Kembali Jelajahi Yogyakarta Untuk Ajarkan Teman Hidup Traveloka Cinta Indonesia

kembali-jelajahi-yogyakarta

Salah satu cara untuk selalu cinta dan bangga dengan Indonesia, adalah dengan melestarikan budaya Indonesia, merawat lingkungan dan alam Indonesia, hingga menggunakan produk buatan Indonesia.

Sejak kecil, anak-anak sudah diajarkan seni tari, memainkan alat musik daerah, hingga menggunakan kain Indonesia. 

Kini, untuk mengajarkan anak semakin cinta Indonesia, aku mulai mengajak teman hidupku traveling ke berbagai tempat sekaligus belajar sejarahnya, salah satunya dengan kembali jelajah Yogyakarta.

Teman hidupku adalah anak-anak. Aku pernah berjanji sama mereka untuk kembali ke Yogyakarta di bulan November, sambil merayakan ulang tahunnya. Aku berjanji akan mengajak mereka ke destinasi impiannya sejak lama dan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Bulan November nanti ayahnya anak-anak akan mengambil cuti tahunan, supaya bisa jelajahi Yogyakarta selama 4 hari 3 malam. Dengan begitu bisa mengunjungi banyak tempat wisata untuk #LihatDuniaLagi.

Alasan kembali jelajahi Yogyakarta bersama teman hidup Traveloka

pantai-indrayanti
Saat di Pantai Indrayanti Yogyakarta bersama teman hidupku (dokumen pribadi)
Yogyakarta merupakan salah satu destinasi impianku sejak dulu, dan sudah diwujudkan jelajahi berbagai tempat wisata di tahun 2019. Ternyata seringnya anak-anak menonton berita tentang Yogyakarta dan terakhir nonton Lee Seungi Gi di Netflix, mereka jadi pengen sekali ke mengunjunginya.

Biarpun di bulan Juli kemarin sudah ke Yogyakarta, tapi karena pergi bersama rombongan, jadi tidak bebas mengunjungi berbagai tempat. Belum banyak yang mereka pelajari dari tempat yang dikunjunginya.

Kenapa harus ke Yogyakarta? Ada beberapa alasan yang membuatku untuk kembali jelajahi Yogyakarta bersama teman hidup, mulai dari:

1. Janji yang harus diwujudkan

Mengajarkan anak untuk menempati janji, dimulai dari kita sebagai orangtuanya. Bertepatan dengan ulang tahun anak pertama di bulan Oktober, anak kedua di bulan November dan anak ketiga di bulan September, untuk menuntaskan janji kembali ke Yogyakarta.

Mereka sangat antusias sekali, saat bilang akan kembali ke Yogyakarta. Biarpun kado ulang tahun jalan-jalan ini digabung antara anak pertama hingga anak ketiga, mereka tetap senang. Apalagi mengumpulkan dana liburan itu butuh waktu. Setuju?

2. Lokasi destinasi impian yang dekat

Sebenarnya aku tuh punya destinasi impian yang ingin diwujudkan tahun ini, pengen ke Bali dan Labuan Bajo. Berangkat sendiri sih bisa, tapi masa iya anak-anak tidak di bawa, pasti nangis. 

Sambil menabung untuk jelajah Bali dan Labuan Bajo bersama teman hidup, akhirnya aku wujudkan saja dahulu kembali jelajahi Yogyakarta, karena lokasinya sangat dekat dengan tempat tinggal saat ini. Hanya butuh waktu 2 jam saja dari Madiun. Bisa bawa mobil sendiri, atau naik Kereta Api Indonesia.

3. Banyak tempat wisata bersejarah dan wisata edukasi yang bisa dikunjungi dan dipelajari
kembali-jelajahi-yogyakarta
Salah satu cara membuat anak semakin Cinta Indonesia, adalah dengan mengajarkan mereka tentang sejarah bangsa. Di Yogyakarta itu banyak sekali tempat bersejarah yang bisa dipelajari juga. Jadi anak-anak bisa belajar saat mengunjungi wisata edukasi dan wisata sejarah.

Jadi niat awal aku sama suami kalau bawa anak jalan-jalan tuh, bukan hanya senang-senangnya saja, tapi bisa membuka wawasan baru buat mereka. Mumpung masih kecil dan bisa eksplor banyak hal.

Pengen banget melihat tempat latihan menari dari berbagai daerah juga, supaya anak mau belajar, serta semakin cinta budaya bangsa dan tetap dilestarikan.

