BELAJAR BERORGANISASI, BERPRESTASI DAN BERANI TAMPIL

Liswanti Pertiwi | Minggu, Februari 16, 2014 | | |
Kenapa tidak belajar berorganisasi ?

Takut nilai jeblok dan dibilang tidak berprestasi ?

Jangan takut berorganisasi itu tak akan membuat kita yang sedang dalam masa sekolah akan ketinggalan pelajaran atau bahkan nilai kita kurang. Saya buktinya, nilai sekolah saya bagus dan waktu belajar pun tidak terganggu, "bukan pamer ya", tapi memang kenyataannya seperti itu, ada nilai positif yang saya dapat dari berorganisasi, seperti saya katakan diartikel sebelumnya (klik disini).

Eitss, saya lupa sebenarnya organisasi itu apa ya? (kalau misal belum ada yang tahu tentang definisinya).

"Organisasi merupakan suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. (sumber wikipedia.org)"

Dan belajar berorganisasi pun tidak harus dipramuka atau bahkan OSIS, (kalau misalkan kita tidak bisa berorganisasi disitu), kan masih ada yang lain misal kamu bisa olah raga bisa gabung di organisasi bola basket atau bahkan volly, terus kamu suka berpetualang bisa gabung di pencinta alam, dan kamu suka seni bisa gabung di teater atau grup musik sekolah bahkan dance. Belajar berorganisasi itu ga ribet kok, malah asyik, dan banyak sekali ilmu serta manfaat yang didapat.

Tapi ingat jangan disalah gunakan kegiatan organisasi itu, saat kita sudah dapat izin orang tua untuk ikut kegiatan, tapi kamunya malah main ketempat lain, "itu sangat tidak boleh ya". Nanti kalau ada apa-apa, dan orang tua tahunya kita ikut kegiatan sekolah, tetapi nyatanya tidak, malah akan menjadi suatu masalah sendiri buat kita. 

Dari pengalaman yang saya dapat, saat duduk di bangku SMA, saya tidak lagi bergabung diorganisasi pramuka atau bahkan paskibra yang sebenarnya ingin sekali saya ikuti "pengen jadi paskibra nasional..hehe", tapi karena kondisi kesehatan yang terganggu, akhirnya saya hanya bisa bergabung di OSIS dan sanggar. Disini saya bisa mengasah kemampuan saya dalam bidang seni, baik itu musik dan teater. Disini pula saya mulai suka menulis, baik itu puisi, cerpen dan naskah dari sebuah pagelaran teater, seru dan asyik. 
Salah satu potret saat pertunjukkan pelepasan kakak kelas
Saat berada diatas panggung itu menyenangkan, apalagi mendapat tepuk tangan dari penonton, membuat diri saya semakin bersemangat dalam menjalani kehidupan, saya jadi tahu komunitas-komunitas seni, dikenal banyak orang dan yang paling asyik mendapat beasiswa prestasi dari sekolah "ingat bukan pamer ya..hehe", ini tanda dari kerja keras saya selama ini untuk membawa nama baik sekolah, kejuaraan pun saya dapat dari bidang seni baca puisi, mendapat banyak piala penghargaan itu sangat menyenangkan, apalagi saat mendapat uang, biarpun tidak banyak, tapi saya bisa membeli kue kesukaan orang tua yang membuat mereka tersenyum "itu membuat hati bahagia, saat orang tua bangga".

Gabung diteater membuat saya menjadi kuat mental dihadapan orang lain, padahal sebelumnya kalau disuruh naik keatas panggung pasti gemeteran dan pengen nangis "gatau kenapa?", tidak malu lagi dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki. Belajar berorganisasi itu selain menjadi berprestasi, kita (terutama saya) jadi anak yang berani tampil saat duduk disekolah.

Belajar berorganisasi itu tidak sulit kok, dan memang semua tergantung kepada diri kita sendiri, kalau misal kita ingin maju dan yakin mempunyai kemampuan, apasalahnya buat terus mengasahnya dan menjadi bermanfaat, dan kita dapat selalu berpikir positif "yakin bisa".

Ingatlah Tuhan menciptakan kita dengan kekurangan dan kelebihan, dan kekurangan itu bisa ditutupi dengan kelebihan kita, biar kita selalu menjadi orang yang percaya diri, karena dihadapan Tuhan kita semua itu sama.

Setiap orang pun punya memiliki kemampuan dan bakat masing-masing, tinggal kita gali dan tingkatkan supaya potensi yang kita miliki itu bisa bermanfaat buat diri kita, maka jangan takut kalau kita itu tidak punya bakat.

Semoga bermanfaat ya......

Note : Sumber dari arti organisasi id.wikipedia.org

12 komentar:

  1. berorganisasi itu penting banget mak, komunikasi sama yg lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mak...sangat penting, karena dengan berorganisasi akan memberi kita banyak pengalaman

      Hapus
  2. Setuju, mbak, sebenarnya berorganisasi adalah prestasi tersendiri. Kalau di kampus, sering denger kalimat gini : IPK adalah yang mengantarkan kita ke meja wawancara, tapi saat wawancara yang terpenting adalah leadership. Dan leadership ini biasanya didapat dari pengalaman organisasi :D.
    Salam hangat dari Surabaya, mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget..ternyata belajar berorganisasi itu berpengaruh sekali, pasti saat wawancara ditanya pernah ikut organisasi apa?...

      salam hangat juga dari jakarta mbak

      Hapus
  3. melatih... diri untuk berani tampil di depan umum ya....
    pantes... aku orgnya rada malu...ga pernah berorganisasi... he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...yang bener neh mbak??? sama donk seperti saya dulu...tapi saya yakin mbak orang yang berani dan yakin memiliki kemampuan tinggi...buktinya tulisan mbak bagus-bagus...hehehe

      Hapus
  4. Dipesantren saya berorganisasi termasuk dalam Panca kesadaran santri yang sampai sekarang tetap menjadi perioritas..
    Saya juga suka berorganisasi, karena dengan berorganisasi kita akan menjadi lebih mengerti arti kebersamaan.. :)

    Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget....apalagi kebersamaan disebuah pesantren ya...dulu saya sekolah di yayasan islam dan ada pesantrennya, jadi sedikitnya tahu tentang organisasi santri.hehehe

      Hapus
  5. Biasanya mereka yang jaman mahasiswanya full kegiatan atau aktifis mahasiswa lebih mandiri dan punya wawasan dalam kehidupan di luar kampus. Ingat dunia kampus sangat jauh berbeda dengan dunia di luar kampus dalam hal ini Masyarakat. Bekal dalam kemandirian saat kuliah, dan aktif berorganisasi akan membuat cerdas, dan punya wawasan yang bisa membuat mereka bertahan di masyarakat

    BalasHapus
  6. berorganisasi itu penting, tapi yg ngga kalah penting kudu bisa bagi waktu. Kalau ngga bisa bagi waktu mah mending ngambil yg aman2 aja :) (baca: gausah ikut2 organisasi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kalau orang yang belum bisa membagi waktu lebih baik jangan, karena bisa saja merusak nilai sekolah atau waktu kuliah. Kalau saya sendiri karena mampu membagi waktu dan organisasi penting bagi kehidupan saya...jadi ya saya jalani dengan baik.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...