Merajut Inspirasi Bersama Aruna Creative Dalam Memperkenalkan Wastra Yang Berkelanjutan

aruna-creative

Bangga buatan Indonesia, dengan menggunakan tenun dan batik di berbagai kesempatan menjadi pilihan saya. Selain membuat percaya diri, tentu saja membuat saya sangat bangga dengan wastra Indonesia.

Salah satu outer tenun yang saya miliki dibuat oleh Aruna Creative dari Yogyakarta. Dari tahun ke tahun, Aruna Creative terus berinovasi menghadirkan produk yang berkualitas.

Aruna Creative Ecosystem Fashion Wastra Brand

Masih ingat pertama kali dengan mba Yuliana Fitri atau biasa disapa mba Uly di tahun 2016 dalam sebuah event komunitas Ibu dari produk susu pertumbuhan di Yogyakarta. Kami berkenalan dan satu kamar selama 3 hari 2 malam.

aruna-creative
Yuliana Fitri - Sumber @yulianafitri.uli

Mba Uly bercerita bagaimana ia ingin membuat sebuah brand bernama "Aruna" sesuai dengan namanya. Waktu itu, kami berdiskusi untuk membuat Instagram. Maka, hadirlah Aruna Creative yang yang berdiri di tahun 2016, untuk instagramnya bisa langsung cek @arunacreative. 

Mba Uly sendiri awalnya memiliki perusahaan konveksi seragam batik di tahun 2010. Sampai akhirnya berkembang ke fashion dengan brand "Aruna Creative", dimana mba Uly sebagai founder, sekaligus designer dari CV. Asti Reswara Nata.

Saya mengenal sekali bagaimana Aruna Creative berkembang, dari mulai membuat seragam, hijab instan, dan akhirnya fokus pada wastra lokal yang berkembang modern. Kini, brand fashionnya semakin dikenal. Bahkan Aruna Creative juga membuat produk ready to wear yang didesain sendiri dengan bahan handmade (Natural Colour) dengan Ecosystem Fashion Brand Women Empowerment, serta Diffable dan SMK (Vocational High School).
aruna-creative
Jadi, Aruna Creative memiliki pegawai yang terdiri dari Women Empowerment, Disability sebagai pembatik, dan dari SMK. Bahkan, pada Januari lalu sempat melihat langsung proses produksi di Aruna Creative yang berlokasi di Gedongkuning Rt. 048 Rw. 005, Rejowinangun Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aruna Creative dikenal sebagai wastra yang berkelanjutan, dimana perusahaan ini mulai memperkenalkan tenun batik sutra sebagai warisan budaya bangsa yang fashionable dan bisa memberikan dampak pada dunia dengan trend mode fashion yang berkelanjutan.

Terus, apa itu wastra yang berkelanjutan?

wastra
Ilustrasi Wastra - Photo by Canva
Wastra dalam KBBI berarti kain tradisional yang memiliki makna dan simbol, yang mengacu pada dimensi warna, ukuran dan bahan.

Wastra yang berkelanjutan lebih mengacu pada industri tekstil dan produksi pakaian yang berupaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Sehingga konsep ini berfokus pada cara-cara berkelanjutan dalam menciptakan, menggunakan, dan membuat wastra. 

Biasanya ada beberapa aspek penting dari wastra yang berkelanjutan, mulai dari:
  • Pemilihan bahan baku yang lebih ramah lingkungan. Dari memilih serat dan bahan baku yang lebih berkelanjutan, contohnya saja seperti serat organik, serat daur ulang, hingga serat alami.
  • Proses produksi berkelanjutan. Dimana dalam prosesnya lebih menggunakan teknologi yang lebih efisien, mengurangi limbah dan mengelolanya dengan benar.
  • Pakaian yang lebih tahan lama. Merancang pakaian agar lebih tahan lama, sehingga mengurangi kebutuhan akan pembelian pakaian baru secara berlebihan dan meminimalkan limbah tekstil.
  • Pendekatan berbasis ekonomi sirkular. Mengembangkan model bisnis berbasis ekonomi sirkular, dimana produk dan bahan teksil diolah kembali, diperbaharui, atau didaur ulang, sehingga mengurangi kebutuhan akan bahan baku baru.
Wastra yang berkelanjutan merupakan upaya industri tekstil dan pakaian untuk berkontribusi pada keberlanjutan global dengan memperhitungkan dampaknya pada planet dan masyarakat. Selain itu, kesadaran konsumen tentang produk berkelanjutan juga memainkan peran penting dalam mendorong industri untuk lebih berfokus pada praktik yang ramah lingkungan dan sosial.
aruna-creative
Karyawan Aruna Creative

Ini juga yang sudah dilakukan oleh Aruna Kreatif dalam proses pembuatan pakaiannya. Dimana untuk bahan yang digunakan dari kain alami rayon, katun, linen dan tencel. Bahkan Aruna menggunakan tekstil daur ulang yang dibuat dari limbah pra konsumsi, kemudian diolah menjadi bahan baru, unttuk mendorong ke arah sirkular. 