4. Kulineran dengan harga terjangkau

Saat traveling, jangan sampai lupa untuk menikmati kuliner khas dari daerah yang dikunjungi. Di Yogyakarta tuh bikin aku suka makan. Selain kuliner yang beragam, harganya juga terjangkau.

Teman hidupku yakni anak-anak dan suami buka tipe pemilih makanan. Makan apapun pasti mereka suka. Selama pergi ke Yogyakarta, kulinernya cukup beragam, jadi anak-anak dan suami bisa makin happy kulineran. Mau kuliner gudeg, seafood dan jajanan lainnya pasti mau-mau aja mereka.

5. Banyak pilihan hotel

Waktu pertama bilang akan kembali jelajahi Yogyakarta, anak-anak antusias banget, mereka ingin memilih hotel sendiri supaya staycation jadi lebih seru. Mereka buka aplikasi Traveloka dan memilih mana saja hotel yang akan dipilihnya untuk 3 malam.

Di Yogyakarta sendiri banyak sekali hotel yang bisa menjadi pilihan, dari bintang 1 sampai bintang 5. Tinggal sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

6. Bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dalam satu hari
kembali-jelajahi-yogyakarta

Dari pengalaman yang sebelumnya saat jelajahi Yogyakarta, saya bisa mengunjungi berbagai tempat dalam satu hari. Dari wisata sejarah, hingga kulineran.

Karena mau liburan dalam 4 hari 3 malam di Yogyakarta bersama teman hidup, bisa puas mengunjungi berbagai tempat wisata.

4 Persiapan Jelajahi Yogyakarta

Masih ada waktu untuk melakukan perjalanan kembali ke Yogyakarta bersama anak-anak. Jadi, kami bisa melakukan banyak persiapan, seperti:

kembali-jelajahi-yogyakarta
1. Menyiapkan dana yang dibutuhkan selama liburan

Selama 4 hari 3 malam di Yogyakarta, perlu banyak sekali yang disiapkan, seperti dana yang dibutuhakan selama liburan. Mulai dari:
  • Biaya makan 5 orang selama 4 hari, kecuali sarapan bisa di hotel dan beli makanan khusus bayi.
  • Biaya hotel selama 3 malam.
  • Biaya jajan anak-anak, karena pasti anak-anak pengen jajan macam-macam.
  • Biaya bensin, karena ada teman suami yang akan meminjamkan mobil selama liburan.
  • Biaya oleh-oleh.
  • Biaya laundry.
  • Biaya masuk tempat wisata untuk 5 orang.
  • Biaya lain-lain dan dana darurat.
Kalau untuk hotel gampang banget memperkirakan biayanya, karena bisa langsung cek di Traveloka Hotel. Untuk biaya makan sudah punya perkiraan sendiri, soalnya udah 4 kali ke Yogyakarta. Begitupun dengan biaya laundry dan masuk tempat wisata. Jadi lebih mudah memperkirakan biaya-biayanya.

Yang jadi tantanganku tuh adalah biaya jajan anak-anak, terkadang udah menyiapkan sesuai budget, eh anak-anak lihat barang yang lucu, pasti suka minta beli. Ga diturutin, pasti bapaknya yang beliin, sama saja jadi biaya tak terduga.

Setiap kali akan melakukan perjalanan, aku akan membuat tabungan khusus sebagai target 

2. Membuat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi

Kalau tidak direncanakan dari awal, biasanya aku bingung mau kemana dulu perginya, jadi apa-apa tuh harus dibuatkan daftarnya. Entah itu daftar oleh-oleh yang akan dibeli, termasuk tempat wisata.

Ada beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang ingin dikunjungi nanti bersama teman hidup, seperti:
  • Mengunjungi Kampung Wisata Taman Sari yang bersejarah.
  • Makan Gudeg Mbok Lindu yang legendaris.
  • Taman Pintar Yogyakarta, sekalian anak belajar juga dari beberapa wahana yang ada disana.
  • Museum Benteng Vredeburg.
  • Mesjid Gedhe Kauman.
  • Taman Budaya Yogyakarta.
  • Beli batik di Teras Malioboro untuk anak-anak dan keluarga.
  • Mengunjungi alun-alun selatan Yogyakarta, karena anak-anak sering melihat di jelajah mitos. Jadi mereka penasaran banget.
  • Mengunjungi Ratu Boko
  • Mengunjungi Candi Prambanan
  • Menikmati Tempo Gelato
  • Candi Borobudur
  • Berkunjung ke Pantai Indrayanti
Dan tentunya masih banyak lagi tempat yang dikunjungi, kalau waktunya cukup.

