Miliki Rasa Aman di Setiap Perjalanan Dengan Asuransi Kendaraan Bermotor Dari MPM Insurance

mpm-insurance
Salah satu cara mencapai kebebasan finansial adalah dengan memiliki asuransi. Bukan hanya asuransi kesehatan untuk memproteksi diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Tapi, penting juga memiliki rasa aman di perjalanan dengan memiliki asuransi kendaraan bermotor. Ada banyak pilihan asuransi kendaraan, seperti di MPM Insurance.

Asuransi kendaraan, cara aman dan tenang memiliki kendaraan

Bulan lalu saya terjatuh dari motor, kaki bengkak dan membuat saya kesulitan untuk berjalan. Sampai kini, saya belum sepenuhnya pulih, masih terus berobat untuk bisa berjalan dengan normal. Masih harus melakukan terapi 3 kali lagi. Bukan hanya rasa sakit yang saya rasakan, tapi pengeluaran yang tidak terkontrol. 

Kalau untuk berobat kaki dan terapi, saya tidak terlalu khawatir, karena memiliki asuransi, sehingga biaya yang dikeluarkan tidaklah banyak. Justru pengeluaran yang tidak terkontrol adalah saat memperbaiki kendaraan.
jatuh-dari-motor
Setelah terjatuh dan sampai rumah kaki semakin bengkak, motor juga dari stang
sampai bodynya baret-baret
Satu yang saya sesali, tidak memiliki asuransi kendaraan, karena saya pikir, kalau motor itu tidak perlu pakai asuransi, kecuali mobil. Tapi, nyatanya saya salah. Dampak terjatuh itu ada bagian motor yang rusak dan perlu perbaikan. Sudah pasti saya mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Yang paling nyesek, kejadiannya juga pas akhir bulan. Makin menyesal tidak memiliki asuransi kendaraan bermotor.

Risiko kecelakaan seperti ini bisa terjadi kapan saja, tentu ini bisa mengganggu keuangan dalam keluarga. Kalau motor mungkin tidak sampai puluhan juta perbaikannya, berbeda dengan mobil, risiko kerugian bisa semakin banyak. Kalau sampai terjadi sesuai hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan, dari mulai tergores, kecelakaan, hingga kehilangan. Sudah pasti dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit, ini bisa berpengaruh pada kondisi keuangan. 

Saya juga pernah kehilangan mobil dan motor, bukan hanya keuangan makin menipis, pikiran semakin tidak tenang. Kadang menangis terus menerus, yang akhirnya malah bikin stres. Kalau tidak ingat, segala sesuatu sudah diatur oleh Sang Penguasa kehidupan, sudah pasti makin sedih. Akhirnya memilih untuk ikhlas dan semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Maka dari itu, pemilik kendaraan, supaya bisa mendapatkan rasa aman di perjalanan, ada baiknya memiliki asuransi kendaraan bermotor, baik itu asuransi motor atau bahkan asuransi mobil.

31% masyarakat Indonesia memiliki asuransi kendaraan bermotor

Memproteksi kendaraan memang sangat penting sekali, supaya terhindar dari hal-hal yang merugikan. Terus, apa itu asuransi kendaraan bermotor?

mpm-insurance

Bersumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan bermotor merupakan asuransi yang memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor, antara lain:
  1. Tabrakan
  2. Terperosok
  3. Perbuatan Jahat
  4. Pencurian 
  5. Kebakaran
Ada 2 jenis pertanggungan asuransi kendaraan bermotor, yaitu:
  1. Comprehensive (All Risk), dimana jenis ini menjamin risiko kerugian secara keseluruhan baik kerugian kecil maupun besar termasuk kehilangan.
  2. Total Loss Only (TLO), dimana jenis ini hanya memberikan jaminan penggantian apabila kendaraan mengalami kerusakan yang nilainya mencapai ≥75% dari nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan kendaraan.
Masyarakat bisa memilih jenis mana saja yang sesuai kebutuhan untuk asuransi kendaraan bermotor, baik itu asuransi mobil atau asuransi motor yang dimilikinya.