Selain itu, setiap pakaian yang dibeli di Aruna, sebagian dari hasil penjualan akan mendukung ecosystem fashion brand women empowerment, difabel dan SMK. Lebih lanjut mereka akan bergabung dengan tujuan untuk memperkuat dampak ekosistem pada skala global sambil mendukung lokal masyarakat di daerah.


Aruna juga bermitra dan berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk bisa mewujudkan, serta memenuhi misi yang ingin dijalankannya. Seperti Asia Pasific Rayon sebagai supplier natural fabric of sustainable fashion. Dan tentunya masih banyak mitra lainnya yang bekerjasama untuk bisa menghadirkan dan menciptakan busana modern yang cantik untuk masa depan.


Koleksi Aruna Creative


Kalau ngomomgin fashion Aruna, saya sudah memiliki beberapa pakaian yang dirancang oleh Aruna. Kualitasnya bahan bagus, sehingga tahan lama sampai sekarang. Apalagi dengan desain dress dan outer saya cakep semua.
aruna-creative
Semua koleksi baju Aruna Creative
Kini, Aruna Creative sudah hadir dengan berbagai koleksi yang cantik dan indah, serta bisa menjadi pilihan fashion untuk berbagai aktivitas. Sebut saja Salaca, Tanjung, Sekar Ing Se Gye, Tayuman, hingga Mangsi. Mau menjelaskan beberapa koleksinya yang menarik dan sudah saya lihat secara langsung di gallery Aruna Creative di Yogyakarta. 

Tanjung Series - Wastra On Denim 

Tanjung Series menghasirkan fashion yang bisa menginspirasi dalam setiap perjalanan, sehingga bisa mengubah wastra menjadi pakaian yang bernafas. Tanjung series juga merupakan sebuah koleksi denim berkelanjutan yang memanfaatkan kain viscose sebagai alternatif yang unggul dibandingkan serat kapas atau sintetis.
aruna-creative
Tanjung Series - Sumber by @arunacreative.id
Wastra on denim ini lebih dari sekadar indah, tapi juga bisa memberikan nilai pada semua tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Tentunya bukan hanya dari produk, tapi juga dalam pemberdayaan perempuan.

Tanjung series ini ada beberapa jenis koleksi, mulai dari Classic Tanjung Coat, Denim Jaket Tanjung, Classic Denim Coast vest, Denim Vest, hingga Classic Jaket Denim Nicolo. Koleksi yang saya miliki adalah Classic Tanjung Coat, bagus banget dan nyaman digunakan.

Salaca

Koleksi Salaca ini terbuat dari natural wastra splash batik, yang dibuat oleh para difabel. Wastra ini pertama kali dikembangkan di daerahnya dan menjadi simbol keterikatan lokal. Wastra ini menggunakan daun salak alami dan splash technology untuk menghasilkan pola tradisional dengan sentuhan kontemporer. 
aruna-creative
Salaca - Sumber by @arunacreative.id
Salaca juga menjadi salah satu motif wastra Yogyakarta, yang memberikan nilai pada semua tujuan pembagunan berkelanjutan dari our ecosystem (Disability).

Koleksi Salaca terdiri dari Crop Top, Salaca Coat, Salaca Pant's, Salaca Blazer, hingga Crop Black. 

Terus, untuk harganya berapa ya?

Untuk harganya masih terjangkau, mulai dari 250.000. Nah tinggal pilih tuh, mau beli koleksi yang mana saja. Untuk lebih jelasnya bisa langsung cek saja instagram @arunacreative.
wastra
Fashion dari Aruna Creative sudah hadir di berbagai pagelaran dan pameran, mulai dari Halal Festival di Kuala Lumpur, Siem Reap Kamboja dengan Kementerian Koperasi, Telkom CSR, Pameran Ipoh Fashion Week Kuala Lumpur, Pameran Inacraft dari Dinas Perdagangan Bantul, Pameran INCRAFt (Mandiri pameran dari Dinas Indocraft Jakarta, Pameran Dekranasda Selindo Medan, pameran Jakarta Fashion Week) hingga kini koleksinya bisa dilihat di Sarinah Jakarta.

Aruna Creative dari tahun ke tahun semakin berkembang dengan menghadirkan beragam koleksi. Tentunya bisa terus merajut inspirasi dalam memperkenalkan wastra yang berkelanjutan.

Kunjungi juga Aruna Creative di

Rumah Wastra Aruna Gedongkuning Yogyakarta

Gedongkuning RT 048 Rw 005 Rejowinangun Kotagede Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta 55171


aruna-creative

Salam dari kami dari Rumah Wastra Aruna

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.