Toko Online : Proyek Monumental Tahun 2014

Liswanti Pertiwi | Jumat, November 22, 2013 | |
“Selamat Tinggal 2013 dan selamat datang 2014”

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, ditahun 2013 ini memang tidak banyak kegiatan yang saya lakukan, kecuali mengurus kedua buah hati saya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Memang untuk mengisi hari-hari saya mengurus mereka, saya lebih banyak menghabiskan waktu dalam belajar memasak, menulis dan belajar berwirausaha dengan menjual hijab.

Tapi disini saya tidak pernah stock banyak atau membuka toko khusus, maklumlah modal belum mencukupi, jadi seadanya saja, jualannya pun masih mulut ke mulut dari sekitar rumah dan keluarga saja, karena saya punya bayi yang tidak bisa ditinggalkan.

Di tahun 2014 besok sudah banyak agenda khusus yang ingin saya wujudkan, mengingat anak-anak juga sudah besar, maka saya memutuskan untuk kembali bekerja.

Tapi setelah dipikir-pikir cukup lama, ternyata untuk kembali bekerja memang tidak mudah, saya harus kuat meninggalkan anak-anak dalam waktu 8-9 jam, apalagi anak kedua saya masih ASI, belum biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, saya harus membayar 2 pengasuh sekaligus, juga biaya makan dan susu anak, ditambah biaya saya di kantor, dan ini cukup menguras pikiran dan isi kantong...hehehe.

Keputusan akhir, ternyata saya tidak bisa jauh dari anak-anak. Maka dari itu saya pun ingin mewujudkan mimpi saya selama ini yang akan direalisasikan pada tahun 2014 dengan membuka “toko online”.

Toko online memang sudah banyak sekali, persaingannya pun bisa dibilang sangat berat, didunia maya sudah berjajar serta menjamur toko-toko online, dari perusahaan besar, kecil sampai rumahan. Mulai dari produk makanan, fashion, maupun kebutuhan rumah tangga, dengan berbelanja secara online memungkinkan pelanggan tidak harus keluar rumah, tinggal lihat barang di internet lalu telepon, pesanan pun siap diantar dan sampai ketempat tujuan.

Awal tercetuskan ide dan mimpi saya untuk buka toko online berawal dari hobi bermain di dunia maya, mulai dari hobi menulis diblog, update status di facebook, twitter maupun path, bahkan chatting di YM, BBM bahkan Whatsapp. Dari semua fasilitas itu saya mulai berpikir, daripada bermain tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik saya mulai berbisnis online dengan memanfaatkan media sosial tersebut, biarpun persaingannya sangat banyak.

Saya sempat berpikir “apa saya mampu bersaing dengan mereka yang sudah duluan membuka toko online?”

“Kenapa tidak?”, tentu saja harus mampu, karena rejeki itu sudah ada yang mengatur, jangan pernah takut untuk mencoba demi kesuksesan dimasa depan, apalagi tidak menyita banyak waktu, saya bisa berjualan sambil menemani anak bermain di rumah. 

“Apa yang ingin di jual?”

Tentu saja saya tetap menjual hijab, mengingat saat ini banyak sekali perempuan muslim memakai hijab, dengan berbagai model pula, tapi yang terpenting niat berhijab itu semua karena Allah SWT untuk menutup auratnya, bukan karena trend semata.

Dari hijab, tidak lengkap dong tanpa busana muslimnya. Karena busana muslim saat ini juga lagi ngehits, model-modelnya juga lebih beragam, tidak hanya untuk pengajian saja, busana muslim juga dipakai dalam acara formal dan non formal. Pokoknya busana muslim saat ini bisa menunjang penampilan perempuan muslimah setip hari, dari busana kantor, pesta dan kegiatan lainnya. Ada berbagai busana muslim dari gamis, kaftan, maxi dress dan berbgai jenis pakaian muslim lainnya. Disini saya pun ingin menjual pakaian untuk anak, apalagi baju anak perempuan yang lucu-lucu dan imut.
                                            

  

Selain dari pakaian, sebenarnya beberapa waktu ini saya sedang asyik berjualan dodol, “kenapa harus dodol?”, karena saya asli dari kota Garut Jawa Barat, setidaknya dengan jualan dodol, saya bisa memperkenalkan ciri khas dari kota kelahiranku ini. 

Bukan dodol saja, ada jenis makanan khas atau cemilan dari kota Garut yang ingin saya tawarkan, mulai dari chocodot, gorengan bakso, tahu, tempe, cireng, kerupuk kulit, dorokdok maupun borondong garing.





Kalau dodol pasti sudah pada tahu, karena pernah ditayangkan di beberapa stasiun televisi, rasanya yang manis, kenyal dan nikmat.

Disini dodol yang biasa saya tawarkan yaitu dodol kacang yang terbuat dari kacang merah serta angleng dengan bahan bakunya ketan hitam. Tak ketinggalan dodol buah aneka rasa dari nanas, sirsak, nangka, melon dan kismis. Produk yang saya tawarkan ini bisa dijamin kualitasnya, tidak memakai bahan pengawet apalagi pemanis buatan, dan pengolahannya pun masih tradisional sekali.

Yang pasti jaket kulit dari Sukaregang Garut pun tidak akan ketinggalan untuk saya tawarkan, dari kualitas super sampai biasa, dengan beragam harga yang sangat terjangkau.

Dikarenakan persaingan bisnis online sangat ketat, tapi saya yakin setiap usaha yang dijalani dengan niat baik akan mendatangkan berkah rejeki yang berlimpah. “semoga saja. Amin”.

Dan semua itu memungkinkan saya untuk tidak mengstock terlalu banyak barang dirumah terutama dalam hal makanan, karena kalau tidak laku bisa-bisa makanan akan cepat basi dan berbau. Untuk promosi fokus yang pertama pasti di media sosial dan selanjutnya penawaran barang saya lakukan dilingkungan sekitar maupun keluarga terdekat “biar cepat laku .... hehehe".

Untuk harga dari setiap barang sudah pasti sangat terjangkau, tapi harga itu belum termasuk ongkos kirim.

Toko online saya ini semoga bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan di tahun 2014 nanti, dengan begitu kegiatan dirumah pun akan mulai bertambah.

Tadinya kegiatan online hanya sekedar update status atau menyapa beberapa sahabat, sekarang ada kerjaan baru yang memungkinkan saya untuk menawarkan beberapa produk kepada sahabat, kerabat maupun teman lainnya di media sosial. Dengan begitu suatu hobi itu bisa menghasilkan, biarpun sedikit kan lama kelamaan menjadi bukit. Pada akhirnya waktu pun tidak terbuang percuma, karena ada bisnis yang saya kerjakan sambil mengurus kedua buah hati.

8 komentar:

  1. semoga bisa terealisasi ya... sukses :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin...makasih mbak santi...

      salam kenal

      Hapus
  2. Link pada kalimat ini taidak menyala :

    Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014

    Silahkan di cek lagi ya
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linknya sudah bisa menyala pakdhe....

      Terima kasih

      Hapus
  3. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih....

      salam hangat juga dari Jakarta

      Hapus
  4. aktifkan semua socmed untuk media dagang mbak. semoga sukses y

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...