3. Membuat itinerary

Untuk memudahkan jelajahi Yogyakarta, aku sempat buat itinerary sederhana bersama teman hidup Traveloka untuk 4 hari 3 hari.

Hari pertama ke Borobudur

kembali-jelajahi-yogyakarta
Sumber foto Canva
Rencananya aku dan teman hidup, akan berangkat pagi hari Senin di bulan November ke Stasiun Yogyakarta dari Stasiun Madiun di pagi hari naik Bangunkarta, yang akan sampai sekitar jam 9 pagi.

Sesampainya di Stasiun, kami akan berangkat ke Borobudur pakai kendaraan pribadi. Untungnya ada teman suami yang mau kasih pinjem mobilnya.

Sudah lama banget pengen ke Borobudur. Apalagi Borobudur termasuk destinasi pariwisata super prioritas. Tentu harus dikunjungi, sekaligus anak bisa belajar juga disini, supaya makin cinta Indonesia.

Sore harinya kami akan kembali ke Yogyakarta dan menginap di Gaia Cosmo Hotel. Dan malamnya bisa jalan-jalan ke Alun-alun selatan Yogyakarta sambil cari kulineran malam juga dekat daerah situ.

Hari kedua ke Gunung Kidul

kembali-jelajahi-yogyakarta
Pantai Indrayanti (dokumen pribadi)

Di hari kedua, setelah sarapan dan menikmati suasana di Gaia Cosmo Hotel, langsung menuju ke Gunung Kidul Yogyakarta. Karena perjalanan juga lumayan jauh, ada sekitar sejam lebih. 

Di Gunung Kidul kami ingin mengunjungi kembali Pantai Indrayanti, Taman Bunga Amarilis hingga Gua Pindul. Semoga waktunya cukup juga mengunjungi lokasi wisata ini. 

Karena perjalanan pasti cape banget, anak-anak pengennya menginap di HeHa Ocean Glamping. Jadi bisa menikmati sunset juga disini.

Hari ketiga ke Candi Prambanan
prambanan
Candi Prambanan (dokumen pribadi)
Di hari ketiga ini, melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Candi Prambanan, dan Ratu Boko. Dari sini, kami bisa melanjutkan untuk melakukan perjalanan ke Taman Pintar dan menikmati Tempo Gelato dulu nih. 

Kalau waktunya cukup pengen janjian sama temen juga untuk ke Mesjid Gedhe Kauman dan kulineran malam di sekitar Malioboro sambil jajan batik. 

Di malam terakhir ini, kami akan menginap di Jambuluwuk Malioboro Hotel.

Hari keempat Ke Kampung Wisata Taman Sari
kembali-jelajahi-yogyakarta
Taman Sari (dokumen pribadi)
Di hari terakhir ini, bersama teman hidup bisa mengunjungi kampung Wisata Taman Sari, Museum Benteng Vredeburg, makan gudeg mbok lindu, mengunjungi pasar Beringharjo. 

Kalau waktunya cukup sebelum kami pulang ke Madiun, kami ingin ke Monumen Yogya Kembali, supaya anak-anak bisa belajar dan menambah wawasan tentang sejarah. 

Dan di sore hari kami akan pulang ke Madiun dengan menggunakan Kereta Api Sancaka. Tak lupa sebelum ke Stasiun cari oleh-oleh dulu. 

4. Booking hotel dan Kereta Api secara online

kembali-jelajahi-yogyakarta
Ilustrasi booking hotel (dokumen pribadi)
Supaya liburan tetap aman dan nyaman, apalagi di masa-masa pandemi, aku tuh lebih suka booking hotel dan Kereta Api secara online. 

Senang tentunya bisa staycation lagi di Yogyakarta. Supaya liburan makin aman dan nyaman, aku dan anak-anak memutuskan cari hotel dekat tempat wisata juga untuk lihat dunia lagi.

Sebelumnya suka searching dulu buat booking hotel murah. Sehingga #StaycationJadi lebih hemat juga. Yang suka banyak promo tuh di Traveloka Hotel, malah pernah dapat hotel bintang 4 dengan harga 350.000 juga, terjangkau bangetkan? Itu sudah sama sarapan juga loh. Coba saja cek langsung di aplikasi Traveloka atau websitenya.

Booking Kereta Api juga sama kok seringnya di Traveloka, dan suka memanfaatkan beragam promonya juga. Pokoknya mau booking hotel dan Kereta Api secara online pakai Traveloka.

