PUDING KASIH SAYANG

Liswanti Pertiwi | Selasa, Februari 11, 2014 |

Hemm...puding kasih sayang ?, rasanya seperti apa ya ? ini makanan dibuat bukan karena ini bulan kasih sayangkan?, “tentu saja bukan”. Puding kasih sayang ini saya buat untuk mengungkapkan kasih sayangku pada kedua buah hatiku yang sudah memberi kebahagiaan setiap hari, menyediakan menu cemilan buat c kecil tentunya.

Sebenarnya puding ini saya buat sebagai ungkapan kasih sayang saya kepada anak, karena beberapa waktu ini putra dan putri saya sedang susah makan sayur dan susu, kalau anak sulung memang tidak doyan dengan susu formula yang khusus anak usia 3+, kecuali susu kotak aja, padahal ya nutrisi dari susu khusus itu dibutuhkan dimasa pertumbuhannya, apalagi c kecil yang sekarang usianya menginjak 14 bulan, tadinya saya berpikir buat memberi susu tambahan selain ASI (c kecil masih mengikuti program ASI sampai 2 tahun nanti), ternyata yang kecil juga susahnya minta ampun.

Ya sudah saya iseng aja membuat makanan kesukaan mereka ya mengandung susu dan sayur. Saya sendiri membuat 2 puding dengan susu yang berbeda, kalau c sulung dengan susu 3+ dan c kecil 1+ ditambah campuran ASI.

Bahan :
  • 2 buah jagung, diparut dan saring.
  •  ½ labu kuning ukuran sedang, parut.
  •  2 lembar daun pandan.
  • 2 buah agar-agar warna putih.
  •  ½ sdt garam.
  •  1 liter air.
  • Susu formula 3+ dan 1+ sesuai selera.
  • 50 cc ASI khusus anak bayi.
  • Susu rasa straberry
  • Oreo mini
  • 2 telur ayam

Cara membuat :
  1. Air dicampur dengan parutan jagung dan labu kuning, masukkan daun pandan, garam, serta agar-agar. Diaduk satu arah dan apabila sudah tercampur semua langsung dipanaskan.
  2. Setelah panas masukkan kocokan telur dan aduk rata. Setelah agak mendidih angkat dan ½ bagian adonan puding dipisah, lalu dimasak terpisah.
  3. Yang ½ bagian mulai dicampur dengan susu formula masing-masing (saya masukkan 6 sendok makan susu). Dan setelah semua adonan puding mendidih, angkat lalu tiriskan.  Untuk adonan bayi, puding sudah diangkat 50cc ASI mulai dicampur dan diaduk sampai rata.
  4. Biarkan dingin dan puding siap dihidangkan. Kalau untuk c kakak saya hidangkan dengan dicampur susu rasa straberry dan diatasnya dihiasi oreo mini, biar tampilannya lebih menarik dan anak lahap makannya.

Gimana mudahkan ?

Pasti mudah donk buatnya, demi anak dan saya pun senang, karena setelah memakan puding ini anak saya menjadi suka sayur kembali, nafsu makannya pun bertambah.

Ternyata untuk memancing nafsu makan anak, bisa dilakukan dengan membuat makanan kesukaannya dulu, karena sebelum mereka memakan puding, saya selalu bilang “makan nasi dulu ya...nanti baru boleh makan puding”, dan anak pun langsung mengiyakan, yang penting tidak setiap hari memakan puding, kita bisa membuat menu makanan sehat lainnya yang disukai anak, dengan bahan yang masih menggandung sayur dan susu.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.... 

4 komentar:

  1. demi anak pun masak puding pun dilakukan ya mbak :)

    Pasti anaknya pada suka makan pudingna :)

    BalasHapus
  2. iya mbak titis..apapun demi anak saya lakukan..

    seneng mereka kalau makan puding

    BalasHapus
  3. saya jg suka bikin puding sayur, tp simple banget :D
    http://sweetdonath.blogspot.com/2013/01/healthy-rainbow-puding.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiippp...sama kalau begitu ya mak..demi anak ya pasti

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya ya. Saya senang deh kalau kalian mau tinggalkan komentar, bisa bikin saya happy dan semangat nulisnya. Tapi, mohon maaf ya, untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima Kasih. Salam hangat dari Pena Cinta Liswanti.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...