Kenapa memiliki asuransi kendaran sangat penting? Karena ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Bersumber dari MPM Insurance, adapun keuntungan mengasuransikan kendaraan, mulai dari:
asuransi-kendaraan
  • Perlindungan kendaraan dari risiko kecelakaan. Proteksi ini dapat memberikan jaminan perlindungan pada kerusakan mobil akibat kecelakaan, seperti tabrakan, tergelincir, terbalik dan lainnya.
  • Proteksi jika terjadi kehilangan akibat pencurian. Risiko mobil hilang bisa menimbulkan kerugian bagi pemiliknya. Sehingga proteksi dengan asuransi kendaraan itu sangatlah penting.
  • Memberikan ketenangan bagi pemilik mobil. Pemilik bisa lebih tenang dan perlu was-was jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Membantu perencanaan keuangan. Dengan asuransi kendaraan bisa membantu mengatur keuangan, juga bisa terbebas dari biaya ekstra yang mungkin saja muncul karena kerusakan atau kehilangan mobil.
  • Fitur layanan tambahan. Asuransi mobil bukan sebatas alat proteksi, tapi ada berbagai fitur tambahan, mulai dari layanan derek, bengkel rekanan dan lainnya yang bisa dinikmati nasabah.
  • Bebas dari tanggungan pihak ketiga. Kecelakaan yang melibatkan orang lain terkadang membuat salah satu pihak harus menanggung pihak lain yang ikut dirugikan, seperti biaya untuk perawatan rumah sakit maupun terkait tanggung jawab hukum.
  • Sarana investasi. Memiliki asuransi kendaraan dapat melindungi dan menjamin aset sekaligus sarana untuk menabung. Manfaat jangka panjangnya, asuransi dapat menjaga harga mobil sesuai standar tertinggi.
Setidaknya inilah yang pernah dirasakan salah satu keluarga saya beberapa tahun lalu, ketika membeli mobil, dia langsung membeli produk asuransi kendaraan. Karena tidak mau mengalami kerugian di kemudian hari. Ternyata benar saja, beberapa bulan kemudian, terjadi kecelakaan, yang membuat mobil tergores. 

Tentu saja, keluarga saya jadi lebih tenang, karena kendaraan sudah tercover. Tidak perlu keluar banyak biaya lagi untuk perbaikan. 

Perlu diketahui nih, semenjak pandemi, kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi semakin meningkat, supaya bisa mengurangi kerugian financial di masa mendatang karena sakit. Masyarakat banyak yang mulai memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, hingga asuransi kendaraan.
asuransi-kendaraan

Bersumber dari mediaasuransinews.co.id pada bulan Maret 2023, bahwa Populix mengeluarkan hasil survei yang bertajuk "Indonesia's Perceptions and Attitude Towards Health & Life Insurance Products". Dimana survei ini dilakukan untuk melihat bagaimana persepsi, minat dan perilaku pembelian masyarakat Indonesia terhadap produk asuransi.

Hasil dari survei tersebut 72% memiliki asuransi pribadi. Bahkan 31% masyarakat Indonesia memiliki asuransi kendaraan. Dengan begitu, kesadaran masyarakat semakin tumbuh untuk memiliki asuransi kendaraan.

Pilihan asuransi kendaraan bermotor di MPM Insurance

asuransi-kendaraan
Sumber foto by Canva
Diluaran sana banyak sekali kasus kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan penyok, tergores, hingga rusak parah. Banyak yang tidak memiliki asuransi kendaraan, sudah pasti harus mengeluarkan budget lebih untuk perbaikan, tentu ini bisa mengganggu tabungan yang dimiliki. Dan itulah yang saya rasakan ketika terjatuh beberapa waktu lalu, tidak punya asuransi motor, jadi saat perbaikan harus keluar banyak dana.

