Perdana Naik Kereta Api Manahan Priority Dari Jakarta Ke Solo

manahan-priority
2024 akhirnya bisa menuliiiiis lagi, selamat datang di blog www.liswantipertiwi.com.

Kali ini mau bercerita tentang perjalanan naik kereta Api Manahan Priority Jakarta Solo di bulan Desember lalu. Hemmmm, kok gak ke Madiun?

Jadi, Desember lalu ada eventnya 3M Autofilm di Solo, Jawa Tengah. Saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi koordinator dari para KOL yang hadir di hari itu. Apalagi acara itu weekend, jadi cocok banget ya udah ikut seseruan juga. Udah lama banget tidak ikutan event offline seperti ini. 

Berangkat ke Solo menggunakan Kereta Api Manahan Priority

Rutinitas bulanan ke Jakarta memang tidak bisa absen. Banyak agenda yang dilakukan. Bukan hanya bertemu teman-teman, tapi juga mengurus pekerjaan dan hal lainnya.

Perjalanan ke Solo memang tidak direncanakan sebelumnya, tapi berhubung ada event di Solo, ya udah saat itu juga memutuskan untuk pulang ke Madiun dari Solo saja. Jadi bisa ketemu teman-teman dahulu di Solo.

Malam itu perjalanan dimulai, saya berangkat ke Stasiun Gambir sekitar jam 21:00 dari rumah di Kemayoran. Perjalanan ke Gambir itu kurang lebih 20 menitan. Sesampainya di lokasi, ada beberapa teman juga yang sudah menunggu, yang memang kami sudah berencana berangkat bersama ke Solo.
manahan-priority
Area Tunggu Priority
Dikarenakan malam itu Kereta Api Manahan Priority berangkat jam 22:50, jadi saya bisa menunggu di ruang tunggu khusus yang sudah disediakan. Dan ini merupakan salah satu layanan dari PT. KAI Pariwisata untuk pengguna Kereta Api kelas Priority, Luxury, hingga Panoramic.

Biasanya saya berangkat ke Jakarta itu menggunakan Kereta Api kelas Eksekutif, jadi sesekali bolehkan ya menggunakan kelas Luxury juga, mumpung punya voucher promo potongan harga dari aplikasi pemesanan tiket online yang biasa saya gunakan. Untuk harga asli tiket kereta ini sebesar 1.000.000 untuk sekali jalan, dari Stasiun Gambir ke Stasiun Solo Balapan.

Biarpun menunggu sejam lebih, tetap nyaman kok. Karena di area ruang tunggu bisa duduk dengan nyaman, kita juga bisa menikmati aneka camilan dan minuman yang sudah disediakan. Ini memang kelebihan buat para penumpang Kereta Api Wisata, pasti dapat fasilitas dan layanan yang memuaskan. Paling suka, kalau camilan yang disediakan ada jajanan pasar favorit, bikin happy banget.

Sambil menikmati camilan dan teh manis hangat, saya bisa sambil melakukan beberapa pekerjaan yang belum diselesaikan sebelumnya. Sedangkan teman-teman sedang sibuk dengan pekerjaannya juga.

Fasilitas Kereta Api Manahan Priority yang mewah

manahan-priority

Kereta Api Manahan Priority adalah salah satu layanan kereta api premium yang dioperasikan PT. KAI. Kereta Api Manahan ini terdiri dari dari kelas Eksekutif dan 1 gerbong kelas Priority. 

Waktu tempuh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Solo Balapan 8 jam 5 menit. Dimana Kereta Api Manahan sampai di Stasiun Solo Balapan sekitar jamm 06:55. 

Sebagai penumpang yang akan melakukan kegiatan di pagi hingga siang hari, dan tidak sempat menginap dulu di Solo, pilihan tepat menggunakan Manahan kelas Priority, karena kenyamanannya. Sehingga saya bisa istirahat dengan tenang, dan nyaman. Badan kembali segar sesampai di kota tujuan, biarpun gak mandi 😂😂.

Pertama kali masuk kereta Api Manahan kelas Priority bisa melihat interiornya yang mewah yang didominasi dengan warna cokelat, sehingga menunjukkan kesan modern dan elegan. Tentunya dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, mulai dari:

Kenyamanan

manahan-priority
Tempat duduk Manahan Priority yang nyaman
Yang pertama dirasakan naik kelas Priority ini adalah kenyamanan. Apalagi tempat duduknya lebar, sehingga buat saya yang badanya gemuk tetap terasa lebih nyaman, biarpun formasi tempat duduknya 2-2. Tempat duduknya ini jenis reclining seat, sehingga kita bisa bersandar dan beristirahat menjadi lebih nyaman.

Di setiap tempat duduk juga ada TV layar sentuh seperti di pesawat, sehingga kita bisa menikmati beragam hiburan selama perjalanan. Selain itu, penumpang juga bisa menyimpan barang-barang, seperti koper di kompartemen atas yang tertutup, seperti di pesawat.

Toilet yang luas dan mewah
manahan-priority
Toilet Manahan Priority yang luas
Kenyamanan selama perjalanan juga dirasakan saat masuk ke toilet kelas Priority ini, yang terlihat lebih luas dan mewah. Ada kloset duduk, pengering, hingga kaca yang besar. 

Snack dan makanan
manahan-priority
Setelah kereta jalan, penumpang akan mulai mendapatkan air mineral, snack, hingga juice kemasan. Perjalanan dengan kereta Manahan Priority ini, penumpang akan mendapatkan 1 kali makan. Karena perjalanan malam, saat itu saya memilih untuk menikmati sajian yang disediakan saat sarapan di pagi hari.

Fasilitas lainnya

Berbeda dari kereta reguler, di kelas Priority akan ada kru kabin yang melayani dan menyedia semua kebutuhan kita selama perjalanan. Ini juga menjadi salah satu fasilitas yang didapatkan oleh penumpang kereta Priority.

Selain itu, fasilitas lainnya yang akan didapatkan, seperti selimut, hingga tersedia mini bar, dimana kita penumpang juga bisa menikmati kopi atau teh.

Asyik bangetkan ya?

Apalagi kalau melakukan perjalanan dengan kereta Luxury atau bisa juga Suite Class Compartment, pasti perjalanan juga makin seru dan menyenangkan. Bisa kali ya, perjalanan selanjutnya menggunakan Kereta Api Wisata yang lainnya. 

Perjalanan ke Solo Balapan waktu itu satu gerbong kereta Priority full, tapi sesampainya di Yogyakarta mulai banyak yang turun. Sehingga sampai di Solo hanya tersisa beberapa penumpang saja.

Sesampainya di Solo badan tidak terlalu lelah, biarpun melakukan perjalanan jauh. Karena di kereta saya bisa istirahat dengan nyaman.

Nextnya melakukan perjalanan kemana lagi ya?

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan memberikan komentar. Mohon maaf link hidup dan spam akan otomatis terhapus.