A Cup Of Tugu Lor Java Cafe, Tempat Asyik Buat Ngopi Cantik dan Makan Siang

tugu-lor

A Cup Of Tugu Lor Java Cafe menjadi pilihan bersantai sambil makan siang, sambil menikmati sejuknya suasana, biarpun siang itu cuaca Yogyakarta memang terasa panas.

Minggu lalu memang ada beberapa urusan di Yogyakarta, untungnya tidak jauh, jadi keesokan harinya bisa kembali pulang. Selama di Yogyakarta, memang tidak banyak tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi, karena memang padet banget.

Karena kereta masih jam 6 sore, jadi ada kesempatan untuk kulineran di dekat Stasiun Yogyakarta setelah mengajak anak-anak main di Taman Pintar. Dan dipilihlah Tugu Lor Yogyakarta.

Ngopi dan Makan Siang di Tugu Lor Yogyakarta

tugu-lor
Berbekal Google Maps dan review, saya memutuskan ajak anak-anak untuk makan siang, sekalian pengen ngopi juga. Soalnya siang itu memang panas banget, jadi pengen menikmati kopi dingin.

Sesampainya di lokasi, suasananya sudah terasa lebih adem dan sejuk, biarpun cuaca Yogyakarta lagi panas banget. 

Cafe yang berlokasi di Jl. AM Sangaji No. 72, Jetis, Kota Yogyakarta ini berada di pusat kota.  Dari Tugu Lor ke Stasiun Yogyakarta membutuhkan waktu 14 menit atau sekitar 3,4 km. Sedangkan dari dari Tugu Jogja hanya butuh waktu 7 menit saja atau sekitar 2 km.

Tugu Lor menawarkan konsep yang berbeda seperti cafe pada umumnya. Saat memasuk gerbang cafe, seperti masuk ke dalam hutan mini, dengan beragam pohon yang membuat suasana semakin sejuk.
tugu-lor
Melihat dari informasi di Instagram @tugulor, cafe ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 22:00 setiap harinya. Hari itu saya datang siang sepulang dari Taman Pintar Yogyakarta. Saya duduk di outdoor, karena ingin menikmati suasana sejuknya suasana di cafe ini. Biarpun banyak tamu yang merokok, saya memilih duduk paling pojok dekat bambu. Sehingga anak-anak tidak perlu menghirup asap rokok.

Sebenarnya cafe ini ada area outdoor dan indoor, tapi saya lebih suka berada di alam yang teduh dan sejuk. Setelah mendapat tempat duduk yang dirasa paling aman dan nyaman dari asap rokok, saya memesan makanan dan minuman untuk anak-anak.

Menu kopi dan makanan di Tugu Lor

tugu-lor
Untuk penggemar kopi, di Tugu Lor ini ada beragam menu mulai dari Coffe 100% Arabica (espresso, black coffee, hingga cafe mocha), Manual Brewe Coffe (ada kalita wave, V60, hingga vietnam Drip), Traditional Coffee (seperti kopi hitam tjong hingga kopi boss), dan masih banyak lagi menu kopi yang bisa dinikmati.

Selain kopi, ada menu non coffee juga, seperti matcha latte, chocolate latte, hingga taro latte. Ada juga tea dan minuman segar lainnya. Untuk coffee dan non coffee harganya sangat terjangkau menurut saya, mulai dari 18.000 an. 

Untuk makanan juga sangat beragam, ada tugu lor spaghetti, spaghetti bolognese, chicken moza katsu, nasi goreng tugu kulon dan masih banyak lagi. Untuk rasa makanannya juga enak. Saat itu saya pilih chicken moza katsu, sedangkan anak pilih spaghetti. 

tugu-lor
Karena ingin menikmati suasana Tugu Lor lumayan lama sambil menunggu kereta pulang, jadi pesan beberapa cemilan juga, seperti churros, dan pisang cinnamon 3 pcs. Pas mau pulang baru deh pesan cafe latte untuk diperjalanan pulang. 

Untuk minuman yang saya pesan di lokasi, ada matcha latte, chocolate dan air mineral. Dari beberapa menu yang saya pesan, harganya cukup terjangkau kok, saya bayar tidak lebih dari 200 ribu rupiah.

Suasana yang sejuk dan asri di Tugu Lor ini membuat saya dan anak-anak bisa menikmati makan siang dengan tenang. Biarpun cuaca panas, di lokasi cafe tetap sejuk. Anak bayi juga tidak rewel, padahal pas di jalan-jalan dia rewel, mungkin kepanasan dan gerah.

Banyak spot Instagramable

Berkunjung ke Tugu Lor ini asyik juga buat foto-foto cantik. Jadi, selain menjadi tempat asyik buat ngopi cantik dan makan siang, cafe ini juga punya banyak spot yang Instagramable. Makanya banyak banget pengunjung milenial.

Mau foto outdoor dengan suasana asri bisa banget, atau mau foto keren di balkon juga bisa. Pokoknya banyak banget spot menarik buat foto di A Cup of Tugu Lor Cafe. 

Karena lokasinya yang di pusat kota, dan adem banget, banyak pengunjung yang melakukan beragam kegiatan di cafe ini. Pas saya datang siang itu, ada beberapa tempat duduk yang sudah dipesan untuk meeting anak-anak muda, ada juga yang sedang diskusi pekerjaan, hingga keluarga makan siang bersama, seperti yang saya lakukan bersama anak-anak.

Ingin menikmati suasana cafe di Yogyakarta yang berbeda dan butuh kesejukkan alam, tapi waktu terbatas, bisa banget mampir ke A Cup of Tugu Lor Java Cafe, tempat asyik buat ngopi cantik dan makan siang.

Next, pengen banget menikmati suasana Tugu Lor pas sore ke malam, pasti lebih seru juga.

1 komentar

  1. wah menarik banget ini mah kafenya, makanan yang ditawarkan pun menarik dan pas dijadikan teman ngopi. Jadi pengin ngopi sering-sering, apalagi pemandangan dan suasana bikin nyaman nulis. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.