Tentunya akan berbeda ceritanya, kalau memiliki asuransi kendaraan, sekalipun itu hanya motor, usahakan untuk diasuransikan saja, untuk mengurangi kerugian di masa mendatang. Setuju ya?

Terus, bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang tepat?

Sini-sini saya bisikin. Kan di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali asuransi kendaraan bermotor yang bisa menjadi pilihan. Tapi supaya tetap tenang, perlu tahu nih cara cerdas dalam memilih asuransi kendaraan, mulai dari:
  • Pastikan memilih perusahaan asuransi yang sudah terpercaya, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), supaya lebih tenang dan aman.
  • Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Sebelum membeli produk, pastikan untuk mengetahui aturan, keuntungan yang didapatkan saat membeli produk tersebut, cara klaim, hingga premi yang akan dibayarkan.
  • Pastikan untuk baca polis asuransi atau kontrak kerjasama 
  • Pilih agen yang sudah memiliki sertifikasi, supaya bisa membantu kamu dalam memahami produk yang akan dibeli.
  • Jangan lupa sebelum polis berakhir, lakukan perpanjangan, supaya kendaraan tetap terproteksi.
Pusing memilih asuransi kendaraan? Tenang, ada salah satu perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, yakni MPM Insurance yang bisa menjadi solusi untuk memiliki rasa aman di setiap perjalanan. 
mpm-insurance
MPM Insurance
PT. Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau yang lebih dikenal dengan MPM Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang sudah berdiri sejak 2 Oktober 2012 yang berkantor pusat di Jakarta. Selain terdaftar dan diawasi OJK, MPM Insurance juga merupakan salah satu perusahaan asuransi umum dengan predikat Sangat Bagus yang hadir di Indonesia. 

MPM Insurance juga memiliki visi menjadi perusahaan penyedia jasa asuransi umum terkemuka yang dikenal sebagai perusahaan asuransi yang terpercaya dan dapat diandalkan oleh segenap pemangku kepentingan.

Sedangkan misinya adalah menyediakan produk asuransi umum berkualitas prima dengan pelayanan terbaik dan berorientasi kepada kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Memiliki asuransi kendaraan di MPM Insurance jadi solusi untuk bisa berkendara dengan aman dan percaya diri. Kendaraan bisa terproteksi dan meminimalisir kerugian di masa mendatang. Di MPM Insurance jenis pertanggungan asuransi kendaraan ada yang Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu di MPM Insurance ada fitur layanan dan benefit tambahan, seperti:
  • Perbaikan di seluruh bengkel rekanan. MPM Insurance memiliki 300+ bengkel rekanan di seluruh Indonesia, yang dapat digunakan untuk perbaikan kendaraan milik pemegang polis.
  • Bantuan darurat 24 jam. Bantuan ini seperti layanan derek, ban kempis, motor hingga kecelakaan.
  • Contact Center 24 jam yang siap melayani nasabah, baik itu yang membutuhkan informasi produk, bantuan klaim, layanan polis dan bantuan darurat lainnya.
  • Konsultasi. Di MPM Insurance bisa mendapatkan layanan konsultasi gratis terkait asuransi mobil dan informasi lainnya.
Nasabah yang ingin memiliki asuransi kendaraan bermotor, penting untuk mengetahui bahwa risiko yang dapat dijamin oleh asuransi (bersumber dari MPM Insurance), seperti:
  • Kecelakaan (tabrakan, tergelincir, benturan, terbalik)
  • Bencana (kebakaran banjir, gempa bumi, angin topan, sambaran petir)
  • Kerusakan karena niat jahat orang lain (kerusuhan, huru-hara, sabotase, terorisme)
  • Pencurian
Sedangkan risiko yang tidak dapat dijamin  oleh asuransi, meliputi:
  • Kerugian akibat penggelapan.
  • Kerusakan yang tidak disebutkan dalam ikhtisar polis.
  • Kerugian yang muncul akibat kendaraan tidak dapat digunakan selama periode pemulihan setelah mengalami kecelakaan.
  • Kerusakan akibat perbuatan yang disebabkan oleh tertanggung maupun keluarga dari tertanggung.
  • Kendaraan digunakan untuk perlombaan, kelebihan muatan, perang, dan kegiatan yang melanggar peraturan hukum di Indonesia.
Bagaimana proses klaim di MPM Insurance?

