Resep Bubur Ketan Hitam Cemilan Keluarga di Akhir Pekan

resep-bubur-ketan-hitam
Resep bubur ketan hitam cemilan keluarga di akhir pekan, yang menjadi pilihan. Karena bubur ketan hitam itu favorit keluarga. Bisa disajikan hangat dan dingin. 

Bubur ketan hitam tentu saja berasal dari Indonesia. Di berbagai wilayah punya nama yang berbeda. Seperti di Bali dan Nusa Tenggara Timur, bubur ketan hitam ini namanya 'bubur injit'.

Saat musim hujan seperti sekarang menjaga tubuh tetap sehat, adalah dengan konsumsi makanan hangat. Banyak pilihan makanan yang hangat, bisa soto, sup ayam, sup labu kuning, hingga bubur ketan hitam yang bisa disajikan hangat.

Tadi siang tuh mendung dan cuacanya dingin. Anak-anak minta cemilan hangat, sedangkan saya lupa belanja. Karena sampai pagi tadi hujan deras, jadi mager banget untuk ke pasar.

Stock makanan di kulkas menipis, yang tersisa hanya ada ketan hitam kiriman teman yang habis panen. Ya sudah saat itu juga saya memilih membuat bubur ketan hitam saja.

Sejarah bubur ketan hitam

resep-bubur-ketan-hitam
Semua orang pasti bisa membuat bubur ketan, karena memang gampang membuatnya. Dan bubur ketan hitam ini sudah ada sejak dulu.

Bersumber dari artikel yang saya baca di wikipedia.org, bubur ketan hitam sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Dahulu, bahan ketan itu termasuk salah satu bahan pangan khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman Majapahit.

Masih dari sumber yang sama, awalnya ketan hitam ini dikonsumsi para Raja. Tapi seiring perkembangannya, ketan hitam jadi lebih mudah didapat dengan harga terjangkau. Sehingga bubur ketan hitam bisa dinikmati siapapun.

Dan baru tahu loh, ternyata bubur ketan hitam itu memiliki filosofis kebersamaan dan menyatukan. Karena, sifat beras ketan yang lengket, sering kali beras ketan dimasak untuk acara pernikahan. tentunya dengan doa dan harapan untuk merekatkan tali asih dari sepasang pengantin, supaya dalam menjalani pernikahan selalu awet.

Jadi ingat dulu mau melaksanakan pernikahan, pasti membuat bubur ketan hitam ini dengan pilihan gula aren yang terbaik.

Resep bubur ketan hitam

resep-bubur-ketan-hitam
Untuk membuat bubur ketan hitam itu cukup mudah sekali, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Pas tadi bikin saja, semua bahan-bahan yang digunakan gratis πŸ˜‚πŸ˜‚mulai dari:
  • Ketan hitam dikasih teman waktu panen, dan masih sisa banyak (saya hanya pakai 1/4kg)
  • Gula aren dikasih pemilik resto waktu habis foto menu makanan (saya hanya pakai 1/2 saja, karena gulanya ukuran besar)
  • Susu full cream dikasih temannya suami
  • Mangga tinggal ambil dari pohon depan rumah (potong dadu ya, ini buat toping)
  • Es krim stock dari sebulan lalu masih sisa banyak (buat toping)
  • Susu kental manis (saya pakai yang sachetan saja 1, soalnya ini sisa dari bulan lalu)
  • 2 lembar daun padan ambil dari halaman rumah
Setelah semua bahan disiapkan, mari kita coba buat:
resep-bubur-ketan-hitam
  • Bersihkan beras ketan, dan rendam selama 1-2 jam.
  • Masak ketan hitam sebentar kurang lebih 5-10 menit, supaya tidak terlalu lama dan lebiih cepat.
  • Setelah itu angkat beras ketan, dan tambahkan air 5 gelas sedang dan daun pandan. Sampai semua terendam.
  • Aduk-aduk dan tambahkan sedikit garam dan masukkan gula aren.
  • Setelah menjadi bubur, siapkan topingnya. Yang pertama kasih sedikit susu kental manis atau sesuai selera. Lalu kedua kasih es krim dan susu full cream. Setelah itu tinggal masukkan saja irisan mangga.
  • Bubur ketan hitam toping mangga siap disajikan.
Kenapa pakai mangga dan full cream?

Biasanya bubur ketan hitam yang aku buat itu menggunakan santan kelapa. Tapi, karena melihat kulineran yang ada di Yogyakarta di sebuah postingan Instagram jadi pengen kulineran langsung kesana. 

bubur-ketan-hitam
Sumber: @jogjataste

Gambar di atas adalah akun kuliner Yogyakarta yang saya ikuti, lihat postingan ini suka bikin ngiler banget. Semoga pas ke Yogyakarta bisa langsung kulineran bubur ketan ini.

Tapi berhubung pas ke Yogyakarta tidak sempat, akhirnya tadi siang aku coba deh bikin. Ternyata rasanya enak banget. Bubur ketan hitam tanpa santan tetap terasa enak. Apalagi ini pakai es krim. Jadi, bisa dinikmati saat dingin atau hangat seperti di musim hujan sekarang ini.

Menikmati cemilan di akhir pekan dengan membuat bubur ketan hitam sangat disukai anak-anak. Apalagi anak kedua adalah penggemar makanan berbahan ketan hitam dari dulu. 

Kalau teman-teman, akhir pekan ini bikin cemilan apa saja?




Sumber sejarah bubur ketan hitam:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bubur_ketan_hitam#:~:text=7%20Referensi-,Sejarah,sudah%20ada%20sejak%20zaman%20Majapahit.

2 komentar

  1. Beh mantap yang satu ini mah buat dimakan di musim seperti ini, nyaman di perut apalagi pas masih hangat jadi pengin nyoba resepnya. Favorit banget memang ketan hitam rasanya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Aku mau cobain ah πŸ˜„. Selama ini bikinnya juga pake santan doang mba. Atau dikombinasiin Ama bubur kacang hijau. Di-mix gitu. Kayaknya kalo tanpa santan gini malah lebih creamy sih Krn eskrim dan Susunya juga .

    Enak memang bubur ketan hitam. Dulu itu kalo mama bikin bubur ketan hitam dan kacang ijo, aku lebih milih ketan hitam. Tekstur ketan hitam yang lebih chewy, lebih enak buat dikunyah πŸ˜„

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.