, setidaknya bisa ada kesempatan main sama anak di Braga. Kebetulan hotel untuk menginap kali ini, saya memilih De Braga by Artotel.

Sesampainya di Stasiun Bandung, suasananya bikin kangen. Stasiun Bandung yang sudah memiliki wajah baru memang terlihat berbeda dan lebih rapi. Sehingga nyaman sekali melihatnya.
traveling-dengan-bayi-ke-bandung

Traveling berdua dengan bayi dari Jakarta ke Bandung tidak melelahkan kok, karena memang dekat sekali perjalanannya. 3 jam saja sudah sampai. Anak bayi juga happy banget, dia begitu antusias melihat Bandung. 

Sampai saya terus berucap "doakan papa cepat pindah ke Bandung de, biar ga jauh-jauh pulang ke Garut". Semoga doa yang selalu terucap bertahun-tahun ini bisa terwujud. Amin.

Sampai di Kota Bandung, memang sedikit macet juga nih, namanya juga mau weekend, jadi terasa banget padetnya. Lokasi dari Stasiun Bandung ke Hotel juga dekat, tidak sampai 15 menit sudah sampai.

Sepanjang jalan, bisa menikmati suasana Bandung yang selalu bikin kangen untuk di jelajahi. Begitupun dengan anak bayi yang terlihat senang, apalagi pas sudah sampai di hotel, dia langsung merangkak kesana kemari, ketawa-ketawa dan gak lama langsung tidur pulas. 

Tips traveling berdua dengan bayi

traveling-dengan-bayi-ke-bandung

Setelah share story dan status kegiatan traveling berdua dengan bayi, banyak yang tanya juga, apakah ribet jalan berdua, apalagi bawa koper dan tas?

Alhamdulillah, traveling berdua dengan bayi itu menyenangkan dan gak ribet. Tentu ini bisa mengajarkan bayi juga, supaya tetap happy pergi kemanapun juga. Bisa mulai melatih anak bayi naik transportasi umum.

Setelah 3 kali bawa anak naik Kereta Api, dia terlihat sangat tenang dan lebih rileks dalam perjalanan. Ga ada drama menangis, atau jerit-jerit. Semuanya aman terkendali. Ada tips traveling berdua dengan bayi, mulai dari:
  1. Pilih transportasi yang nyaman. Banyak pilihan transportasi yang nyaman, tapi saya lebih suka pakai Kereta Api yang dekat dari rumah.
  2. Jangan terlalu banyak bawa barang. Saya cuma bawa 1 koper untuk baju saya dan bayi, dan satu tas ransel yang berisi laptop untuk saya kerja. Karena ini perjalanan kerja sambil liburan.
  3. Bawa makanan secukupnya. Pastikan di perjalanan itu bawa makanan bayi yang disukai, supaya anak tetap kenyang juga.
  4. Gunakan gendongan yang nyaman. Saya pilih gendongan yang simpel dan tetap nyaman, bisa dipakai dan dibuka dengan cepat.
  5. Pakai pakaian yang nyaman. Mau bayi atau Ibu, pakailah pakaian yang ssenyaman mungkin. Malah saya berangkat pakai sendal dan kaos kaki saja. Kalau anak cowo supaya tidak kedinginan, pakai baju panjang yang bahannya menyerap keringat.
traveling-dengan-bayi-ke-bandung
Itu dia 5 tips yang saya lakukan saat jalan berdua dengan anak bayi. Pilih juga hotel yang nyaman dan bersih untuk menginap dengan anak, supaya dia juga semakin happy. Next saya akan bahas hotel tempat kami menginap.

Ada yang punya pengalaman sama traveling berdua dengan bayi? Sharing yuk,


1 komentar

  1. Kalau udah dibilang travelling dengan bayi ini harus ekstra hati-hati apalagi harus menjaga si kecil agar tetap sehat dan senang selama perjalanan. Tapi, ucul juga ya yang satu ini aktif bermainnya. Gemes banget sama De Braga, jadi ekstra ya barang bawaannya dan yang banyak punya si kecil.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.