Wisata Kampung Warna Warni Jodipan Yang Hits di Malang

wisata-kampung-warna-warni-jodipan
Berkunjung ke kota Malang, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang hits, salah satunya adalah Wisata Kampung Warna Warni Jodipan.

Setelah puas menikmati Bakso President Malang, esok harinya saya dan teman-teman berkunjung ke Wisata Kampung Warna Warni Jodipan yang hits di Malang. Biarpun puasa hari pertama, tidak menyurutkan niat untuk menjelajahi tempat wisata yang hits tersebut.

Mumpung ke Malang, jadi gak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai tempat wisata, salah satunya adalah Wisata Kampung Warna Warni Jodipan, yang berlokasi di Gg I No. 20, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Pas pertama datang ke tempat ini, banyak banget spot foto yang cantik dan Instagramable, sayang pakai baju seadanya saja, jadi udah deh di maksmalin. 

Pengalaman pertama berkunjung ke Wisata Kampung Warna Warni Jodipan Malang

wisata-kampung-warna-warni-jodipan
Saya dan teman-teman sengaja berkunjung ke Wisata Kampung Warna Warni Jodipan sekitar jam 8 pagi. Pesan taxi online, yang ternyata lokasinya dekat dengan tempat menginap saya di Amaris Hotel Malang, hanya 3,7 km atau sekitar 10 menit saja.

Pas pertama masuk dikenakan biaya tiket masuk sebesar 3000 rupiah, itu di tahun 2019, entah kalau sekarang ya, karena belum kesana lagi. 

Pas pertama menginjakkan kaki ke Wisata Kampung Warna Warni Jodipan, banyak sekali area yang menarik. Bahkan tembok hingga jalanan dicat warna warni. Ada juga mural-mural yang tak kalah keren di sepanjang jalan.

Dari pintu masuk sampai keluar, saya dan teman-teman terus saja berfoto. Karena banyak banget spot kerennya. Dari mulai di tangga warna warni, hingga jembatan. 

Terus foto di area mana saja?

Kali ini, saya rekomendasikan spot-spot yang keren di Wisata Kampung Warna Warni Jodipan, mulai dari:
kampung-warna-warni-jodipan
1. Tangga warna warni

Sepanjang jalan di tempat wisata kampung warna warni Jodipan banyak banget tangga warna warni. Cobalah foto disini, dengan gaya paling santai ssambil bersandar pada tiang hehe.

Kiri kanan tangga juga berwarna warni, jadi terlihat cantik saat difoto. Saya dan teman-teman gantian foto disini, karena spot fotonya cakep banget.

2. Mural
kampung-warna-warni-jodipan
Spot foto selanjutnya adalah area mural yang memang banyak sepanjang jalan, kanan kiri itu banyak banget mural yang cantik sekali, pas banget buat foto-foto disini.

Saya dan teman-teman sampai berlama-lama di spot mural, karena banyak yang cakep dan Instagramable.

3. Lorong payung
kampung-warna-warni-jodipan
Spot ini banyak banget payung beraneka motif dan warna warni. Jadi betah banget melihatnya. Buat yang mau prewedding di sini, cocok banget pake spot lorong payung ini.

Karena cuacana sudah terasa panas, biarpun masih jam 9 pagi, saya dan teman-teman tidak berlama-lama di spot ini. Karena ingin menjelajahi spot lainnya.

4. Jembatan kaca
kampung-warna-warni-jodipan
Spot foto selanjutnya yang bisa dipilih buat foto-foto adalah Jembatan kaca yang menghubungkan Wisata Kampung Warna Warni Jodipan dengan Kampung Tridi.

Jadi, jembatan inilah yang menghubungkan kedua kampung tersebut. Mau berswafoto, hingga foto pemandangan di area ini hasilnya cantik sekali. Apalagi kalau pas ada kereta lewat, makin terlihat keren deh hasilnya. 
kampung-warna-warni-jodipan
Suka banget deh pas foto-foto di jembatan kaca ini, hasilnya bagus-bagus banget. Mau foto di area tangga menuju jembatan juga cakep banget loh.

Itu dia 4 spot foto yang bisa menjadi pilihan untuk melakukan sesi foto. Paling seru sih kalau jalannya sama teman, biar rame banget gitu. Katanya sekarang ada spot foto baru. Semoga next bisa kembali ke Wisata Kampung Warna Warni Jodipan ini ya.

Sejarah tempat Wisata Warna Warni Jodipan

kampung-warna-warni-jodipan
Sepanjang jalan di area Wisata Warna Warni Jodipan Malang ini ada banyak yang jualan juga, jadi kalau haus bisa tuh beli. Ada yang jualan souvenir juga.

Berhubung sedang puasa di hari pertama, jadi saya dan teman-teman tidak beli apa-apa deh. Harus kuat ya puasa hari pertama, biarpun panas banget.

Sempat tanya orang-orang di daerah sini, baru tahu juga kampung warna warni ini adalah yang pertama di Malang. Yang memiliki 2 wilayah, yakni Kampung Warna Warni Jodipan dan Kampung Tridi.

Bersumber dari liputan6.com, sejarah dari kampung warna warni ini sangat menarik. Jadi ternayata, sebelum menjadi tempat yang ngehits di Malang, awalnya kampung ini sangat kumuh. Disekitaran bantaran Sungai Brantas, banyak sekali sampah yang bertumpuk.
kampung-warna-warni-jodipan
Sehingga pada tahun 2016, sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malangterdorong hatinya untuk mulai membenahi kampung tersebut. Mereka pun menginisiasi program Corporate Social Responsible (CSR) yang bekerjasama dengan perusahan cat. 

Setelah itu, warga Jodipan juga semakin peduli dengan lingkungan. Tidak ada yang buang sampah sembarangan lagi, apalagi sampai membuangnya ke sungai.

Menarik sekali membaca sejarahnya di liputan6.com, jadi mengetahui awal mula Wisata Kampung Warna Warni Jodipan yang hits di Malang. Kampung warna warni ini juga diresmikan 4 September 2016, itu artinya sudah 6 tahun ya.

Jadi pengen datang lagi ke lokasi ini sambil membawa anak-anak untuk melihat secara langsung kampung warna warni Jodipan dan kampung tridi.

Ada yang sudah pernah mengunjungi salah satu tempat hits ini di Malang?



Sumber sejarah Kampung Warna Warni
  • https://surabaya.liputan6.com/read/4849035/kampung-warna-warni-jodipan-di-malang-sejarah-lokasi-dan-tiket-masuk

2 komentar

  1. Wah sudah berkunjung ke kampung warna-warni Jodipan, nih bagus kan kampung yang terlihat ceria ini. Banyak juga spot foto yang bisa digunakan, mantep enggak tuh. Jangan lupa kulinerannya kalau udah ke Malang. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Tau tempat ini, tapi blm sempet utk datangin ❤️. Aku seneng dengan tempat yg warna warni gini, kesannya bikin ceria. Dan bagus saat difoto. Udh kayak fotogenic 😄.

    Kalo banyak spot yg bagus gini, biasanya aku cari dulu ide pose yg sesuai, jadi pas sampe tujuan, ga bingung mau pose gimana 🤣

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.