Booking hotel di Traveloka

Sebelumnya aku sudah nyebutin hotel mana saja yang dipilih. Ini sesuai keinginan anak-anak dan aku juga. Staycation lagi di Yogyakarta pasti mereka senang sekali. Enaknya jauh-jauh hari sudah booking hotel di Traveloka. Pilihan hotel aku sebagai berikut:

1. Gaia Cosmo Hotel 
gaia-cosmo-hotel
Traveloka.com

Pertama kali datang ke Gaia Cosmo Hotel ini mengunjungi teman, melihat hotelnya asyik banget. Fasilitasnya juga banyak. Jadi pengen staycation lagi di hotel ini.

Untuk fasilitas sendiri, mulai dari kolam renang, ruang keluarga, restoran, hingga pusat kebugaran.

Gaia Cosmo Hotel merupakan Hotel Bintang 4 yang berada di Jl. Ipda Tut Harsono no. 16 Muja Muju Kec. Umbulharjo Yogyakarta.

Gaia Cosmo Hotel ini memadukan konsep bangunan klasik modern, tentunya dengan sentuhan minimalis. Biarpun waktu itu ketemu di lobby sama teman, suasananya nyaman banget. Apalagi bisa menginap disini, makin seru sama teman hidup Traveloka.

2. Heha Ocean Glamping

heha-ocean-glamping
Traveloka.com
Di malam kedua, anak-anak pengen banget menginap di Heha Ocean Glamping, mereka habis searching hotel ini dan senang dengan lokasinya. 

Lokasinya sendiri terletak di Pantai Nguluran yang berada di Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Disini bisa menikmati view laut biru yang indah. Penginapan bintang 3 ini menawarkan konsep glamping yang mewah.

Menginap disini tentu akan menjadi pengalaman berkemah yang seru bareng teman hidup.

3. Jambuluwuk Malioboro Hotel

hotel-dekat-malioboro
Traveloka.com
Di malam terakhir, anak-anak pilih hotel di Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta. Karena waktu ke Yogyakarta bulan Juli udah penuh, jadi next bisa booking jauh-jauh hari.

Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta merupakan hotel bintang 5 yang ada di Jalan Gajah Mada no. 67 Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. 

Hotel ini juga sangat dekat dengan Jalan Malioboro, sehingga bisa jalan-jalan, sambil menikmati suasana Yogyakarta.

Fasilitasnya juga lengkap, ada kolam renang, spa, taman bermain buat anak-anak, restoran, hingga pusat kebugaran.

kembali-jelajahi-yogyakarta
Dengan staycation lagi bersama teman hidup, semoga mereka senang merayakan ulang tahunnya sambil jalan-jalan. Apalagi sesuai dengan destinasi impiannya. Anak-anak juga bisa belajar banyak hal, untuk selalu cinta dan bangga Indonesia.

Bukan hanya mereka, Yogyakarta juga selalu ngagenin buatku. Dari kuliner, budaya, hingga tempat wisatanya. Semakin cinta Indonesia.

Semoga dengan kembali jelajahi Yogyakarta untuk ajarkan teman hidup Traveloka cinta Indonesia, di tahun depan bisa  jelajahi destinasi impian lainnya untuk #LihatDuniaLagi.

Yuk, #LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini.

3 komentar

  1. Yogyakarta kota sejarah dan legend di Indonesia, siapa yang tidak ingin ke sana untuk sekadar berkunjung ke candi atau keratonnya. Impian banget apalagi kalau bisa ke destinasi wisata lainnya, traveloka memang solusi liburan yang tepat. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Aku jadi kangeeeen Jogja lagiiiiii ❤️❤️❤️❤️. Ga pernah bosen kesana. Sebenernya kampung suamiku di solo mba. Tapi ntah Napa kami tuh lebih suka stay lama di Jogja 😂. Soalnya lebih banyak tempat wisata.

    Suka beda2 sih tiap kali ke Jogja. Kalo anak2 dan suami LBH suka wisatanya. Sementara aku lebih suka kulinernya 😄😄. Planning sih kalo ke Jogja lagi pengen naik KA aja. Trus di sana sewa mobil. Tapi kalo cuma berdua suami, aku prefer sewa motor biar bisa cepet visit satu tempat ke tempat lain 😁. Dan selalunya aku pun booking dari trvlk jugaaa. OTA kesayangan. Selama ini selalu dpt tiket promo atau hotel bagus juga hasil hunting dari trvlk .

    BalasHapus
  3. Jadi rindu jogja , dengan traveloka jadi lebih mudah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.