Ketika memutuskan membeli asuransi kendaraan bermotor (motor atau mobil), dan terjadi sesuatu hal di perjalanan, nasabah bisa melakukan proses klaim, dengan cara:
mpm-insurance
  • Submit dan siapkan dokumen. Nasabah bisa persiapkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan klaim.
  • Step selanjutnya adalah lengkapi laporan sesuai dengan form yang sudah tersedia. Data yang harus diisi seperti jenis asuransi, nomor polis dan nama pemegang polis. 
  • Setelah semua data selesai, step selanjutnya akan dilakukan survei.
Nasabah tinggal menunggu, nanti akan dicek kerusakan dari kendaraannya. Klaim pun selesai dilakukan. Tentunya kendaraan bisa diperbaiki. 

MPM Insurance bukan hanya menawarkan produk asuransi kendaraan bermotor saja, tapi ada produk lainnya, seperti:
  • Personal. Untuk asuransi perorangan, asuransi yang ditawarkan seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi perjalanan wisata, dan asuransi kecelakaan diri.
  • Bisnis. MPM Insurance juga menyediakan asuransi untuk bisnis, mulai dari asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti harta benda. asuransi rekayasa, asuransi keuangan, asuransi pengangkutan, asuransi rangka kapal, asuransi tanggung gugat, dan penjaminan surety.
MPM Insurance yang sudah berdiri sejak 2012, sudah mendapatkan berbagai penghargaan, mulai dari Best Insurance Award 2020 - Warta Ekonomi, Best General Insurance 2020 - Media Asuransi, Asuransi Terbaik 2020 - Majalah Investor.

Dengan begitu, MPM Insurance bisa menjadi pilihan terbaik masyarakat untuk memenuhi kebutuhan asuransinya. Banyak sekali produk asuransi umum dari MPM Insurance yang bisa menjadi pilihan sesuai kebutuhan. Saatnya untuk miliki rasa aman di setiap perjalanan dengan asuransi kendaraan bermotor dari MPM Insurance. Kendaraan aman, keluarga selamat, keuangan juga aman.

Kesimpulan
asuransi-kendaraan
Sumber foto by Canva
Karena tahu rasanya jatuh dari motor itu gak enak banget, apalagi kendaraan tidak punya asuransi yang bikin keluar dana lebih untuk perbaikan. Maka dari itu, penting sekali memiliki asuransi kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor, supaya perjalanan lebih aman, kendaraan juga terproteksi.

MPM Insurance hadir memberikan solusi kebutuhan asuransi untuk masyarakat di Indonesia, dari mulai asuransi kendaraan bermotor, hingga asuransi properti, tentunya dengan klaim yang mudah, dan proses yang cepat. Untuk lebih lanjut bisa cek di:
  • Instagram: @mpminsurance
  • Facebook: MPM Insurance
  • Linkedin: MPM Insurance
  • Youtube: https://www.youtube.com/@mpminsurance7527
  • Website: https://www.mpm-insurance.com/


Sumber tulisan:
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.mpm-insurance.com/
  • https://sikapuangmu.ojk.go.id
  • https://mediaasuransinews.co.id/asuransi/survei-70-persen-masyarakat-indonesia-memiliki-asuransi/

1 komentar

  1. Wah memang benar nih, melakukan asuransi untuk kendaraan itu sangat penting untuk dilakukan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.