BAYI SEHAT ... IBU BAHAGIA

Liswanti Pertiwi | Sabtu, April 27, 2013 | |

Jakarta, Malam minggu ini terasa cuaca Jakarta terasa sangat panas, tadinya malam minggunya pengen tidur aja, maklum seharian cape, tapi jadi keingetan sama curhatan sebagian teman-temanku yang sedang hamil, jadi kepingin share sedikit neh tentang nutrisi untuk ibu hamil.
Mungkin banyak yang lebih tahu dari saya, apalagi zaman sekarang tinggal buka mbah google nyari artikel apa saja pasti ada. Sekali lagi saya hanya ingin berbagi pengalaman sama pembaca semua, baik yang sedang hamil maupun merencanakan kehamilan.
Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang dilahirkan sehat tanpa kekurangan satu apapun, apalagi kalau anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas, orang tua mana yang tidak bangga, saya maupun pembaca pasti bangga memiliki anak yang cerdas.
Berbagi pengalaman selama dua kali mengalami yang namanya hamil, bahwa seorang Ibu yang sedang mengandung buah hatinya harus terpenuhi nutrisinya.
Apa itu Nutrisi ?, Nutrisi atau bisa di sebut gizi merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan          ( Sumber : id.m.wikipedia.org/wiki/nutrisi ).
Nah bagaimana supaya nutrisi Ibu hamil dapat terpenuhi, sebetulnya gampang sekali dengan banyak makan yang bergizi, berprotein dan bervitamin, bisa dari sayuran maupun buah-buahan. Jangan lupa juga ya kalo ibu hamil itu meski banyak minum “penting banget ... no wahid” untuk menjaga ibu tetap kuat dan tidak kekurangan cairan.
Seperti yang saya alami saat hamil anak pertama dan kedua minum dan makan sayuran tidak pernah terlewatkan, kecuali makanan bersantan maupun dibakar setengah matang. Memang Dokter tidak pernah melarang “ga boleh makan ini atau itu”, tidak ada makanan yang dipantang, tapi apa salahnya kalau kita menjaga janin kita. Coba pikir dech...kalau lagi hamil terus lagi morning sickness dikasih makanan bersantan pasti deh keluar lagi, nah kalau kita makan bakar-bakaran seperti sate atau ayam bakar ada arang yang nempel terus kemakan, bahaya gak tuh kejanin, lebih baik menghindari dech, tapi kalau ngiler icip-icip aja dikit biar ade bayi nanti ga ileran ... hehehe.
Makanan yang mengandung gizi baik banyak banget, mulai dari sayuran seperti bayam dan daun katuk bisa memperlancar ASI juga, wortel, labu kuning, labu siam dan lainnya sangat baik untuk Ibu hamil, apalagi kalau mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang, alpukat, pepaya, jeruk, pasti janin tambah sehat. Makanan lain seperti tahu, tempe, ikan, daging juga sangat dibutuhkan oleh janin maupun Ibu hamil, biar nutrisinya terpenuhi.
Kandungan asam folat dalam buah dan sayur sangat diperlukan untuk Janin, biar perkembangan otaknya bagus, dan bayi tidak lahir cacat. Susu Ibu hamil juga dibutuhkan ya biar tambah sehat, kecuali bagi Ibu yang alergi susu lebih baik ganti sama susu kedelai.
Apalagi saat bayi lahir sehat Ibu pasti bahagia, dan setelah lahir nutrisi itu harus terus dipenuhi, maklum kan Ibu harus memproduksi ASI biar bayi tambah kuat, sehat dan cerdas, karena ASI sangat penting.
Duch kayaknya udah malam nech, sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis, ingin selalu berbagi pengalaman, biar pembaca dapat menjaga Ibu, Istri, Kakak, Adik atau siapa pun yang sedang hamil, dan memberikan semangat untuk selalu hidup sehat biar bayi yang dilahirkan juga sehat. Selamat malam dan selamat beristirahat,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...